MEMBUAT AGROBIO

MEMBUAT AGROBIO
Penulis : Nurman Ihsan,SP (THL TBPP DEPTAN Di BANTEN) )

Untuk membuat Agrobio, saya mendapatkan caranya dari Mas Avi yang sudah teruji di lapangan. Hasil panennya luar biasa, bisa menghasilkan hasil panen yang tinggi.

Salah satu media yang digunakan adalah AGROBIO.

Timbul pertanyaan, bagimana cara membuat agrobio tsb ?

Berikut ini, cara membuatnya :

A. SIAPKAN ALAT DAN BAHAN-BAHAN

1.jerigen dan ember
2.katul halus 0,5 kg
3.dedak/kulit biji kopi 0,5 kg
4.terasi 100 g
5.molase 1 liter
6.kapur(lebih bagus calcium carbonat) 100 gram
7.biang agrobio(hasil pembiakan dari isolat agrobio) 1 liter
8.buah nanas yg sudah diblender 1 kg
9.air cucian beras 10 liter
10.aerator

B. CARA MEMBUATNYA

Pertama, campur semua bahan diatas  ( poin 2-9) di ember. Hal ini untuk memudahkan proses pengadukan. Setelah itu,  diaduk sampai merata.

Kedua, masukkan bahan-bahan yang telah tercampur ke dalam jerigen. Kemudian, fermentasikan secara aerobik menggunakan aerator selama 14 hari.

Mungkin, ada yang belum mengenal aerator. Aerator bisa menggunakan botol bekas minuman.

https://i0.wp.com/www.karawanginfo.com/wp-content/uploads/2011/10/Alat-Fermentasi-Pupuk-Organik-Cair-Bale-Pare.jpg

Contoh aerator (bekas botol  minuman). Gambar diambil dari internet

Skema fermentasi sama dengan pembiakan bakteri coryne

Kandungan Mikroba dalam Agrobio

Ada pun kandungan mikroba dalam agrobio adalah sbb : ( setelah mendapatkan kandungan mikroba dari email Mas Avi, saya istighfar sekaligus takbir) sebab kandungannya luar biasa banyak.

Coba saja, bandingkan dengan pupuk hayati manapun, paling banyak kandungan mikroba 5-6. Kalau kandungan mikroba agrobio sekitar 13 mkkroba, antara lain :
-azotobacter sp.
-azospillum sp.
-bacillus sp.
-pseudomonas sp.
-cytophaga sp.
-streptomyces sp.
-sacharomyces sp.
-aspergillus niger
-penicillium sp.
-pantoea sp.
-trichoderma pseudokoningii
-trichoderma harzianum
-gliocladium sp.’

Bila di sawah kita terdapat kandungan mikroba seperti di atas, dijamin, sawah kita pasti subur.

Oh ya, mas avi. Alangkan indahnya, bila tiap-tiap mikroba tsb dijelaskan masing-masing fungsinya. Terima kasih

Saya usul Mas Avi, bagaimana kalau isolat yang berkaitan dengan budidaya padi diperbanyak. Kemudian dijual dengan harga yang terjangkau.

About NURMANIHSAN

Bila cinta kepada seseorang saja, di hati penuh kerinduan. Apalagi bila kita dapatkan cinta ALLOH SWT. Ini prestasi seorang hamba. Prestasi hidup. Dan prestasi terbesar. Oleh sebab itu, rebutlah cinta itu,,,
This entry was posted in ABOUT TANAMAN PADI, MENGENAL MIKROBA, PUPUK ORGANIK. Bookmark the permalink.

64 Responses to MEMBUAT AGROBIO

  1. subagyo sasmito says:

    Alhamdulillah.. semua sudah lengkap. tinggal dipraktekan dan berdoa.. terima kasih buat semuannya

  2. avi says:

    Maaf mas nurman dan rekan rekan pembaca,kemarin wkt krm email sy agak terburu buru sampai lupa menjelaskan fungsi mikroba mikroba unggul diatas
    Berikut ini fungsi utama mikroba mikrobanya:
    -azotobacter sp:penambat nitrogen,pelarut phospat dan kalium,penghasil vitamin dan fitohormon/ZPT yg dibutuhkan tanaman
    -azospirillium sp:penambat nitrogen,pelarut phospat dan kalium,penghasil ZPT
    -bacillus sp:mendekomposisi bahan organik,pelarut phospat dari ikatan phospor dg mineral liat
    -pseudomonas sp:pelarut phospat dan kalium,penghasil vitamin dan ZPT,mendekomposisi residu pestisida/zat kimia
    -cytophaga sp:mendekomposisi bahan organik
    -streptomyces sp:bersama bacillus sp meningkatkan kemampuan tanah memegang air dan hara
    -saccharomyces sp:merombak selulosa menjadi glukosa untuk sumber energi mikroba lain
    -aspergillus niger:pelarut phospat dan kalium,penambat nitrogen
    -penicillium sp:penghasil antibiotik,pelarut phospor dan kalium dari ikatan mineral liat tanah
    -pantoea sp:merangsang pertumbuhan plankton,menetralisir zat kimia/pestisida
    -trichoderma pseudokoningii:mencegah dan mengatasi cendawan patogen,mendekomposisi bahan organik
    -trichoderma harzianum:mencegah dan mengatasi cendawan patogen penyebab layu fusarium(busuk akar)
    -gliocladium sp:mencegah dan mengatasi penyakit tular tanah yg disebabkan phytium sp/rebah semai
    Untuk perbanyakan isolatnya memang msh sangat terbatas tp bagi yg ingin membiakkan isolatnya insyaa allah bisa diusahakan dg harga yg sangat terjangkau.
    Untuk aplikasi agrobio minimal 75 ml/14 L air akan tetapi sumber makanan berupa bahan organik harus tersedia

