RENDEMEN KEDELAI

MENGENAL RENDEMEN KEDELAI LOKAL DAN IMPOR
Penulis : Nurman Ihsan, SP ( THL TBPP DEPTAN di BANTEN )

Dialog Dengan Pembuat Tahu

Coba sekali lagi tanya pembuat tempe atau tahu. Saya juga pernah melakukan hal ini sekitar beberapa tahun yang lalu.

“mas, kenapa buat tahunya kok pake kedelai impor sih?”
“kalo pake kedele impor dapat tahunya lebih banyak”
“kok bisa gitu?”
“mungkin kedele impor lebih besar. kita pedagang mah pikirnya sederhana saja”
“sederhana bagaimana?”
“kalau tiap 1 kg kedele dapat lebih banyk hasilnya, yang itu kita pake”
 

Rendemen Kedelai

Sebetulnya, bila kita melihat potensi varietas kedelai di Indonesia sangat potensial menggantikan posisi kedelai impor. Baik dalam hal bobot per 100 biji dan rendemennya, seperti mutiara-1.

Varietas Kedelai Mutiara-1

Bobot kedelai mutiara-1 sekitar 23,3 gram per 100 biji. Varietas Mutiara 1 mempunyai rendemen  tahu mencapai 373,3 %  dan rendemen tempe mencapai 193,3 %.

Artinya kedelai varietas  ini, dalam 1 kg nya mampu menghasilkan 3,77 kg tahu. Sedangkan untuk tempe dalam 1 kg dihasilkan sekitar 1, 933 kg.

Bandingkan dengan kedelai impor, dalam 1 kg kedelai impor dihasilkan tahu sekitar 3,23 kg. Sedang untuk tempe sekitar 1,88 kg saja.

Varietas Kedelai Gema

Varietas ini umurnya sangat genjah, hanya berumur 73 hari setelah tanam bisa dipanen. DIisini yang lebih saya tekankan masalah rendemen kedelai ini.

Bobot kedelai gema sekitar 11,90 gram per 100 biji. Varietas Gema mempunyai rendemen  tahu mencapai 267 %. Dari 8 kg biji kedelai varietas Gema mampu menghasilkan rendemen tahu sebesar  267  %. Dari 8 kg kedelai ini didapat hasil 21,36 kg tahu. Dengan kandungan protein 39 %.

Sedangkan untuk 8 kg kedelai impor yang hanya mencapai 235 %.  Artinya dari 8 kg kedelai  impor didapat 18,8 kg tahu. Kandungan proteinnya pun cuma 37%.

Dari 2 varietas terbaru ini saja, bila dikembangkan oleh pemerintah maka swasembada kedelai yang dicita-citakan akan tercapai. pada sisi lain, perajin tahu dan tempe akan senang menggunakan kedelai lokal yang hasil rendemennya lebih baik dari kedelai impor.

Bahan Referensi
http://www.penyuluhpertanian.com/varietas-gema-varietas-kedelai-super-genjah

About NURMANIHSAN

Bila cinta kepada seseorang saja, di hati penuh kerinduan. Apalagi bila kita dapatkan cinta ALLOH SWT. Ini prestasi seorang hamba. Prestasi hidup. Dan prestasi terbesar. Oleh sebab itu, rebutlah cinta itu,,,
This entry was posted in KEDELAI. Bookmark the permalink.

5 Responses to RENDEMEN KEDELAI

  1. suli says:

    Iya Pak, saya lagi tunggu varietas gema. di balitkabi belum ada.

    • NURMANIHSAN says:

      trim mas suli,
      betul mas, kayanya varietas baru ini harus dicoba. Kalau hasilnya sesuai dng realita maka bisa menyaingi kedelai impor.
      Makin cepat kedelai mutiara-1 dan gema ini sampai ke petani apalagi sampai swasembada maka sama saja menyelamatkan rakyat indonesia dari bahaya kedelai transgenik,,,

  2. Dear Mas

    Untuk sistem pengairan kedelai apakah sama dengan jagung
    atau gimana yah..?

  3. mrasyidin says:

    Ass. Mas Suli, saya pingin coba tanam kedelai maka untuk itu saya pingin tanya untuk bibit kedelai varietas gema bisa saya dpt dimana yah ? karena melihat hasil rendemennya bagus. Mohon infonya mas suli.tk

  4. mrasyidin says:

    Oh Iya mas suli, saya pernah dengar dr mas Efendy katanya ada varietas kedelai yg hanya 80 hari, mohon infonya jg mas.tk

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s