TAKARAN PUPUK

DOSIS PUPUK PADI YANG BERLEBIHAN
Penulis : Nurman Ihsan, SP ( THL TBPP DEPTAN BANTEN )

Saya sempat mendengar dari teman yang peduli dengan kondisi tanah, ada petani di Kerawang yang memakai pupuk sampai 700 kg per hektar.

Di dalam blog inipun, melalui pertanyaan-pertanyaan yang masuk ada sedikitnya 2 contoh yang memakai pupuk untuk tanaman padi secara berlebihan.

Dari zainul ahmadi :  Saya mau nanya mas, tapi sebelumnya saya minta maaf kalau pertanyaan saya nanti membingungkan karena saya kurang begitu pahan tentang dunia pertanian. Begini; mertua saya biasanya dalam menggunakan pupuk itu berlebihan menurut aplikasi yang biasa digunakan petani yang lain. contoh musim padi sekarang ini, pupuk dasar SP36 150 kg dan ZA 50 kg, susulan awal PONSKA 250 kg, susulan kedua UREA 250 kg(umur sebulan), dan nanti masih direncanakan lagi akan ada pemupukan lagi minimal 250 kg UREA. Bagaimana menurut mas, apakah itu berlebihan?, dan apakah kandungan unsurnya masih punya pengaruh baik untuk tanaman setelah padi?

Lihat, pupuk dasar 200 kg, pupuk ke-1 250 kg ponska, pupuk ke-2 sebesar 250 kg urea plus akan ada pupuk lagi 250 kg urea. Jadi total 950 kg !!!

Dari Budi : aslkum pak nurman..sy petani gurem yg miskin ilmu bertani.di daerah tmpt sy klau pakae standar pemupukn bpk yg dosis totalnya cuman 450kg kemungkinan hasilnya hnya 5ton/ha.
karena mayoritas petani pemupukan min 700kg. itu penyebabnya apa n bagaimana solusinya?

Lihat, pupuk min 700 kg !!!

Mengapa para petani ada yang begitu royal terhadap pupuk kimia? padahal pupuk yang ada masih banyak disubsidi??

Apa penyebabnya? Jawabannya menurut saya karena mereka tak punya ilmu yang memadai. Dengan ilmu maka seseorang akan bijak dalam segala hal, dalam hal ini pemupukan. Oleh sebab itu diperlukan PPL yang memiliki ilmu yang memadai untuk memberikan pencerahan bagi para petani.

Kalau penyebabnya menurut petani, dengan pemupukan yang tinggi maka hasil akan tinggi pula? Tidak juga. Bahkan berdasarkan pengamatan dan info yang yang dapat dengan pemupukan berimbang didapatkan hasil yang maksimal.

Bukankah dng pupuk yang tinggi akan berbiaya mahal??

Untuk solusinya menurut saya :

Selama ini Tanah Sawah Sakit ( kurang bahan organik/pupuk kandang dan pupuk kimia tinggi ) maka jadikan Tanah Sawah Sehat.

Pemperbaiki  cara Pengolahan Lahan . Bagaimana? Jerami/sekam dikembalikan lagi ke sawah,  berikan Bahan Organik ( pupuk kandang )  minimal 1-2 ton/ha supaya tanah gembur, mudah dibelah, C/N rasio tinggi, pertukaran oksigen lancar dll. Berikan kesempatan tanah untuk istirahat, jangan langsung selesai dibajak kemudian 1-3 hari langsung ditanam.

Selama ini tanah sawah miskin unsur hayati maka tambahkan unsur MO  seperti EM4, Organox dll (menambah unsur hayati dan membantu penyerapan hara)

Selama ini Bibit-Bibit Padi yang dihasilkan kecil maka jadikan bibit yang tumbuh besar dan sehat. Caranya : Pakai Benih Bermutu, Perbaikan Tempat Pembibitan, Sistem Tanam yang sehat dan Melakukan Pengairan Berselang.

Mengapa anakan padi sedikit, hama penyakit mudah berkembang, produksi kurang maksimal. Maka rubah sistem tanam yang acak-acakan dengan cara Legowo. Jelaskan manfaat sistem tanam ini.

Gunakan PEMUPUKAN yang berimbang sebab pupuk adalah makanan tanaman. Berikan informasi Jenis-Jenis Pupuk, Dosis Pupuk, Aplikasi Pemupukan, dan Cara Menghitung NPK ke dalam pupuk tunggal.

