DAUN BENDERA PADI

SEMOGA MUNCUL PADI UNIK
Penulis : Nurman Ihsan, SP ( THL TBPP DEPTAN di BANTEN )

Eposiode Menyenangkan

Menurut saya, peristiwa paling menyenangkan dalam eposiode menanam padi adalah ketika 1-2 pekan sebelum panen.

Mengapa ? disinilah kita bisa mengitari tanaman padi yang akan panen tsb. Bukan sekedar mengitari, tapi melihat dengan hati-hati dan teliti akan munculnya varietas padi yang unik.

Varietas Unik

Apalagi, bila di areal tsb ada variteas padi lain terutama padi ketan ( tanaman tinggi )  kemudian menyebarkan benang sari ke areal sawah sekitarnya, maka akan muncul padi-padi yang aneh dan unik di musim berikutnya,,,

Unik ? dimana uniknya ? menurut saya kembali, unik itu bisa dilihat dari malainya yang panjang, ada beberapa tanaman padi yang matang awalan, daun bendera yang lain, bentuk gabah yang lain seperti agak besar, jumlah bulir yang agak banyak, dll.

Saya sudah mendapatkan 2 tanaman di tempat yang berbeda, ada tanaman yang mengeluarkan malai dengan bulir yang agak besar. Wah, senang sekali bila mendapatkan benih tsb. Dan, malai-malai yang unik lainnya,,,,

Daun Bendera Padi

Sewaktu ada tanaman padi  yang unik tsb, kemudian ada beberapa malai yang saya dapatkan. Bila kita ingin mengambil beberapa malai saja, kriteri apa yang saya pilih ?

Secara sederhana, bila ada 2 malai yang hampir sama, saya akan pilih: malai dengan daun bendera yang lebar dan panjang. Sebab padi ini, sepengetahuan saya ( secara nalar ) akan melahirkan benih padi Padi Tipe Baru ( PTB ).

Kenapa ? sebab padi PTB akan menghasilkan daun yang lebar dan panjang, dengan demikian, akan keluar malai yang panjang dengan bulir yang banyak. Bila ini kita dapatkan, walaupun tak diakui pemerintah, ada kebahagian tersendiri.

Syukur-syukur, padi tersebut bila diperbanyak dan disebarluaskan kepada insan lain. Jangan enggan tuk berbagi, sebab bila kita dapatkan padi hasil persilangan alami tsb, itu terjadi karena Kemurahan Sang Pencipta, Allah SWT kepada kita. Kita hanya diberikan kepercayaan tsb.

Secara pribadi, saya punya harapan saya. Apa itu ? bisa mendapatkan benih padi yang agak besar. Biasanya, benih padi beratnya 24-28 gram per 1000 bulir.

Kalau ada yang bisa merakit atau secara tak sengaja di sawahnya ada bulir padi yang 35-40 gram/1000 butir, ini adalah luar biasa.  Insya Allah, kita dapatkan benih tsb. Amin,,,

About these ads

About NURMANIHSAN

Bila cinta kepada seseorang saja, di hati penuh kerinduan. Apalagi bila kita dapatkan cinta ALLOH SWT. Ini prestasi seorang hamba. Prestasi hidup. Dan prestasi terbesar. Oleh sebab itu, rebutlah cinta itu,,,
This entry was posted in ABOUT TANAMAN PADI, BENIH PADI. Bookmark the permalink.

4 Responses to DAUN BENDERA PADI

  1. suli says:

    Cocok Pak ihsan ….
    Biarpun nga di akui sama pemerintah, namain sendiri masing masing. mbeling sedikit tidak apa apa toh padinya dari lahan sendiri, sudah adaptasi, pastinya tahan hama dan penyakit, memilih dari malai ‘unik’ terbaik.
    Seperti varietas logawa banyak sekali variannya, karakter tinggi, ada yang pendek, ada yang mix tinggi pendek (logawa blenjak blenjuk=bisa sampai 12 t/ha). ada gabah yang punya ekor pendek (bisa nusuk kaki). ada yang pulen seperti cilamaya karena leluhurnya di mix cilamaya .

  2. Emir Fawas says:

    Betul sekali Pak Nurman, petani seharusnya bisa mandiri dalam memilih benih walaupun tidak diakui tetapi hasil optimal.

  3. avi says:

    Itulah varietas pemenang menurut saya.Alampun menyeleksi varietas2 padi tiap musim.Yg kuat itulah yg menang dan suatu saat legenda IR64 pasti akan tumbang

  4. sutopo says:

    DITEMPAT SAYA IR 64 SUDAH TUMBANG,ciherang pun dah hampir tumbang,

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s