MENGENAL PADI HIBRIDA

PADI HIBRIDA: MENGENAL POTENSI DAN KARAKTERISTIKNYA

OLEH : EFENDY MANAN

 

 HIPA 5 CEVA Jika kita melihat foto disamping pasti sebagai petani tentu kita akan kagum akan sosok padi dengan malai super panjang dan jumlah bulir diatas rata-rata.Dibenak kita tentu terbersit jumlah panen diatas 12 ton GKP perhektar.Sebuah jumlah yang fantastis,jika  dirupiahkan maka per hektar kita akan membawa pulang tak kurang dari Rp.44 juta jika harga gabah per kwintalnya Rp.370.000,- Luar biasa bukan!!

Betul,sosok diatas adalah varietas padi Hibrida.Sebagai petani kita pasti mengenal dan pernah menanamnya di sawah.Walaupun tidak setenar “saudara tirinya” varietas padi VUB seperti Ciherang,mekongga,Cibogo,padi Hibrida lebih menawarkan potensi hasil yang tinggi.Tapi sayang,petani kita enggan menanamnya dan memilih “mengolah”nya menjadi nasi jika mendapat BLBU dari pemerintah.Ketakutan pada padi Hibrida tentu tidak sepenuhnya salah mengingat banyak cerita gagal dari pada suksesnya.Nah melalui Blog ini penulis mencoba mengupas padi hibrida tersebut.

Apa itu Padi Hibrida?

Hibrida secara definitif berarti turunan pertama (F1) antara persilangan 2 varietas yang berbeda.Varietas hibrida mampu berproduksi lebih tinggi dibandingkan varietas inbrida karena adanya pengaruh heterosis yaitu kecenderungan F1 lebih unggul dari kedua tetuanya.Kecenderungan ini muncul di semua tanaman,dan pada padi hibrida diharapkan dapat muncul pada potensi hasil.

Mengikuti kesuksesan jagung hibrida,di awal 1970 para pemulia mulai menerapkan metode ini pada padi untuk meningkatkan potensi hasil.Berbeda dengan Jagung yang bunga jantan dan betina terpisah,maka padi proses perakitan padi hibrida lebih rumit.Tanaman padi mempunyai bunga sempurna (organ jantan dan betina terletak dalam satu bunga yang sama).Karena itu tetua betina pembentuk padi hibrida harus harus memiliki sifat mandul jantan.

Secara umum perbedaan antara padi Hibrida dan Inbrida adalah sbb:

NO VARIETAS HIBRIDA VARIETAS INBRIDA

1

Komposisi genetik heterozigot homogen komposisi genetik homozigot homogen

2

Produksi benih dihasilkan dari persilangan Produksi benih dihasilkan dari penyerbukan
2 galur yang berbeda Sendiri

3

Benih yang digunakan untuk pertanaman Benih yang digunakan berupa benihturunan
konsumsi berupa benih F1 generasi lanjut / bukan F1

4

Ada keunggulan yang disebabkan oleh Tidak terdapat fenomena heterosis
fenomena heterosis

5

Tanaman lebih seragam Ketidak seragaman sangat mungkin terjadi

6

Hasil panen dari pertanaman sebelumnya Hasil panen dri pertanaman sebelum jika
  jika ditanam lagi akan bersegregrasi ditanam lagi tidak akan bersegregrasi

Satoto et al 2008

Karakterisitik Padi Hibrida

Vigor hibrida atau heterosis yang menjadi dasar keunggulan hasil hibrida sangat berperan pada fase pertumbuhan awal.Hasil penelitian menunjukkan bahwa keunggulan hasil varietas hibrida terhadap inbrida disebabkan produksi biomassa yang lebih tinggi.Hal ini disebabkan oleh perbedaan tingkat efisiensi translokasi cadangan “makanan” dari batang dan pelepah ke bulir gabah selama fase pematangan.

Syarat Tumbuh Padi Hibrida

Karena memiliki karakter fisiologis yang berbeda dengan padi Inbrida maka Padi Hibrida memerlukan kesesuaian tumbuh.Ini sangat penting dicermati sebelum kita menanamnya karena padi lebih menuntut kondisi yang sesuai dengan karakternya daripada padi Inbrida,juga kondisi lahan,cuaca,hama penyakit yang heterogen di Indonesia.Secara sederhana syarat tumbuh yang diperlukan Padi Hibrida adalah sbb:

SYARAT TUMBUH POTENSIAL KURANG POTENSIAL
Sawah Irigasi bebas Lahan irigasi teknis Lahan irigasi teknis yang
cekaman kekeringan yang dapat ditanami dapat ditanami 1 x setahun
dan banjir min 2 x setahun
Lahan subur tingkat Produktifitas > 4,5 ton Produktifitas < 4,5 ton
adopsi teknologi petani per hektar per hektar
tinggi
Rata-rata suhu harian Dataran  sedang Dataran rendah
28 C ,pembungaan 24-29 C
Bukan daerah endemis Aman Rentan serangan
WBC,HDB,Tungro

Nah,dari sekelumit paparan di atas penulis harapkan rekan petani dapat mengukur kesesuaian wilayahnya,pemilihan waktu tanam,cara budidayanya dll.Sehingga akan lebih optimal terhadap hasil panen dan kesan padi hibrida selalu merugikan dapat dihindarkan.

Semoga bermanfaat….

Sumber:

Padi Hibrida,BBpadi 2010

Daerah pengembangan dan Budidaya padi Hibrida,Balitpa 2010

 

About NURMANIHSAN

Bila cinta kepada seseorang saja, di hati penuh kerinduan. Apalagi bila kita dapatkan cinta ALLOH SWT. Ini prestasi seorang hamba. Prestasi hidup. Dan prestasi terbesar. Oleh sebab itu, rebutlah cinta itu,,,
This entry was posted in ABOUT TANAMAN PADI, BENIH PADI. Bookmark the permalink.

3 Responses to MENGENAL PADI HIBRIDA

  1. avi says:

    padi hibrida memang bagus,saya sudah sering menanamnya dan hanya sekali gagal sayangnya ditempat saya gabahnya kurang laku dijual

  2. susiloahmadi says:

    Benih padi hibrida dulu sempat booming sekitar 1-2 tahun tapi kemudian hilang bak ditelan bumi sampai sekarang. Kelemahannya:
    1. Sosoknya tinggi sehingga mudah roboh kalau kena angin kencang.
    2. Mudah terserang hama penyakit
    3. Membutuhkan pupuk balance
    4. Umur lebih panjang

  3. efendy manan says:

    Memang mayoritas ciri2x hibrida memang seperti itu pak…walau ada yang berumur sangat genjah seperti Sembada 168..sehingga tentu saja dengan segala kelebihan dan kekurangan padi Hibrida kita harus cermat dan tepat dalam bertanam terutama ketepatan waktu tanam,teknologi budidaya,pemupukan dan analisa OPT sehingga tidak terjadi kerugian yang tidak kita inginkan.Saat ini padi hibrida sudah begitu jamak dibudidayakan oleh rekan2x petani kita di Aceh terutama di daerah Bireun

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s