PADI PTB DAN VUB

PADI TIPE BARU DAN VARIETAS UNGGUL BARU
Penulis : Nurman Ihsan, SP ( THL TBPP DEPTAN di BANTEN )

Pak Yadi sedang mengamati tanaman padinya. Dia senang betul melihat “dapuran” tanaman padinya. DIlihatnya, sudah ada anakkan padi yang keluar daun benderanya.

Tapi, dia juga melihat ada beberapa anakkan padi yang baru muncul, padahal bila sudah ada daun bendera, itu artinya tanaman tsb akan/telah memasuki fase generatif.

Lain halnya dengan Pak Yani, dia senang betul melihat panjang malai padinya. Cuma dia  kurang suka dengan jumlah anakkannya. Dia pun berkomentar: ” coba kalau anakkannya banyak, wah saya bisa makmur,,, ”

Cerita di atas adalah gambaran dari 2 tipe padi unggul yang telah/sedang/terus dikembangkan oleh para pemulia padi. APa tipe padi tsb ? dan bagaimana ciri-cirinya ?

Para pemulia padi di BB Padi telah/sedang/terus mengembangkan 2 tipe padi ini. Ke-2 tipe tsb adalah VUB dan PTB.

Apa itu VUB ?

VUB singaktan dari Varietas Unggul Baru. Yang masuk VUB antara lain : IR 64, CIherang, Cibogo, Inpari 4, 10, dll

Apa itu padi PTB ?

PTB singkatan dari Padi Tipe Baru. Yang masuk PTB antara lain : Fatmawati, Inpari 6, Inpari 19, dll.

Cuma, dalam Padi PTB ini ada istilah semi PTB. Varietas tsb anatara lain : Membramo, Cimelati, dll

APa beda VUB dengan PTB ?

Sebelum menjawab pertanyaan tsb, ada baiknya kita mengenal ciri-ciri PTB tsb.

Ciri-ciri padi PTB adalah :  batang yang kokoh, malai yang panjang dan lebat, jumlah anakan produktif 10-12 dan daun yang lebar berwarna hijau tua. Hal ini memungkinkan tanaman mampu memberikan hasil 30-50% lebih tinggi dari varietas unggul nasional/baru ( VUB ). http://202.43.189.41/web/diperta-ntb/data_base/padi_tife_baru.htm

Untuk mengetahui apakah varietas tertentu PTB atau VUB, secara sederhana ada petunjuknya ( walau belum sepenuhnya benar, hee ): lihat siapa para pemulia utama varietas tsb !!!

Bila Pak Prof. Buang Abdullah maka varietas tsb PTB/semi PTB

Tapi bila Pak Dr. AAn Darajat biasanya varietas VUB.

( Semoga pihak BB Padi bisa mengoreksinya. Amin,,,, )

Jumlah Anakkan dan Malai

Kemudian coba perhatikan, bila kita tanam padi seperti IR 64, Ciherang, CIbogo, Inpari 4, 10, dll.  Dari jumlah anakkan yang dihasilkan, berapa yang yang menghasilkan malai ??

Artinya tak semua anakkan jadi menghasilkan malai. Bila dihasilkan rata-rata sekitar 70 % saja, menurut saya sudah bagus. Contoh: tanaman padi  dengan 30 anakkan yang dihasilkan, 21 menghasilkan malai sudah terbilang bagus.

Padi PTB di luar BB padi

Menurut saya, varietas padi yang dihasilkan di luar BB Padi, yang masuk dalam jenis ini adalah Padi Bunda, Sertani, Parikesit, Saputra, dll.

Sebab jumlah anakkan tidak banyak, daun lebar, batang kokoh, malai panjang, bulir banyak, dll.

Kelemahan VUB

Seperti cerita di atas, tanaman padi VUB seringkali mengeluarkan anakkan susulan di kala anakkan sebelumnya memasuki masa generatif. Bahkan mengeluarkan anakan takkala ada anakkan padi yang sudah mau/sudah keluar malai.

Biasanya anakkan seperti ini tak akan mengeluarkan malai. Kalau pun keluar malai, malai yang dihasilkan: pendek dan tak bernas. Dengan adanya anakkan seperti ini, boleh dibilang “mubazir”.

