AYO BARTER BENIH

PETANI: AYO BARTER/TUKAR BENIH
Penulis : Nurman Ihsan, SP ( THL TBPP DEPTAN di BANTEN )

Melalui WordPress/blog ini, saya ingin melakukan hal yang berguna dan bermanfaat bagi para pembaca semua, khususnya para petani tercinta.

Cara yang mungkin bisa kita lakukan dan mudah dilakukan adalah melakukan barter benih. Benih apa saja, khususnya benih padi.

Barter adalah salah satu solusi yang bisa kita lakukan. Bila ada petani A yang tanam varietas terbaru, kemudian hasilnya bagus. Dan pada saat yang sama, ada petani B yang tanam benih lain yang bagus.

Pada kesempatan lain, petani B ini ingin tanam varietas terbaru tsb. Maka petani B dapat menghubungi petani A. Bila melalui komentar atau email atau hp maka terjadi kesepakatan adanya barter tsb.

Kemudian petani C ingin ikut juga melakukan hal yang sama, maka petani C ini dapat melakukan hal yang sama. Begitu seterusnya,,,,

Sehingga,  benih yang merupakan anugrah dari Sang Pencipta yaitu ALLAH SWT akan menjadi berkah tersendiri bagi insan lain. Dan bagi para pemulia benih itu sendiri, ada pahala yang akan dini’mati di dunia dan di akhirat nantinya. Amin

Di era modern ini, di negara maju sekalipun, metode barter sedang trend. Mengapa ? sebab metode  barter ini mempunyai keunggulan dan kelebihan tersendiri.

Bila ada kasus, bahkan banyak kasus, banyak petani yang beli benih kemudian benih tsb tidak sesuai dengan harapannya. Ini bisa jadi benih tsb palsu, kadaluarsa, dioplos, dll. Ini jelas-jelas merugikan banyak pihak.

Nah, barter ini bisa menjadi salah satu solusi bagi kita semua tuk mendapatkan benih yang kita inginkan. Dan barter tidak harus dengan 5-10 kg benih. Dengan beberapa malai saja sebetulnya barter tsb bisa kita lakukan.  Semoga,,,,

About NURMANIHSAN

Bila cinta kepada seseorang saja, di hati penuh kerinduan. Apalagi bila kita dapatkan cinta ALLOH SWT. Ini prestasi seorang hamba. Prestasi hidup. Dan prestasi terbesar. Oleh sebab itu, rebutlah cinta itu,,,
This entry was posted in ABOUT TANAMAN PADI, BENIH UNGGUL PADI. Bookmark the permalink.

45 Responses to AYO BARTER BENIH

  1. subagyo sasmito says:

    Adaa yg punya padi bongong ? Kl adaa hubungi 08193592030x / 085236550044

  2. cantrik says:

    Setuju pak Ihsan. Insya Alloh MT2 ini saya tanam inpari 19 ( akhirnya merepotkan pak Efendy), inpari 4 dan sidenuk yg dari pak Ihsan. Kalau ada benih yang lain, boleh lah satu atau dua malai..hehehe. Terimakasih pak Effendy, pak Ihsan, pak Suli dan rekan lainnya.

    • NURMANIHSAN says:

      Pak Ali Cantrik, nanti kalo inpari 19, 4 dan sidenuk dah panen maka bila petani lain membutuhkan benih tsb bisa menghubungi Pak Ali. Mungkin dia punya inpari 6. Ya tinggal barter saja pak. tks
      Nb : nanti kalo ketemu lagi saya bawakan 1-2 malai padi bunda pak, hee

  3. cantrik says:

    bukan barter, tepatnya saya minta tolong dicarikan benih sama beliau beliau tsb.

    • NURMANIHSAN says:

      Kalau barter memang ke-2 pihak punya benihnya. Tp bila hanya 1 pihak yg punya benihnya, itu yang disebut perniagaan/jual beli pak.
      Barter atau jual beli sama2 menguntungkan ke-2 pihak pak. tks

  4. cantrik says:

    Siap Pak Ihsan. Kalau Mira 1 semingguan lagi panen pak. Monggo jika ada yg membutuhkan benih Mira nanti saya ambilkan sebelum dipanen. Untuk padi Bunda, seluang waktunya pak Ihsan saja, nanti saya bawa yg di polibag.

  5. efendy manan says:

    Sip Pak Ali dan Mas Nurman…Benih yang akan saya kirim ke Pak Ali inpari 19 Label Putih/FS jadi masih sangat bisa ditanam lagi..Namun sayang banyak rekan2 petani lain yang mengingikan Inpari 19 FS kemaren banyak yang tidak kebagian..jadi mohon maaf.Teman sya juga pesan untuk menularkan benih Inpari 19 itu jika cocok disana…

    • cantrik says:

      Wah saya beruntung sekali masih kebagian. 30kg cukup banyak pak kalau buat saya sendiri. Tapi banyak yg ingin mencoba inp 19, khususnya keluarga dan kerabat saya. Terimakasih pak, untuk benih Inp 19 dan PRIMANU nya.

