BILA ADA SEBIDANG TANAH, TANAMAN APA?

Bila kita memiliki sebidang tanah yang berukuran 10-50 m persegi, tanaman apa yang baik buat ditanam? Pertanyaan itu umum, sehingga jawabannya juga umum. Maka saya jawab, sesuai dengan keinginan yang punya tanah tersebut. Ketika dia suka akan buah jambu maka tanah tersebut akan ditanam jambu. Ketika dia suka akan manfaat tanaman hias maka dia akan menanam tanaman hias. Atau ketika dia suka akan kerindangan di rumahnya, maka dia akan menanam tanaman yang rindang.

Tetapi, ketika pertanyaan itu dilontarkan kepada saya. Maka akan saya jawab,

“berapa luas tanah anda?”

“40 meter, pak?”

“anda ingin tanaman seperti apa?”

“terserah pak Nurman?”

“tanah itu bukan tanah saya, jadi andalah yang berhak menentukan tanaman apa di tanah itu?”

“minta saran pak !”

“kalau kita punya tanah, dan ingin menanan tanaman tersebut, maka tanamanlah berdasarkan fungsi atau manfaatnya buat si penanam, misalkan tanamn itu buat obat tertentu seperti antibiotik. Maka tanaman sirih dan kenanga bisa jadi alternatif pilihan.

“ohh begitu, kalau Pak Nurman sendiri?”

“kalau saya, pertama akan tanam Tanaman Tin (baca Pohon Tin). Kedua, Tanaman Cincau. Ketiga, Tanaman Sirsak. Keempat, Tanaman Jeruk Peras.

“alasannya, pak?”

“Tanaman Tin, adalah tanaman yang menghasilkan buah yang istimewa. Buah ini, kata Nabi Muhamad seperti “buah surga”. Dan menurut penelitian para ahli, buah tin mendekati buah sempurna. Coba seaching di google manfaat buah tin. Hasilnya luar biasa. Di rumah saya ada tanaman ini.”

“kalau yang lain pak?”

“ada beberapa tanaman yang memiliki kandungan klorofilnya cukup tinggi, antara lain, katuk, cincau, alfafa dll. Tanaman cincau adalah tanaman yang mudah ditanam, disamping itu memiliki khasiat yang baik dan banyak. Bila kita ingin minum klorofil, bejek aja daun cincau 2-3 lembar kemudian masak dengan 2 gelas air. Setelah mendidih, dinginkan lalu diminum”.

“kalau tanaman sisak dan jeruk untuk apa, pak?”

“Untuk tanaman sirsak, buah dan daunnya memiliki manfaat yang banyak. Sedangkan untuk tanaman jeruk peras, tanaman ini dapat kita gunakan buat membuat jeruk panas atau es jeruk. Di samping itu, dapat kita campurkan ke dalam teh hangat kita”.

About NURMANIHSAN

Bila cinta kepada seseorang saja, di hati penuh kerinduan. Apalagi bila kita dapatkan cinta ALLOH SWT. Ini prestasi seorang hamba. Prestasi hidup. Dan prestasi terbesar. Oleh sebab itu, rebutlah cinta itu,,,
This entry was posted in ABOUT TANAMAN PADI. Bookmark the permalink.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s