Gunakan metode POPTT ( Pengendalaian Organisme Pengganggu Tanaman Terpadu). Berikan pemahaman bahwa yang disebut pengendalian ada tahapannya : pra- serangan, pasca serangan (pertama, pakai pestisida organik. Kedua, pakai pestisida anorganik). Kenalkan apa itu musuh alami, jenis-jenis musuh alami, dll

Bila hal-hal di atas kita terapkan, maka dengan pupuk sesuai anjuran  maka bisa didapatkan hasil yang maksimal.

Bahkan dengan pupuk 300 NPK + 2,5 – 3 ton/ha granular pupuk organik sudah bisa memberikan hasil yang baik bagi tanaman padi sawah.


About NURMANIHSAN

Bila cinta kepada seseorang saja, di hati penuh kerinduan. Apalagi bila kita dapatkan cinta ALLOH SWT. Ini prestasi seorang hamba. Prestasi hidup. Dan prestasi terbesar. Oleh sebab itu, rebutlah cinta itu,,,
This entry was posted in PEMUPUKAN. Bookmark the permalink.

10 Responses to TAKARAN PUPUK

  1. muhammad hefni says:

    assalamu’alaikum. ijin copy artikelnya pak ihsan, semoga Allah membalas kebaikan anda>>>

  2. Siswanto says:

    Mau tanya, saya punya sawah 1 ha.ditempat saya klo memupuk padi udah biasa memakai urea,sp 36 dan phonka. Gmn jika 1 ha saya pupuk 2 x saja. Saya udah biasa pemupukan 1 urea 100 kg, sp 36 50 kg dan phonka 150 kg. Dan yg ke 2 urea 100 kg dan phonka 150 kg.gmn pak? Trim.

    • NURMANIHSAN says:

      Trima kasih mas siswanto,
      sblm sy jawab, biasanya pemupukan pertama dan kedua brp hst?
      Kalo jumlah pupuk saya hitung sudah cukup. Asalkan sebelumnya diberikan pupuk organik/kandang sewaktu pengolahan lahan.

  3. Siswanto says:

    Pemupukan pertama umur 7 hst dan pemupukan ke 2 21 hst.

    • NURMANIHSAN says:

      Kalo pemupukan 2x, sebaiknya pupuk pertama umur 12-14 hst dan pupuk ke-2 umur 30-35 hst. Untuk 1-12 hst bisa tanaman dapatkan dari pupuk kandang.
      Dengan pemupukan demikian hasilnya bgm mas?
      Menurut sy, ilmu akan bertambah bila kita melakukan percobaan, coba lakukan yg biasa mas siswanto lakukan pemupukan dan bandingkan dng yang sy sebutkan di atas. Hasil panenlah yg akan jadi juri, mas. Bgm?
      Menurut saya, kalo dengan pemupukan seperti itu sebaiknya
      pemupukan pertama 200 kg ponska + 50 kg SP36 + 50 kg urea
      Pemupukan ke-2 100 kg ponska + 150 kg urea
      Sekali lg, ini pun bisa mas lakukan percobaan.

      Terlepas dari itu semua, pemupukan dng melihat perkembangan tanaman akan memberikan hasil yg maksimal.

  4. pak barus says:

    tanya dong Mas Nurman…
    saya agak penasaran dengan (pupuk) petroganik, itu sebenarnya masuk kategori pupuk atau kompos sih ?
    saya tertarik dengan petroganik karena saya lihat level pH nya yang begitu besar, yaitu 8,0 saya pikir sangat bagus untuk menetralkan pH tanah

    • NURMANIHSAN says:

      Keduanya benar, Pak Barus.
      Pupuk kan secara umum terbagi 2 :
      1. ppk organik ( Kohe, kompos dll )
      2. ppk anorganik
      Ini pola marketing, dibuat kata pupuk. Jd pupuk petroganik adalah “kompos” yang telah diolah menjadi granular (butiran) dan diproses dan ditambahkan unsur2 tertentu sehingga C-organiknya tinggi. Kemudian kadar airnya rendah. Oleh sebab itu, pHnya 8.
      Betul, pupuk organik memang sangat baik untuk menaikkan c organik sehingga tanah sehat. Sehingga pH tanah akan mendekati netral.

  5. wah memnabantu sekali mas bro

  6. echo says:

    saya mo nanya pak, penggunaan pupuk petroganik untuk tanaman hortikultura direkomendasikan dengan takaran 2000 kg/ha. bagaimana juka saya ingin menanam sayuran di pot/polibag? berapa takaran pupuk petroganik yang baik utk sayuran di polibag? kan 2000 kg/ha itu sangat banyak, saya jadi bingung. mohon bantuannya…🙂

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s