    • Syaiful amin says:

      Mas kayaknya saya masi blm pas dgn inpari 19 cos nanemya ketuaan mau dong d send benih FS ke saya.saa jga ada mira 1 tp 3mmgan lagi..klu anda minat bisa conek

  6. cantrik says:

    Pak effendy, kalau inpari 19 cocok dan hasilnya bagus di tempat saya, Insya Allah saya akan tularkan ke rekan rekan petani yang lain. Maka dari itu mohon bimbingan dari rekan rekan tani di blog ini, dan alhamdulilah ada penggiat organik di tempat saya yang berkenan cek rutin sawah saya.

  7. NURMANIHSAN says:

    Bila ada yang punya benih padi varietas fatmawati, sertani 1-8 dan saputra. Saya tertarik memilikinya. Bisa saya beli atau barter dengan benih yang saya punya. Trims

  8. Sangat menarik,,Buat petani baru seperti saya Tentu ini sangat membantu,,, Kalau di tempat saya benih yang banyak adalah, cilamaya muncul, saya ada stok 5kg inpari 11 label putih ada yang minat…??

  9. sutopo says:

    saya punya padi aromatic,umurnya sangat genjah 80 hst,nasinya pulen wangi seperti sidenuk,pemupukan hanya satu kali..tinggi tanaman 110cm,bentuk gabah oval aromanya wangi dari batangnya.

    • NURMANIHSAN says:

      Aslm, Mas Sutopo
      Wah luar biasa padi Mas Sutopo ini, padi aromatik umur genjah? dipersemain umur brp hari pak. Kalo 20 hss + 80 hst = 100 hss
      bisakan saya membeli atau menukar dng varietas lain pak. Trim

      • Pardi says:

        salam kenal pAk nama saya Pardi, Pak saya punya benih B2 bagaimana menurt bapak saya belum begitu mengenalnya

  10. efendy manan says:

    Ass Mas Nurman n mas sutopo….
    Betul mas nurman…saya juga di info oleh mas sutopo tentang padi genjah wangi….yang menarik umurnya yang genjah dan tidak rakus hara bisa buat organik..bisa juga tuh dicoba mas nurman.

  11. SUTOPO says:

    PERSEMAIANYA 21 hss,pemupukan saya lakukan hanya satu kali mas umur 10 hst dgn cara di icir,pernah saya pupuk dua kali, ancur ma roboh semua,dan tdk bernas.selisih umur sama inpari 4,12 hari mas,soalnya saya tanam musim ini satu lahan dengan tanam bareng panen duluan padi genjah wangi
    mas selisih 12 hari.hasilnya bagus mas .tp padi ini bercangkang tebal sprti inpri 6,13

  12. sutopo says:

    sudah saya kirim pak tadi inpari 18,padi B3,padi GENJAH WANGI . ,tapicuma sedikit sedikit,,,.

  13. avi says:

    ada yg punya benih inpari 19 dan 23 g mas mas semua?kalau ada yg pny bs hubungi saya di 085866161232,saya mau mencoba menanamnya,saya punya benih padi jadul yg umurnya 180 hst ada yg berasnya hitam dan ada yg putih,saya menanamnya sbg koleksi

  14. cantrik says:

    Saya dapat 2 malai fatmawati hasil ngobrak ngabrik brangkas padinya mbah sutar. Ayo mau diambil atau saya paketkan pak?

  15. bambang says:

    Saya punya benih inpari , 11, 15, 18, 19, 20 ada yang berminat hubungi saya

  16. cantrik says:

    Insya Alloh pak Yuri, nanti sama pak Sutar sekalian ngurek belut. 1 malai reserved ama yg punya padepokan. Yang satu malai kita bagi dua aja my brada.

  17. yusuf says:

    Ada yg punya benih beras merah dak?

  18. Alif klaten says:

    ada yg punya benih padi BASMATI ???
    klau ada bisa hub sy di 085229218624

  19. Alif klaten says:

    saya sendiri juga blum tau pak, hehehe
    ktanya jnis pdi aromatik dri india yg biasa dibuat nasi briani yg muaahal , pak ali hatim sepertinya punya tu

  20. Fahim says:

    Kalau ada benih Basmati aku juga mau coba tanam (THL Purworejo)

  21. Afi pemalang says:

    barangkali ada yang punya benih sertani, bisa minta tlg hubungi saya 081805932071

  22. cantrik says:

    basmati saya gak ada yang tumbuh… pada saat saya terima packingannya sudah rusak.. dan memang cuma beberaoa bulir.

  23. agus jafar sidik says:

    ikut nimbrung dengan para pakar pertanian, saya Agus Jafar Sidik,baru mau belajar nanam padi.
    Saya mau tahu nomor kontak Pak Nurman Ihsan. No. HP saya 0812-18-687-987
    Maju terus pertanian Indonesia. Selamat bekerja, selamat berkarya. Semoga kedaulatan pangan dan kesejahteraan para petani dapat segera terwujud. Amin YRA

  24. bambang h says:

    Saya juga sangat berminat untuk menanam padi BASMATI, adakah teman2 yang bisa bantu saya? Kl ad hubungi saya di 0811125459 atau invite bbm saya di 5958d0df

Leave a Reply

