OBAT PILEK DAN BATUK ALAMI BUAT BAYI

MADU : OBAT ALAMI BUAT BATUK BAYI

Pada awal tahun 2012 ini, saya dikaruniakan seorang putri. Menjelang usia 1,5 bulan, bayi saya terserang pilek + batuk. Penyakit ini ditularkan oleh kakaknya yang sedang pilek dan batuk.

Melihat bayi yang baru seumur demikian terkena pilek dan batuk, kami sebagai orang tua  merasa kasihan. Pada satu sisi, dia sedang belajar menghadapi penyakit. Tapi disisi lain, harus ada usaha dari orang tua untuk mengatasi penyakit tsb.

Sewaktu kami tanyakan kepada saudara yang berprofesi sebagai dokter, maka jawabannya adalah biarkan saja demikian. Artinya jangan dikasih obat kimia dulu. Berikan ASI bila memang air ASI ibunya banyak.

Kalau si bayi minum susu formula, berikan susu formula yang banyak. Intinya supaya bayi punya asupan gizi yang tinggi, supaya bisa melawan penyakitnya.

Akhirnya setelah 4 hari pileknya hilang, 3 hari  kemudian batuknya baru hilang. Artinya, dalam waktu kurang dari sepekan: pilek dan batuknya hilang. Hilang secara alami tanpa pake obat pilek bayi. Padahal kakaknya masih ada batuknya.

Kok bisa sembuh? Solusinya : Tetap minum ASI,  bila ASI agak kurang dibantu susu formula. Saya pake susu HPA (ada madunya). Dan yang penting, ibunya mengkonsumsi rutin  madu murni ( merk apa saja yg penting murni ) + habatusaudah Ajwa ( bisa habatussaudah apa saja ) + green palapa HPA.

Saya juga mencari solusi di kakek google, yang saya dapatkan banyak bayi yang berumur beberapa bulan terserang batuk dan pilek diberikan obat kimia.

Dari keluhan para orang tua di dalam komentar-komentarnya, setelah diberikan obat batuk bayi justru penyakit sang bayi lama sembuh. Ada juga yang makin parah. Dan mereka mencari obat yang alami,,,

Teman saya punya resep untuk menghadapi bayi yang terserang pilek dan batuk. Apa itu? Gunakan Madu. Campurkan madu dan air hangat. Dosisnya 1/2 sdk teh dengan sedikit  air hangat. Aduk secara merata, berikan kepada bayi lewat sendok atau bisa juga lewat botol dot.

Atau madu 1-2 sendok madu diminum oleh sang ibu, agar air ASI sang ibu diminum oleh bayi. Selain madu, sang ibu anjurkan minum habatusaudah, sebab habatusaudah mengandung antibiotik alami yang berguna bagi ibu dan sang bayi.

Di kakek google juga saya baca ada resep untuk mengatasi batuk pada bayi di atas 6 bulan

Siapkan Madu + Air Jeruk Nipis (1:1)

Cara membuat : peras jeruk nipis campur dengan air hangat sedikit. Kemudian disaring dan tambahkan madu. Bila air jeruk nipis 1 sendok maka tambahkan madu 1 sendok juga. Setelah  itu aduk sampai merata dan berikan pada buah hati kita. Bisa diberikan 1-2 kali/hari.

Semoga bayi anda yang pilek dan batuk segera sembuh. Dan jangan panik, jangan lupa membaca doa sebelum meminum obat alami. Sertakan ikhtiar kita untuk kesembuhan sang buah hati dengan doa,,,

Tulisan ini adalah sebagian adalah pengalaman yang saya alami dan juga pengalaman teman saya. Ada juga dari pengalaman orang lain yang saya baca dan ambil dari google.

Jadi, bila ingin mencobanya silahkan saja. Dan saya doakan semoga bayi/anak kita semua dapat sembuh tanpa menggunakan obat kimia.

Tapi kadang kala, ada juga yang sudah mencobanya tapi tidak sesuai harapannya maka janganlah menyalahkan kami. Bisa jadi, ada yang menggunakan madu. Misalkan ada anaknya yang batuk, kemudian dia kasih madu. Menurutnya madu tsb asli 100 %. Tapi, ternyata batuk anaknya nga sembuh.

Akhirnya, yang disalahkan adalah madunya. Padahal, madu sudah digaransi oleh Allah SWT sebagai obat di dalam Al-Quran. Madu jadi objek penderita. Padahal kalau mau jujur, madu asli yang beredar di pasaran sangat sedikit sekali.

