UBINAN PADA TANAMAN PADI

UBINAN UNTUK MENGETAHUI PRODUKSI PADI
Penulis : Nurman Ihsan, SP ( THL TBPP DEPTAN BANTEN )

Bila kita ingin melakukan ubinan, hal-hal yang harus kita persiapkan secara sederhana ( sebetulnya ada alat khusus untuk ubinan yang terbuat dari besi, cuma agak berat ) : tali, meteran, alat panen padi, terpal, timbangan, tampah, dll.

Waktu ubinan, waktu terbaik untuk melakukan UBINAN adalah di atas jam 1/2 dua belas siang. Kenapa waktu tersebut yang dipilih? sebab kita ingin mendapatkan hasil dengan tinkat GKP panen yang serendah mungkin, sehingga kadar air dalam butir padi tersebut rendah pula.

Kemudian menentukan 8 titik arah mata angin, setelah itu kita random (acak) dengan cara memilih 2 atau 3 titik tsb. Di lokasi inilah yang kita jadikan lokasi ubinan, kita sebut titik A dan titik B atau titik C. Ukurlah dengan meteran jarak 2,5 x 2,5 meter. Beri tanda dengan tali. Ukur pula ubinan yang ke-2, beri tanda pula.

Setelah itu, kita panen dilokasi yang diberi tanda. Tetapi sebelum kegiatan ubinan kita lakukan kegiatan pencatatan, baca Kegiatan Ubinan Padi. Rontokan gabah dari malainya dengan alat perontok. Bersihkan segala kotoran dengan tampah. Dan terakhir, timbanglah!.

Bila hasil titik A 5,6 kg dan titik B 6 kg. Dijumlahkan kemudian dibagi 2. Hasilnya 5,8 kg.
Karena jarak ubinan 2,5 x 2,5 meter maka 1 ha = 10.000 m2 : 6,25 m2 = 1.600
Hasil Perkiraan = 5,8 kg x 1.600 = 9.280 kg = 9,28 ton/Ha GKP

Ini adalah metode lama dalam hitungan perkiraaan hasil tanaman padi, metode perhitungan lebih baik untuk ubinan dapat baca disini Model Kegiatan Ubinan Padi yg Tepat atau disini Menghitung Produksi Sistem Legowo

About NURMANIHSAN

Bila cinta kepada seseorang saja, di hati penuh kerinduan. Apalagi bila kita dapatkan cinta ALLOH SWT. Ini prestasi seorang hamba. Prestasi hidup. Dan prestasi terbesar. Oleh sebab itu, rebutlah cinta itu,,,
This entry was posted in UBINAN/PANEN. Bookmark the permalink.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s