BERITA BESAR DARI TANAMAN ALFALFA

TANAMAN ALFAAFA : KEAJAIBAN RHIZOBACTERIA ALFAAFA
Penulis : Nurman Ihsan, SP ( THL TBPP DEPTAN di BANTEN )

Setelah membaca tulisan terbaru Pak Iqbal di Situs Gerai Dinarnya, hati saya bergetar. Bergetar senang dan penuh harapan. Ada berita besar dari tanaman Alfaafa. Berita besar yang aka berguna bagi dunia pertanian ke depannya. Apa itu?

Team peneliti kami telah berhasil meningkatkan protein pakan ternak dari berbagai hasil pertanian (diluar alfaafa) untuk memiliki karakter kandungan protein mendekati alfaafa dengan bakteri yang dikembangkan dari Rhizobacteria alfaafa – sejumlah bacteria yang berkoloni secara simbiosis di akar tanaman alfaafa”.  dan

Microbacteria alfaafa (Microbacteria yang dikembangkan dari Rhizobacteria alfaafa) ini juga menunjukkan tanda-tanda kemampuannya untuk me-recovery kesuburan tanah. Tanah-tanah yang sebelumnya dirusak oleh pupuk kimia-pun, insyaAllah bisa kembali subur alami dengan bacteria ini. Begitu juga tanah-tanah yang semula gersang dari unsur-unsur hara, akan bisa menjadi lahan subur yang menjanjikan”.

Allah Akbar, inilah salah satu kemurahan Sang Pencipta kepada hambaNya di muka bumi. Ada tanaman yang punya karakter demikian hebat, super dan penuh berkah ini. Kalau dalam bahasa saya, “Wa Jannatin Alfaafa” ( 78:16) adalah “Dan Surganya tanaman Alfaafa”.

Apa jadinya bila ini benar-benar terwujud? tanaman tertentu bila diberikan Microbacteria alfaafa dari tanaman alfaafa ini akan memiliki kandungan protein yang mendekati tanaman alfafa. Kita ambil contoh rumput gajah. Bila rumput gajah ini diberikan Rhizobacteria alfaafa akan memiliki kandungan protein yang mendekati tanaman alfaafa. Rumput gajah umunya memiliki kandungan protein 8 % dengan demikian akan mendekati kandungan protein sekitar 30-35 % . LUAR BIASA. ALLAH AKBAR.

Apa jadinya bila ini benar-benar terwujud? tanaman-tanaman rumput tsb akan sangat2 subur dan menyehatkan. Kemudian ternak-ternak kita akan sehat dan besar-besar. Kita akan swasembada daging, tak perlu impor. Kita akan makan daging dengan harga terjangkau dst dst

Bukan cuma rumput saja, tanaman jagung, tanaman kangkung, bayam dll bila di berikan Microbacteria alfaafa akan mengandung protein yang tinggi. Bahkan untuk tanaman padi, sedang dikembangkan penelitian yang membawa berita gembira.

” Team yang sama tersebut  telah dimudahkan Allah untuk mampu melipat gandakan anakkan padi mendekati anakkan alfaafa”.

Bila ini dapat dkembangkan akan menghasilkan anakkan padi yang luar biasa. Dan juga menghasilkan malai dengan jumlah bulir yang bisa jadi sangat banyak. Dan hebatnya, daun dan batang padi mengandung protein yang tinggi. Bukan itu saja, kandungan protein beras juga bisa sangat tinggi. Sekali lagi, kita akan sehat dan kuat bila memakan nasinya.

Belum lagi bila jerami padi tsb dimakan ternak-ternak, atau jerami tsb dibenamkan atau dikembalikan lagi ke sawah. Tanah-tanah sawah akan memiliki hara N P dan K yang sangat tinggi. Begitu seterusnya,,,

Dan tidak lupa, saya sangat bersyukur ada insan model Pak Iqbal yang mau berbagi kepada siapa saja. Sejak bertemu dan berinteraksi  dengan beliau dalam waktu-waktu tertentu, beliau memberikan inspirasi kepada saya untuk terus berbagi. Dan membuat rasa berbagi ini semakin besar. Dan salah satu rasa berbagi tsb, saya buat tulisan ini di situs. Agar bukan saya saja yang senang, tapi kalau bisa semua insan khusunya yang peduli dengan dunia pertanian.

