BUDIDAYA PADI BERBULIR BANYAK

BUDIDAYA PADI SUPER ALA PAK SUTOPO
Penulis : Nurman Ihsan, SP ( THL TBPP DEPTAN di BANTEN )

Sekarang ini, terus bermunculan padi-padi super dengan malai yang panjang. Malai panjang ini jelas berisi bulir-bulir gabah yang banyak pula. Kisaran bulirnya rata-rata di atas 300-350/malai. Padi-padi tsb antara lain : Padi Sertani, Padi Bunda, Padi Parikesit, Padi Sapurta, Padi B3, dan padi-padi lainnya.

Padi-padi jenis ini, jelas membuat masyarakat tani akan tergiur untuk  menanamnya. Hal ini karena jumlah bulir yang banyak di dalam malainya. Ada sebagian dari petani yang seakan berlomba tuk membeli sebagian dari jenis padi-padi  tsb.  Walaupun harga benih padi tsb dijual dengan harga yang mahal.

Setelah ditanam, sebagian besar kecewa dengan hasilnya. Mengapa? sebab mereka berfikir padi super tsb aka menghasilkan panen yang berlimpah dengan perlakuan yang sama dengan mereka tanam padi seperti ciherang.

Pada tulisan sebelumnya, saya sudah menuliskan bagaimana cara budidaya Mas Supangat yang menanam Padi Punda. Dengan cara tsb, padi bunda yang dihasilkan bisa dipanen sesuai potensi padi bunda.

Nah, kali ini saya akan menuliskan cara budidaya padi super yang dilakukan Pak Edi Sutopo, petani asal Ngawi Jawa Timur. Pak Sutopo, begitu sapaannya, akan bercerita tentang bagaimana cara budidaya padi B3 plus padi bunda.

Cara Budidayanya

Saya sempat berbincang dengan Pak Sotopo, mengenai cara budidaya padi super terutama padi B3. Saya tanyakan, ada sebagian petani yang kecewa dengan hasil padi super tsb. Kok tidak sesuai harapannya. Bisa jadi, cara budidaya padi super tsb diperlakukan sama dengan padi lainnya.

“secara logika, jelas beda. Padi jenis ini jelas membutuhkan perlakuan khusus. Harus ada nutrisi lebih,,,, ” kata Pak Sutopo

Dengan cara budidaya yang dilakukannya, padi B3 yang ditanam ada yang menghasilkan malai dengan jumlah bulir sebanyak 600. Dan hebatnya, jumlah gabah bernas mencapai 80 %.

Bagaimana cara budidayanya ? nanti akan saya jelaskan. Insya Allah. Bersambung,,,,,

About NURMANIHSAN

Bila cinta kepada seseorang saja, di hati penuh kerinduan. Apalagi bila kita dapatkan cinta ALLOH SWT. Ini prestasi seorang hamba. Prestasi hidup. Dan prestasi terbesar. Oleh sebab itu, rebutlah cinta itu,,,
This entry was posted in BUDIDAYA PADI, SISTEM TANAM. Bookmark the permalink.

3 Responses to BUDIDAYA PADI BERBULIR BANYAK

  1. Arif Wijanarko says:

    Saya jadi penasaran nie…!??????

  2. alwi yasin says:

    Dimana saya bisa dapatkan bibit B3

    • Ass mas nurman sy dgn Reko ,sy ingin menanyakan utk waktu pemupukan padi bunda waktunya kapan saja dan pupuknya apa saja ? Dan untuk legowo 30×15 brp pohon maximum nya ? Dan mohon info kalau boleh sy minta no Hp mas Nurman tks wass

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s