OBAT PILEK PADA BAYI

Bila anak atau bayi kita pilek, sebelum diberikan obat apotik ( obat kimia ),  sebaiknya gunakan obat tradisional dahulu. Banyak obat tradisional justru mujarab dan tak menimbulkan efek samping. Berikut ini ada kiat-kiat yang bisa kita gunakan bila anak kita atau bayi kita terserang pilek.

* Bila Pilek

– Buatkan minuman hangat, seperti jeruk peras atau beras kencur.

– Parut bawang merah kemudian tempelkan pada tulang leher ketujuh (bagian tengkuk) dan ubun-ubun anak setelah sebelumnya diolesi minyak telon/kayu putih.

– Bawalah bayi berjemur di bawah sinar matahari pagi sekitar jam 7-8 pagi. Hangatkan bagian dadanya 1/4 jam, kemudian punggungnya. Untuk anak yang lebih besar, aktivitas berjemur ini bisa dilakukan sambil jalan-jalan pagi.

* Penurun demam akibat batuk pilek

– Balurkan parutan bawang merah yang sudah dibubuhi sedikit minyak telon pada pusar dan ubun-ubun, juga punggung hingga bagian bokongnya sambil diurut secara lembut.

– Buatkan ramuan berupa secangkir air kelapa satu ditambah 1 sendok teh madu, aduk, lalu kukus. Setelah dingin, berikan pada anak sebanyak 3 sendok teh setiap 2 jam sekali. Tapi ramuan ini sebaiknya diberikan hanya pada bayi usia 8 bulan ke atas.

– Untuk anak yang berumur 5 tahun lebih, cobalah ramuan berupa campuran air kunyit dan madu. Bakarlah 1/2-1 ruas jari kunyit yang sudah bersih, kerik kulitnya lalu parut. Tuangkan air matang 1/2 cangkir, peras, kemudian endapkan. Campur bagian air kunyit tanpa endapan ini dengan kocokan 1 butir kuning telur dan 1 sendok makan madu, kemudian suapkan pada anak.

Sumber : http://id.shvoong.com/medicine-and-health/alternative-medicine/2128414-obat-tradisional-pilek-untuk-anak/

 

About NURMANIHSAN

Bila cinta kepada seseorang saja, di hati penuh kerinduan. Apalagi bila kita dapatkan cinta ALLOH SWT. Ini prestasi seorang hamba. Prestasi hidup. Dan prestasi terbesar. Oleh sebab itu, rebutlah cinta itu,,,
This entry was posted in KESEHATAN. Bookmark the permalink.

One Response to OBAT PILEK PADA BAYI

  1. Rea says:

    Ramuan tradisional apa yg boleh d brikan pada bayi usia 4bln,krn skarang anak ku lg pilek dah 4hari blm sembuh.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s