Padahal, tanaman tsb, pasti telah mengeluarkan energi ( unsur hara ) yg banyak untuk proses ini. Tapi hasilnya tak bisa dinikmati. Tapi hasil anakkan tsb sia-sia.

Untuk itulah, harus dicari padi jenis baru/lain. Makanya, dirakitlah padi dengan tipe anakkan yang cukup/tidak banyak. Tapi maksimal dalam membentuk anakkan yang bermalai. Malai yang panjang dan berisi banyak.

Saya termasuk yang harus angkat topi padi padi bunda. Sebab, padi ini walaupun anakkan tak sebanyak varietas VUB tapi maksimal dalam hal panjang dan isi malai. Malai daun terakhir saja panjangnya bisa sejengkal tangan.

Daun Panjang Dan Lebar

UNtuk masalah daun, yang dikehendaki dari padi PTB adalah daun yang panjang dan lebar. Apalagi pada daun bendera. Kemudian, didukung oleh kondisi daun yang tegak.

Dari sinilah, proses fotosintesa akan maksimal sehingga dihasilkan malai yang panjang. Dari malai tsb keluar isi yang banyak.

Kesimpulan

Dari mengetahui karakterisitik ke-2 jenis padi ini, maka kita dapat membedakan keunggulan masing-masing. Sehingga memberikan sedikit pemahaman kepada petani, bila ada yang menanam padi PTB maka jumlah anakkan yang dihasilakan tak akan banyak.

Maka, ketika ada yang petani yang tanam Inpari 19  ( PTB) komentar : “kok anakkannya tak sebanyak Inpari 10 (VUB),,, “. Kita bisa memahaminya. Amin

Nb : terima kasih kpd Mas Efendy atas masukkannya.

About NURMANIHSAN

Bila cinta kepada seseorang saja, di hati penuh kerinduan. Apalagi bila kita dapatkan cinta ALLOH SWT. Ini prestasi seorang hamba. Prestasi hidup. Dan prestasi terbesar. Oleh sebab itu, rebutlah cinta itu,,,
This entry was posted in ABOUT TANAMAN PADI. Bookmark the permalink.

10 Responses to PADI PTB DAN VUB

  1. ghambertani says:

    Ooo… ternyata begitu ya ! Baru ngeh sekarang terimakasih pak nurman infonya.

  2. mais says:

    apakah padi mekongga termasuk padi VUB.saya menanam padi ini dan memang sekarang masih ada anakan baru padahal sudah memasuki masa pembentukan bunga.

  3. cantrik says:

    Untuk yang PTB, jumlah minimal bulir per malai rata rata berapa pak Ihsan? Soalnya padi pot saya ada satu pot yg beda sendiri, penampakan batang dan daun seperti deskripsi PTB. Jumlah bulir per malai rata rata 300. Satu hal lagi pak, untuk padi PTB, jarak tanam nya boleh lebih rapat kah? Kemarin saya pakai 32×32 cm.

    • NURMANIHSAN says:

      Wah Pak Ali Cantrik, mngkn BB padi pny standar tuk jumlah malai, cm sy blm dpt info.
      Tp menurut saya saja, minimal jumlah bulir/malai rata-rata 250-300 lah.
      Tuk jarak tanam minimal 30 x 30 cm cukuplah sbb anakkan kan nga banyak, tks

  4. cantrik says:

    Semoga bisa pak, dan semoga saya kebagian beberapa bulir, apalagi sekilo sekalian.. Alhamdulilah.

  5. teguh says:

    dimana bisa mdptkan jenis padi PTB, pak nurman? apakah di toko2 pertanian udah beredar?

  6. efendy manan says:

    Ass pak teguh…Untuk PTB seperti fatmawati bisa diperoleh di UPBS BBpadi Sukamandi…cuma yang semi PTB sudah banyak di pasaran seperti cimelati,ciapus,memberamo,inpari 6 jete,inpari 19 dan 18 minimal coba bapak cari di UPBS BPTP setempat.trims

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s