Sekedar saran, pembaca bisa beli madu yang asli di Rumah Madu , madu HPA, dll.

About NURMANIHSAN

Bila cinta kepada seseorang saja, di hati penuh kerinduan. Apalagi bila kita dapatkan cinta ALLOH SWT. Ini prestasi seorang hamba. Prestasi hidup. Dan prestasi terbesar. Oleh sebab itu, rebutlah cinta itu,,,
This entry was posted in KESEHATAN. Bookmark the permalink.

107 Responses to OBAT PILEK DAN BATUK ALAMI BUAT BAYI

  1. astyi says:

    ox bagai mna cranx m’mberi obat batuk alami pada bayi’???? Jka m’minum susu dan batuk langsung munta…. Bgtupun dgn obat yg d berikan…terima kasih s’blmx

    • akrom says:

      jangan memberikan bayi obat cukup ibuk aja yang minum madu + jeruk nipis,,,,,,,,,nanti secara tidak langsung asi ibu akan mengandung makanan yang dikonsumsi ibuk,, selamat mencoba,,,

  2. mama fhe says:

    ibu ny d0nx yg minum 0bat ny. . .

  3. nur says:

    anakku usia 7 bulan, udah 3 bln btuk, 3x k dsa tpi ga smbuh2… Dia mnum susu formula, klw d ksih madu ama jruk nipis dia psti muntah, krna dia tdk doyan ama mkanan atau mnuman yg rasanya trlalu tajam, gmna cranya????

  4. NURMANIHSAN says:

    Pertama, ibunya minum madu dan jeruk nipis. Kalau ibunya masih menyusui
    Kedua, kasih susu formula dengan madu.
    Ketiga, kasih madu dicampur air putih, kasih minum pas malam hari sewaktu anak minta susu.

  5. anak saya 1 bulan terkena batuk pilek. tapi 3 hari belum sembuh. awalnya sudah mendingan tetapi saya mandikan. apa itu penyebabnya?

    • oh ya jika madunya itu dicampur dengan sufor adek gimana? tapi dia tidak mau di suap pake sendok, selalu dimuntahkan.. kalau pake dot apa bahaya?

      • NURMANIHSAN says:

        Kan ada sufor yg mengandung madu, susu bubuk HPA. Sangat bagus buat bayi. Pengalaman keluarga saya seperti itu. Disamping ASI plus sufor HPA bila ASI kurang. Pake dot nga apa2, bu. Anak saya jg pake dot waktu kok waktu itu

  6. wira says:

    trimakasih banget dah atas artikel dan share experience nya…sangat bermanfaat buat kita semua.

  7. Wirahardja says:

    trimakasih atas berbagi nya dan smoga bermanfaat untuk semua

  8. Mama romen says:

    anak saya umur 1 bln dan dia trserang batuk pilek sdangkan dr lahir ASI tdk bs keluar mngkin krn saya yg trll sering konsumsi obat asma,
    anak saya hanya mengkonsumsi susu formula,gmn cr mengobati batuk pileknya,,
    msksih,,

    • NURMANIHSAN says:

      wah, saya bukan dokter bu.
      Kalau saya berdasarkan pengalaman aja. Coba pakai susu formula HPA. dalam1 kotak ada 10 bungkus. Kasih bayi dng takaran 1/2 bungkus saja. dimasukan botol dan diberi air panas. sama seperti ibu buat susu formula.
      ibunya jg bisa minum susu HPA tsb. Atau ibunya minum madu dan habatusaudah. Semoga dng minum madu dan habatusaudah : asma ibu bisa sembuh. Amin

  9. mama daffa says:

    mksh bgt resep’y sgt m’bantu…tp utk mendptkn madu yg bener2 murni skrg ini sgt lansush.apalagi skrg byk madu2 palsu yg beredar…qt kesulitn utk membedakn mana yg asli dn palsu..

  10. melda oey says:

    Anak saya rafaelle (13bln 16hari) dia sering sekali batuk + pilek, awal’Ў ∂åя̲̅i saya pilek trs nular ke dia. ∂åя̲̅i usia 3bln sampai sekarang rafaelle sudah 5x berobat. Ɯǎ̜̣̍ĸ†̬̊u dia 1thn sempat ðĩ rawat karna infeksi saluran pernafasan hingga akhirnya dia terkena asma.

