MOL BUAT WC KITA

BERIKAN MOL DI WC KITA
 Penulis : Nurman Ihsan, SP ( THL TBPP DEPTAN di BANTEN )

Pada tulisan Ayo Buat MOL, saya sudah jelaskan beberapa  manfaat MOL yang kita buat. Ternyata, masih banyak manfaat  lain, yang bisa kita dapatkan dari MOL buatan kita sendiri.

Salah satu manfaat lain tsb adalah buat WC kita. Lebih tepatnya saptik tank ( baca: sepiteng) kita. Saya lebih suka pakai kata sepiteng.

Sepiteng?? dimana manfaatnya??

Kotoran yang kita hasilnya tiap hari terutama saat BAB, akan kita alirkan ke sepiteng. Jadi, di dalamnya banyak terdapat limbah. Tanpa kita sadari, ditempat seperti itulah yang menjadi “lahan garapan” MOL yang kita buat.

Bila kita buat MOL yang sudah jadi. Itu artinya, di dalamnya ada milyaran MO yang siap diterjunkan kapan dan dimana saja. Sekali lagi: kapan dan dimana saja. Luar biasa kan??

MOL tsb mau dibuat starter/decomposer pupuk kompos, MO nya siap. Jadi pupuk daun dan sekaligus bekerja di dalam sawah: siap. Mau disebar di pot: siap.

Dan, di sepiteng pun: siap,,,

Bagaimana caranya : tuangkan saja 1-2 gelas MOL. Lebih bagus lagi, setelah itu WC tsb dalam beberapa hari kita disiram dengan air cucian beras. Kalau sempat, masukkan juga molase/isi buah maja/gula merah/dll secukupnya.

Setelah itu, biarkan MOL yang bekerja,,,,

Saya pernah dalam beberapa waktu yang lalu, menuangkan MOL ke dalam  WC tempat saya tinggal. Bagaimana hasilnya? biarkan MOL yang bekerja, biarkan waktu yang bicara.

Saya pernah dapat info dari teman, dengan perlakuan tsb, isi sepiteng akan lama penuhnya.

Mengapa ?

logikanya sederhana, MOL tsb seakan-akan mendapatkan “proyek besar”. Tentu, MOL tsb akan terus berkembang biak menyesuaikan dengan “kapasitas proyeknya”. Proyek ini, seakan tak pernah berhenti. Sebab sang tuan rumah secara rutin akan melepaskan hajatnya setiap hari.

Menurut saya, dalam hitungan 1-2 bulan, air yang keluar dari sepiteng kita sudah menjadi air yang bernutrisi tinggi bagi tanaman.

Dengan ide ini, seorang mahasiswa/i atau siapa saja, yang ingin melakukan penelitian, MOL yang keluar tsb bisa dijadikan objek yang layak diteliti. Dan ini sangat berguna bagi kepentingan insan lain. Siapa yang mau coba,,,

Tapi ingat, bila MOL sudah kita masukkan ke dalam WC, hindari penggunaan bahan kimia pembersih WC. Atau obat anti septik lainnya. Sebab dengan demikian sama saja kita menghilangkan MOL yang telah kita masukkan.

Selamat mencoba: menuangkan MOL ke dalam WC ,,,

About NURMANIHSAN

Bila cinta kepada seseorang saja, di hati penuh kerinduan. Apalagi bila kita dapatkan cinta ALLOH SWT. Ini prestasi seorang hamba. Prestasi hidup. Dan prestasi terbesar. Oleh sebab itu, rebutlah cinta itu,,,
This entry was posted in MOL. Bookmark the permalink.

2 Responses to MOL BUAT WC KITA

  1. 2010 sudah saya coba,,wc mampet tahunan,,,setelah 3 hari siram,,langsung lancar,,
    usia mol diatas 1bulan sangat padat bakteri,,harus diencerkan dulu,,,keramik aja bisa bolong,,

  2. dani says:

    Terima kasih pak Nurman, saya sangat tertarik membuat MOL. Saya sudah pernah membuat MOL bonggol pisang. Apakah bisa juga saya gunakan untuk WC ? Apakah ada MOL khusus yang untuk WC? takaran sebanyak 1-2 gelas MOL itu untuk MOL yang baru jadi ya pak? soalnya baca comment pak Ardhian, serem juga ya kalo terlalu pekat bisa bolong keramiknya. Terima kasih infonya pak.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s