MEMAHAMI ISTILAH atau ANGKA SELAIN HA

NAMA LAIN SATUAN LUAS
Penulis : Nurman Ihsan, SP ( THL TBPP DEPTAN di BANTEN )

Seringkali di dalam dunia pertanian kita dihadapkan kepada hal-hal yang belum kita pahami. Dalam kesempatan kali ini, saya akan membahas tentang istilah-istilah dalam hal satuan luas.

Misalkan saja, pada tulisan Pemulia Padi, di dalam tulisan tsb disebutkan,

” Suami dari Ny Jamilah ini lantas bercerita, varietas unggulan turunan kedelapan atau biasa dikenal dengan F-8 itu tak didapatkannya dengan mudah. Itu hasil kerja kerasnya selama lima tahun. “Hasil dari 54 kali persilangan pada 10 kali musim tanam di tiga petak sawah seluas 500 tumbak di Dusun Kalensari,” kata jebolan SMP ini”.

Ada kata 500 tumbak. Tumbak adalah istilah yang asing bagi sebagian besar pembaca. Berapa meter sih 1 tumbak tsb? jadi kalau 500 tumbak berapa luasnya?

Dalam masyarakat tertentu, tumbak digunakan sebagai media alat ukur pengukuran tanah. Biasanya 1 tumbak tsb sama dengan 14 m2. Tapi aja juga yang mengatakan bahwa 1 tumbak itu adalah14,3 m2.

Dengan 2 angka tsb didapatkan dalam 1 ha ( 10.000m2)  adalah

Pertama dibagi : 14 m2 = 714,28 tumbak digenapkan jadi 714 tumbak

Kedua dibagi 14,3 m2 = 699,3 tumbak digenalkan jadi 700 tumbak

Jadi luas lahan 500 tumbak adalah sesuai kita mengkalikan dengan 14 m2 atau 14,3 m2

Kemudian, dalam suatu pertanyaan ada isitlah lain dalam dunia pertanian, ” saya punya lahan sawah 180 ru, berapa dosis yang dibutuhkan dan bagaimana aplikasinya”.

Ternyata istilah ru = tumbak. Kalau dalam bahasa nasionalnya disebut ubin. Penggunaan kata tumbak biasanya untuk daerah Jawa Barat. Sedangkan untuk ru di Jawa Tengah.  Sebagai gambaran lagi, biasanya 1 ru (= 3,75 × 3,75) meter persegi

Selanjutnya, ada juga pertanyaan : Bgmn aplikasi pemupukan utk varietas padi situ bagendit? Luas lahan 25 are.  sawah irigasi.

Ada kata 25 are. Mudahnya 1 ha = 10.000 m2. Sedangkan 1 are adalah 100 m2. Jadi 1 are adalah 1/100 Ha.

Mungkin ada juga kata-kata atau istilah satuan luas yang belum kita pahami di  berbagai daerah.

About these ads

About NURMANIHSAN

Bila cinta kepada seseorang saja, di hati penuh kerinduan. Apalagi bila kita dapatkan cinta ALLOH SWT. Ini prestasi seorang hamba. Prestasi hidup. Dan prestasi terbesar. Oleh sebab itu, rebutlah cinta itu,,,
This entry was posted in ABOUT TANAMAN PADI. Bookmark the permalink.

12 Responses to MEMAHAMI ISTILAH atau ANGKA SELAIN HA

  1. pak barus says:

    sedikit tambahan, kalau didaerah sumatera utara kami biasanya mengenal istilah rante/rantai
    1 rante ukurannya 20m x 20m, maka luasnya adalah 400 m2 atau 0,04 Ha

    • Terima kasih banyak pak untuk infonya….
      berarti kalo 13,5 rante = 5.400 m2 yah pak.
      pak saya mau tanya kira kira harga tanah sawah per meter untuk daerah kabupaten simalungun kota pematangsiantar berapaan yah??
      thank’s before :)

  2. panjimhs says:

    trimakasih gan penjelasannya, mulai ngerti 1 tumbak, hehe :D

  3. arip says:

    Ada juga istilah di daerah dataran tinggi jawa barat…namanya patok…1 patok sama dengan 25 tumbak..1 ha 25 patok..tapi 1 tumbaknya bukan 14m2…melainkan 16m2..jadi 1ha(10.000m2)=25 patok.jadi kalau konversi ke meter pas..25patok x16m2=10.000m2…istilah tumbak juga sama dengan bata…1tumbak=1 bata

  4. Nurman says:

    klu di rokan hilir riau ada dikenal istilah 1 elak (lebih kurang 17 m X 17 M), sedangkan 1 jalur lebih kurang 10 elak. sedangkan satu hektar lebih kurang 34,6 elak digenapkan 35 elak atau 3,5 jalur.

  5. avi says:

    kalau sy taunya 1 ha=10.000 m2=10 rakit hehehe salam utk petani di riau mas nurmansyah :)

  6. numekriau1 says:

    sama2 mas avi, slm buat keluarga & petani2 disana, semoga petani Indonesia berjaya

  7. trio says:

    Tanya
    Ada teman mau jual tanahnya seluas 2 hektar seharga 300 juta. Yang saya mau tanyakan berapa kira2 harga permeternya (bukan per m2)???
    Terima Kasih

  8. anggie marcell says:

    Mhn bantuannya d kampung saya ukuran tanahnya beta kaki, kira2 brp ya?

  9. Jonas says:

    Booking cewe batam ,ladang cewe trnyata di batam kota nya asik banged penh pernak pernik di tmbah wanita cantik .petani jg bisa enjoy xixixixi ,para plend se profesi kalo mampir ke batam jgn lupa cari cewe ,hahaha booking cewe nya sma lngganan gua tuh asik bisa pilih orng ny .ni no nya +6285263154504 ok thnx gan numpang mampir aj ni

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s