MENGENAL BERAS HITAM ATAU PADI HITAM

PEMULIA PADI : AYO SILANGKAN PADI HITAM
Penulis : Nurman Ihsan, SP ( THL TBPP DEPTAN di BANTEN )

Pernahkan pembaca mengetahui, beras apa yang kandungan seratnya paling tinggi? Bahkan kandungan serat beras ini bisa sampai seratus  kali lipat dari beras yang lainnya terutama beras putih.

Kalau jawaban pembaca : beras hitam. Jawaban tsb betul adanya.
Beras hitam yang akan saya bahas bukan beras ketan yang warnanya hitam. Tapi benar-benar beras hitam yang dihasilkandari padi hitam.

Alhamdulillah, saya dah pernah merasakan beras hitam dan wedang beras hitam. Di rumahpun, saya dah ada benih beras hitam dari seorang teman di Gombong dan juga benih beras hitam dari Daerah Bantul.

Secara umum ada 3 jenis beras ( non ketan) yang ada, yaitu :
1. Beras putih, umum ditanam oleh sebagian petani di dunia termasuk oleh petani kita.
2. Beras merah atau brown rice. Beras jenis ini pernah kita lihat di pasar-pasar walau dengan jumlah terbatas. .
3. Beras hitam, beras jenis ini jarang dikenal masyarakat. Hanya tumbuh dan ditanam di daerah-daerah tertentu.

Beras Hitam Kaya Serat dan Indeks Glikemik Rendah

Berikut ini adalah table mengenai komposisi gizi berbagai beras dalam 100 gram yang diambil dari Persatuan Ahli Gizi Indonesia pada tahun 2009.

Tabel Komposisi Gizi Berbagai jenis Beras yang ada di Indonesia

No

Nama bahan

Energi (kkal)

Protein (gram)

Karbohidrat (gr)

Lemak (gram)

Serat (gr)

1

Beras hitam

351

8

1,3

76,9

20,1

2

Beras putih

357

8,4

1,7

77,1

0,2

3

Beras merah

352

7,3

0,9

76,2

0,8

4

Beras ketan putih

361

7,4

0,8

78,4

0,4

5

Beras ketan hitam

360

8

2,3

74,5

1

Dari tabel diatas, terlihat bahwa kandungan serat beras hitam sangat-sangat tinggi jika dibandingkan dengan beras lainnya terutama bila dibandingkan dengan putih yang biasa dikonsumsi masyarakat.

Bila serat beras hitam 20,1 g ( sekitar 20 % adalah serat ) maka beras putih “cuma” 0,2 gram. Bedanya sampai 100 x lipat atau 10.000 %. Jadi kandungan serat pada beras hitam sangat-sangat luar biasa. Dengan demikian, beras hitam ini sangat baik buat kesehatan.

Selain mengandung serat yang tinggi beras hitam juga memilki indeks glikemik yang rendah. Mengkonsumsi makanan berupa beras hitam yang mempunyai indeks glikemik rendah sangat bagus sebab akan memperlama rasa kenyang. Di samping itu juga mampu menjaga kestabilan kadar gula darah. Sehingga baik buat para penderita diabetes.

Manfaat Beras Hitam

Menurut penelitian, beras hitam mempunyai kasiat menyembukan berbagai penyakit. Beras hitam berfungsi sebagai obat dan bahan pangan. Kadar vitamin, mikroelemen dan asam amino dari beras hitam semuanya lebih tinggi daripada beras biasa. Riset menunjukkan, warna beras kian gelap, pigmen anti penuaan di lapisan luar beras kian menonjol. Oleh karena itu, beras hitam merupakan beras yang paling kaya pigmen dibanding beras jenis lain.

Peran pigmen beras hitam adalah paling baik di antara berbagai jenis beras berwarna. Selain itu, pigmen beras hitam tersebut kaya mengandung materi aktif flavonoid. Kadar materi aktif flavonoid dalam beras hitam lima kali lipat dari pada beras putih dan berperan sangat besar bagi pencegahan pengerasan pembuluh nadi. Beras hitam mengandung relatif banyak serat makanan (dietary fiber). Indeks gula dalam beras hitam 55 sedangkan beras putih adalah 87.

