NAMA SAYA PADI INPARI 13

SAYA PADI INPARI 13
Penulis : Nurman Ihsan, SP ( THL TBPP DEPTAN BANTEN )

Hallo, kenalkan nama AKU adalah Padi Inpari 13

Aku ini termasuk katagori padi sawah. Aku dilepaskan oleh BB PADI yang dikelola pemerintah untuk umum sekitar tahun 2009. Kamu tau apa itu INPARI? Inpari adalah singkatan dari Inbrida Padi sawah Irigasi. Inpari itu ada banyak dari 1 – 13. Untuk saat ini aku adalah si bungsu dari 13 saudara.

Untuk mengenal diriku sebagai padi INPARI 13, aku mulai dari benih dulu ya. Benihku ( baca gabah ) panjang ramping dengan warna kuning bersih. Bila aku dikumpulkan bersama 999 temanku maka beratku sekitar 25,2 gram saja.

Umurku sekitar 103 hari. Dihitung dari diriku jadi benih kemudian disebar ditempat persemaian sampai diriku dipanen. Umurku termasuk genjah (umur pendek) dibandingkan kakak-kakak saya sebelumnya seperti ciherang dan IR 64. Mereka berdua bisa berumur sekitar 115 hari.

Tinggi aku bisa mencapai 101 cm dengan bentuk postur tubuhku yang tegak. Permukaan daunku kasar dengan posisi daun tegak. Untuk daun bendera punya aku agak terkulai. Warna batang tanamanku termasuk hijau warnah.

Untuk masalah ketahanan terhadap hama dan penyakit, aku direkayasa dengn baik. Untuk hama, aku tahan terhadap hama Wereng Batang Coklat Biotipe 1,2 dan 3. Sedangkan untuk penyakit, aku tahan tahan terhadap penyakit blas ras 033 dan agak tahan terhadap ras 133, 073 dan 173 tetapi aku agak rentan terhadap penyakit Hawar Daun Bakteri strain III, IV dan VIII.

Orang bilang sih, rasa nasiku pulen. Apalagi potensi produksi dari gabahku bisa mencapai 8 ton GKG, tetapi rata-rata aku dipanen dengan hasil 6,59 ton GKG. Makanya aku pada tahun-tahun terakhir ini dianjurkan oleh pemerintah untuk ditanam.

Itulah sekilas tentang diriku, tetapi sebelumnya aku ucapkan terima kasih kepada para pemulia dan para peneliti. Dengan bantuan merekalah saya bisa dihasilkan. Bila saya ditanam di seluruh indonesia dan hasilnya banyak. Maka pihak-pihak yang berperan dalam hal ini akan mendapat pahala dari Tuhan Semesta Alam karena kebaikannya. Semoga….

About NURMANIHSAN

Bila cinta kepada seseorang saja, di hati penuh kerinduan. Apalagi bila kita dapatkan cinta ALLOH SWT. Ini prestasi seorang hamba. Prestasi hidup. Dan prestasi terbesar. Oleh sebab itu, rebutlah cinta itu,,,
This entry was posted in BENIH UNGGUL PADI. Bookmark the permalink.

7 Responses to NAMA SAYA PADI INPARI 13

  1. tri setiawan says:

    stelah membaca artikel tsb..jk dibanding pdi ceherang hslny jauh lbh bnyk..karna ceherang dpt mencapai 7.5 ton per ha.sdg inpari hny 6.5 sj.

    • NURMANIHSAN says:

      Trim atas komennya mas tri
      Bila kita menghitung produksi padi, kita lihat dulu GKP dan GKK nya. Bila panen ciherang 7,5 GKP ( Gabah Kering Panen ) maka bila kita jemur gabah itu akan susut 18-22 %. Kita ambil rata-rata 20 % maka tinggal 6 ton GKK.
      Apalagi bila bila kita melakukan ubinan model 2,5 x 2,5 m maka hasil panen akan cendrung naik sekitar 17 % dari realitanya.
      Untuk padi inpari 13 yg potensi hasilnya 8 ton GKP atau rata-rata 6,59 ton GKK maka kalau baru dipanen gabah tsb menghasilkan 7,9 ton GKP. Trim

  2. Nuhaimin NS. says:

    Gimana hasil proses bila sudah jadi beras…… tinggi mana dibanding dgn ciherang…… Trim

  3. Nuhaimin NS. says:

    Didaerah saya inpari 13 juga tidak bisa penuh isi butirannya……. banyak yang tertinggal pada pangkal malai nya. Gmn itu….. Trim

  4. Terima kasih atas postingnya..semoga bermanfaat. Nama saya Trias Sitaresmi, bekerja di BB Padi. Yang pasti, karakter hasil gabah kering giling sangat dipengaruhi oleh faktor Genotipe, Lingkungan, dan yang paling penting interaksi antara genotipe x lingkungan. Untuk daerah dengan kondisi/musim tertentu, hasilnya bisa lebih tinggi Ciherang atau INPARI 13. Saya hanya menyarankan untuk melakukan pergiliran varietas saja. Tapi apabila daerahnya sedang mengalami endemik wereng coklat, mohon untuk menanam INPARI 13. INPARI 13 memang susah digebot tidak seperti Ciherang. Ketahanan terhadap wereng lebih baik INPARI 13 dari Ciherang. Masing-masing punya kelebihan dan kekurangan.
    Terima kasih.

    • NURMANIHSAN says:

      Trima kasih Ibu Trias Sitaresmi atas komentarnya,
      Wah, terima kasih bila ada insan BB padi yg ikut memberi komentar.
      Sy sbg penyuluh mengharapkan masukan dan saran dari orang BB padi, dan bisa juga memberikan solusi kepada para pembaca yang lain.
      Saya tunggu komentar2 selanjutnya, bu.
      Dan saya juga berharap ada koreksi bila ada yg kurang pas dalam tulisan saya.

  5. suli says:

    Terima kasih Bu Trias sitoresmi.. salam hormat
    Saya juga tunggu komen komen ibu, yang banyak hal di tulis oleh yang empunya Blog, tolong bantu beliau bu….saya bantu dari sawah saja, e e gubuk/saung yang ada di sawah maksudnya.

Leave a Reply