  11. mey (mami danis) says:

    thanks ya untuk artikel dan share experience diatas…kebetulan artikelnya lagi saya cari bebyqu Danis (8bln) sering pilek dikit2 ke dokter,alhamdulilah baca artikel ini saya mau coba mudah2an beby danis bs sembuh…salam

    • NURMANIHSAN says:

      sama2 ibu mey,
      alhamdulillah bila bermanfaat bagi insan lain. silahkan secepatnya dicoba bu. makin cepat makin bagus.
      Semoga si Danis sehat selalu. amin

  12. anita neat says:

    trima ksh byk atas infonya,jd tmbh ngerti nih

  13. jingga says:

    kalau di ksh uap gy mn y

  14. mifta huhu says:

    maaf bu,saya mau tnya.anak saya usia 7stengah bulan terserang batuk&pilek akibatnya tdurnya ndak nyenyak,gmn ya bu cara penanggulangannya?thnks

    • NURMANIHSAN says:

      coba aja melakukan apa yg sudah sy sebutkan.
      Kasih anak susu HPA, ibunya jg boleh minum susu HPA. trus ibunya minum madu + habtaussaudah. Dan lihat hasilnya bagaimana. gampangkan?

  15. mama agatha says:

    maaf bu,mau tanya anak saya umur 14 bulan dari umur 12 bulan terserang batuk+pilek.pernah berobat di dokter anak sempat sembuh tapi reak/lendir masih ada di tenggorokan.yang saya mau tanyain gimana cara sembuhinnya ya karena takut terkena paru_paru,apakah susu HPA itu bisa menghilangkan reak/lendir tersebut bila bisa saya harus beli di mana?makasih

  16. bunda wafi says:

    Assalamualaikum… Maaf numpang tanya.. Kalu beli susu bubuk HPA dimana yah yang trusted? Itu via online atau ada di toko? Kalaupun ada di toko, semisal di toko mana dan alamatnya. Terima kasih. :)

  17. yuli says:

    Anak saya batuk pilek sudah hampir 1 minggu saya mau coba madu+jeruk nipis tp yg saya masih ragu jeruk nipis kan asam klo kita kasih nanti bab y mencret gak bu.

  18. dwi says:

    sebagai info aj ya mom madu g boleh diberikan pada bayi dibawah 1 tahun, kalo bayi masih ASIX ato dibawah 6 bulan batuk+pilek banyak minum ASI aj + jemur pagi + terapi uang dikamar dg minyak kayu putih

    • NURMANIHSAN says:

      trim mas dwi,
      sy memberikan madu kpd anak sy berumur 7 hari – sekarang. hasilnya: anak tumbuh sehat. Artinya madu boleh saja dikonsumsi oleh anak yg berusia bayi baru lahri sekalipun. Saya dah buktikan, kalo cuma katanya nga boleh bayi dibawah 6 bulan itu rata2 peneliitian dari luar negeri.
      Kenapa bayi pk susu formula boleh dan nga apa2 padahal ada unsur gula didalamnya. Lebih bagus mana gula dng madu?

  19. Bunda Alfa says:

    Udah hampir 1 bulan ini anak saya batuk pilek, hampir tiap minggu berobat ke dokter tp tidak ada hasilnya, saya takut kl terlalu bayak mengkonsumsi obat diusianya yang masih 7,5 bulan akan berakibat pada kesehatan lainnya terutama pada tenggorokan dan perkembangan anak. Kami juga memberi madu tp belum sembuh jg, saya jg mau mencoba madu + air jeruk nipis, mudah2an batuk pilek anak saya sembuh, Amien………..

  20. evanjulian says:

    trimakasih untuk artikelnya

  21. mitha says:

    Anak saya umur 3bln terkena flu dari kakak nya dan anak saya tidak asi apakah susu formulany dicampur sama susu tdk jdi masalah

  22. lhusi says:

    ass..hai smua saya lhusi, mau minta tolong ap obat batuk & pilek untuk anak z yng umurnya 7 blan setngah z sdah bingung tidak tau lgi maw ksih mnum obt ap.