Zat kalium dan magnesium dalam beras hitam bermanfaat bagi pengontrolan tekanan darah, dan mengurangi risiko terserang penyakit pembuluh darah otak dan jantung. Maka, penderita penyakit kencing manis dan pembuluh darah jantung dapat mengkonsumsi beras hitam sebagai makanan penyehat badan. http://bataviase.co.id/

Kelemahan Padi Hitam Sebagai Sumber Beras Hitam

Jenis varietas padi hitam berdasarkan informasi yang saya dapat dari teman saya yang berasal dari Bantul adalah sbb : Varietas Jowo Melik, Varietas NTT, Varietas Toraja, Varietas Cempo dll.

Secara umum, kelemahan padi hitam antara lain : memiliki usia yang panjang bisa mencapai 5 bulanan, Bentuk tanaman yang tinggi, Hasil panen yang rendah, dll. Oleh sebab itu harga beras hitam umumnya mahal dan pasokannaya sedikit. Di daerah Bantul kisaran harga sekitar 20.000/kg. Selain itu beras ini banyak dijadikan terapi kesehatan.

Peran Para Pemulia Tanaman

Melihat potensi dan peluang yang ada pada beras hitam ini maka keahlian dan peran sang pemulia tanaman sebagai “penghulu” ditantang. Peran sang pemulia adalah mendapatkan galur padi hitam yang memiliki usia panen yang genjah, tanaman yang tidak tinggi dengan hasil panen yang banyak.

Bila didapatkan galur sesuai harapan dari para pemulia kemudian dilepas ke petani lain. Kemudian berkembang di daerah-daerah lain maka pahala yang didapatkan sang pemulia ini sungguh-sungguh besar. Betapa deras aliran pahala yang mengalir ke dalam no rekening hidupnya bila ribuan petani menanam hasil karyanya.

Sebab dengan menanam padi hitam akan didapatkan beras hitam. Beras ini mengandung serat yang tinggi, protein yang bagus, anti oksidan dll sehingga sangat menyehatkan bila dikonsumsinya.

About these ads

About NURMANIHSAN

Bila cinta kepada seseorang saja, di hati penuh kerinduan. Apalagi bila kita dapatkan cinta ALLOH SWT. Ini prestasi seorang hamba. Prestasi hidup. Dan prestasi terbesar. Oleh sebab itu, rebutlah cinta itu,,,
This entry was posted in ABOUT TANAMAN PADI, PEMULIAAN TANAMAN. Bookmark the permalink.

26 Responses to MENGENAL BERAS HITAM ATAU PADI HITAM

  1. hendraxsap says:

    sekarang sudah ada inovasi produk dari beras hitam, yaitu wedang beras hitam yang praktis tinggal seduh dengan air panas. Dapatkan legenda kecantikan dan kesehatan kaum bangsawan yang tersimpan selam ribuan tahun. Asli Produk Indonesia. Cintailah produk-produk Indonesia.http://bit.ly/ImxShw

    • NURMANIHSAN says:

      Terima kasih atas infonya Mas Hendra
      Sy dah baca tulisan disitus tsb, wah nambah wawasan kita.
      Oh ya mau tanya : kalau mau jadi agen wedang beras hitam caranya bgm?

    • Bang Adi says:

      Aku dah pernah minum wedang beras hitam,
      Masa berat bersih beras hitam cuma 18 gram.
      Beras hitam cuma 36 %, beras merah 4% dan sisanya herbal/gula aren 60%.
      Jadi kandungan beras hitam 36 % dari 18 gram adalah 6,48 gram. Kok dikit amat.
      Dalam 1 box ada 5 sachet maka dlm 1 box ada 32,4 gram.
      Bila 1 kg = 1000 g maka perlu 31 box untuk dpt 1 kg beras hitam murni.
      Bila 1 box seharga 20ribu maka perlu 620.000 mencicipi 1 kg beras hitam murni.
      Jadi????

