APAKAH TANAMAN INI BERBAHAYA

BERBAHAYAKAH TANAMAN INI ???
 Penulis : Nurman Ihsan, SP ( THL TBPP DEPTAN di BANTEN )

Dalam beberapa pekan terakhir ini, saya mendapatkan kabar ada tanaman tertentu yang berbahaya bagi manusia. Tidak tanggung-tanggung, bahaya luar biasa.

Bila anak kecil sempat memakan secara tak disengaja bagian tanaman ini maka anak tsb akan meninggal dalam waktu 1 menit. Bila insan dewasa, 15 menit kemudian nyawanya tak tertolong.

Luar biasa bahaya bukan ?

Pesan ini beredar di berbagai media, melalui BB, FB, dll.

Pesan tsb berisi seperti ini ;

Info penting!
Tanaman Hias Berbahaya
(Bagi pengetahuan ini, jika anda punya kepedulian)

Tanaman ini sangat umum berada di rumah kita, kebun rumah, taman dan kantor (populer sebagai tanaman indoor & outdoor). Tanaman ini (Dumb Cane = Tongkat Konyol atau Dieffenbachia) kini terbukti berbahaya, jadi harap berhati-hati!.

Saya tahu bahwa daun tanaman ini menyebabkan gatal jika yang getah (spt susu) menyentuh kulit Anda. Namun ada fakta yang lebih berbahaya ttng tanaman ini!, silahkan membaca rincian di bawah ini.

Mungkin berguna untuk Anda. Anda lebih baik percaya. Silakan baca di bawah ini.
Salah satu teman saya “hampir kehilangan putrinya” yang menaruh sepotong daun tanaman ini dalam mulutnya dan lidahnya membengkak sampai ke titik mati lemas. Ini adalah salah satu tanaman tetapi ada juga tanaman lain dengan karakteristik yang sama dari pewarnaannya. Mereka juga beracun dan kita harus menyingkirkan mereka. Harap hati-hati untuk anak-anak kita. Seperti yang kita semua meninggalkan anak-anak kita di rumah di tangan pengasuh, kita harus memberi mereka lingkungan yang aman di mana mereka bisa bermain.

Nama: Dumb Cane atau Dieffenbachia

“Ini tanaman yang kita miliki di rumah kami dan kantor sangat berbahaya Tanaman ini biasa tumbuh di Rwanda!,iIni adalah racun mematikan, yang paling khusus untuk anak-anak. Hal ini dapat membunuh seorang anak dalam waktu kurang dari satu menit dan dewasa dalam 15 menit . Ini harus dicabut dari kebun dan dibawa keluar dari kantor. Jika tersentuh, jangan pernah seseorang sampai tersentuh matanya, karena dapat menyebabkan kebutaan parsial atau permanen “. http://sphotos-a.xx.fbcdn.net/hphotos-prn1/30781_358342674251746_324314635_n.jpg.

Tanaman tsb seperti ini,,,

Apakah betul Tanaman Berbahaya??/

Apakah betul Tanaman Berbahaya??

Mungkin ada para pembaca yang sudah mendapatkan info ini. Mungkin juga, di rumah para pembaca ada tanaman ini.

Bisa jadi, ada sebagian masyarakat Indonesia yang telah mendapatkan kabar sebelumnya, telah membuang tanaman tsb dari rumahnya. Dst dst

Tapi,,,,

Saya termasuk pihak yang meragukan informasi ini. Mengapa ?

Sebelum saya jawab, kita masih ingat peristiwa TOMCAT. Setelah ada kejadian beberapa insan yang mendapatkan luka dari binatang ini, maka berkembang opini, racun tomcat 15 kali berbahaya dari ulat kobra.

Bagaimana mungkin ?? TOMCAT adalah binantang yang biasa ada di sawah. Apalagi bila sawahnya terserang wereng. Akan banyak tomcatnya.

Bahkan setelah peristiwa yang menghebohkan tsb, saya seringkali membiarkan tomcat jalan di tangan saya. Alhamdulillah, aman-aman saja.

Artinya, kalau benar racun tomcat sedemikian dahsyat maka bisa jadi banyak petani yang terkapar mati di sawah. Dengan sering di sawah, mungkin tanpa sengaja bersentuhan/bersenggolan/menggencet dengan tomcat. Kemudian si tomcat akan  mengeluarkan racun tsb.

Kenyataannya tidak demikian. Petani hidup biasa saja. Tomcat juga tetap hadir di lingkungan sawah.

Allah SWT jelas adil, bila ada binatang ini bisanya 15 x dari ular kobra, mungkin amat sedikit yang mau jadi petani.

Tanaman Alfaafa / Alfalfa

Kemudian saya jadi teringat dengan tanaman alfalfa/alfaafa. Mengapa ?