  23. Rita' says:

    Sy jg pnya anak.bln oktober ini baru usia 4bln.dan kbetulan minggu kmrn anak sya trkena batuk n pilek.smpt berseteru dngn suami utk mncegah pnyakit trsebut.dy mnginginkn ank sy dibwa kdokter n mnta obat buat nymbuhinnya.tp sya pnya kyakinan dngn rmuan2 herbal.stlh sy tanya2 n sy mndpt saran dr seseorang utk membuat mnuman dr kyu manis.aer rebusan kayu manis.cma diminumin 1sendok teh aja k-anak sy.n alhmdulilah dlm jngka 1hari anak sya sembuh dt batuk n pileknya.

  24. ilah darmilah says:

    terima kasih banyak informasinya, sangat membantu.

  25. lovelyristin says:

    Salam kenal.. Wah.. Info yg bermanfaat.. Kebetulan resep kita hampir sama.. Saya juga memberikan madu murni dan habatasaudah sebagai obat batuk anak dan bayi saya :)

    • mama fadhil says:

      السَّلاَمُ عَلَيْكُمْ وَرَحْمَةُ اللهِ وَبَرَكَاتُهُ

      Salm kenal……putra sya skrg 4 bln dn sdg kna batuk filek.kasihan sya lihatnya.ingusnya meler2 dn susah nfas,, sudah 3 hri sya ksi siruf dn puyer dri dokter..+sya ksi mdu.tpi kok blm smbuh jg.sya akn coba resep air jruk nipis.mdh2hn ank sy cpt smbuh

  26. Meyliana says:

    Anakq umurnya 2bulan,
    Dr kemarin sikecil batuk,kasian ngliatnya,,
    Apa bener pake madu bisa nyembuhin batuk sikecil?
    Sedih bgt kalo dy sakit

    • NURMANIHSAN says:

      KAsih susu yg ada madunya bu ( susu HPA). tp madu asli jg boleh.
      Sebetulnya, madu membuat kondisi tubuh anak jadi sehat. dan madu jg sbg syifa (obat). jadi jangan ragu bu. semoga cepat sembuh putra ibu.

  27. indah says:

    Setau saya madu tidak boleh diberikan untuk bayi dibawah 1 tahun krn mengandung bakteri yg tidak baik utk bayi diusia segitu.

    • NURMANIHSAN says:

      kalau pengalaman saya, anak saya umur 7 hari dah diberi madu bu, tp Alhamdulillah nga apa-apa kok. malah pertumbuhannya bagus. Alhamdulillah, sampai umur 10 bln, nga pernah ke klinik/dokter.
      Soal kecerdasan, mmnrt saya: cerdas sekali. Dia sudah tau, matanya, giginya, bulan, lampu, bisa cium orang tua, dll. Bahkan, sewaktu saya tidur ngorok, dia bisa menirukan bgm sy tidur ngorok.
      Artinya apa, menurut sy: madu adalah imunisasi terbaik,,,
      Madu itu, obat bu. Begitu kata Al-Quran.
      Justru dng madu, anak bisa imun dari bakteri2 jahat.
      Klo kita tidak ragu bayi yg dberikan susu formula, padahal gula didalam susu formula tidak lebih baik dari madu, bu.

  28. Mail G says:

    anak saya umurnya 5 blan, barusan saya sdah ikuti pengobatan tradisionalnya

    yg saya igin tanyakan,berapa kali dlam sehari mimum madunya.

    • NURMANIHSAN says:

      kalo si kecil minum susu formula HPA, ya seminta si kecil saja.
      kalo masih minum ASI tp mash pk formula HPA jg, ya sewaktu buat susu formula pake saja
      Klo hnya minum susu ASI saja sebaiknya, sang ibu yg minum madunya.

  29. desypertiwi says:

    Bayi sy kebetulan 6,5 bln dan lg skt btuk pilek,sy akan mencoba resep herbal yg anda tulis.Semoga resep obatny bermanfaat bg bayi sy.

  30. mulyani says:

    anak saya usia 11 bln sekarang sedang sakit batuk pilek, waktu awal saya sudah bwa ke dokter anak kata dokter di dalam dada anak saya banyak lendir ya jadi saya di suruh rongsen dan di kasih obat puyer dan sirup setelah 3 hari minum obat anak saya mengalami sariawan pada mulut ya dan tidak mau makan dan minum susu sekarang anak saya buang buang air gmana cara mengatasinya ya

  31. nisa maretta says:

    bu,sy skrg jg sdg hadapi mslh yg sama.anak sy,Aqila 3,5 thn sdg batuk berdahak.Qia suka tdr d lantai.pdhl udh sy larang.malah klo dy tdr,sy angkat k kasur.sy cb obt batuk+antibiotik tp gk mempan.skrg sy jd takut ngsh obt yg kimia.n skrg lg cb obt ‘kampung’, 1/2 bgn jeruk nipis sy peras n airny sy cmpur dg madu (merk syamil).smg batukny sembuh.tp kykny udah agak lega anakny.udh mw mkn n tidurny udh agak nyenyak skrg.smg Allah memberikn kesembuhan utk anakq yg cantiq.