Rasa salut dan bersyukur saya pada dia, beliau punya keyakinan, solusi kehidupan ini adalah bila kita kembali pada Islam. Solusi yang bersumber dari Al-Quran dan Hadist Nabi Muhamad SAW. Amin

Tulisan yang dibuat Pak Iqbal dapat pembaca baca di sini, Buah Ciplukan Sebesar Terong, Mungkinkah…?

About NURMANIHSAN

Bila cinta kepada seseorang saja, di hati penuh kerinduan. Apalagi bila kita dapatkan cinta ALLOH SWT. Ini prestasi seorang hamba. Prestasi hidup. Dan prestasi terbesar. Oleh sebab itu, rebutlah cinta itu,,,
This entry was posted in TANAMAN ALFAAFA. Bookmark the permalink.

41 Responses to BERITA BESAR DARI TANAMAN ALFALFA

  1. pak barus says:

    Subhanallah Walhamdulillah Walailahaillallahu Wallahu Akbar…
    lagi-lagi Allah SWT menunjukkan kebesarannya melalui orang-orang yang khusyuk dan ikhlas seperti Pak Iqbal ini…
    Mas Nurman, kalau nanti microba nya sudah ready, jangan lupa info ke kita-kita ya, biar bisa manfaat dari microba yang luar biasa ini

  2. rizal says:

    wahh joss…klo jd d share dong..untuk petani kecil macam kita kita ini bang,,,,

  3. Heru Cahyono says:

    OK, aku tunggu kabar selanjutnya Pak Nurman.

  4. efendy manan says:

    Ass mas Nurman,
    Setelah membaca tulisan mas nurman,saya takjub akan keajaiban tanaman alfalfa.namun setelah sy browsing tentang tanaman ini,ada peneliti tanaman alfalfa dari Iran yang menemukan mycobacterium yang endofit dengan akar alfalfa.Sepengetahuan saya mycobacterium termasuk golongan patogen yang salah satunya menimbulkan penyakit Lepra dan tuberkolosis/TBC.Menurut mas bagaimana?apa ada sumber lain yang membahas masalah ini?
    Nuwun.

    • NURMANIHSAN says:

      saya memang belum menemukan artikel yg mas maksud, tapi saya punya dugaan seperti itu,,,
      apa artinya: dng penelitina spt itu ( dan sy tak percaya dng penelitian spt itu dan ini disponsori oleh pihak terkait) kemudian disebarluaskan oleh pihak yg punya tanaman alfafa dlm skala luas (USA dll) kemana2. Dan pada akhirnya, tanaman alfafa “wajib” dimusnahkan di daerah timur tengah. apa hasilnya?
      daerah timur tengah “bebas” tanaman yg kaya akan protein dan keistimewaan yang lain bagi manusia dan ternak.
      Pertanyaannya: mengapa di USA dan Australia tanaman ini justru menjadi pusat perkebunan skala alfafa terbesar di dunia? dan ini sudah berlangsung puluhan bahkan ratusan tahun.
      Tapi kenala mereka tak takut? mengapa mereka tetap menananmnya bila ada penelitian spt itu? apakah mereka tak tau hasil penelitian itu? dll

      dan kalau jawaban tsb, kita pakai kaca quran maka kita akan lebih yakin lagi. Mengapa? menurut saya apa2 yg disebutkan dalam quran ( dlm hal ini alfafa ) maka PASTI tanaman ini tak berbahaya bagi manusia. Sebab tak mungkin SAng Pencipta menyebutkan tanaman super kemudian bisa menimbulkan penyakit, justru sebaliknya sangat berguna bagi manusia

  5. ali says:

    Bisa jadi begitu pak Ihsan, supaya produk pertanian dan peternakan dari negeri paman sam dan bolo kurowonya tetap mahal. Pertanyaan saya pak ihsan, apakah alfalfa/alfaafa yg ditanam di tempat dengan iklim yang berbeda akan berbeda pula dalam penampakan bunga dan daunnya? Atau bahkan berbeda pula kandungan nutrisinya?

