PADI YANG SUSAH DIRONTOKKAN

PADI YANG SUSAH DIGEBOT
Penulis : Nurman Ihsan, SP ( THL TBPP DEPTAN di BANTEN )

Suatu ketika, beberapa tahun yang lalu, saya memberikan benih baru kepada seorang petani sekitar 4 kg. Nama benih baru itu: Inpari 13

” pak, ini benih baru. namanya inpari 13. umurnya 103 hari. cuma agak susah digebot pak”
” nga pa-pa, pak. saya ada mesin perontok kok”
 

Di lain petani, saya juga melakukan hal yang sama. Mereka pun menanamnya,,,

Panen pun tiba,,,

Ketika saya datang lagi kepada beberapa petani yang tanam inpari 13. Mereka tak mau tanam lagi pada musim berikutnya.

Alasannya cuma satu: susah digebot.

Tapi, bagi petani yang punya mesin perontok: mereka enjoy aja.

Jadi, masalah utama adalah mesin merontok.

Varietas Padi yang Susah Dirontokkan

Ada beberapa varietas padi yang susah dirontokkan/digebot. Selain Inpari 13, Apa saja?

– Varietas Padi Logawa
– Varietas Pandan Putri
– Varietas Lokal Kebo ( Indramayu )
– dll
 

Padi Logawa

Kalau urusan padi logawa, tanya mas suli. Di MT 1, selalu saja tanam padi logawa. Dengan tanam full organik, dia sempat panen dengan hasil 11,2 ton/ha GKP real ( bukan ubinan ).

Kenapa bisa sebanyak itu?

Jawabannya: karena padi logawa susah dirontokkan !!

Dengan gabah yang susah dirontokkan maka potensi kehilangan hasil panen bisa diminimalisir. Tidak banyak gabah-gabah yang berceceran di sawah.

Apalagi, biasanya gabah-gabah yang berceceran adalah padi yang bernas. Padi yang bernas adalah sumbangan utama tuk mendapatkan hasil yang tinggi. Apa jadinya bila gabah-gabah inilah yang jatuh berceceran,,,

Padi Pandan Putri

Varietas keluaran BATAN ini pun susah digebot. Pengalaman petani di BPP Sukatani – Tangerang pun demikian. Untuk ukuran malai dan besar gabah, varietas ini oke. Cuma masalahnya adalah ya itu tadi, sudah dirontokkan.

Demikian juga komentar mas pulung atas pandan putri ini, susah dirontokkan.

Padi Kebo ( Padi Lokal asal Indramayu )

Ini pengalaman Pak Raspin, petani asal Indramayu yang menggarap di Joglo – Jakarta Barat. Bagaimana saya kenal? Ketika saya lewat di daerah tsb, kerana ada tanaman padi yang mau dipanen saya penasaran. Saya lihat gabahnya besar-besar. Akhirnya saya berkenalan dan tanya-tanya.

Petani ini tanam padi ciherang dan inpari. Dia tidak tau inpari berapa. Kesimpulan saya, dia tanam inpari 6. Alasannya:  sewaktu saya timbang 1.000 butir padi 34 gram. Sedangkan untuk ciherang berat 1.000 butirnya cuma 27 gram.

Di sela-sela pertanyaan, dia sempat cerita tanam padi kebo, 5 tahun yang lalu. Padi lokal asal Indramayu. Dia tanam cuma 1 musim saja. Alasannya sama seperti di atas:  susah dirontokkan.

” hasilnya sih bagus, mas nurman. cuma susah rontok. kalo yang rontok cuma 50 % walau hasil tinggi ya sama saja”
” bapak masih ada benihnya?”
” nga ada mas”
” besok-besok, kalau tanam padi. sisakan 1/2 kg pak buat koleksi bapak sendiri. bisa jadi kenangan pak”
” oh gitu,,, “
 

Padahal, sawahnya termasuk semi rawa. Bila banjir sawahnya bisa nga panen. Tapi kalau kemarau seperti ini, panennya bagus. Varietas ciherang dan inpari 6 nya hasilnya bagus sekali.

Kelebihan dan Kekurangan Varietas yang susah dirontokkan

Biasanya para petani melihat varietas padi yang susah dirontokkan dengan negatif. Sekali tanam, nga mau lagi ditanam.

