MEMBUAT MIKORIZA

MEMBUAT MIKORIZA ALA MAS AVI
Penulis : Nurman Ihsan, SP ( THL TBPP DEPTAN di BANTEN )

Untuk membuat atau membiakkan mikoriza, ada beberapa persiapan yang harus dilakukan. Mikoriza yang akan  dibuat/dibiakkan dari jenis ekomikoriza.

Sebelum kita bergelut dalam dunia mikoriza, ada baiknya kita mengenal apa itu mikoriza.

“Mas, mikoriza itu opo?” begitu kata seorang teman

“gini aja, mikoriza itu jamur, pak” jawab saya. ” tapi bisa juga disebut akar jamur”.

“Trus mas nurman, apa fungsinya?”

“jamur tsb akan menempel di akar tanaman, kemudian akan kerja sama. kalau dalam bahasa pertanian disebut mutualisme”.

Kemudian saya lanjutkan,

“jamur atau mikoriza itu akan mendapatkan gula/glukosa dari tanaman lewat akar”

“kalau tanaman kita dapat apa, mas nur?”

“setahu saya, mikoriza itu akan menyalurkan unsur  hara, air, dll buat tanaman melalui akar tanaman”

“ohhh, gitu toh. ayo deh kita buat mikoriza tsb”

Untuk membuat mikoriza, saya mendapatkan caranya dari Mas Avi yg sudah teruji di lapangan menghasilkan hasil panen yang tinggi.