    • NURMANIHSAN says:

      bisa jadi pak Ali,
      tapi kalau daun secara umum, hampir sama ( yg saya lihat, umurnya masih muda 2-4 bulan). kalau masalah bunga, yg sy lihat diinternet bunga tanaman alffa macam-macam warna.
      nah, masalah nutrisi (kandungan alfafa) yg ditanam di daerah tropis lebih bagus dari sub-tropis. Sebagai contoh kandungan protein alfafa sub-tropis sekitar 30 %. Tapi kandungan di daerah tropis ( boyolali ): sekitar 35 %.
      nah, kandungan protein yg tinggi tsb hanya bisa dihasilkan bila dari akar-akar yg subur. benarkan? ternyata tidak, di akar-akar alfafa banyak mikroba. Mikroba yang menguntungkan: pencerna protein (clostridium sporogenus), pencerna selulosa , pencerna amilum dan pengkat mitrogen (rhizobium alfaafa, azotobachter).
      dng bantuan mikroba2 inilah, akar tanaman alfafa bisa menyerap nutirisi tingkat tinggi karena adanya simbiosis mutualisme.
      Nah, kalau diakar2 tanaman alfafa ada mikroba yg seperti ada dalam penelitian di Iran tsb maka sangat2 mustahil dapat dihasilkan kandungan nutrisi yg luar biasa dalam tanaman alfafa.

  6. efendy manan says:

    Ass Mas,
    Pendapat sampean Masuk di logika juga mas….kasusnya persis dengan tanaman transgenik.Satu pihak menyatakan aman dan di pihak lain berbahaya.Tapi di sini juga kita tidak menafikkan hasil penelitian itu sebagai hal yang salah.karena banyak parameter yang menyebabkan ditemukan mycobacterium endofit di akar alfalfa.perlu dikaji lebih dalam dan luas lagi apakah mycobacterium juga ada pada akar alfalfa secara keseluruhan di dunia.
    Saya pribadi juga sedang mencari referensi yang lain sebagai bahan pembanding akan kebenaran temuan itu…

    • NURMANIHSAN says:

      Silahkan dicari mas,,, hee
      saya setuju dng hasil penelitian, cuma penelitian yg benar. Nah, kadang kala hasil penelitian sebaik apapun bila sudah ada sponsornya. Mereka (sponsor) mau hasilnya A maka mau tak mau hasilnya adalah A.

      Kalau kita baca sejarah tanaman Alfafa, maka akan kita dapatkan hasil yang menakjubkan. bangsa yang sehat dan besar, kuda-kuda yang bagus, ternak-ternak yang sehat dll. bukan sebaliknya.

      Nanti sy kirim kontak ilmuan yg paham mikroba alfafa.

  7. ali says:

    Ceritanya begini pak ihsan dan pak effendi.. Ada seseorang yg memang buta tentang pertanian, apalagi informasi tentang tanaman super ini. Suatu hari dia diberi 4 batang tanaman dan sedikit biji yang kata pemberinya bagus untuk pakan ternak, tanpa menyebut namanya oleh seseorang yang “kabur kanginan”. Singkat kata ditanamlah bibit tsb hingga tumbuh mencapai 1,5 m. Selama itu daunnya sering dipetik tetangga untuk pakan kelinci. Tetangga tsb bilang kalau kelincinya kelihatan lebih sehat sejak diberi pakan daun itu secara rutin. Bahkan daun yg masih muda katanya enak berasa kacang panjang muda.
    Suatu saat ada kabar dari dunia maya tentang alfaafa dengan segala manfaatnya. Dia perhatikan penampakan daunnya mirip, tapi di gambar yang satunya lg dari mbah google, agak beda. Memang daun mudanya berasa kacang panjang muda dan akarnya menghunjam dalam ke tanam. Sampai hari ini dia masih ragu, dan belum berani mengajak tetangganya membudidayakan tanaman tak bernama tsb, takut kecele.

  8. yudi says:

    Hari ini pd harian kompas diulas ttg tanaman alfaafa & jg pupuk cairnya M-11, masalahnya tdk dijelaskan bagaimana mendapatkan produk atau tanaman tsb, ada rekan rekan disini yg bisa membantu sy?