Tanaman ini awalnya tumbuh subur di Timur Tengah beribu-ribu tahun yang lalu. Tapi, dalam beberapa dekade tanaman alfaafa ini nyaris hilang dari bumi Timur Tengah ???

Tapi pada saat yang sama, tanaman ini berkembang luar biasa di peternak-peternak besar di dunia seperti USA, Australia, dll

Tapi anehnya tanaman alfaafa ini seakan-akan tertutupi kabut tebal. Banyak piihak yang tidak tahu akan keberadaan tanaman hebat ini. Tanaman yang mengandung protein yang sangat tinggi. Sehingga ternak-ternak akan tumbuh besar dan cepat bila memakan tanaman ini.

Baru beberapa tahun belakangan ini, sebagian kecil masyarakat dunia yang mulai mengenal tanaman ini.

Dan yang mengenaskan, tanaman ini bisa tumbuh di mana-mana, cuma tidak bisa menghasilkan biji-biji. Biji-biji alfaafa yang beredar tsb telah dimandulkan oleh pihak-pihak tertentu,,,

Ada apa ini ? tanaman super ini seakan-akan lenyap dari muka bumi. Tapi pada saat yang sama dikembangkan dalam skala luas yang luar biasa. Pada saat yang sama, karena masyarakat dah mengetahui, tanaman ini telah dimandulkan.

Saya jadi teringat komentar Mas Efendy, ada penelitian terhadap tanaman alfaafa yang menyatakan bahwa di dalam akar tanaman ini bakteri merugikan:

Ass mas Nurman,
Setelah membaca tulisan mas nurman,saya takjub akan keajaiban tanaman alfalfa.namun setelah sy browsing tentang tanaman ini,ada peneliti tanaman alfalfa dari Iran yang menemukan mycobacterium yang endofit dengan akar alfalfa.Sepengetahuan saya mycobacterium termasuk golongan patogen yang salah satunya menimbulkan penyakit Lepra dan tuberkolosis/TBC.Menurut mas bagaimana?apa ada sumber lain yang membahas masalah ini?
Nuwun.

Bisa jadi, ada penelitian-penelitian lain yang lebih menghebohkan dari sekedar bakteri lepra dan TBC. Dan itu dibuat opini ke seluruh dunia. Sehingga tanaman super/alfaafa ini nyaris hilang dari muka bumi.

Ada apa ini ? ternyata, ada tangan-tangan tertentu yang bermain. Tangan-tangan yang memiliki kekuatan yang luar biasa. Tangan-tangan yang bisa mengendalikan dunia,,,

Apa betul tanaman ini berbahaya ?

Kembali ke akar masalahnya, mengapa saya ragu akan opini pada tanaman yang dikatakan berbahaya ? jawaban saya sama seperti di atas.

Jangan-jangan, tanaman ini berguna bagi bidang tertentu. Sehingga “tanaman tsb harus dimusnahkan” dari muka bumi. Bagaimana caranya ?

Ya, dibuat opini terlebih dahulu. Setelah itu, masyarakat akan takut, takut dan takut.

Peran Pemerintah

Oleh sebab itu, saya meminta kepada pihak pemerintah RI (Departemen tertentu) yang punya wewenang untuk membuat klarifikasi tentang tanaman tsb. Dan memberikan penjelasan yang masuk akal dan ilmiah. Sehingga memberikan rasa aman kepada warganya. Amin

About NURMANIHSAN

Bila cinta kepada seseorang saja, di hati penuh kerinduan. Apalagi bila kita dapatkan cinta ALLOH SWT. Ini prestasi seorang hamba. Prestasi hidup. Dan prestasi terbesar. Oleh sebab itu, rebutlah cinta itu,,,
This entry was posted in KESEHATAN, KONSPIRASI. Bookmark the permalink.

18 Responses to APAKAH TANAMAN INI BERBAHAYA

  1. suli says:

    Pak Nurman ….
    Maaf saya absen beberapa pekan, sehubungan kabel internet error….
    Ok….gini aja kita sebagai petani balikkan aja tanaman di atas sebagai pesnab, siapa tau berguna.hama hama di padilampot semprot dari tanaman tersebut, pakai sarung tangan dulu, beres, jadilah sang penemu pesnab terbaru.
    Cerita tomcat…anak lumpur sawah seperti saya, jadi tersenyum saja.malah buat mainan seperti kendaraan tank tempur. kesenggol/di pegang aman aman aja, bisa diadu sama semut besar.

    Ranch ranch di australia sebetulnya tidak mengandalkan alfaafa,tapi otak peternak di sana memakai teknologi pakan,genetik,mekanik dan hormon.

