BENIH UNGGUL PADI

SUPAYA BENIH PADI UNGGUL TERSEBAR DI PETANI
Penulis : Nurman Ihsan, SP ( THL TBPP DEPTAN di BANTEN )

Salah satu faktor keberhasilan usaha pertanaian padi sawah adalah memakai benih unggul. Pemerintah pada tahun 1943 sudah melepas benih unggul dengan nama varietas Begawan. Umur varietas ini mencapai 155-160 hari dengan tinggin 145-165 cm.

Pada tulisan saya sebelumnya Jenis-Jenis Padi Yang Paling Banyak Ditanam Petani, saya sudah menjelaskan banyak varietas padi yang dikeluarkan oleh pihak Libang Deptan agar para petani bisa memperoleh hasil panen yang maksimal. Agar benih unggul tersebut dapat tersebar luas di kalangan petani maka banyak usaha yang mereka lakukan.

Salah satu pihak yang berupaya agar para petani mendapatkan benih unggul adalah para penyuluh pertanian. Salah satu unsur PPL adalah para THL Deptan.

Saya sendiri secara pribadi mempunyai kebiasaan, bila ada benih unggul terbaru, saya berikan ke petani yang saya percaya. Kemudian, setelah panen saya buat kesepakatan dengannya : bila ada petani lain yang meminta tukar buat benih jangan dipersulit dan meminta ke petani ala kadarnya dari hasil panen dalam bentuk gabah. Tujuannya menyebarkan benih padi unggul tersebut kepada petani lain.

Bila hal tersebut berjalan dengan baik, artinya perkembangan benih unggul dapat menyebar ke masyarakat petani secara luas maka para petani punya kebebasan memilih varietas padi yang sesuai dengan lokasi sawahnya. Di samping itu, mereka juga dapat melakukan pergiliran tanaman. Dengan melakukan pergiliran varietas tanaman juga akan bisa memutus hama dan penyakit tanaman.

Memang tujuan dari penyuluhan salah satunya adalah tersebarnya informasi tentang hadirnnya varietas unggul. Bukan saja tersebarnya info tsb, tapi para petaniĀ  menjadi pelaku benih unggul varietas di sawahnya.

Bila para petani sudah menjadi pelaku, dan hasil panen tiba dengan hasil yang menggembirkan. Maka lihatlah wajah dan senyum mereka,,,

Saya meyakini, dari wajah dan senyum mereka yang bahagia akan berbuah pahala. Apalagi bila banyak petani yang tersenyum bahagia. Semoga,,,

About NURMANIHSAN

Bila cinta kepada seseorang saja, di hati penuh kerinduan. Apalagi bila kita dapatkan cinta ALLOH SWT. Ini prestasi seorang hamba. Prestasi hidup. Dan prestasi terbesar. Oleh sebab itu, rebutlah cinta itu,,,
This entry was posted in BENIH PADI. Bookmark the permalink.

2 Responses to BENIH UNGGUL PADI

  1. Alya says:

    menarik ini, ketersediaan bibit padi unggul harus terus dilakukan oleh pemerintah, agar petani kita makmur.

  2. Pingback: bibit jagung unggul terbaikArticle Base | Article Base

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s