PESNAB DARI KLUWAK

MENGENAL PESNAB KLUWAK

Oleh : Efendy Manan

Hampir semua masyarakat jawa pernah merasakan lezatnya masakan rawon.Masakan yang sering dijumpai di warung-warung,kenduri maupun disajikan dalam menu sehari-hari.Tapi apakah kita tahu bahan bumbu utama yang digunakan termasuk kategori sangat beracun?

Yah…betul kluwak atau dalam bahasa latin pangium edule merupakan tanaman yang seluruh bagian tanaman dari daun,kulit,biji,buah mengandung racun.Tanaman kluwak mengandung racun sianida dan piretrin yang mematikan bagi serangga dan bisa memabukkan bagi manusia dan mamalia yang menghirup ekstraksinya..bahkan lebah yang terbang diatas mangkuk berisi ekstrak kluwak akan KO seketika.Oleh karena itu,pengolah biji kluwak akan merendam biji kluwak tua  dalam air mengalir untuk meminimalisir racun yang dikandung sebelum dijadikan bumbu masakan.

Di pedesaan Jawa dan Sumatera,pohon picung atau kluwak ini masih banyak dijumpai .Pohonnya yang rindang dengan daun yang lebar sangat potensial dijadikan salah satu bahan pestisida nabati yang murah,mudah dan manjur.

Kandungan Racun Kluwak

Seorang peneliti dari Pusat Veteriner  Bogor,menyebutkan bahwa kandungan racun sianida dalam kluwak berkisar 1000-2000 ppm tergantung kondisi biji.Biji keras mengandung 2000 ppm,biji lunak 1000 ppm dan biji berair 500 ppm bernilai setara dengan kadar racun dalam daun.Menurut Yuningsih kadar sianida dosis 2,5-5 ppm akan sangat mematikan bagi semua spesies hewan hanya dalam beberapa menit konsumsi.Sementara kadar piretrin kluwak 5,89%.Sianida sendiri merupakan salah satu toksik yang sangat mematikan,bereaksi cepat dalam tubuh hewan dan manusia.dan dapat mematikan manusia dalam dosis tertentu(putri pratama ningrum,2008).Kandungan racun Kluwak bahkan lebih tinggi dari umbi Gadung Dioscorea Hispida yang hanya 1300 ppm.

Pengalaman menggunakan kluwak/picung dituturkan oleh Bapak Toyib,seorang petani organik sekaligus praktisi agens hayati di desa Gambiran,Prigen,Jawa Timur.Beliau memakai ekstrak daun kluwak untuk melindungi tanaman padi organiknya dari serangan wereng hijau,ulat dan penggerek batang.Bahkan beliau memakai senjata ampuh kluwak untuk membuat jera burung pipit yang menyerbu sawahnya  yang mulai menguning  karena teler setelah mencicipi bulir yang telah disemprot racun picung.

Dalam berbagai riset yang dilakukan,racun  kluwak termasuk racun syaraf.senyawa asam sianida dan piretrin bekerja mematikan hama dengan menyerang pusat syaraf saat  serangga bila terhirup dan tertelan.Piretrin membuat pingsan serangga dan asam sianida membuat efek racun perut dan syaraf.

Belakangan diketahui efektifitas racun kluwak akan semakin mematikan sampai 95% jika dikombinasikan dengan Kirinyuh/kipahit Chromolaena odorata dan Bintaro cerberra odollam  seperti yang telah dikupas dalam tulisan terdahulu.

Cara Pembuatan Pesnab Kluwak

BAHAN:

Daun Kluwak 250-300 gram ditumbuk atau diremas hingga hancur.

Campur dengan air 10 liter dan 10 gram sabun colek dan direndam semalaman.

Saring dengan kain halus

Semprotkan kelahan dengan dosis 500 l per ha.

Nah…jika bahan pesnab melimpah dan mudah didapat disekitar kita,tidak ada salahnya kita membuatnya.selain aman juga tidak meracuni alam dan lingkungan.

Sumber:

  • Fermentasi kluwak,Univ Airlangga 2010
  • Hama pun Mabuk Kepayang,Balittra 2012

About NURMANIHSAN

Bila cinta kepada seseorang saja, di hati penuh kerinduan. Apalagi bila kita dapatkan cinta ALLOH SWT. Ini prestasi seorang hamba. Prestasi hidup. Dan prestasi terbesar. Oleh sebab itu, rebutlah cinta itu,,,
This entry was posted in ABOUT TANAMAN PADI, PESTISIDA/INSEKTISIDA. Bookmark the permalink.

27 Responses to PESNAB DARI KLUWAK

  1. Syaiful amin says:

    Itu klu pakek daun kluwak d daera kami takde poohoonya klu pakek bijinya bisa g trus brapa dosisnya

  2. efendy manan says:

    Kalo biji yang masih belum difermentasi alias masih mentah bisa pak.kalo yang dibuat bumbu rawon gak bisa karena racunnya sudah sangat kecil.

  3. cantrik says:

    Air detergent nya apakah gak merusak daun dan tanah pak? Apakah tidak ada perekat yang alami?

