BILA PANEN 9 TON GKP PER HEKTAR, BERAPA TON JADI BERAS?

PANEN 9 TON GKP PER HEKTAR, JADI BERAS 4,87 TON
Penulis : Nurman Ihsan, SP ( THL TBPP DEPTAN di Banten )

PANEN RAYA

PANEN RAYA

Saat panen raya, ada petani yang dapat panen sebanyak 9 ton per hektar GKP ( Gabah Kering Panen ). Biasanya, selesai panen kadar air rata-rata pada GKP sekitar 23-25%.

Nama petani yang panen itu, sebut saja Pak Yani. Tak berapa lama selesai panen, Pak Yani menjemur gabahnya sampai kering selama 2 hari.
Setelah ditimbang lagi, panennya sekarang tinggal 7,38 ton GKG ( Gabah Kering Giling ) dengan kadar air 14 %. Bila hsail panen sebesar 9 ton GKP kemudian dijemur menjadi 7,38 ton GKG berarti gabah yang dijemur petani tsb mengalami penyusutan sekitar 18 %.

BERAS

BERAS

Seminggu kemudian, misalkan Pak Yani akan menggiling hasil panen yang telah dijemur sebanyak 7,38 ton GKG di penggilingan di dekat rumahnya. Selesai melakukan proses tersebut, jadilah beras yang sudah dikarungkan. Satu karung beras beratnya 50 kg. Setalah dihitung dan ditimbang diperoleh hasil 4,87 ton beras.
Ini berarti,  gabah kering giling Pak Yani menghasilkan rendemen sebesar 66 %. Artinya dalam 100 kg GKG yang digiling menghasilkan 66 kg beras.

Sepekan yang lalu, saya sempat bertanya pada pemilik pengilingan, harga beras saat ini berapa rupiah per kilo?. Dia jawab, “6.000 per kilo, pak mantri”.

Memang, harga beras yang baru digiling relatif mahal sebab itu beras baru. Soal rasa, pastilah lebih enak di perut.

Dengan harga Rp. 6.000 per kilo, bila Pak Yani ingin menjual semua berasnya. Dengan demikian, dia akan mendapat uang sebesar 4. 870 kg x 6.000 = Rp. 29.220.000 atau 29,22 juta. Uang sebesar ini belum dipotong biaya-biaya yang berkaitan dengan usaha tani yang Pak Yani lakukan. Biaya-biaya tsb dimulai dari biaya pengolahan lahan, benih, upah tenaga kerja, dll sampai biaya untuk menggiling gabahnya.

About these ads

About NURMANIHSAN

Bila cinta kepada seseorang saja, di hati penuh kerinduan. Apalagi bila kita dapatkan cinta ALLOH SWT. Ini prestasi seorang hamba. Prestasi hidup. Dan prestasi terbesar. Oleh sebab itu, rebutlah cinta itu,,,
This entry was posted in UBINAN/PANEN. Bookmark the permalink.

5 Responses to BILA PANEN 9 TON GKP PER HEKTAR, BERAPA TON JADI BERAS?

  1. sugeng br says:

    itu 1x panen kah? 1thn kan 2-3x panen yah?

    • NURMANIHSAN says:

      Trim mas sugeng,
      Ya itu 1 x panen mas dalam 1 hektar

    • mas bowo says:

      itu kadang bisa lebih,di daerahku nganjuk bahkan bisa sampai 10 ton lebih tapi dengan perawatan extra hati-hati.Tapi ya rata-rata 7-8.5 ton bila tanpa ada gangguan hama yang membahayakan.

      • NURMANIHSAN says:

        Trim mas bowo atas komennya
        Tulisan ini bermaksud menghitung tingkat % susut dari GKP (Gabah Kering Panen) ke GKK ( Gabah Kering Giling ), ternyata 18 % susutnya. Tapi ada juga yang tingkat susutnya 20-24 % tergantung kualitas gabahnya.
        Kemudian bila dihitung dari GKK menjadi beras berapa susutnya atau randemennya? ternyata 66 %. Gabah yang baik mutunya, tingkat randemennya bisa mencapai rata2 65-70 %.
        Alhamdulilah bila di daerah mas bowo bisa mencapai 10 ton GKP, berarti sudah bagus. Tapi mungkin cara ubinan yang digunakan masih 2,5 m x 2,5 m ya? atau cara lain.
        Dalam beberapa tulisan di blog ini, sudah sy bahas cara ubinan non 2,5 x 2,5 tetapi berdasarkan jarak tanam dan sistem tanam. Trim

  2. nona says:

    thks infonya..mudah dicerna

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s