BENIH BARU BUAT MUSIM TANAM BERIKUTNYA

KIAT MENCARI BENIH BAGUS
Penulis : Nurman Ihsan ( THL TBPP DEPTAN di BANTEN )

Ada petani yang bernama Pak Ading, setiap musim tanam dia membeli benih di toko tani. Bila di toko sedang tak ada benih, terpaksa dia pakai benih padi yang seharusnya buat makan.

Ada juga petani yang saya pernah jumpai, selalu memakai benih padi musim tanam sebelumnya. Dia hampir tak pernah membeli benih di toko. Paling-paling mendapatkan bantuan benih dari program SL PTT dari Kementan.

Bila kita tanya kepada para petani, bagaimana mereka memproses benih yang akan mereka pakai? jawabannya hampir 99 % berkata : mereka panen semua padinya. Setelah itu baru dijemur. Setelah kering, dimasukkan ke dalam karung. Bila mereka butuh untuk buat nyebar benih, maka benih tsb diambil sekenanya.

” kan emang begitu, Mas Nurman?”

” itu bagus, cuma ada yang lebih bagus”

” oh gitu, bisa dijelaskan, mas?”

Bila kita sebagai petani ingin panen maka ada yang perlu diperhatikan. Adapun langkah-langkahnya adalah sbb :

Pertama, panen sebaiknya dilakukan 2 kali.

Panen pertama, kita gunakan buat mencari benih yang baik dan sehat.

Penen kedua, setelah panen pertama selesai.

Kedua, bila kita ingin mencari benih yang bagus tsb maka kita cari 2,5 meter dari pematang sawah. Mengapa?

Padi adalah salah satu tanaman yang dapat melakukan penyerbukan silang dengan bantuan angin. Dengan demikian maka kemungkian besar bagian pinggir dari pematang akan terjadi perkawinan silang tsb.

Bila hal ini terjadi, maka besar kemungkinan padi tanaman pinggir akan beragam kemungkian tumbuhnya.

” tapi mas nurman, bila satu hamparan varietasnya sama bagaimana?”
” kalau tanaman kita bagus  kemudian tanaman petani tetangga kita kurang bagus maka hasilnya akan kurang bagus pula. Misalkan malai tanaman kita panjang, punya petani tetangga tidak maka jelas akan mempengaruhi benih padi”

Ketiga, cari tanaman yang sehat dengan malai yang bagus.

Kebutuhannya kita sesuaikan dengan lahan yang kita punya. Bila kita punya lahan 1 ha maka kebutuhannya sekitar 30-35 kg GKP. Setelah dijemur maka akan susut sekitar 18-20 % nya. Karena kebutuhan secara umum benih padi adalah 25 kg GKK.

Keempat, hindari tanaman yang kita penen dengan cara digebot/dibanting

Untuk panen pertama sebagai benih maka perlakuannya juga harus baik. Sebaiknya kita gunakan mesin perontok padi. Atau bila tak ada cara merontokan gabah tsb dengan kaki kita.

Mengapa? sebab gabah yang dirontokan dengan cara digebot maka besar kemungkian akan patah. Benih yang patah akan kurang baik bila kita gunakan buat benih berikutnya. Adapun bila disimpan menjadi benih tak bisa bertahan lama.

Kelima, Dijemur dengan Baik

Karena gabah ini buat benih maka perlakuan penjemuran juga harus lebih baik. Apalagi gabah yang kita jemur tak banyak.  Jadi harus diperhatikan betul tingkat kekeringannya.

Keenam, Letakkan di tempat yang baik

Bila sudah kering maka letakkan gabah ini ditempat khusus. Jangan diletakkan yang gelap atau lembab. Atau ditempat yang bisa dimakan tikus.

Demikianlah proses mendapatkan benih yang baik. Bila kita menerapkan langkah-langkahnya maka besar kemungkian tanaman padi yang bagus dan tumbuh serempak kita dapatkan dalam beberapa musim.

Jadi, jangan sampai kita membeli terus benih dari toko. Tapi bila sudah beberapa musim tanaman padi kita tumbunya tak stabil, ada yang panjang – pendek. Maka ada saatnya kita membeli di toko pertanian.

About these ads

About NURMANIHSAN

Bila cinta kepada seseorang saja, di hati penuh kerinduan. Apalagi bila kita dapatkan cinta ALLOH SWT. Ini prestasi seorang hamba. Prestasi hidup. Dan prestasi terbesar. Oleh sebab itu, rebutlah cinta itu,,,
This entry was posted in ABOUT TANAMAN PADI, BENIH PADI. Bookmark the permalink.

One Response to BENIH BARU BUAT MUSIM TANAM BERIKUTNYA

  1. suli says:

    Pak Nurman

    Saya ikut nambahan hal diatas….
    Khususkan satu petak sawah calon benih, jajar legowo 2:1 (mutlak) jarak dari pematang satu meter,buang malai tidak seragam, dekat jalan/mobilisasi, irigasi teknis, hindari pupuk dan pestisida berlebih dan tidak kalah pentingnya petak tersebut aman dari hama khususnya tikus, sayangkan benih yang di idamkan tidak normal di tengah jalan.bila perlu buat papan nama varietas, biar petani lain bisa mengamati sendiri dan diharapkan empercepat penyebaran benih.

    Beri kesempatan pada anggota keluarga perempuan untuk petik pakai ani ani(ketam) pilih malai malai terbaik, memang lama namun benih ini jauh lebih sempurna.tradisi ini membuat padi dipanen seperti di sayang, satu persatu ditimang. syukur di dahului upacara ‘wiwitan’ yaitu membawa nasi liwet,sambel gepeng, ingkung ayam kampung,jajanan pasar. di sawah siapa saja boleh ikut. tradisi ini bentuk manifestasi permohonan keselamatan dan izin mulai panen pada Gusti Allah. Supaya padinya berkah, awet di lumbung, lama kenyang dan jika ada sisa di musim paceklik bisa di jual
    Keadaan sekarang benih terus beli.padahal benih yang banyak di kios( label tertentu) hanya benih antar lapang.yang akhirnya sama saja di persawahan.lebih parah kalau yang di subsidi masuk kedesa, kadang tidak semua berkecambah/tumbuh. kalau telat memeram lagi yang tentunya telat juga dipersemaian, telat juga kegiatan selanjutnya. mau di kemanakan petani kita ?

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s