Berikut ini, cara membuatnya

stilah mikoriza diambil dari Bahasa Yunani yang secara harfiah berarti jamur (mykos = miko) dan akar (rhiza). Jamur ini membentuk simbiosa mutualisme antara jamur dan akar tumbuhan. Jamur memperoleh karbohidrat dalam bentuk gula sederhana (glukosa) dari tumbuhan. Sebaliknya, jamur menyalurkan air dan hara tanah untuk tumbuhan. Mikoriza merupakan jamur yang hidup secara bersimbiosis dengan sistem perakaran tanaman tingkat tinggi. Walau ada juga yang bersimbiosis dengan rizoid (akar semu) jamur. Asosiasi antara akar tanaman dengan jamur ini memberikan manfaat yang sangat baik bagi tanah dan tanaman inang yang merupakan tempat jamur tersebut tumbuh dan berkembang biak. Jamur mikoriza berperan untuk meningkatkan ketahanan hidup bibit terhadap penyakit dan meningkatkan pertumbuhan (Hesti L dan Tata, 2009)Anda baru saja mencopy artikel di Blog Menara Ilmu dengan judul Pengertian dan pengenalan Mikoriza .Jika anda ingin menggandakan artikel ini, sertakan URL berikut sebagai sumber : http://menarailmuku.blogspot.com/2012/11/pengertian-dan-pengenalan-mikoriza.html
mikoriza diambil dari Bahasa Yunani yang secara harfiah berarti jamur (mykos = miko) dan akar (rhiza). Jamur ini membentuk simbiosa mutualisme antara jamur dan akar tumbuhan. Jamur memperoleh karbohidrat dalam bentuk gula sederhana (glukosa) dari tumbuhan. Sebaliknya, jamur menyalurkan air dan hara tanah untuk tumbuhan. Mikoriza merupakan jamur yang hidup secara bersimbiosis dengan sistem perakaran tanaman tingkat tinggi. Walau ada juga yang bersimbiosis dengan rizoid (akar semu) jamur. Asosiasi antara akar tanaman dengan jamur ini memberikan manfaat yang sangat baik bagi tanah dan tanaman inang yang merupakan tempat jamur tersebut tumbuh dan berkembang biak. Jamur mikoriza berperan untuk meningkatkan ketahanan hidup bibit terhadap penyakit dan meningkatkan pertumbuhan (Hesti L dan Tata, 2009)Anda baru saja mencopy artikel di Blog Menara Ilmu dengan judul Pengertian dan pengenalan Mikoriza .Jika anda ingin menggandakan artikel ini, sertakan URL berikut sebagai sumber : http://menarailmuku.blogspot.com/2012/11/pengertian-dan-pengenalan-mikoriza.html
mikoriza diambil dari Bahasa Yunani yang secara harfiah berarti jamur (mykos = miko) dan akar (rhiza). Jamur ini membentuk simbiosa mutualisme antara jamur dan akar tumbuhan. Jamur memperoleh karbohidrat dalam bentuk gula sederhana (glukosa) dari tumbuhan. Sebaliknya, jamur menyalurkan air dan hara tanah untuk tumbuhan. Mikoriza merupakan jamur yang hidup secara bersimbiosis dengan sistem perakaran tanaman tingkat tinggi. Walau ada juga yang bersimbiosis dengan rizoid (akar semu) jamur. Asosiasi antara akar tanaman dengan jamur ini memberikan manfaat yang sangat baik bagi tanah dan tanaman inang yang merupakan tempat jamur tersebut tumbuh dan berkembang biak. Jamur mikoriza berperan untuk meningkatkan ketahanan hidup bibit terhadap penyakit dan meningkAnda baru saja mencopy artikel di Blog Menara Ilmu dengan judul Pengertian dan pengenalan Mikoriza .Jika anda ingin menggandakan artikel ini, sertakan URL berikut sebagai sumber : http://menarailmuku.blogspot.com/2012/11/pengertian-dan-pengenalan-mikoriza.html
mikoriza diambil dari Bahasa Yunani yang secara harfiah berarti jamur (mykos = miko) dan akar (rhiza). Jamur ini membentuk simbiosa mutualisme antara jamur dan akar tumbuhan. Jamur memperoleh karbohidrat dalam bentuk gula sederhana (glukosa) dari tumbuhan. Sebaliknya, jamur menyalurkan air dan hara tanah untuk tumbuhan. Mikoriza merupakan jamur yang hidup secara bersimbiosis dengan sistem perakaran tanaman tingkat tinggi. Walau ada juga yang bersimbiosis dengan rizoid (akar semu) jamur. Asosiasi antara akar tanaman dengan jamur ini memberikan manfaat yang sangat baik bagi tanah dan tanaman inang yang merupakan tempat jamur tersebut tumbuh dan berkembang biak. Jamur mikoriza berperan untuk meningkatkan ketahanan hidup bibit terhadap penyakit dan meningkAnda baru saja mencopy artikel di Blog Menara Ilmu dengan judul Pengertian dan pengenalan Mikoriza .Jika anda ingin menggandakan artikel ini, sertakan URL berikut sebagai sumber : http://menarailmuku.blogspot.com/2012/11/pengertian-dan-pengenalan-mikoriza.html

A. SIAPKAN BAHAN-BAHAN

1.Tepung beras 1 kg
2.katul halus 1 kg
3.agar agar powder (bahan pembuat agar-agar) 2 bungkus
4.isolat mikoriza jenis ektomikoriza 200 gram
5.vitamin B Komplek 100 butir
6.Larutan indole acetic acid 25% 10 ml ( kalau tidak ada bs diganti dg asam asetat 25% 10 ml)
7.air masak

Oh ya Mas Avi, di mana kita bisa membeli isolat mikoriza jenis ektomikoriza tsb?

Kemudian, dimana larutan indole acetic acid kita dapatkan?

B. CARA MEMBUATNYA

Langkah pertama, campurkan 1 kg tepung beras dengan  1 kg katul halus. Aduk sampai merata, lalu panaskan dg cara dikukus selama 0,5-1 jam. Tujuannya untuk menyeterilkan dari patogen. Setelah itu dinginkan.

Langkah  kedua, campur bahan poin no 3-6. Lalu tambahkan air 250 ml dan aduk hingga rata. Setelah itu, campur kembali dengan bahan (no 1 dan 2) hingga merata.

