APA ITU INFLASI

MENGENAL INFLASI DENGAN BAHASA SEDERHANA
Penulis : Nurman Ihsan, SP ( THL TBPP DEPTAN di BANTEN )

Dalam beberapa literatur disebutkan beberapa arti inflasi, salah satunya di wikipedia bahasa indonesia. Versi wikipedia inflasi adalah suatu proses meningkatnya harga-harga secara umum dan terus-menerus (kontinu) berkaitan dengan mekanisme pasar yang dapat disebabkan oleh berbagai faktor, antara lain, konsumsi masyarakat yang meningkat, berlebihnya likuiditas di pasar yang memicu konsumsi atau bahkan spekulasi, sampai termasuk juga akibat adanya ketidak lancaran distribusi barang.

Dengan kata lain, inflasi juga merupakan proses menurunnya nilai mata uang secara kontinu. Inflasi adalah proses dari suatu peristiwa, bukan tinggi-rendahnya tingkat harga. Artinya, tingkat harga yang dianggap tinggi belum tentu menunjukan inflasi.

Inflasi adalah indikator untuk melihat tingkat perubahan, dan dianggap terjadi jika proses kenaikan harga berlangsung secara terus-menerus dan saling pengaruh-memengaruhi. Istilah inflasi juga digunakan untuk mengartikan peningkatan persediaan uang yang kadangkala dilihat sebagai penyebab meningkatnya harga.

Bila kita lihat arti inflasi di atas terlalu jelimet, kebanyakan inflasi adalah bla-bla dst, nga membumi gitu.

Menurut saya, bahasa sederhana seperti ini,  inflasi adalah, ” nilai uang kita semakin nga ada harganya. Atau nilai uang kita turun terus tiap tahun”.

Lho kok  bisa? Ya jelas bisa, wong mata uang kita cuma kertas doang!!.

Saya ambil contoh, tahun 2007 ada buruh yang bernama Pak Gatot. Dia gajian 1 juta per bulan. Pak Gatot sekeluarga tinggal di kontrakan dengan sewa per bulan 300 ribu tahun itu. Pada tahun 2011, gaji dia naik jadi 1,1 juta, Artinya dalam 4 tahun gajinya cuma naik 100 ribu.

Bila INFLASI secara umum di Indonesia 6 % per tahun maka selama 4 tahun menjadi 24 %. Ini artinya nilai uang Pak Gatot hilang 24 % dari gajinya sebesar 1,1 juta. Nilai uang yang hilang sebesar 264 ribu. Jadi selama 4 tahun gaji pak Gatot naik 100 ribu cuma pada saat bersamaan nilai uangnya turun atau hilang 264 ribu.

Jadi selama dia kerja yang terjadi adalah kehilangan nilai uangnya sebesar 164 ribu. Kemana hilangnnya? ya itu tadi karena inflasi. Mengapa? sebab sistem di negara ini yang berkiblat pada kapitalisme. Sekali lagi, sebab mata uang kita cuma kertas !!!

Ini contoh yang lebih parah tentang uang kertas kita. Bila pada tahun 2006,  kita punya uang 2 juta dan punya emas senilai 2  juta ( 8 gram emas ). Keduanya kita taro di kotak atau tempat tertentu. Bila pada tahun 2011 kita ambil kembali keduanya, APA YANG TERJADI,  SODARA-SODARA?

Uang kertas kita itu akan tetap berjumlah 2 juta tapi nilanya semakin berkurang. Tetapi apakah emas yang 8 gram tersebut tetap 2 juta?? TERNYATA TIDAKKKK.

Emas yang 8 gram itu, tahun 2011 jadi bernilai 3,6 – 4 juta ( November 2011, 1 gram = 450 -500 ribu ). Mengapa bisa terjadi sodara-sodara? ” JAWABANNYA MUDAH SAJA. MATA UANG KITA CUMA KERTAS, MATA UANG KITA BUKAN EMAS”.

Padahal kita adalah negeri terbesar penduduknya muslim, tetapi kita tak belajar pada sejarah. Kita membuang sejarah hidup Nabi Kita, padahal nabi kita memakai emas sebagai mata uangnya!!!. Ternyata bila kita memakai emas  sebagai mata uang maka bukan saja umat islam yang diuntungkan melainkan seluruh umat manusia. Sebab memang Islam diturunkan buat seluruh umat manusia,,,

Adakah kita sebagai anak bangsa dan pengikut Nabi Muhamad SAW bila belajar dari pengalaman sejarah ini?

About NURMANIHSAN

Bila cinta kepada seseorang saja, di hati penuh kerinduan. Apalagi bila kita dapatkan cinta ALLOH SWT. Ini prestasi seorang hamba. Prestasi hidup. Dan prestasi terbesar. Oleh sebab itu, rebutlah cinta itu,,,
This entry was posted in SHARE ILMU. Bookmark the permalink.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s