GANASNYA SERANGAN WERENG

WABAH WERENG COKLAT
Penulis : Nurman Ihsan ( THL TBPP DEPTAN BANTEN )

Musin tanam tahun ini, serangan wereng coklat mulai mewabah di daerah tertentu. Biasanya hal itu terjadi, bila para petani terlambat memberikan informasi kepada petugas PPL dan PPOPT. Setelah serangan sulit dikendalikan baru mereka memberitahukan.

Setelah mendapat infomasi serangan wereng coklat, saya dan petugas PPOPT terjun ke lapangan mengecek seberapa dampak kerusakannya. Setelah kami telusuri dalam radius hampir 1  kilometer, akhirnya kami temukan  suatu areal sawah yang merupakan asal wereng coklat ini. Di areal itu, tanaman padi sudah dipanen cukup lama. Tetapi cara panennya cuma diambil malainya saja. Bekas lahan panen itu, hampir seluruhnya coklat. Di tiap rumpunnya banyak kepiding tanah dan tentunya wereng coklat.

Wereng coklat ini  merupakan hama tanaman padi yang sangat ditakuti petani, sebab pergerakan atau perpindahannya bisa mencapai puluhan kilometer ke tanaman lainnya. Di samping itu kemampuan berkembang biak yang cepat. Dan di dalam tubuhnya ada vektor lain, membawa virus yang mematikan tanaman padi.

Dalam hitungan beberapa hari, wereng ini mulai menyebar ke areal lain. Para petani pun kalang kabut, mereka mencari insektisida untuk memberantasnya. Mereka berlomba-lomba menyemprot wereng di sawahnya masing-masing, tetapi tak bersamaan waktunya. Jelas ini kurang efektif, wereng itu akan pindah sementara. Dan akan balik kembali.

Mengapa serangan wereng coklat sulit dikendalikan?

Berdasarkan pengalaman saya, serangan wereng coklat ini ada siklusnya. Pada daerah-daerah yang para petaninya menanan padi sesuai keinganan sendiri, maksudnya mereka tak mau menanan padi serempak maka siklus ini semakin cepat.

Di daerah ini memang tanam padinya tak serempak, ada yang baru panen. Ada yang 10 hari lagi panen. Terlihat juga ada yang baru tanam. Bahkan ada juga yang baru mengolah lahan. Mengapa? sebab memang beberapa bulan yang lalu musim panas datang. Air banyak yang kering. Dalam kondisi tersebut, ada juga para petani yang mengolah lahan. Tetapi banyak juga petani yang menunggu musim hujan. Dengan demikian, areal pertanaman memang tidak serempak.

Jadi, pertama, dengan penanaman yang serempak akan berdampak pada terkendalinya semua hama, tak hanya wereng coklat saja. Dan bila ada serangan, cara pengendaliannya relatif mudah.

Kedua, para petani harus melakukan pergiliran benih bermutu. Realitanya, para petani kita sebagian besar masih  menggunakan 1 atau 2 varietas padi. Biasanya ciherang atau IR 64. Ada petani yang menggunakan benih inpari sidenok atau inpari 13, saat petani yang lain menggunakan benih ciherang. Apa hasilnya? areal sawahnya lebih aman.

Ketiga, harus ada kekompakan dari para petani dalam hal penyemprotan wereng ini. Mereka harus sepakat, menentukan hari dan jam penyemprotan bersama. Dan juga, insektisida yang digunakan harus disepakati juga.

Keempat, selesai panen padi, tanaman yang telah dipanen dibiarkan terlalu lama menjadi semak belukar. Apa jadinya? tanaman padi yang dibiarkan akan menjadi inang bagi hama dan penyakit tanaman. Kalau para petani mau kerja keras dipoin ini saja sebetulnya akan mengurangi dampak serangan hama dan penyakit. Dan ganasnya serangan wereng ini dapat dikendalikan.

Dan ada banyak  cara untuk  mengendalikan hama dan penyakit ini, Silahkan baca Ganasnya wereng coklat 2.

About NURMANIHSAN

Bila cinta kepada seseorang saja, di hati penuh kerinduan. Apalagi bila kita dapatkan cinta ALLOH SWT. Ini prestasi seorang hamba. Prestasi hidup. Dan prestasi terbesar. Oleh sebab itu, rebutlah cinta itu,,,
This entry was posted in HAMA DAN PENYAKIT. Bookmark the permalink.

One Response to GANASNYA SERANGAN WERENG

  1. Rolis alongrolis says:

    mau tanya pak, saya bingung membedakan antara penyakit tungro,kerdil rumput dan kerdil hampa, karena lihat dari foto2 di internet keliatanya sama, mohon kalau bisa dijelaskan lebih detail perbedaan atau ciri2 jelas dari ketiga nya, terimakasih

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s