  2. Untuk orang awam seperti saya kayaknya itu terlalu di buat buat dan sengaja menakut nakuti orang,,,Seandainya berbahaya pun,,Anak anak sekarang sukanya bukan makan daun pohon hias tapi ice cream sama coklat =D

  3. Mais says:

    Tanaman yang bapak maksud seperti foto diatas tumbuh subur di pekarangan saya pak.bahkan menjadi tanaman liar.apakah menurut bapak saya harus membersihkan tanaman ini?.

  4. SUTOPO says:

    kt kembali ke asal saja,smua yg di ciptakan ALLAH di muka bumi ini tdk ada yg sia,tumbuhan,binatang,walaupun yg paling beracun dan berbahaya sekalipun,tinggal kita saja yg belum tahu manfaatnya,mungkin orang yg penyebar isu tersebut tahu kegunaan sehingga mau dimonopoli.

  5. cantrik says:

    Konspirasi?..

  6. avi says:

    agree with mas ihsan,,kayanya memang ada udang dibalik tanaman tongkat konyol.Tanaman itu ada bnyk dihalaman rumah saya.Yg istimewa dari tanaman itu hama tak ada yg mau mendekat bahkan menyentuh tanaman itu,bila dipotong batangnya akan cepat keluar akar baru dan tunas kayanya mampu memproduksi ZPT yg dlm skala besar.
    Waktu saya kecil saya sering bermain dg daun tanaman itu toh aman2 saja,memang sih getahnya agak sedikit gatal

    • NURMANIHSAN says:

      Trim mas avi atas komennya,
      wah ini menginspirasi saya buat ZPT/hormon dari tanaman tsb. kayanya caranya bisa tinggal tumbuk kemudian disaring.

      • avi says:

        Sama sama mas ihsan,silahkan dieksperimen tentang tanaman tongkat konyol.Soalnya saya lg asyik bereksperimen gulma yg sangat menjengkelkan petani padi yaitu gulma jawan(echinochloa crus galli).Ternyata setelah saya coba ekstrak dr akar dan batang gulma itu bisa dimanfaatkan untuk memacu perakaran dan anakan padi,menguatkan dan mengeraskan batang.Sampai sampai pekerja yg memanen padi saya mengeluh krn batangnya terlalu keras dan kuat padahal varietas padi itu rentan rebah

      • NURMANIHSAN says:

        Wah lagi-lagi para pembaca dan saya dpt info menarik dari mas avi nih.
        boleh tau, cara mengekstrak gulma tsb,,, tks

  7. avi says:

    Boleh mas,,caranya sederhana:
    Ambil batang dan akar gulma jawan yg msh segar 1kg lalu ditumbuk atau diblender dan ambil airnya,tambahkan 1kg telur ayam kampung,100 ml madu asli,500 ml susu(boleh susu murni/kaleng),50 butir vitamin B complek,2 sendok makan calsium carbonat dan 1 liter molase.Campur semua bahan tadi lalu aduk sampai rata.Masukkan kedalam jerigen lalu fermentasikan secara aerob dg memakai aerator selama 7 hari.Setelah 7 hari bs dipakai untuk menyemprot dg dosis 35 cc/14 L air atau 50 cc/14 L air untuk semprot akar sebelum pindah tanam.Penyemprotan bs dicampur dg POC/PGPR

    • Khayan says:

      Fermentasi gulma jawan yg dimaksud Mas Avi itu fermentasi dg aerator akuarium atau hanya pake selang yang salah satu ujungnya dimasukkan ke dalam botor air mineral saja Pak?

  8. efendy manan says:

    Betul sekali nih mas Nurman n mas Avi….dalam batang dan akar jawan kaya akan bakteri endofitik,juga mengandung allelopati.Bisa kita lihat di lapangan jawan begitu perkasa tumbuh mendominasi padi jika tumbuh dalam satu rumpun,akarnya kuat dan berbatang keras.Jika kita bisa mengambil bakteri endofitik dan allelopati serta diaplikasi ke padi secara teori pasti bisa berpengaruh signifikan terhadap pertumbuhan padi itu sendiri….sebuah pemikiran cerdas mas Avi!!!

  9. cantrik says:

    Teringat kata penggiat organik di tempat saya, bahwasanya di area persawahan ada beberapa gulma yang bermanfaat bagi tanaman padi.

  10. avi says:

    agree with mas cantrik,segala sesuatu ciptaan allah didunia ini tidak sia2 pasti ada manfaatnya meskipun itu gulma,cuma kadang kita terlalu menuruti naluri sehingga kita buta akan manfaat dr gulma tsb.🙂

  11. Khayan says:

    Fermentasi gulma jawan yang digunakan Mas Avi kan pakai aerator. Kalau misalkan hanya pakai selang yang cukup masukkan ke dalam botol air saja gimana pak?

  12. toing says:

    dirumahku ada tanaman spt itu dari dulu nga apa2

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s