WOW… 98 JUTA PENDUDUK INDONESIA PEROKOK

SERBA SERBI ROKOK

Saya pernah melihat dan  mendengar di TV, ada seorang aktivis anti rokok mengatakan bahwa ada nelayan yang menghabiskan 3 bungkus rokok sehari. Tapi,,, pada saat yang sama tak punya uang untuk membayar sekolah anaknya yang SD !!!

Bila kita ke luar rumah, begitu akrap lelaki dewasa dan juga anak-anak remaja dengan tangan yang memegang rokok.

Saya juga melihat orang yang sudah tua sekali dan agak susah berjalan. Tapi,,, di tangannya yang renta ada kepulan asap rokok.

Wong sudah jelas-jelas di bungkus rokok ada tulisan, merokok dapat merusak kesehatan : merusak jantung, paru-paru, janin, dll. Coba saja kalau ada makanan yang tertulis : sudah kadaluarsa, merusak kesehatan, dan bisa merusak paru-paru. Apakah kita mau membeli? jelas tidak. Tapi untuk rokok ada pengecualian. Untuk rokok, otak si perokok agak beda.

Dan yang aneh lagi, mau tau?? Komnas HAM sedang menangani kasus rokok pada bayi. Masa bayi berumur 11 bulan kecanduan rokok. Tuturnya lagi,”Dalam penelitian kami ditemukan 89 juta penduduk Indonesia adalah perokok. Bayangkan saja jika dalam satu keluarga saja ada 1 orang perokok, berapa banyak orang yang harus menanggung risiko.

Pernah ada perokok yang sesumbar mengatakan, , “lebih baik cerai istri daripada cerai rokok”. Tapi apa jadinya setelah divonis gagal jantung dan dia total berhenti merokok? Dia tak menceraikan istrinya !!! Omdo ya.

Hasil Riset Kementerian Kesehatan RI beberapa tahun lalu bercerita : Penduduk Indonesia membakar 240 milyar batang rokok/tahun. Itu sama dengan 658 juta batang rokok/hari !!! . Artinya 330 milyar rupiah ‘dibakar’ oleh para perokok Indonesia setiap hari.  Kalau setahun nilainya sekitar 118 triliun. 

Data dari BPS :  Pengeluaran keluarga untuk pendidikan hanya 3,2%. Untuk kesehatan 2,3 %. Tapi pengeluaran untuk rokok sekitar 11,5%.

Siapa pemilik mayoritas pabrik rokok di Indonesia ? ORANG BULE CING. Sejak 2005 lalu Philip Morris (Malboro) membeli sekitar 5 miliar dollar perusahaan rokok Sampoerna.  Dan sekarang Philip Morris  mengeluarkan lebih dari 200 juta dolar/tahun untuk iklan rokok di Indonesia.  Kalau 1 juta dolar sekitar 9,2 Milyar maka 200 juta dolar adalah 1,84 Triliun. Masa untuk iklan sampe 1,84 T. Buat apa ya? ya buat ngeracuni anak bangsa dengan nikotin.

Tahun 2000-2003, produksi rokok Indonesia turun. Dari 213 miliar batang (2000) menjadi 173 miliar batang (2003). Turunnya 18.7%. Cuma sejak tahun 2004 hingga 2008 pertumbuhan rokok Indonesia naik tinggi.  Dari tahun 2004 sekitar 194 miliar menjadi  230 miliar batang di tahun 2008. Naiknya 18.6% selama kurun 5 tahun. Kenapa? Sebabnya di atas. Sejak tahun 2005, produksi rokok kita dikuasai asing. Plus iklan rokok yang meluber di mana-mana.

 

About NURMANIHSAN

Bila cinta kepada seseorang saja, di hati penuh kerinduan. Apalagi bila kita dapatkan cinta ALLOH SWT. Ini prestasi seorang hamba. Prestasi hidup. Dan prestasi terbesar. Oleh sebab itu, rebutlah cinta itu,,,
This entry was posted in KESEHATAN. Bookmark the permalink.

3 Responses to WOW… 98 JUTA PENDUDUK INDONESIA PEROKOK

  1. suli says:

    Pak Ihsan
    sampoerna sekarang ada di mana mana sampai kota kecamatan, pekerjanya perempuan produktif, rata rata baru lulus SLTA….setelah menikah dan hamil, ada satu dua lahir prematur,
    mungkinkah ini dampak dari nikotin ? sayang peringatan di bungkus rokok hanya tulisan biasa tanpa gambar paru paru penuh jelaga. dan harganya yang jelas terjangkau. saya punya teman di inggris satu bungkus (kurs rupiah) bisa berharga 250.000,.

    • NURMANIHSAN says:

      Betul Mas,
      Di Indonesia, para perokok keenakkan. Peraturan ttg rokok nga tegas. Perokok bebas mengeluarkan racun asapnya dimana saja. Kalo pun ada peraturan tsb diabaikan. Trus perusahaan rokok bebas ekspansi ke lini mana saja. Tak ada uu yg tegas ttg rokok bagi para produsen.
      Begitulah kalo rokok sdh milik asing, kerusakannya menjalar kemana saja.
      ALngkah indanya bila ada perusahaan agrobisnis besar yg bisa memberdayakan perempuan2 indonesia. Perusahaan yg cinta lingkungan tapi memberdayakan perempuan. Smoga,,,

  2. avi says:

    Hehehe kalau saya tembakau nanam sendiri,cengkeh nanam sendiri jd g perlu beli rokok mas,nikotinoid harganya selangit,100 ml nikotinoid murni harganya 9 jt lebih,jika petani tembakau indonesia mogok nanam tembakau 1 thn saja dipastikan raksasa pestisida pemegang thiametoxam dan imidakloprid kalang kabut

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s