MENGENAL INPARI 30

 INPARI 30 CIHERANG Sub 1 SI PADI TAHAN RENDAMAN

Oleh: Efendy Manan                                                                                     

Sekitar 1 minggu yang lalu saya berkesempatan melihat lahan percobaan teman yang sedang menanam Inpari 30 seperti pada foto disamping.Varietas padi ini termasuk gress alias masih baru release sehingga saya pun sangat penasaran untuk mengamati lebih dekat.Apalagi jika membaca Inpari 30 termasuk tahan rendaman ,tentu kita sangat menaruh harapan besar pada varietas ini agar  terhindar dari resiko puso akibat banjir.

Jika menilik perubahan iklim di dunia dan Indonesia khususnya yang sedemikian ekstrem dalam beberapa  begitu tinggi dalam rentang waktu pendek tentu sangat tinggi memicu resiko terjadinya banjir.Dua kecenderungan umum  yang diprediksikan akibat dari perubahan iklim yakni 1)meningkatnya suhu permukaan bumi yang menyebabkan tekanan panas lebih banyak dan naiknya permukaan air laut .2)Dan makin seringnya iklim ekstrim terjadi berdampak pada kenaikan permukaan air laut,kejadian banjir,kelangkaan air dan meningkat serangan hama dan penyakit. Apalagi rusaknya kondisi hutan dan DAS sungai serta industrialisasi besar-besaran  makin memperluas wilayah yang semula tidak terkena banjir menjadi rentan banjir.
Sebuah data menyebutkan lebih dari 20 juta hektar lahan sawah di Asia terutama negara-negara pengahasil utama beras terancam banjir seperti India,Cina,Bangladesh.

Di Indonesia sendiri,dampak perubahan iklim ini dapat divisualisasikan melalui kejadian banjir  dan kekeringan di lahan sawah.Hasil analisis data historis dampak kekeringan dan banjir pada lahan sawah periode tahun 2001-2010 dari Direktorat Jenderal Tanaman Pangan menunjukkan ada kecenderungan peningkatan luas areal terkena puso. Data tahun 2001-2010 luas lahan sawah yang puso akibat banjir adalah 805.676 ha sedangkan yang puso akibat kekeringan  sebesar 507.650 ha (Gatot Irianto,2010)

 Apa itu Inpari 30 Ciherang Sub 1?

 Seperti yang telah dijelaskan dalam deskripsi inpari 22-30 di blog ini,inpari 30 memiliki keunggulan sebagai padi “kapal selam” artinya dia bisa hidup terendam air 15 hari nonstop pada saat masa vegetatif.Dinamakan  Ciherang  sub 1 karena memang berasal dari Ciherang yang disusupi gen ketahanan terhadap rendaman.Jika saya melihat di lahan,Inpari 30 termasuk sangat  bagus pertumbuhannya…ditanam dengan sistem SRI alias tanam satu-satu umur 14 hss anakan berkisar 17-30 diumur sekarang 45 hst dan ditanam dielevasi 400 mdpl.Postur tanaman tinggi,batang kaku dengan daun lebih lemas dari pada ciherang mengingatkan saya pada daun inpari 8.Memang masih terlalu pagi untuk menilai Inpari 30 benar-benar cocok dan bisa beradaptasi baik karena saya belum  bisa mengetahui hasil panen rielnya.Oleh karena itu,melalui blog ini saya akan mencoba berbagi informasi dan melaporkan pada pembaca sekalian   perkembangan inpari 30 ini pada saat stadia Generatif hingga hasil panen akhir nanti.Diharapkan varietas ini bisa menjadi jalan keluar bagi petani kita yang berada di lahan semi rawa  yang rentan terhadap banjir..semoga.

 

 

 

 

About NURMANIHSAN

Bila cinta kepada seseorang saja, di hati penuh kerinduan. Apalagi bila kita dapatkan cinta ALLOH SWT. Ini prestasi seorang hamba. Prestasi hidup. Dan prestasi terbesar. Oleh sebab itu, rebutlah cinta itu,,,
This entry was posted in ABOUT TANAMAN PADI. Bookmark the permalink.

5 Responses to MENGENAL INPARI 30

  1. Terima kasih Pak Efendy atas infonya ,,,saya termasuk orang yang paling menunggu perkembangan inpari 30,,karena salah satu sawah saya selalu tergenang air sepanjang mt 1 (50 cm) Semoga inpari 30 ini bisa jadi solusi untuk sawah saya,,Salah satu kesulitan sawah selalu tergenang air adalah saat tanam ,karena di butuhkan benih yang panjangnya 60-100 cm,mungkin ada rekan yang bisa bantu saya cara atau teknik memperpanjang benih dengan cepat,,sehingga bisa di dapatkan benih umur muda tapi panjang,,,terima kasih

  2. cantrik says:

    Ciherang dengan nilai plus ya pak.. Patut ditunggu hasilnya, terutama yang biasa menanam ciherang. Disini, ciherang masih menjadi pilihan utama, untuk segala kondisi lahan.

  3. abdul herman says:

    bibit nya bisa d dapatkan d mana bapak ?

  4. ngadimin says:

    Untuk mempercepat tumbuh lebih panjang bibit gunakan aja zat pengatur tumbuh GBA(GIBERELIN acid) kadang” ada di toko pertanian mggo dicoba

  5. suheri says:

    Sya sdh mnnm var Inpari 30
    sy mnlai in sdah lbih baik dri var lain@ y sy tnm….
    utk ankn in sy ankt slut…
    Jka ingn mlht bnyk ft inpari 30 di albm BBU dgn almt fb Suheri eri
    Slm brbgi…
    tks BB Padi Sukamndi

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s