THL DEPTAN SEMAKIN MISKIN

KASIHAN, THL SEMAKIN KISMIN EHH MISKIN
Penulis : Nurman Ihsan, SP ( THL TBPP DEPTAN di BANTEN )

Sejak direkrut oleh Deptan, mulai Tahun 2007 sampai sekarang ini GAJI THL TBPP TAK BERUBAH.  Artinya sudah 5 tahun berlalu, gaji THL tersebut masih sama. Dan untuk tahun 2012 nanti, tahun ke-6 gaji THL TBPP akan tetap tak berubah. Tak ada tanda-tanda akan naik. Apakah ini adil, saudara-saudara?????

Lihatlah para buruh, sering kita melihat mereka berdemo. Bahkan sampai mengganggu banyak orang, seperti menutup jalan tol. Cuma satu tuntutannya : gaji mereka disesuaikan standar UMR. Artinya tiap tahun mereka menuntut kenaikan upah. Sebab biaya hidup mereka juga meningkat.

Mengenai komposisi gaji THL,

Untuk S-1 mendapat gaji 1,4 juta + plus BOP 600 ribu jadi total 2 juta.
Untuk D-3 mendapat gaji 1,2 juta plus BOP 300 ribu jadi total 1,5 juta.
Dan untuk SPMA mendapat gaji 1 juta + BOP 100 ribu jadi total 1,1 juta. 
 

Bila dalam 2012 nanti, gaji THL tak juga naik. Maka berarti ada THL tahun 2007  yang sudah  5 tahun tak naik.

Apa yang terjadi ? ITU BERARTI SEMUA THL TBPP SEMAKIN MISKIN !!!. Kok bisa? Bagaimana proses kemiskinan itu? Dan yg membuat miris : THL dikontrak cuma 10 bulan.

Pada tulisan sebelumnya yang berjudul Apa Itu Inflasi , saya sudah menjelaskan apa itu hakekat inflasi. Dari pemahaman ini, dapat kita hitung berapa gaji THL pada tahun 2012 ini sebenarnya? saya ngeri menghitungnnya!!! Tapi inilah faktanya,,,

Bila inflasi rata-rata 6 % pertahun maka dalam 5 tahun berarti 30 % terjadi inflasi. Inflasi adalah penurunan nilai mata uang, walau bentuk atau jumlahnya sama tapi nilainya turun. ini hitungan tahun ke-5, padahal ada THL yang tahun ke-6.

Bila THL lulusan S-1 tahun 2007  gajinya ( jumlah dan nilainya) sebesar 2 juta, dan tahun 2012 gajinya tetap 2 JUTA AKAN TETAPI NILAINYA JADI 1,4 JUTA ( 30 % dari 2 juta adalah 600 RIBU DIMAKAN INFLASI ).

Bila THL lulusan D-3  tahun 2007 gajinya ( jumlah dan nilainya) sebesar 1,5  juta, dan tahun 2012  gajinya tetap 1,5 JUTA AKAN TETAPI NILAINYA JADI 1.050 RIBU ( 30 % dari 1,5 juta adalah 450 RIBU DIMAKAN INFLASI ).

Bila THL lulusan SPMA tahun 2007 gajinya ( jumlah dan nilainya) sebesar 1,1 juta, dan  tahun 2012  gajinya tetap  1,1 JUTA AKAN TETAPI NILAINYA JADI 770 RIBU ( 30 % dari 1,1 juta adalah 330 RIBU DIMAKAN INFLASI ).

Ringkasnya seperti ini,

THL S-1 dari gaji 2 juta tapi nilainya 1,4 juta
THL D-3 dari gaji 1,5  juta tapi nilainya 1,05 juta
THL SPMA dari gaji 1,1 juta tapi nilainya 770 ribu
 

Dulu tahun 2007, gaji 2 juta bisa kita belikan beras 8  karung beras seukuran 50 kg ( 250 ribu ), sekarang 2012 dengan gaji 2 juta apakah dapat 8 karung? tidakkkk, ternyata cuma dapat 5,7 karung saja. Bagaimana kalau gaji THL yang 1,1 juta???

Dulu tahun 2007, gaji 2 juta bisa kita bisa sewa rumah 10 bulan (  200 ribu per bulan ),  sekarang 2012 dengan   gaji 2 juta apakah dapat sewa rumah 10 bulan? tidakkkk, ternyata cuma dapat 5 bulan saja karena sewa rumah sekarang 400ribu per bulan. Bagaimana kalau gaji THL yang 1,1 juta???

Kalau gaji para THL dilihat dari kaca mata Mata Uang Sejati ( Baca emas ) maka nilainya akan semakin jatuh lagi. Kalau menurut pakar ekonomi Islam, Muhaimin Iqbal ,” dalam jangka 4,2 tahun maka nilai mata uang rupiah akan susut 50 % nya. Nah lho? kalau begitu bila kita para THL dah kerja 5 tahun tanpa kenaikan gaji maka gaji yang 2 juta itu NILAINYA tinggal 1 juta saja !!!.

Jadi wajar saja THL dari tahun ke tahun semakin miskin dan miskin sebab para petinggi Di Negara Kita hidup tidak dalam alam realita. Hidup tak pakai logika kehidupan. Kalau THL semakin miskin bagaimana kinerja mereka, bagaimana swasembada pangan dapat dipertahankan? bagaimana dan bagaimana,,,

Ada teman saya sesama thl berkata, “kalau saya tak punya sawah tuk dikelola tiap tahun saya jadi insan miskin, pak nurman!”