Padahal ada beberapa sisi baiknya, untuk inpari 13 selain umurnya genjah 103 hss juga tahan wereng dan teloran dengan kekeringan. Bila ditanam di MT-2 dan MT-3 bisa jadi alternatif di sawah tadah hujan.

Demikian pula, padi logawa, padi ini luar biasa. Selain tahan rebah, tahan rendeman air, tanaman ini juga kokoh jadi tak disukai tikus.

Artinya, varietas yang sukar dirontokkan punya karakter khusus yang potensial dikembangkan.

Masalah mesin perontok bukan hal yang masalah bila hasil panen yang didapat tinggi. Dengan panen tinggi, duit banyak. Mesin perontok tak mahal kok. Bisa yang sederhana digunakan.

About NURMANIHSAN

Bila cinta kepada seseorang saja, di hati penuh kerinduan. Apalagi bila kita dapatkan cinta ALLOH SWT. Ini prestasi seorang hamba. Prestasi hidup. Dan prestasi terbesar. Oleh sebab itu, rebutlah cinta itu,,,
This entry was posted in ABOUT TANAMAN PADI, BENIH PADI. Bookmark the permalink.

25 Responses to PADI YANG SUSAH DIRONTOKKAN

  1. nira says:

    Kasihan juga yg g punya sawah dan menjadi tukang gebot padi kalo pdi yg dipanen susah rontok..

  2. suli says:

    hahaha, nga susah bu….tukang gebotnya udah bisa jalani mesin perontok padi, mereka cuma ngarit, kumpulkan, masukan powrer threser, beres.

  3. hanif says:

    baru denger ada padi logawa.
    di kediri ada ga ya padi macam itu

  4. efendy manan says:

    Assalamualaikum Mas Nurman
    Alhamdulillah uji coba ke dua padi varietas padi Inpari 20 hari ini selesai di panen.seperti yang saya utarakan beberapa waktu lalu tentang pertumbuhan inpari 20 yang tidak rewel pada saat panen pun juga hasilnya memuaskan.Saya coba di lahan luas 216 M2 (termasuk pematang) hasilnya 320 kg atau rata2 14,8 ton/ha gkp. Bulirnya pun ramping mirip IR 64 berkulit tipis dan berbobot yaitu rata2 berat per karung 55kg.Untuk kerontokan sedang.
    Sekian semoga bermanfaat.Trims

    • NURMANIHSAN says:

      Wa’alaikum salam mas efendy,
      Sipp dan hebat mas, denga hasil tsb potensi Inpari 20 luar biasa.
      Coba mas, terangkan kepada pembaca lain, cara budidaya inpari 20 versi mas efendy, agar pembaca lain bisa mendapatkan ilmunya. Trim

  5. suli says:

    Pak efendy….

    Hasil segitu sangat bagus, dari karung 55 kg/karung itu tidak ada yang hampa.siip bro salut sama sampean.coba perlebar di lahan yang 700 – 1400 m2, rencana yang dari sampean akan aku coba di lahan 420 m2 ( inp20)

  6. hanif says:

    wah mas effendy banyak ya pengalamanya…
    thx atas infonya mas

  7. efendy manan says:

    Alhamdulillah ternyata di bondowoso inpari 20 bisa mengalahkan inpari 13 baik dari kecepatan tumbuh,anakan maupun vigor tanaman.walaupun inpari 13 lebih genjah.jika beriminat saya akan kirim fotonya via email….

    • Prix_Bwso says:

      Nanti saya kirim fotonya sampai siap panen pak and hasil panennya…yg jelas untuk saat ini Inp 20 lebih bagus dari Inp13 itu sudah dengan perlakuan yg sama.!

  8. suli says:

    Pak efendy….
    Kok di bandingkan sama inpari 13 sih, ya pasti kalah jauh, kalau dari berat /karung, padi ’emas’logawa aja kalah. logawa paling banter 50 kg/karung itupun petaninya tiap 5 hr kesawah ya boleh di bilang seperti memedi sawahlah

  9. efendy manan says:

    He3x begini ceritanya pak suli. Uji “tanding” inpari 13 dengan inpari 20 sebenarnya karena Pak Pri dari Bondowoso musim tanam sebelumnya sukses dengan inpari 13 dengan dapat 9 ton.Nah beliau ingin mencoba inpari 20 nempil ke saya 5 kg..dan alhamdulillah ternyata lebih bagus inpari 20 baik dari adaptasi lokasi,kecepatan tumbuh,anakan dan,vigor tanaman.