  32. winto ismunanto says:

    assalamualaikum wr,wb…tks bnyak infonya Bu,saya sebagai orang tua yg bru memiliki anak psti panik dngan kondisi anak yg tiba2 batuk+pilek,apalagi stelah berulang kali dbwa ke DSA & obat nyapun sdah hbis ttpi tdak ada perkembangan yg berarti.akan sya coba saran dri Ibu,apalagi yg sya tau lebah yg menghasilkan madu itu ada di ayat Al-quran.INSYAALLAH ALLAH meridhoi kesembuhan.Amin Wassallam Wr,Wb

  33. anty_nufail says:

    assalamu alaikum wr.wb. anak sy usianya 7 bulan sedang batuk berdahak disertai suara ngik ngik pada dadanya.. sy khawatir skali mengingat ayah dr suami sy menderita asma.. saat ini belum dibawa ke dokter krn sbelumnya belum pernah meminum obat kimia. berbagai macam obat tradisional telah diberikan tp blum sembuh juga.. tp den membaca artikel ini jd semangat lg mencoba obat herbal yang teman2 share.. trims ya..

  34. andikaraditya says:

    pengaruh g si,,klo mama’a suka makan gorengan si baby jd batuk??
    Thanks,,..

  35. Ipo cristin says:

    Thank”s y buk resep obatnya

  36. Martha kuswardany says:

    Makasih infonya,anak saya el usia 4buln juga batuk,anak saya minum ASI Dan formula jarang bangettt,klo gitu saya yg minum madunya ya,,,

  37. Dian Haerani says:

    Alhamdulillah, bermanfaat sekali info2 yg saya dptkan ini, Insya Allah akan lgsng saya coba resep madu + jeruk nipisnya!

  38. cut linda says:

    Setahu saya, bayi yg umurnya kurang dari 12 bulan tidak disarankan mengkonsumsi madu, karena beresiko menyebakan penyakit botulisme. Sebenarnya bukan efek langsung madu yang tidak baik bagi tubuh tapi dikarenakan adanya kemungkinan madu terkontaminasi dengan spora C. botulinum. Adapun untuk bayi diatas 1 tahun dan orang dewasa pencernaannya sudah cukup kuat. Spora ini akan mati oleh asam yang dihasilkan lambung manusia.

    • NURMANIHSAN says:

      terima kasih komentarnya bu,
      itukan pemahamanyg kita baca dari tulisan,
      sy pribadi telah memberikan madu sejak umur anak sy baru beberapa hari dan sampai kekarang bu cut linda.
      Selain ASI, si bayi minum susu HPA (dibawah 6 bulan)
      setelah 6 bulan, selain ASI, minum susu kambing bubuk + madu. plus gasol beras merah wangi + madu.
      Umur 8 bulan, susu kambing bubuk + madu, gasol beras merah wangi + madu dan nasi tim buatan sendiri.
      hasilnya: sampai sekarang (hampir 1 tahun blm pernah dibawa ke puskesmas/klinik/rumah sakit.
      Jadi, madu diberikan pada bayi umur berapa saja (pengalaman saya dan beberapa teman2) tidak ada masalah dengan bayi.
      Kenapa kita ragu memberikan madu, tapi pada saat yg sama berani memberikan imunisasi? padahal imunisasi isi kandungan belum tentu halal. bahkan mengandung bebeapa zat yg membahayakan tubuh. trim

      • nieza says:

        Nah kalau begitu ada recommend madu apa yg baik, krn yaa dipasaran itu dia madu jarang yg murni. Mungkin ada merk tertentu yg bisa di share.

  39. lilis suriyani says:

    bu… sy agak bingung ini.. anak sy gampang sekali kena batuk. udah bolak balik ke dokter, prnah terapi uap jg. sampe skr masih gampang kena batuk. dia skr minum susu chilkid platinum madu. kl sy mau coba susu hpa, apa susu chilkid nya hrs di ganti susu hpa atau susu hpa nya cuma selingan. anak sy umur 1,5th. tiap hari anak sy sudah sy kasih madu sari kurma, sehari 2x. tp dia tetap gampang batuk. gmn bu yaa….

