MOL DARI BUAH-BUAHAN

MEMBUAT MOL DARI BUAH-BUAHAN
Penulis : Nurman Ihsan, SP ( THL TBPP DEPTAN di BANTEN )

Sepulang dari kantor yang bernama BPP, Pak Ahmad langsung menuju rumah. Di tengah jalan yang dilewati banyak sekali penjual mangga. Dengan mengeluarkan 15 ribu, dia dapatkan 2 kg mangga.

Setelah sampai di rumah, dia ganti pakaian. Mangga yang dibelinya diberikan sang istri. Tak lama kemudian, mangga yang dibelinya sudah dikupas oleh istrinya.

Sang istri sudah tahu kebiasaan sang suami, kulit mangga dan bijinya tak dibuang. Kulit mangga tsb diblender. Setelah halus, kemudian dimasukan ember. Biji mangga yang masih terdapat sisa-sisa buah juga dimasukan ke dalam ember tsb.

Karena dirumah ada sisa pepaya yang tersisa, pepaya tsb juga diblendernya. Dan dijadikan satu didalam ember tsb.

Setelah itu, segera pak Ahmad mengambil ember tsb. Dan diletakkan di halaman belakang. Rencananya, dia ingin membuat MOL dari buah-buahan.

Bagaimana caranya???

Setelah di dalam ember terdapat sisa buah-buahan yang diblender. Siapkan pula: 3 liter air cucian beras, 2 liter air kelapa. 1/4 kg gula jawa yang diiris tipis-tipis.

Semua bahan tsb dimasukan kedalam ember. Diaduk sampai rata. Karena dirumahnya terdapat POC M-BIO, maka dimasukan 1 tutup botol M-BIO. Dan diaduk kembali sampai rata. (Bila tak ada POC, juga tidak apa-apa).

Ember yang berisi racikan calon MOL buah-buahan tsb ditutup kembali hingga rapat.

Keesokan harinya, sebelum kerja, dibuka kembali ember tsb. Kemudian diaduk beberapa menit. Fungsinya: mengeluarkan gas dan menurunkan suhu. Selanjutnya, ember tsb ditutup kembali.

Selama 7 hari, kegiatan membuka ember dan mengaduknya, maka MOL sudah jadi. Dan siap diaplikasikan sebagai pupuk.

Biasanya, MOL dari buah-buahan sangat baik bila diberikan pada tanaman (padi) bila sudah memasuki usia generatif. Apalagi bila malai padi sudah keluar. Pengisian bulir padi akan lebih maksimal,,,

About NURMANIHSAN

Bila cinta kepada seseorang saja, di hati penuh kerinduan. Apalagi bila kita dapatkan cinta ALLOH SWT. Ini prestasi seorang hamba. Prestasi hidup. Dan prestasi terbesar. Oleh sebab itu, rebutlah cinta itu,,,
This entry was posted in ABOUT TANAMAN PADI, MOL. Bookmark the permalink.

12 Responses to MOL DARI BUAH-BUAHAN

  1. hanif says:

    askum pak ihsan
    klo bleh tau beda em4 dgn mol apa ya?
    trims atas jawabanya
    wss

    • NURMANIHSAN says:

      wa’alaikum salam lm mas hanif,
      kalo menurut saya POC dalam hal ini EM4, M-BIO dll adalah “MOL” yang dirakit khusus oleh formulator sehingga didapat sesuai yang tertera dalam kemasannya ( isi POC tsb ).
      Sdngkan MOL adalah mikroorgemisme yg kita kembangkan sendiri secara sederhana.
      Dalam bahasa sederhana: EM4, M-BIO dll adalah MOL plus plus

      MUngkin ada pendapat yg lain, silahkan,,,

  2. suli says:

    MOL MIkroorganisme lokal….buah lokal kita belakangan di sebut buah nusantara. nah kembali ke MOL adalah kreasi orang kreatif supaya tidak membeli POC, bedanya MOL tidak di uji sama laboratorium canggih. walaupun tidak uji di sawah tidak kalah hasilnya dengan POC lain, liat petani yang sudah terbiasa dengan MOL sendiri biarpun memang kapasitas jerigen kecil, berubah menjadi jerigen besar karena semakin banyak tau berbagai MOL. beda yang lain MOL tidak bermerk…..karena siapa saja bisa buat, lebih merdeka to….

  3. efendy manan says:

    Betul sekali mas nurman…EM4 dan sejenisnya dan MOL adalah sama2 pupuk hayati bisa berbentuk cair,padat,serbuk dan granule.terdiri dari 1 atau lebih mikroorganisme umumnya terdiri dari mikroba yang menguntungkan dari golongan fungi,bakteri,mikoriza yang mendukung pertumbuhan tanaman,bisa berfungsi penambat N,pelarut P dan K,penyedia hormon atau sebagai dekomposer.Perbedaannya yang sudah terdaftar oleh pemerintah melalui deptan telah teruji kandungan maupun efikasinya,Juga dosisnya pun bisa diperkecil tanpa berpengaruh pada “khasiatnya”.tapi bapak tidak perlu berkecil hati,Mol pun jika dibuat dengan baik maka kualitasnya pun tidak kalah dengan Pupuk Hayati buatan pabrik….

  4. Agus siswoyo says:

    kalo yg bahan dari pohon bambu, yg digunakan rebung muda, ato akar yg dewasa ato tua ?
    apa yg akar itu buat bahan POC dan yg muda itu u/ bwt MOL ?
    mohon pencerahan,
    trim’s pak effendy atas pencerahannya td siang tentang pisang,

  5. Dedi says:

    asalamualaikum pak…kalo dosisnya berapa pertanki nya?,terus penyemprotannya kedaun atau ke tanah?makasih pak..

  6. teguh,,madiun says:

    ikut numpang ya mas Nurman,maklum baru belajar bertani hehehe,,,,klu kita menggunakan MOL,,,untuk penyemprotan golongan pestisida dan fungisida kira2 berapa hari ya jaraknya,,,,krna mol itu sendiri ga akan bekerja klu terkena golongan tersbt,dan matursuwun.

  7. a3online says:

    Teriama kasih, artikelnya sangat bermanfaat.
    Saya sangat tertarik untuk mencoba,, mudah-mudahan berhasil
    Salam Kenal
    Johari
    http://a3online.wordpress.com

  8. assalamualaikum
    mau tanya pa nurman, jika pengguna air kelapa yang sudah basi atau bau (air kelapanya sudah lama) apakah masih bisa di gunakan untuk pembuatan MOL? terima kasih

  9. SulistioKalimantan says:

    Jalan2 dihari minggu, Sudah lama gak tengok kebun saya sekitar 5 bulanan… sebenarnya bukan kebun sih… cuma tanah kosong seluas 1 ha yg ditumbuhi jambu monyet sekitar 20 rapun… wah… banyak sekali buah matang yang sudah jatuh, terhampar… belum lagi yang masih di atas pohon… kalo bijinya sih laku dijual 5-7 ribu/kg, tpi kalo buahnya ga laku…
    berhungan dengan itu, ada yang tau ngak ya kandungan buah jambu monyet…??? bagus gak kalo dibuat MOL??? syang kalo buahnya tidak dimanfaatkan… trims…

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s