Jadi bagaimana THL yang hanya mengharap gaji? sudah pasti mereka layak menerima zakat!!!

Baca juga disini, kami thl deptan tidak sama dengan guru honorer

About NURMANIHSAN

Bila cinta kepada seseorang saja, di hati penuh kerinduan. Apalagi bila kita dapatkan cinta ALLOH SWT. Ini prestasi seorang hamba. Prestasi hidup. Dan prestasi terbesar. Oleh sebab itu, rebutlah cinta itu,,,
This entry was posted in ABOUT TANAMAN PADI. Bookmark the permalink.

10 Responses to THL DEPTAN SEMAKIN MISKIN

  1. Yudha says:

    kasihan thl kita pdhl mrk ujung tombak dilapangn

  2. wayan astrawan ( bali) says:

    waduh bener sekali itu, udah sakit lagi disakiti nasib nasib thl,tapi jangan mengecilkan hati hati kita sendiri dah ,semasih bisa bersukur, bersukur aja ,,,,,,tenks

  3. ishaq says:

    bersyukur aja, dari pada nganggur

    • NURMANIHSAN says:

      Bersyukur itu sudah pasti, dalam hal apaun kita mesti bersyukur,,,
      Rasa syukur salah satunya adalah kita fokus dalam hal kerjaan kita sbg penyuluh, penyuluh yang punya bekal ilmu sbg PPL. Dan akan merasa bahagia, bila ilmu yg kita berikan berbuah hasil yang maksimal dirasakan petani,,,

      Dari tulisan ini, kami para THL ingin memberikan informasi realitas hidup yg sebenarnya kami rasakan. Para pekerja/buruh saja, tiap tahun upah UMRnya naik. Lha THL dah 5 tahun atau tahun ke-6 tak naik. Apa itu adil?
      Smga saja, para pengambil keputusan melihat “nilai rupiah” yg kami alami.
      Walau jadi THL, harus ada usaha lain yg sy lakukan. Sbb mengharapkan gaji yang 10 tak akan cukup.

  4. azzam says:

    sangat mengharukan. dlm kondisi sekarang yg serba mahal melihat thl (SPMA) jauh beda honornya (BOP) pdhl kerjanya sm aza.
    wahai yg punya kebijakan tlng lihat mereka !!!

  5. azzam says:

    arep ngomong opo, podo wae laka sing enak.
    wiss…. ozo bingung/pusing msh ono Allah SWT sing ora turu.

  6. helzyi says:

    kita berharap ada kebijakan dari pemerinta saat ini, emang benar ini semua, sangat berpengaruh dengen kerja di lapangan sebab masih mau memikirkan tambahan uang yang tidak cukup oleh sebab itu tolong pikirkan atau di perhatikan nasib thl karna ujung tombak pencampaian suwasembada pangan nasional,kalau terus mencari tambahan kapan thl bertugas penuh di lapangan,kami berharap ada kebijakan dari yang mengambil ke putusan

  7. supariyono sp says:

    DARI DULU MEMANG SEKTOR PERTANIAN DAN SDM DI DALAMNYA KURANG DI PERHATIKAN TERMASUK PENENTUAN ANGGARAN SEKTOR PERTANIAN SALAH KITA SENDIRI JIKA MILIH WAKIL TIDAK DICARI YG LATAR BELAKANG PERTANIAN MAKANYA JANGAN KAGET KALAU ANGGARAN PERTANIAN MINIM WONG YANG MENYUSUN ANGGARAN TIDAK MEMAHAMI SELUK BELUK PERTANIAN LAGIPULA YANG PALING ADEM AYEM NERIMO ITU YA PETANI SALAM DARI LAPANGAN SEMOGA PENGAMBIL KEBIJAKAN TERKETUK HATINYA ATAS NASIB THL KITA AMIIN

  8. wahyu dinata says:

    kasihan mereka,,, mereka kan yg membantu sektor ekonomi negara. masa gaji y kecil apalagi sya sebagai mahasiswa pertanian. ngiris bnget liat y. semoga thun ini gaji y lebih

    hidup petani muda

  9. ce says:

    lho apapun itu di syukuri
    lha wong gak pernah disyukuri kok
    kerja yang ikhlas
    mau jungkir balik sampe membusuk juga kalo Alloh tidak berkenan ya mau gimana lagi
    wong kok gak ikhlas
    kalo sudah tau gaji gak naik ya usaha jadi pns
    orang sekolah ada tes buat naik kelas
    sepintar apapun kalo tes nya gagal ya gak naik kelas
    lha selama ini ikut pns lolos gak?
    kalo gak lolos ya gak rejekinya
    gitu saja kok repot
    rejeki sudah ada yang ngatur
    yang bikin miskin itu bukan keadaan tapi kita sendiri yang cuman mengeluh dan membanding banding kan
    sudah tau gaji gak naik
    masih saja perpanjang kontraknya
    mbok ya disyukuri…
    kalo sudah disyukuri, gak ada hujat menghujat, gak ada bla bla bla yang mengindikasikan provokatif negatif, pasti Alloh akan membukakan jalannya.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s