    • ayay says:

      hi mom Lilis.. mau coba kasih saran,siapa tau ada gunanya..
      Coba cek ke dokter alergi d, dr. Widodo SpoG, soalnya stau aku batpil itu bukan sakit, tp gejala dan usaha tubuh untuk mengeluarkan benda/zat yang dianggap asing.
      Jd kl terus2an batpil berarti ada sesuatu yang ga cocok yang masuk (dikonsumsi) si baby, tp tetap dikonsumsi trs dong? Makanya tetep batuk..
      Soalnya dulu baby ku jg gt,dr baru lahir smp aku ketemu sama dr. Widodo (0 – 10bulan) pst d dlm sebulan bolak balik trs ke dsa-nya, dan sll sampe cek ini itu ke lab, deg2an d pkknya.
      Trs aku coba ke dr. Widodo, wkt itu sih alasan utamaku ke dr. Widodo bkn krn bolak balik batpil melulu, tp lbh krn babyku bblr (dan suka batpil).
      Walhasil babyku dikategorikan “Food Hypersensitive” and disuruh diet golongan 1 alias hanya boleh makan makanan jenis tertentu aja.. Kesiksa banget sih sebenarnya, secara aku bukan ahli dapur, jadilah mati gaya,huhuhu.. Tp alhamdulillah semenjak itu babyku ga pernah bolakbalik dsa lagi, kecuali ke dr. Widodo ya, itupun untuk lapor progress udah sejauh mana perkembangannya. Emg sih bb anakku ga significant naiknya, malah tergolong biasa ajah. Tp yg aku seneng sejak ktm dr. Widodo babyku ga pernah batpil or panas lagi.
      Moga2 sarannya berguna ya mom Lilis. :)

      • lilos suriyani says:

        Mba Ayay… tq ya saran nya… tp sy agak bingung, S.poG itu bkn nya dokter spesialis kandungan? Dr. Widodo dimana ya Mb?sy domisili di samarinda, kaltim. Sy udah bolak balik ke dokter jg mb, mulai dokter umum, tht, spesialis anak malah ganti 2x. Bb anak sy jg pas2an Mb. Mungkin karna sy jg kurus. Jd ada faktor bawaan. Yg sy bingung, semua dokternyg sy datangi, selalu bilang anak sy ga alergi. Dia gpp, sehat aja. Waktu sy ty, knp gampang batuk pilek, jwb nya karna faktor lingkungan. Maksud nya ada yg lg batpil, trus ketularan. Apa perlu tes alergi ya mb, anak sy? Ada rekomemdasi tempat? Kasian banget, kl keseringan minum obat.

      • ayay says:

        Mom Lil..
        Iya maaf itu lg nulis dokter Ahmad Mediana S.poG,, jadi kebawa nulis Dr. Widodo S.POG juga..
        Yang bener Dr Widodo Judarwanto SpA, pediatrician,, ini alamt blog pribadinya bisa dicek http://childrenclinic.wordpress.com/

        Pemikiran aku sama mommy sama wkt itu,,ga kpikiran kl anakku masuk kategor food hypersensitive, tp setelah ke dr. Widodo jd baru tau..
        Jangan tes dulu,,kalo bisa sih coba ktm dr. Widodo dl..
        Hmm,tempatnya sih di Jakarta,,jauh ya? :(
        Mungkin awal bisa ktm sekali sama beliau,,selanjutnya mungkin bisa dengan kebijakan konsul lwt sms/tlp/apapun..
        Saranku coba dl deh,,at least kita tau ada apa dengan anak kita.. Enak d sama beliau,,konsulnya lama dijelasinnya panjang,tanya2 ini itu nya sampe bingung sndr mau tanya apalagi,secara sebelum ditanya uda dijelasin dului anak kita knp2nya..
        Emg potensisih food allergic ataupun food hypersensitive bisa berangsur mereda bahkan hilang,,tapi masalahnya itu menghambata tumbuh kembang anak,,dan itu yang merisauuwkannnn… huhuhu
        Well,smoga ada jalan kluar ya,mom..