      • hendraxsap says:

        makan beras hitam memang tidak bisa banyak bang Adi. beras hitam itu beda dengan nasi biasa yang makanya harus sepiring/sebakul. beras hitam kita makan tiga sendok saja sudah kenyang. sedangkan di wedang beras hitam kalau anda minum 1 kilo beras hitam yang ada terbuang percuma di dalam tubuh. sama seperti VIT C 1000 mg buat apa? wong tubuh kita setiap hari hanya butuh Vit C hanya 75 miligram-200 mg.

        prinsip herbal adalah sedikit tapi terserap sempurna, sama prinsipnya wedang beras hitam kebutuhan tubuh tidak perlu banyak perhari, itulah perbedaan beras hitam dengan beras putih biasa. Dalam setiap 50 gram beras hitam terdapat kandungan:

        Gula : 1 gram
        Protein : 5 gram
        Lemak Total : 1,5 g
        Karbohidrat : 34 gram
        Zat Besi : 2 gram
        zat lain : 7,5 gram
        Tabel 1. Rata-rata kandungan besi beras giling beberapa beras hitam dan beberapa varietas padi unggul (beras putih) dan beras merah lokal Yogyakarta.

        Kandungan bzat esi (ppm) beberapa
        varietas pada unggulan (beras putih)

        beras merah Yogyakarta
        Batanggadis = 3,3
        Pandanwangi = 3,37
        Sintanur = 3,7
        Cisandane = 3,9
        Ciherang = 2,9
        IR 64 = 4,4

        Kandungan zat besi (ppm) beras hitam dan
        Beras hitam = 150,261 (beras hitam)
        Mandel = 8,93 (beras merah)
        Segereg = 13,26 (beras merah)
        Cempo merah = 11,26 (beras merah)
        Sumber : Siti Dewi Indrasari,2006
        Balai Besar Penelitian Padi
        Hasil analisis BPTP Yogyakarta

        Nampak pada tabel 1, bahwa kandungan besi beras hitam jauh lebih tinggi dibanding beras putih (Batanggadis, Pandanwangi, Sintanur, Cisadane, Ciherang dan IR 64) maupun beras merah lokal Yogyakarta (Mandel,Segreng, Cempo Merah) yang ditanam di Sleman . Bahkan kandungan besi pada beras hitam masih jauh lebih tinggi dibanding dengan beras Maligaya Spesial 13 dari Filipina yang umum digunakan sebagai pembanding, dengan kandungan besi pada beras pecah kulit mencapai + 22 ppm.
        jadi buat apa konsumsi 1 kilo beras hitam sekaligus, yang ada dibuang percuma menjadi kotoran dan tidak terserap secara optimal oleh tubuh.

  2. suli says:

    Seperti yang sudah saya komenkan “Padi Dalam Pot” bulir yang aku tanam keluar malai berbiji merah tua kehitaman, atau sebetulnya tidak hitam banget to padi yang dikatakan beras hitam ? kecuali beras hitam yang dari cina.
    Nah malai malai padi merah kehitaman tadi semoga menjadi galur harapan nantinya, pastinya yang menggembirakan bentuk tanamannya sama seperti padi padi lain, permalai 220 bulir bernas udah lumayan, tinggi 110 cm, batang kokoh.namun mengisian bulir lebih lama 5 -7 hr di banding padi putih.
    Atau saya sendiri yang terlalu bersemangat setelah mendapati dari 1 rumpun padi hitam yang menempel pada padi varietas aek sibundong ???? setelah bulir bulir di tanam di pot didapat padi putih, merah, merah tua kehitaman.
    Teman teman menurut hemat saya, silakan berkreasi sendiri dengan caranya sendiri mendapatkan padi padi yang unik dan langka. tidak harus mencari contohnya benih padi hitam yang kadang kala harganya sangat mahal dan sangat di komersilkan. alangkah bijak saling tukar benih beberapa bulir sangat berarti bagi seorang petani.
    Boleh saja menjual benih padi hitam,namun kalau harganya selangit ??? kita semua darah petani….sama sama berkeringat sewaktu disawah.

  3. Nining says:

    Trimakasih infonya, sy sudh merasakn manfaat dr memakan beras merah dan beras hitam.
    Seandainya bs tlg dung dibagi bibit padi merah or padi hitam, supaya bs sy kembangkn kembali.

