APA ARTI RACUN KONTAK, RACUN SISTEMIK DAN RACUN LAMBUNG?

CARA KERJA RACUN INSEKTISIDA
Penulis : Nurman Ihsan, SP ( THL TBPP DEPTAN di BANTEN )

Ada seorang PLL, begitu membaca tulisan tertentu yang tertera pada insektisida bingung? Ada tulisan RACUN KONTAK. Pada insektisida lain tertulis juga RACUN SISTEMIK, contohnya Upplaud 10 WP. Bahkan ada insektisida yang memuat ketiga racun sekaligus: kontak, sistemik dan lambung. Diantaranya Spontan 400SL, DAGGER 200 SL dll.

Insektisida yang beredar di pasaran secara umum, berdasarkan cara kerja masuknya racun ke hama penggangu dapat dibedakan menjadi 4 :

Racun Sistemik
Untuk jenis racun seperti ini cara kerjanya tak langsung membunuh hama. Racun sistemik setelah disemprotkan atau ditebarkan akan menempel pada tanaman. Kemudian racun ini akan terserap ke dalam jaringan tanaman melalui daun atau akar. Racun ini dapat membunuh hama yang ada dalam jaringan tanaman seperti jamur dan bakteri.

Racun Kontak
Insetisida ini akan bekerja dengan baik jika terkena atau kontak langsung dengan hama sasaran. Untuk jenis kontak ini tidak begitu efektif untuk mengendalikan hama yang berpindah-pindah tempat atau dapat terbang. Tetapi bila ada tanaman yang masih menyimpan residu pestisida sehingga kontak antara serangga dan pestisida dapat berlangsung.

Racun Lambung
Racun yang terdapat dalam insektisida ini baru bekerja jika bagian tanaman yang telah disemprot dimakan oleh hama. Bagian tanaman yang termakan itulah yang akan sampai di lambung hama. Di lambung inilah kerja racun mulai bereaksi.

Racun Pernapasan
Insektisida jenis ini dapat membunuh serangga jika terhisap melalui organ pernafasan hama. Racun ini sering digunakan untuk mengendalikan hama gudang. Jenis racun ini sering disebut sebagai racun fumigan.

Untuk memahami arti Spontan 400SL, DAGGER 200 SL anda bisa baca disini

About NURMANIHSAN

Bila cinta kepada seseorang saja, di hati penuh kerinduan. Apalagi bila kita dapatkan cinta ALLOH SWT. Ini prestasi seorang hamba. Prestasi hidup. Dan prestasi terbesar. Oleh sebab itu, rebutlah cinta itu,,,
This entry was posted in ABOUT TANAMAN PADI. Bookmark the permalink.

12 Responses to APA ARTI RACUN KONTAK, RACUN SISTEMIK DAN RACUN LAMBUNG?

  1. Pingback: MEMAHAMI ARTI ANGKA DAN KODE PADA PESTISIDA ATAU INSEKTISIDA | CERITA BUAT KATA, KATA ITU ADALAH CINTA

  2. bejono777 says:

    makash infonya boss

  3. bejono777 says:

    makasih infonya……kalau tanaman cabe daunnya kriting biar cepet mekar pakai apa y ?

  4. arent says:

    Klo pke insektisida regent di campur fungisida antracol cocok ga mas.utk membasmi hama dan penyakit sperti beluk dan sundep
    Mksih

  5. efendy manan says:

    Boleh nimbrung ya mas nurman?
    Begini pak arent…untuk mencampur pestisida sebenarnya ada kelebihan dan kelemahannya.Kelebihan praktis dan menghemat waktu,kelemahannya dengan tercampurnya 2 bahan aktif Regent (Fipronil) dan Antracol (propineb+zink) maka bisa beresiko,saling melemahkan,atau terjadi mutasi kimia.Perlu diingat bahwa pestisida adalah bahan kimia yang bisa berubah struktur kimia karena penambahan bahan kimia tertentu…Jadi saran saya dipisah saja pak pada waktu aplikasinya..namun jika ada pengalaman petani lain yang mencampur tidak apa2 ya bisa di ikuti.
    Apa pak arent pernah mencoba agens hayati dan pes nab?penggunaan agens hayati dan pesnab selain aman bagi kesehatan manusia dan lingkungan,tidak menyebabkan kebal pada OPT juga meningkatkan imunitas tanaman…jika belum yakin bapak bisa step by step dulu..insyaAllah lebih efektif.Bapak bisa membuka artikel di blog ini tentang pesnab dan agens hayati….

  6. aswin harahap says:

    Trimakasih ilmu pengetahuannya

  7. bgs skl infox, bs g sertakan jg merek2 rcn kedalam 4 kategori diatas?
    mksh bnyak ats infox smg smw pd bermanfaat.

  8. Muhammad says:

    saya dari kebun bibit mau menawarkan beberapa Insektisida Racun Sistemik untuk membunuh hama pada tanaman, bila anda minat bisa kunjungi link kami yaitu http://kebunbibit.id/insektisida-racun-sistemik/

  9. riezwan says:

    kalo antraco,, cocoknya di campur fungisida sistemik bahan aktif apa ya??

  10. Amen dabang says:

    insektisida polydor dicampur dengan regent cair

  11. Amen dabang says:

    bisakah insektisida polydor dicampur dengan regent cair dalam satu wadah tapi belum digunakan/disemprotkan pada tanaman

  12. efendy manan says:

    Polydor kalau ndak salah bahan aktif imidakloprid..regent ba fipronil….boleh saja dimix saat sebelum dispray tapi lbh baik jangan disimpan…insektisida dalam bentuk SC jika disimpan akan mengendap

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s