    • NURMANIHSAN says:

      Tuk Pak Yudi,
      Untuk benih, silahkan browsing digoogle pak, banyak yang jual.
      Kalo bibit, silahkan ke jonggo farm. di sana jual benihnya. cuma agak mahal. di sana, bapak juga akan mendapatkan penjelsan cara budidayanya.
      Kalau bapak ke boyolali, disana sudah ada yang mengembangkan tanaman ini sejak lama. namanya Dr. Nugroho.
      DIa juga sudah menjual teh alfafa dan POC M-11 microbakter alfafa.

  9. Yandi Noviandi says:

    Dear Pak nurman,

    Subhanalloh, saya tergetar membaca tentang tanaman alfaafa, dan terim akasih atas informasi menarik ini,
    mohon informasi dimana saya bisa membli/mendapatkan bibit tanaman lafaaf, saya tertarik untuk menanamnya dan mengembangkannya, juga mohon informasi dimana kursus yang bisa mengajarkan cara memanfaatkan tanaman alfaafa ini khususnya untuk pertanian, saya tertarik untuk mengembangkannya di daerah nenk saya Limbangan garut, terima kasih wassalam,

    yandi

    • NURMANIHSAN says:

      Trima kasih Pak Yandi,
      Untuk benih, silahkan browsing digoogle pak, banyak yang jual.
      Kalo bibit, silahkan ke jonggo farm. di sana jual benihnya. cuma agak mahal. di sana, bapak juga akan mendapatkan penjelsan cara budidayanya.
      Kalau bapak ke boyolali, disana sudah ada yang mengembangkan tanaman ini sejak lama. namanya Dr. Nugroho.
      DIa juga sudah menjual teh alfafa dan POC M-11 microbakter alfafa.

  10. farid says:

    Dear pak Nurman,
    Terima kasih atas share artikelnya, saya farid tinggal di pandeglang, hingga saat ini kami bersama pemuda yang tertarik di bidang pertanian sedang belajar sambil berpraktek mengenai pola-pola pertanian yang efektif, efisien dan menyehatkan bagi petani (bertani yang “sehat” dan menyehatkan). kebetulan kami juga sudah mulai belajar memproduksi pupuk kompos walaupun masih dalam skala yang kecil.
    informasi microbarter dari tanaman alfaafa sangat menarik untuk kami ujicobakan dalam pembuatan kompos yang sedang kami produksi. jika memiliki informasi workshop pak Dr. Nugroho di boyolali boleh kami dikasi infonya?

  11. gufron says:

    bisa ga pak tanaman alfaafa ini dibudidayakan oleh mreka yg buta akan dunia pertanian

  12. joyoska says:

    sebenarnya penemu MA-11 yang sudah beredar di pasaran itu siapa ya?
    kemudian apakah MA-11 lebih efektif dibandingkan EM 4?

    • NURMANIHSAN says:

      Dr. Nugroho, beliau peneliti tanaman alfafa di indonesia.
      Kebonnya ada di boyolali pak, tks
      Kalau masalah efektif harus diadakan penelitian.
      tp menurut sepengetahuan saya, MA-11 jelas lebih baik

      • heri trianto says:

        apakah bisa minta no telp p nugoho? saya no 087738404229. trima kasih atas perhatiannya.

  13. heri trianto says:

    kalau dimanfaatkan untu makanan ikan bagaimana pak? karena harga pelet mahal
    trim.

  14. Tanaman ini kelak akan membawa bangsa Indonesia memimpin dunia, bukan sebagai polisi dunia seperti USA tetapi sebagai negara besar yang bikjaksana penuh toleransi dan dihormati oleh semua negara dimuka bumi, bukan ditakuti seperti USA. Saat itulah bangsa kita sebagai Mercusuar Dunia , sebagai pencerah dan pembawa kemakmuran dunia. amin 3x.