  40. ayay says:

    @ Mom NURMANIHSAN : Nanya dong mom,,susu kambing bubuk HPA-nya yang mana yah? Yang Susu Kambing Bubuk – Radix Goat Milk atau Susu Kambing Milk E, yah?
    Rasanya gimana yah kl blh tau?? Soalnya babyku sukanya child kid/anmum, aku pernah coba yg lain2 tp slalu dilepehin, fuhtt..

  41. mohd wafiey says:

    jeruk limau nipis dan madu tu bagi baby minum sblum mkn kah atau selepas mkn?

  42. os says:

    Trimakasih ya info nya..
    Karna saya sempat panik juga nih..
    Sekarang alhamdulilah udah agak lega

  43. muhammad harmein says:

    Anak saya baru berumur satu minggu,bisa nggak ya pake resep diatas,atau ada dengan cara lain.tolong bantuanya ya.

  44. arman says:

    Thanx infonya. Nich saya langsung coba resepnya bu. Karena anak saya yang usianya baru sekitar 50 harian terkena batuk setelah baca resep ibu langsung saya suruh istri saya mengkonsumsi madu murni. Semoga Allah memberikan kesembuhan pada anak saya. Amiin..

  45. terima kasihnya atas infonya bisa dicoba tuh

  46. ibu Askia says:

    kalo anak aku kasih air kelapa ijo yg dibakar hingga mendidih…setelah itu aku campur madu..diminumin ke aku dan anak ku.alhamdulillah batuk pileknya sembuh dng cepat… :)

  47. ibu Askia says:

    kalo masih umur segitu mending ibunya aja yg minumin obatnya…baby na biar minum ASI bundanya ajah…air ASI bgs loch bund..

  48. niken says:

    dr info di internet, selain madu bs jg kunyit. apakah dicoba satu-satu dl, sehari madu, sehari kunyit? kt dokter bayi saya yg baru 10 bln terkena ISPA

  49. niken says:

    bayiku skitar 2 minggu lalu kena gejala tipus, usianya 10 bln. skg batuk pilek (ISPA). apa gpp klo di ksh madu & lemon? ato ckup madu aja?

  50. ummi Rhayyan says:

    Assalamu’alaikum wr wb,, Alhamdulillah sy menemukan post yg insya Allah bermanfaat.. Sy mau tanya ukhty.. Dosis habatusauda utk ibu menyusui berapa kapsul dlm sehari? Jazakillah khairan katsiran

  51. Tipsnya bagus juga,,,

    Jadi gak usah buru2 dibawa kedokter tho, baiklah,,, sarannya akan saya jalankan :D

  52. avi says:

    tips yg sangat bermanfaat

  53. Dear Ibu, sekedar koreksi pemberian madu untuk bayi dibawah 12 bulan tidak dianjurkan oleh dokter mungkin lengkapnya bisa di browsing :) Salam kenal

  54. putri says:

    kl mau pesen susu madu HPA dmn…??

  55. Parwito says:

    Mas Nurman..untuk batuk pilek bisa dibantu dengan resep tradsional antara lain: bunga blimbing wuluh 1 genggam/30 gr, akar alang-alang 10 batang ukuran 5 cm, adas 1 senok teh dan gula batu secukupnya (melihat usia yang sakit. Semua bahan dicuci bersih dan masukkan dalam 3 gelas air, masak hingga mendidih, dan tinggalkan kira-kira tinggal separohnya, lalu disaring dan diminum 2 kali sehari. Bisa ditambahkan perasan jeruk nipis. Bahan bisa direbus hingga 2 kali

  56. Bukannya tidak boleh buat bayi di bw usia 12 bulan..karena mengandung racun botulisme yg berbahaya buat tubuh bayi

    • Mksuudnya madu tidak boleh buat bayi

    • fahmi says:

      Mas Jein, di dalam madu tak ada racun, madu itu obat. Madu itu kaya antibody. Madu itu obat yang digaransi Rasulullah dan Allah SWT.
      Kok anda mntakan madu madu itu mengandung racun?? dari mana dasarnya? tks

      • fahmi says:

        Mas Jein, di dalam madu tak ada racun, madu itu obat. Madu itu kaya akan antibody. Madu itu obat yang digaransi Rasulullah dan Allah SWT.
        Kok anda katakan madu itu mengandung racun?? dari mana dasarnya? tks

      • Wanto says:

        sekedar untuk pencerahan kia semua. artikel ini saya copy paste dari http://kesehatan.kompas.com/read/2010/06/05/08280378/Bahaya.Madu.pada.Bayi

        Bahaya Madu pada Bayi
        Sabtu, 5 Juni 2010 | 08:28 WIB

        KOMPAS.com — Madu merupakan salah satu jenis “obat” alami yang sudah terbukti khasiatnya. Salah satu manfaat madu pada anak adalah untuk meningkatkan daya tahan tubuh si kecil. Akan tetapi, secara medis, pemberian madu tidak disarankan untuk bayi berusia kurang dari setahun.