  4. rizal says:

    wah susah cari pohon kluwak d sini mas efendy…ada yg lain nggak yg murah dan mematikan u para musuh petani ini Mas Efendy

  5. efendy manan says:

    Fungsi sabun colek adalah sebagai ekstraktor pak Ali…mengeluarkan zat kimia yang ada dalam suatu bahan sehingga bisa kita manfaatkan.sebenarnya yang dipakai adalah ethanol,,,cuma kan mahal jadi dipakailah sabun colek…fungsinya sama tapi murah meriah…he3x.Fungsi sabun colek juga sebgai perata pada daun.Untuk dosis kecil ndak apa2 kog pak…trims

  6. efendy manan says:

    Buat Mas Rizal…ada banyak bahan disekitar kita yang bisa kita manfaatkan sebgai pesnab…lagi saya tulis mas jadi artikel….mohon sabar.Trims

    • cantrik says:

      Sabar menunggu pak. Saya jadi kepikiran tanam bahan bahan pesnab di pekarangan.. Ditunggu artikelnya pak.

  7. cantrik says:

    Ampuh dan tanpa ampun. Sore semprot, siangnya walang sangit dan belalang dah pada jatuh ke tanah. Kalau keseringan menghirup aromanya aja bikin pusing. Mesti diperhatikan arah angin. Atau mungkin overdose, 2 aqua gelas pesnab kluwak untuk sekitar 12 lt air.

  8. cantrik says:

    Kata pak Efendy, tawon lewat diatas larutan pesnab bisa langsung jatuh. Wah udah kayak sistem pertahanan darat di game perang, musuh masuk wilayah udara, ketangkap radar, Surface to Air Missile langsung menyergap.. Bang!.. Jatuh dah tuh tawon..hehehe.

  9. Wah boleh nih,,tapi ngga ada pohon kluwak di tempat saya ada yang tau cara mendapatkan bibit pohonnya…?

  10. Parwito says:

    Mas Efendy..untuk pengganti sabun colek (kalau difungsikan sebagai perekat di daun/batang) bisa dicoba dengan fungsi dari daun waru atau lidah buaya (lebih alami) dan ini sudah diterapkan teman-teman di desa Tanjungan, Mojokerto, Jawa Timur.

    Terima kasih

  11. efendy manan says:

    Betul sekali mas parwito…daun waru jika diperas mirip sabun…lebih alami.dan pohonnya pun banyak dijumpai jadi tidak sulit untuk mencarinya…

  12. Parwito says:

    2 genggam mas atau kurang lebih 15-20 lembar, bisa diblender lalu dperam semalam dan saring. Air hasil saringan dicampur dengan pesnab yang akan dipakai.
    Terima kasih

  13. suli says:

    Memang benar, trubus pernah memuat artikelnya bulannya lupa.kluwak memang susah mendapatkan daun dan biji segarnya, di kalimantan makanya di bilang daun kepayang > mabuk kepayang ? mas cantrik boleh di kirim bijinya yang tua buat koleksi di pekarangan suwung.

    • cantrik says:

      Besok saya carikan masbro.. Di jalan menuju sawah ada 4 pohon yg udah hampir setinggi pohon kelapa. Biasanya ada biji yg pada jatuh. Atau nanti sy pesankan ke perkampungan sunda di lereng perhutani.

  14. Parwito says:

    Ini saya ada resep untuk perekat alami yang saya ambil dari Gerbang Pertanian. Adapaun bahan dan alat sebagai berikut:
    1. Air panas 5 gelas kecil
    2. Biji lerak 5-10 buah
    3. Ember/ bak kecil dengan kapasitas 2 liter
    4. Saringan
    Cara membuat perekat pestisida nabati:
    1. Masukkan 5 gelas air panas pada ember yang telah kita persiapkan
    2. Masukkan 5 biji lerak kedalam 5 air panas tersebut
    3. Setelah hangat-hangat kita remas-remas sampai hancur daging buahnya dan lepas bijinya.
    4. Kemudian saring dan ambil airnya.
    Cara penggunaan perekat pestisida nabati :
    1. Ambil perekat yang telah kita buat tadi dan encerkan dalam 1 tangki sprayer (kurang
    lebih15 liter)
    2. Masukkan pestisida nabati atau pupuk organik yang akan kita aplikasikan pada tanaman.
    3. Jangan lupa nyemprotnya sebelum jam 10 pagi atau setelah jam 3 sore.
    Selamat mencoba

  15. kang selo says:

    kalau pakai daun kembang sepatu (Hibiscus sp) untuk perekatnya bisa ga pak efendy? kan kalau daunnya kita remas mengeluarkan lendir kental,

  16. Mohd ferdy says:

    Daun kluwak itu sejenis daun apa ya..!!! Mohon d balas pak….

  17. efendy manan says:

    pohon kluwak…daunnya lebar selebar daun jati atau lbh mirip dengan jabon…namun halus permukaannya…pohon kluwak /picung hidup dekat mata air dan berhawa sejuk…selaun daun …buah kluwak yg msh mentah bisa dibuat pesnab…..

  18. Sulasman Supandi says:

    racun kluwak nampaknya sangat ampuh, dan dulu katanya suka digunakan untuk meracun ikan di sungai. maka apabila diglontor ke lahan sawah bisa juga dong membuat keong-keong menjadi teler bahkan tewas. tapi apakah hal tersebut juga akan mematikan microba yg sudah ada di sawah ?. gimana pa Efendi ?

  19. efendy manan says:

    Umumnya racun yg dihasilkan dr bahan organik residu yg ditinggalkan rendah dan mudah direcycle oleh alam..drpd racun sintetik…insyaAllah tidak berpengaruh buruk pd mahluk hidup lainnya….

  20. Sulasman Supandi says:

    Makasih banyak Pa Efendi..

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s