  15. efendy manan says:

    Akhirnya sangr empu alfalfa Dr.Nugroho Widiasmadi sudi mampir di saung oksigen pertanian…salam kenal pak..mohon kiranya memberi pencerahan tentang tanaman alfalfa sehingga bisa dimanfaatkan secara maksimal untuk pertanian di Indonesia…

  16. Bagi siapa saja yang tertarik dengan alfaafa kami punya Kandang Pintar di Desa Karang Bulu Boyolali untuk tempat belajar Integrated Ecofarming mulai dari Pakan dan Pupuk Organik, Energi Bersih, dan Konservasi Lingkungan. Fasilitas gratis sampai bisa. Dan kami juga sediakan sedikiit bibit alfaafa kami berikan secara gratis pula untuk dikembangkan didaerahnya masing-masing.
    salam untuk semua.

  17. Wah ini yang di tunggu tunggu,, tapi sayang tempat saya jauh,, ayo rekan rekan terutama yang dekat dengan tempatnya pak Nugroho manfaatkan kesempatan ini Nanti kalau udah pinter bisa di bagi ama saudara,teman dan tetangga tentunya jangan pasang tarif ,,he3x🙂

  18. suli says:

    Salam kenal juga Pak Nugroho
    Saya orang kandang, tidurpun di kandang beratap alang alang….disenggol sama ternaknya roboh…alfalfa bagi peternakan di negara maju adalah wajib…tidak ada negara maju di dunia peternakannya tidak ada alfalfa. Lanjutkan pak…permudah petani mendapatkan benihnya, kelak nusa tenggara akan terwujud pulau sejuta sapi (Mantan Mentan Anton Apriyantono)
    Saya petani dan peternak gurem boleh belajar Pak ???

  19. BisriAli says:

    Kalau boleh ikut belajar juga pak… apa bisa dikirim paket bibit ALFAFa nya pak. Newun

  20. suli says:

    Pak Nugroho…..
    Lebih jauh saya mencari website lain, MA 11 adalah produk bapak, boleh saya mau coba di jerami kacang kedelai. berapa minimum pesan.boleh minta no hp Bapak ??

  21. mukhlis hamidi says:

    boyolalinya tepatnya mana pak almatnya Dr.nugroho? saya karanganyar solo! mohon mnta alamat lngkpnya!

  22. Alamat kantorf
    Homeschooling Anugrah Bangsa (ANSA SCHOOL) Jl. Klenteng Sari I/3 Tlp 024 7475416 Semarang
    Hp. 081 22654 915
    Alamat Kandang Pintar – ECOFARM
    Jl. Tentara Pelajar KM 3 tLP. 0276 325672 Desa karang Bulu Boyolali

  23. indra wijaya says:

    maaf ikut nimbrung. Setahu saya mycobacterium adalah nama genus sedangkan leprae, tubercolosis, alfafa dst adalah nama spesies. Jadi mycobacterium alfafa berbeda dengan mycobacterium leprae/tubercolosis. Mohon pencerahan jika pendapat saya salah…. Tks.

  24. asep taryana says:

    Assalamualikum Mas….
    Apa pun masalah nya…..tetap harus dilajut mas…jangan setengah setengah…. yang ingin saya tanyakan…aplikasi untuk pakan seperti apa???? per 1.000 ml untuk berapa Kg Bahan Pakan…

  25. Pingback: rumput alfalfa - Share Free

  26. Alexander says:

    Bapak Nurman Ihsan,

    Saya telah mempelajari Dari Internet kedahsyatan produk M11,Mohon informasi nomor yang bisa saya hubungi untuk pembelian produk tersebut.
    Trima kasih

  27. juhri says:

    saya baca kedasyatan M11 timbul keinginan untuk mencoba saya di penajam kaltim mohon info bagaiman cara mendapatkan produk m11 semoga pertanian didaerah saya nantinya dapat meningkat trima kasih

  28. herdika says:

    saya punya tanaman alfalfa… klo boleh tau bisa gk bikin pupuk dr akar alfalfa nya sendiri dan gmn caranya?

  29. efendy manan says:

    Kalau menurut beberapa org ahli bisa pak….spt produk MA11…namun sy pribadi blm pernah mencobanya…mungkin saja bisa diperbanyak spt pembuatan mol…melalui penambatan mikroba yg ada di akar alfalfa

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s