VARIETAS PADI DARI “ISTANA”

PADI SINTANUR DAN FATMAWATI
Penulis : Nurman Ihsan, SP ( THL TBPP DEPTAN BANTEN )

Anda pernah mendengar varietas padi Sintanur ? Mungkin ada yang menjawab: ya, dan ada juga yang menjawab : nga tau. Varietas ini dikeluarkan pemerintah ( Deptan ) sekitar tahun 2001. Padi jenis ini termasuk padi aromatik. Dari bentuk gabahnya saja hampir sama dengan pandan wangi cuma ukurannya lebih kecil.

Anda pernah mendengar varietas padi Fatmawati ? Mungkin ada yang menjawab: ya, dan ada juga yang menjawab : nga tau. Varietas ini dikeluarkan pemerintah ( Deptan ) sekitar tahun 2003. Padi ini adalah hasil silangan padi gogo dan padi jenis maros. Perkawinan dua jenis padi unggul ini menghasilkan varietas baru yang juga unggul, namanya padi fatmawati.

Apa hubungan kedua varietas padi tsb dengan “istana”?

Saat padi Sintanur dikeluarkan tahun 2001 oleh pihak Deptan. Saat itu  yang menjadi presiden adalah Bapak Abdurahman Wahid. Yang menarik, nama istri presiden ke-4 tsb dikenal dengan nama Sinta nur wahid. Jadi ada pihak yang menghubungkan nama varietas ini dengan nama ibu negara saat itu. Tapi ada juga pihak yang membantah, janganlah dikait-kaitkanlah. Silahkan pembaca menilainya,,,

Saat padi Fatmawati dikeluarkan tahun 2003 oleh pihak Deptan yang menjadi presiden  adalah Ibu Megawati. Ibunda presiden kita saat itu adalah Ibu Fatmawati. Jadi ada pihak yang menghubungkan nama varietas ini dengan nama ibunda sang presiden saat itu. Untung saat itu tak ada nama varietas yang dirilis Deptan dengan nama padi Kiemas, jangan-jangan bisa dihubungkan dengan nama suami sang presiden. Tapi sekali lagi, ada pihak yang berkata dan membantah, janganlah dikait-kaitkan lah. Silahkan pembaca menilainya,,,

Pertanyaannya adalah siapa menteri pertanian saat itu? Ternyata cuma satu nama : Bapak Bungaran Saragih. Beliau adalah menteri pertanian dengan 2 presiden yang berbeda. Dan “kebetulan” ada  2 varietas padi yang dirilis sebagai benih unggul bermutu punya kaitan historis dengan sang presiden.

Jadi,  tak salah bila ada yang punya pendapat atau pandangan bahwa ke-2 varietas tsb adalah varietas dari istana. Istana Negara tentunya,,,

Alhamdulillah di zaman presiden SBY, tak ada varietas padi yang punya historis dengan sang presiden. Misalkan tak ada varietas padi SBY1, SBY2, cikeas, dst dst. Sebab sang menteri pertanian di era sang presiden fokus pada swasembada ketimbangan urusan nama varietas padi.

About NURMANIHSAN

Bila cinta kepada seseorang saja, di hati penuh kerinduan. Apalagi bila kita dapatkan cinta ALLOH SWT. Ini prestasi seorang hamba. Prestasi hidup. Dan prestasi terbesar. Oleh sebab itu, rebutlah cinta itu,,,
This entry was posted in ABOUT TANAMAN PADI. Bookmark the permalink.

3 Responses to VARIETAS PADI DARI “ISTANA”

  1. suli says:

    Sebagai petani gurem, urusan nama tidak penting, sebetulnya ada padi yang dananya dari cikeas yaitu supertoy HL-2, namun gagal total.

  2. suli says:

    Karena di ambil dari nama penemunya Supriyadi yang tamat STM.dan yang jelas karena gagal, jadi musnah, namun masih menjadi memori petani. tetangga ada yang koleksi padinya dari akar-malai buat pengeling-eling (peringatan)

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s