  10. Ugisawa/sugiono/keisuke honda says:

    Pingin kenalan dengan pak effendi dan pak suli.
    Klo terbaca tulisan ini tolong tlp/sms di nope saya ya pak,,,
    trim.

    085335001886

  11. suli says:

    Pak efendy….foto (padi mau panen) yang sampeyan kirim sekilas saya boleh saya sebut tembus 10 t gkp/ha. pokoknya jangan di banding inpari ecek ecek. banyak sms masuk inpari apa terbagus ya 20 walaupun saya belum panen. banyakin benih inp20 sampeyan bakal kewalahan pesanan.
    Pak sugi saya terbuka kesiapa saja,silakan…jika berkenan di sini aja biar semua berbagi pendapat dan masukan

  12. cantrik says:

    Apakah untuk varietas Inpari 10 dan Inpari 19 susah dirontokkan juga pak Effendy?

    • NURMANIHSAN says:

      Pak cantrik,
      pengalaman saya, padi inpari 10 dan inpari 19. tingkat kerontokannya sedang lah.
      tuk inpari 10, disukai petani selain bulir yg agak besar, jg tingkat kerontokannya yg sedang. demikian pula inpari 19

  13. efendy manan says:

    Sip Pak Nurman…dari seri inpari 14-21 yang sulit dirontok cuma inpari 17…oya ada info dari DR. Buang Abdullah sekarang Sintanur sudah punya “adik baru” namanya inpari 23.sama 2 padi aromatik alias padi wangi.dengan perbaikan lebih tahan hama dan penyakit.

  14. cantrik says:

    Syukurlah kalau begitu pbk. Rencananya MT2 mau tanam inp 10 dan 19 pak, selain inp 4 dan sidenuk yang dari pak Ihsan.

  15. sutarto says:

    perkenalkan saya petani gurem sragen pak.petani daerah saya kebanyakan tanam padi ciherang sama IR 64,untuk inpari sedikit yg tanam.karena takut potong leher.

  16. suli says:

    Pak Ihsan ….
    Berarti Pak Pulung bisa tuh ganti varietas dari sintanur ke inpari 23. gimana kabar Pak Pulung nih…Pak Ihsan

  17. cantrik says:

    Disini ada juga yang ingin menanam inpari 23 pak. Beliau ini setia sekali menanam sintanur secara organik. Mewakili beliau, mohon informasi mengenai ketersediaan benih inpari 23 ini.

  18. pepe wibowo says:

    Dear kakang mas bro . . . . numpang tanya, apa kelebihan dan kekurangannya antara padi Inpari-6 dengan impari-19 . . . ada yang bisa nerangkan nggak hasil di lapangannya. karena salah atu bibit tsb akan saya jadikan percobaan tumbuhan raksasa dilahan seluas 10 HA
    matyur tuengkyu,
    pepe

  19. Alif klaten says:

    Mohon sarannya
    Skarang ini sy sdang glau n bingung ,bsok mt 1 mau tnam varietas apa??? mau tnam logawa (120) atau padi dri mas avi(120 )kok takut palawija thun dpan terlambat tnam .mau varietas yg genjah dg btang yg kuat jga blum dpt bnihnya (inpari 17]

  20. Alif klaten says:

    Pdahal kmarin sy dah ubek” dr kpla dinas pertnian jepara ,bb padi ,bptp ungaran , sampai ke Batang eee ternyata stoknya juga kosong , mungkin tman” bisa membantu???

    • suli says:

      nek ora ono artine 2 alasan, bisa stok habis yang kedua memang udah tidak diperbanyak lagi….kalau saya yang ada aja mas.ojo yang susah susah di cari.

  21. Alif klaten says:

    Emmm gitu yaa
    Oke deh klau bgitu,
    Mtur nwun mas suli atas sarannya
    Bsok kan sy coba tnam bnih yg dah ada aja deh (logawa,ipb 3s &padi dri mas avi )&bnih dri kopdar kmarin .trimakasih kpd rekan” atas ilmu dan bnihnya

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s