  4. KUSAIRI says:

    KALO MAU CARI BIBITNYA GMN?

  5. suli says:

    Terima kasih Bu Nining mau mengembangkannya, saya terbuka ke siap saja, silakan di perbanyak, alamat kirim ke sulipartono@gmail.com namun tidak banyak ya seperti yang saya kasihkan ke Pak Ihsan hanya 1 malai ( 150 biji saja). coba ibu tanam 1 biji/pot . pesanku sebarkan yang membutuhkan, jangan suruh beli.

  6. deddy says:

    kapan varietas beras hitam seperti itu ad? saya dari banjarmasin mau membudidayakan

  7. DEDDY HERRI YADI, SE says:

    kalo boleh saya jg mau mengembangkannya saya sudah kirim alamat saya ke sulipartono@gmail.com

  8. DEDDY HERRI YADI, SE says:

    bagaimana nih bang tentang permintaan saya. saya mau beli untuk 1 malai saja karena saya serius ingin mengembangkannya di daerah saya. terimakasih

  9. suli says:

    Maaf baru turun gunung….

    Saya kirim antara tanggal 27-30 nop ini pak dedy, saya kasih kembangkan,saran saya tanam di pot dulu, karena masih F2 padi merah aek sibundong

  10. Riman says:

    Waduh mksh bgd atas info’y mas????

  11. cantrik says:

    Nanti bawa ke ciamis ya pak, bebera bulir bernas bolehlah. Atau mesti dijemput ke gombong? Kalau ke gombong berarti bonus inpari 10 1kg, logawa 1kg..hehehe. Satu lagi, benih kedelai..

  12. suli says:

    Pak Ali…..
    Akan saya bawakan gabah hitam yang benihnya dulu dari pak ihsan, namun tidak banyak…karena di pot berbagi sama burung pipit ( Lonchura leucogastroides ) biarlah…dia kan perlu mengasuh anaknya yang banyak di sarang pohon pinang (Areca catechu)

    Oke, benih logawa, gulabed, dll inpari 10 nga ada pak.

  13. avi says:

    wah bnyk yg tertarik jg dg padi hitam :p sama seperti saya.Kalau padi hitam dan padi jadul(jaman dulu)msh mudah dijumpai terutama bln agustus krn sesepuh sesepuh petani didesa saya msh bnyk yg menanamnya dlm skala kecil disudut sawah cuma umurnya 180 hss bahkan ada yg mencapai 8 bulan yaitu padi kridik

  14. Parwito says:

    Saya ada bibit padi hitam kurang lebih 0.5 kg dari petani alami di Bojonegoro, umurnya 85-90 hari panen, malai dari 1 bulir bisa mencapai 30-40. bila ada yang berminat bisa kontak saya di email: parwito.pdkt@gmail.com. Harapan kami ditanam secara organik dan bibit yang sudah ada tidak dijual tapi diberikan lagi bagi yang membutuhkan. Matur nuwun

    • avi says:

      mas parwito sy berminat dg benih padi hitam anda krn umurnya genjah,mungkin bs buat pemuliaan kedepan krn jenis2 padi hitam yg sy umurnya rata2 6 bln,oya email sy masuk g mas,kalau g masuk bs sms/kontak hp sy di 0858661612320 maturnuwun :)

  15. Kokoh Matiwingi says:

    Apakah padi beras hitam gabahnya berbulu? Tolong dong infonya, soalnya ada serumpun padiku berwana hitam dan berbulu. Terimakasih.

  16. avi says:

    pak kokoh matiwingi,kalau padi hitam jadul didaerah sy ada 2 jenis.Ada yg berbulu dg panjang antara 1-2 cm dan ada yg tidak berbulu.Bentuk gabah bulat dan besar,susah dirontokkan dan umumnya dipetik beserta tangkainya

  17. Parwito says:

    Kalau yang ada bulunya namanya Jowo Melik dan yang tidak berbulu Jowo Ireng

  18. suli says:

    Habis tanam padi hitam dari pak pur……umurnya sama dengan logawa alias galur

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s