Ukur kadar air kira kira 40%, bila kurang 40% bisa ditambah air lagi sampai didapat kadar air kira kira-kira 40%.

Masukkan adonan ke dalam nampan nampan kue yang telah disediakan dengan ketebalan maksimal 5 cm, lalu tutup rapat.

Inkubasikan adonan tsb selama 15 hari. Pembiakan mikoriza berhasil ditandai dengan munculnya mantel hifa yg menyelimuti permukaan adonan. Dan bila tercium, ada aroma khas dari adonan.

Dosis aplikasi 5 kg/ha atau tergantung kesuburan tanah. Mikoriza ini bisa dicampur dengan pupuk kimia. Tapi ingat, mikoriza ini tidak boleh dicampur dengan pestisida.

Demikianlah cara pembuatan mikoriza dari  pengalaman Mas Avi. Semoga bisa berguna bagi yang lain.

Terima kasih kepada Mas Avi, semoga info ini dapat menjadi ladang amal baginya. Amin.

About NURMANIHSAN

Bila cinta kepada seseorang saja, di hati penuh kerinduan. Apalagi bila kita dapatkan cinta ALLOH SWT. Ini prestasi seorang hamba. Prestasi hidup. Dan prestasi terbesar. Oleh sebab itu, rebutlah cinta itu,,,
This entry was posted in ABOUT TANAMAN PADI, PUPUK ORGANIK. Bookmark the permalink.

24 Responses to MEMBUAT MIKORIZA

  1. avi says:

    mas nurman memang kendala dlm pembuatan mikoriza jenis ektomikoriza adalah isolat isolatnya yg msh susah didapatkan.Okee deh tk ada tali akarpun jadi untuk memperoleh isolat mikoriza bs dr isolasi akar dan tanah disekitar tanaman yg bermikoriza yg telah dimurnikan atau ketemu saya nanti saya kasih isolatnya
    Untuk larutan indole acetic acid 25% bs nyari ditoko kimia kalaupun susah pakai saja asam asetat(cuka makan) tp kalau pakai cuka makan perkembangan spora mikorizanya agak lamban yg penting kan jadi,biar lamban asal sukses hehehe
    Catatan;
    Mikoriza tumbuh optimum pada ph 3,5 sampai 6 jd menyukai keadaan asam

    • achmad saihu says:

      utuk pemaparan dan bahan bahannya sy rasa jikalau ada yang menyediakan bahan jadinya mungkin lebih efisin dan akurat,dimana yang menyediakan MIKORIZA yg sudah jadi,dan berapa harganya,terimakasih

      • avi says:

        yg sudah jd ada sih mas akhmad,cuma yg jd kendala kalau tmptnya jauh g bs dipaketkan via jasa pengiriman barang pasti ditolak,1 kg ektomikoriza 40 rb

  2. avi says:

    Teman teman tani semua,sambil sy nunggu balasan sms dr orang yg spesial dihati saya yg lg ngambek,ini saya tuliskan ciri ciri ektomikoriza dan manfaat mikoriza.Hehehe sedikit curhat ni
    ciri-ciri ektomikoriza:
    -struktur organ fungi dapat dilihat tanpa mikroskop
    -infeksi tidak menembus sel-sel akar
    -dapat bersimbiosis dg semua tanaman
    -misela dapat dikulturkan pd media buatan tanpa kehadiran akar tanaman
    manfaat mikoriza:
    1.bagi tanaman:
    -meningkatkan penyerapan hara
    -meningkatkan penyerapan air
    -meningkatkan ketahanan terhadap penyakit
    -meningkatkan toleransi tanaman terhadap tanah salin atau terkontaminasi logam berat
    -mempercepat umur berbunga/berbuah
    -mempercepat pertumbuhan tanaman antara 3-5 kali lipat dari pertumbuhan normal tanaman yg tk bermikoriza
    2.bagi ekosistem
    -sebagai indikator lingkungan
    -membantu dlm siklus hara dan konversi hara
    -memperbaiki struktur tanah
    -menyalurkan karbohidrat dan glukosa dari tanaman ke mikroba tanah lainnya(populasi dan diversitas mikroba yg hidup di rhizosfir tanaman bermikoriza lebih tinggi dibandingkan pd rhizosfir tanaman tk bermikoriza
    -dapat digunakan untuk rehabilitasi tanah yg rusak,bekas tambang atau tercemar logam berat

