LATIH OTAK : 8 ROTI DAN 8 DIRHAM

AYO LATIH OTAK KITA
Nurman Ihsan

Dalam sebuah tulisan di Gerai Dinar, sang penulis Pak Iqbal Muhaimin membuat sebuah kisah yang sangat baik untuk kita pecahkan bersama. Ini bisa melatih akal atau pengetahuan kita untuk  menyelesaikan suatu masalah. Bila kita biasa menyelesaikan masalah-masalah seperti  ini maka akan membuat kita  memiliki naluri untuk menyelesaikan masalah dalam kehidupan kita. Begini ceritanya,

Suatu hari dua orang musafir menempuh perjalanan bersama dengan masing-masing membawa bekal makanan. Orang pertama membawa bekal lima potong roti, dan orang kedua membawa bekal tiga potong roti.

Ketika mereka berhenti untuk beristirahat dan hendak memakan bekal rotinya, datang orang ketiga yang tidak membawa makanan. Maka orang ketiga ini minta ijin untuk bergabung dan ikut makan roti. Dua orang yang berbekal roti tadi setuju, kemudian keduanya memotong setiap roti menjadi tiga bagian.

Setelah semua roti tadi terpotong menjadi tiga bagian, tiga orang musafir ini makan seluruh roti bersama-sama dengan bagian yang masing-masing jumlahnya sama.

Setelah selesai makan, orang ketiga yang tidak berbekal makanan tadi pamitan dengan meninggalkan 8 (delapan) Dirham untuk dua orang yang telah membaginya roti. Namun dua orang ini tidak mudah untuk berbagi, mereka beradu argumen tentang hak-nya masing-masing.

Karena tidak ketemu kata sepakat, mereka berdua memutuskan untuk menemui pemimpin yang dianggapnya selama ini selalu bisa memutuskan hukum secara adil.

Pertanyaannya adalah, bila pemimpin yang adil tersebut adalah Anda, tolong diputuskan berapa Dirham hak masing-masing orang dari dua orang musafir yang membawa roti tersebut. Keputusan Anda harus disertai penjelasan yang detil dan masuk akal sehingga dua orang yang beradu pendapat tersebut dapat menerima keputusan Anda yang adil ini.

 

 

About NURMANIHSAN

Bila cinta kepada seseorang saja, di hati penuh kerinduan. Apalagi bila kita dapatkan cinta ALLOH SWT. Ini prestasi seorang hamba. Prestasi hidup. Dan prestasi terbesar. Oleh sebab itu, rebutlah cinta itu,,,
This entry was posted in LATIH OTAK KITA. Bookmark the permalink.

4 Responses to LATIH OTAK : 8 ROTI DAN 8 DIRHAM

  1. faiz says:

    si A punya roti 5 x 3 bagian jadi 15 potong roti
    si B punya roti 3 x 3 bagian jadi 9 potong roti
    jumlah semua ada 24 potong maka masing-masing orang makan 8 potong
    Roti si A 15 – 8 potong dimakan sendiri = 7 potong diberikan maka mendapat 7 dirham
    Roti si B 9 – 8 potong dimakan sendiri = 1 potong diberikan maka mendapat 1 dirham

  2. chandra says:

    8 roti 8 dirham , satu roti= 1 dirham
    artinya sumbangsihnya 5roti=5dirham 3roti=3dirham
    tapi karena berbagi dan bukan dagang , artinya rejeki karena keikhlasannya menurut saya lebih bagus dibagi dua

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s