        Madu bisa mengandung spora bakteri Clostridium botulinum. Bakteri ini memproduksi zat beracun yang bisa menyebabkan penyakit botulisme pada bayi. Meski kasusnya jarang, penyakit tersebut bisa berakibat serius.

        Peringatan akan bahaya madu untuk bayi itu kembali disampaikan para ahli dari The Food Standards Agency, Inggris, setelah terjadinya tiga kasus penyakit botulisme tahun lalu. Sebelumnya dalam kurun waktu 30 tahun hanya terdapat 11 laporan penyakit botulisme.

        Pada bayi yang sistem pencernaannya belum sempurna, bakteri Clostridium botulinum bisa berkembang dan memproduksi racun mematikan penyebab botulisme.
        Bayi yang menderita botulisme akan mengalami kelemahan otot dan masalah pernapasan. Karena itu, para ibu tidak disarankan memberikan madu, bahkan sebagai obat atau pemanis makanan.

        “Bayi berusia kurang dari enam bulan sebaiknya hanya diberikan ASI. Meski madu berkhasiat menyembuhkan batuk, sebaiknya jangan berikan kepada bayi karena botulisme merupakan penyakit serius. Risikonya tidak sebanding dengan manfaatnya,” kata Sam Montel, ahli nutrisi dari Food Standards Agency.

        Bila bayi sudah diperkenalkan makanan padat, orangtua disarankan untuk menghindari pemanis pada makanan atau memberikan makanan dan minuman manis.

  57. azis says:

    Ass.. Numpang tanya nih, usia anak saya 18 bln keluhan sakitnya batuk pilek dan muntah2. pd umumnya obat yg cocok apa ya?

  58. leli says:

    susu bubuk hpa itu = susu kambing hpa ya? kok saya cari sufor hpa gak ada? yg ada susu kambing hpa

  59. YUNITA says:

    BAYI saya sudah 3 hari batuk pilek tapi belum juga smbuH ?

  60. YUNITA says:

    anak sya umur 5bulan btuk dan pilek udah 3 hri blum smbuh,ada solusi pak dok

  61. ozan says:

    Anak saya berusia 2 bulan dan sekarang lagi menderita flek+batuk,saya sangat kwatir…mudah-mudah solusi tdi bermanfaat..akan saya. Coba terima kasih.

  62. yati says:

    trimaksih bnyak info nya bukk,,info amat mmbntu kmi,,,

  63. vivin seftiyani says:

    Maap sufor HPA ΐŧǚ lebih jelasnya apa ŷªªª ?

  64. thiiara says:

    Kalau G̲̮̲̅åк̲̮̲̅ madu aslii bisa g ? Madu rasaa gt …

  65. Pingback: Obat Batuk Ibu Dan Anak Menyusui | Obat Herbal Untuk?

  66. Pingback: Obat Flu Untuk Bayi Dibawah 1 Tahun | Obat Herbal Untuk?

  67. gumbilie bassanga says:

    anak saya sudah 20hari mengalami batuk dan ddada nya berbunyi sprt penuh linder, dan sekarang badannya panas, sudah 1 x ke dokter dan dikasih sirup, hanya panas nya saja yang reda, itu pun cuman sebentar, panas lagi klu reaksi obt tsb hilang…. anak saya sekarang suaranya udah semakin serak… saya bingung…

    • Aufa says:

      bagaimana kabar anaknya bu/pak gumbilie? mudah2an sudah sehat kembali. oya, tinggal dimana? kalo dekat dgn rumah sakit bisa di terapi uap/nebulisasi untuk mengencerkan lendirnya agar mudah dikeluarkan baik dari hidung, mulut atau tertelan kemudian terbuang lewat feaces.

  68. Pingback: Obat Batuk Tradisional Untuk Bayi 3 Bulan | Obat Herbal Untuk?

  69. Pingback: Obat Batuk Tradisional Untuk Bayi 5 Bulan | Obat Herbal Untuk?

Leave a Reply