  3. Agung tembi says:

    trim’s pak nurman dan mas avi. mantab infonya …..
    melihat manfaat dan fungsinya, ingin skali bikin mikoriza. tp isolat mikoriza kemana sy hrus mencari? ada pembaca skalian yg tahu? tlg sharingnya dong. hik….hik….

  4. avi says:

    mas agung posisi dimana??untuk isolat mikoriza mas agung bs main ketempat saya nanti sy kasih kalau memang mas agung ingin membuatnya

  5. Agung tembi says:

    sy di kabupaten bantul yogyakarta mas avi. kpn2 kalo ada waktu tak ke rumah mas avi. thak’s.
    email saya : agung@ooa-indonesia.com

  6. indra wijaya says:

    ada yg bilang mikoriza terdapat juga di akar Tithonia/paitan/kipahit, Dg PGPR Tithonia maka akan di dapat pula bakteri yg sama dg cara Mas Avi, Apa betul Mas Avi? mohon pencerahan Tks…

    • avi says:

      benar mas,mikoriza terdapat jg ditanaman paitan tp itu jenis endomikoriza.Perlu kita tau bahwa sebagian besar gulma bersimbiosis dg mikoriza oleh karena itu gulma selalu menang dari tanaman pokok

  7. indra says:

    Mas norman,,mau tya nich.apakah jamur mikoriza di media agar-agar bisa di perbanyak/di turunkan di media jagung (f1) dan (f2).seperti pada jamur tiram???klo bisa..kita dapat menghemat isolat mikoriza.

    • NURMANIHSAN says:

      Wah masalah mikoriza, sebaiknya mas avi yg menjawab nih. tks mas indra

      • avi says:

        mas indra kalau pembiakan mikoriza dlm akar jagung bisa mas tapi umumnya utk jenis endomikoriza krn jenis ini hny dpt dikulturkan dg kehadiran tanaman inang.Jika jenis ektomikoriza dibiakkan aja di media agar krn mudah dlm pengawasan serta hemat tempat

  8. indra'moy says:

    Trima kasih mas avi.akan saya coba buat mikoriza nya.tp cari isolat susah bgt.udah muter2 toko pertanian+kimia sak semarang gak ketemu.mohon petunjuk mas.

  9. syaikhu ahmad says:

    gimana cara mendapatkan isolat mikoriza. brapa harganya ? kalo ada hub 089123435578

  10. Adi says:

    Minta no mas avi yg bisa di telpon ta

  11. galilazo says:

    Mas Avi apa ektomikoriza yang mas punya daya infeksi nya luas ( berbagai jenis tanaman ) soal nya yang saya baca dari beberapa literatur infeksifitas ektomikoriza hanya ter batas pada tombuhan tumbuhan berkayu keras ??? mohon petunjuk nya

  12. sugiarto says:

    ada kopdarnya juga to mas ini…bisa di kasih tahu mas acaranya…saya dari cepu kab blora mas…. ada gak ya mas yang dari cepu
    trimakasih mas…bermanfaat sekali ilmunya

  13. agusketek says:

    mau nanya ni mas,, jamur bahan utama mikoriza ini apa ya mas??
    trus kalau boleh saya mau nanya jenis-jenis mikoriza/ jamur yang terkandung dalam suatu mikoriza itu apa aja ya mas??

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s