KISAH SUKSES PETANI PEMULIA

PETANI PEMULIA LAHIRKAN PADI BONGONG
Penulis : Nurman Ihsan, SP ( THL TBPP DEPTAN di BANTEN )

Setiap membaca petani pemulia melahirkan varietas baru dengan daya hasil tinggi sampai mencapai 12,8 ton/ha GKP ada rasa bersyukur di dada ini. Ternyata, petani-petani kita hebat-hebat. Kebebatan ini jelas ada arahan pihak lain yang dengan ilmu dan kejujurannya memberikan bimbingan dengan benar dan berpihak pada masyarakat.

Salah satu arahan tersebut adalah hasil penelitian mereka disebarkan kembali kepada masyarakat.

Di samping itu, mereka punya jiwa kebaikan seperti yang dialami Joharipin. Sewaktu berhasil menyilangkan varietas Kebo dan Longong dengan hasil varietas baru dengan nama Bongong dengan hasil 12,8 ton/ha GKP. Ketika ada camat yang ingin melakukan penangkaran dengan maksud komersial ditolaknya.

Joharipin mengisahkan, seorang camat pernah menawarkan penangkaran benih. ”Camat itu minta agar saya tanda tangan di atas kertas segel. Tetapi, saya tolak karena benih itu belum tentu cocok di lokasi lain,” katanya.

Ini jiwa yang luar biasa, petani ini tak ingin punya jiwa seperti produsen benih. Kisah ini dapat anda baca di sini.

Bila di dalam masyarakat kelompok tani punya kemampuan seperti melakukan pemulian tanaman maka kelompok tani tsb sungguh hebat. Mereka tak bergantung dengan pihak lain, terutama produsen benih apalagi benih hibrida.

Mereka dapat mandiri dan berkreasi sendiri dalam menciptakan benih unggul. Dan  hebatnya, di daerah tersebut kemampuan para petani pemulia sudah banyak. Mereka senang bisa menularkan dengan petani lain. Di dalam jiwanya ada nilai-nilai yang terdapat dalam Al-Quran , “Hal Jazaaul Ihsan Ilal Ihsan ( setiap kebaikan akan melahirkan/ dibalas dengan kebaikan). Amin

About NURMANIHSAN

Bila cinta kepada seseorang saja, di hati penuh kerinduan. Apalagi bila kita dapatkan cinta ALLOH SWT. Ini prestasi seorang hamba. Prestasi hidup. Dan prestasi terbesar. Oleh sebab itu, rebutlah cinta itu,,,
This entry was posted in PEMULIAAN TANAMAN. Bookmark the permalink.

4 Responses to KISAH SUKSES PETANI PEMULIA

  1. suli says:

    Pak Ihsan….
    Petani pemulia tanaman satu lagi yaitu nasionalis tinggi,benihnya mau di beli malaysia di tolak mentah mentah,padahal hanya beberapa gram,beliau tidak mau kisahnya sukses dan menjadi kaya….tidak, tujuannya hanya rakyat di negeri ini makmur akan pangan.saya punya no teleponnya nanti ta kasih lewat sms.

    • NURMANIHSAN says:

      Trim Mas Suli,
      Wah ternyata masih banyak anak negeri ini yg punya jiwa nasionalisme yg tinggi. Smga masih byk anak negeri yg punya jiwa demikian.
      Sy tunggu berita baik ini, Mas Suli.

  2. subagyo says:

    Bagaimana caranya supaya sy bisa dpt kan bibit padi bongong?

  3. subagyo sasmito says:

    Apa sy bisa dibantu untuk dapatkan bibit ini pak?

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s