GANASNYA SERANGAN WERENG (2)

MUSUH ALAMI WERENG COKLAT
Penulis : Nurman Ihsan, SP ( THL TBPP DEPTAN di BANTEN )

Pada tulisan sebelumnya, saya sudah menulis Ganasnya Serangan Wereng. Pada kesempatan kali ini, saya akan membahas dari sisi musuh alaminya. Apakah musuh alami atau predator wereng coklat?

Untuk memahami ini, ada tulisan yang sangat bagus untuk di baca disini .  Hama tanaman padi memiliki berbagai jenis musuh alami. Di antara musuh alami tersebut, terdapat berbagai jenis artropoda sebagai parasitoid dan predator.  Jadi Laba-Laba merupakan salah satu predator atau musuh alami yang mengendalikan hama wereng. Tulisan tersebut ditulis oleh ahlinya, Bapak Muhammad Arifin Profesor Riset Bidang Entomologi sejak 2010.

Kesimpulan dari tulisan hasil penelitian ini adalah

” Kemampuan laba-laba L. pseudoannulata memangsa wereng coklat beragam tergantung pada populasi wereng dan laba-laba serta ketahanan varietas padi. Seekor laba-laba memiliki kemampuan memangsa per hari yang sama pada populasi 5-100 ekor wereng nimfa (instar I dan II) dan wereng dewasa, yaitu masing-masing sebesar 41-60% dan 22-52%. Pada populasi wereng 20 ekor, laba-laba sebanyak 4 ekor per rumpun memiliki kemampuan memangsa per hari yang optimum, yaitu sebesar 61% terhadap wereng nimfa instar I dan II, dan 83% terhadap wereng dewasa. Perpaduan antara varietas dengan ketahanan sedang dengan laba-laba memiliki kemampuan mengendalikan populasi wereng coklat sama dengan varietas tahan secara tersendiri tanpa laba-laba”.

Apa artinya bagi para PPL, PPOPT dan Para Petani hasil penelitian Prof M. Arifin ini???

Jangan membunuh labaa-laba!!. Sewaktu saya dan teman menelusuri areal persawahan tempo hari, ada yang saya ingat betul. Laba-laba di aeral sawah itu sedikit sekali bahkan nyaris tak ada.

Bagaimana laba-laba sebagai musuh alami sampai sedikit sekali?? banyak faktornya. Pemakaian pestisida atau insektisida yang tak tepat sasaran, laba-laba sengaja dibunuh secara manual oleh para petani atau anak-anak karena ketidaktahuan. Bisa juga, ada pihak lain yang mengumpulkan laba-laba untuk dijadikan umpan burung atau ikan untuk mancing. Atau laba-laba itu untuk dijual ke pihak lain, dll.

About NURMANIHSAN

Bila cinta kepada seseorang saja, di hati penuh kerinduan. Apalagi bila kita dapatkan cinta ALLOH SWT. Ini prestasi seorang hamba. Prestasi hidup. Dan prestasi terbesar. Oleh sebab itu, rebutlah cinta itu,,,
This entry was posted in HAMA DAN PENYAKIT. Bookmark the permalink.

2 Responses to GANASNYA SERANGAN WERENG (2)

  1. mito says:

    Di bulan Maret 2012 ini lagi gonjang-ganjing serangan serangga “tom cat” pada manusia yang menyebabkan kulit memerah, gatal, panas, bahkan bisa luka bernanah. Dari foto yang ada, secara fisik serangga tersebut mirip sekali dengan predator hama wereng coklat. Namanya saya lupa. Para petani dan aparat pertanian (PPL) sudah sangat familier dengan serangga tersebut. Bisakah Bung Nurmanihsan menjelaskan secara spesifik serangga tersebut. Terima kasih sebelumnya.

    Wassalam,
    Mito

  2. suli says:

    Laba laba………..nasibmu kini
    Semprotan pestisida kimia yang mereka(perusahaan pestisida dunia)mengklaim ‘ramah lingkungan’ namun saya bisa bilang hampir .kenapa? laba laba hampir musnah….akan hiruk pikuk pestisida, pestisida demplot/sampel menambah percepatan hilangnya sahabat petani itu. bukan hanya laba laba, belut, katak, capung. Sekarang jangan harap disawah ada belut, saya sebagai anak petani yang di besarkan di desa, protein tinggi yang di bawa pulang bapak(alm) adalah belut ini karena kadang ikut kecangkul oleh aktifitas olah tanah. dipinggir pematang kadang satu dua habitatnya.
    Silakan pesta pora pestisida, silakan merogoh kocek semakin dalam, silakan bersiap siap menghadapi ledakan hama yang makin kebal, silakan nikmati nasi dari padi ber’pestisida’ kimia, silakan .
    Perlu di INGAT bahwa beras organik yang kita miliki malah yang di makan oleh orang yang satu negara dengan pestisida kimia itu berasal.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s