  3. cantrik says:

    Paragraph terakhir saya berharap demikian. Nyari isolat bagi petani kampungan kayak saya ya mumet bin rieut.. Hehehe.

  4. avi says:

    biar g mumet nanti mbuat sendiri mas cantrik hehe sambil latihan mandiri agar g tergantung sm produk pabrikan.Tak ada tali akarpun jadi

  5. martono says:

    asslm..ikut gabung ya pak ihsan,mas avi…mantab banget ilmu_ilmu pertanianya..lanjutkan mas agar petani bodoh kaya saya bisa belajar dari pakar_pakar pertanian dari beliau_beliau..amin.3x. wasslm

  6. suli says:

    Mas Avi…..
    Saya…beserta petani petani sangat matur kesuwun banget uraian Agrobio ini, ini yang yang di tunggu tunggu, semoga menjadi amal baik kelak….saya sendiri takjub akan kandungan agrobio sebanyak itu, mohon bagi isolatnya berapa yang harus saya bayar, atau antar yang sudah jadi saja (mampir ke kandang saya), karena saya masih di hutan. dan kapan waktu aplikasi, pada umur padi berapa aja

  7. avi says:

    amiin mas suli,nanti kalau mas suli sudah pulang kandang saya bawakan
    Untuk aplikasi saran saya 1 hari sebelum olah tanah,7 hst,21 hst dan terakhir saat masa primordia.Bisa dikombinasikan jg dg PGPR,EM4 atau mol
    Aplikasi jg bisa menurut selera sendiri mas dg menyesuaikan kondisi kesuburan dan kesehatan lahan

  8. Abidin says:

    Mohon informasi, di mana saya dapat membeli isolat agrobio pak? Saya sangat tertarik untuk ikut menyemarakkan kegiatan pertanian, kususnya untuk generasi muda, tapi karena saya seorang petani pemula, banyak sekali hal2 yang tidak saya ketahui, terima kasih dan salut atas semangat rekan2 petani intelek.

    • avi says:

      mas abidin,isolatnya ada di saya tp msh minim skr hny ada 6 tabung

      • herry kartika says:

        Kulonuwun… Mas Avi, saya Tiko petani ndeso dari Sragen, mohon infonya apakah dalam membuat agrobio, isolat agrobio bisa diganti dengan petrobio? dengan aplikasi yang sama pula. saya tidak paham bagaimana prosesnya tapi saya pikir walaupun jenis mikrobanya tidak sebanyak di agrobio tapi ada kemiripan. agar bisa menghemat biaya. maklum harga petrobio cukup mahal bagi kami petani kelas bawah.

  9. muslich says:

    salam saliim mas ihsan mas avi.. sedulur semua…
    ikut gabumg nimba ilmu…. kadang tani muda.
    Ijin nyimaks sinau. mohon info pupuk lainnya. Newun

  10. muslich says:

    Punten… minta alamat panjenengan teng pundi njih… newun.

    • avi says:

      monggo mas muslihc kita prinsipnya belajar bersama dan tukar pengalaman kok barang kali ada bnyk manfaatnya untuk kita dan para pembaca.Kulo teng daerah kendal mas muslihc no hp 085866161232

  11. Pulung says:

    Selamat pagi Mas Avi…….terima kasih informasinya, kapan Isolat atau POC bisa dipakai oleh kita-2 para petani guna meningkatkan hasil panen dan ramah lingkungan. Matur Nuwun.

  12. suli says:

    Bapak Pulung…..Assalamulaikum….
    Lama nga muncul nih….apa kabar, ini ada sahabat dari kendal, bisa membantu lahan yang ada di halim pak.

  13. suli says:

    Terima kasih Mas….ya, yang siap aplikasi saja,barang 5 botol.

  14. Pulung says:

    Wass wr wb…..kabar baik Mas Suli……betul Mas…..mau lebih mengetahui lebih jauh agrobio yg dihasilkan Mas Avi. Semoga makin bermanfaat bagi para petani dengan cara bertani yang ramah lingkungan.

  15. cantrik says:

    Sebelum isolatnya dibagi bagi, barangkali ada baiknya jika cara membuat isolatnya dibagi bagi juga.. Sekedar untuk menambah wawasan, atau barangkali ada yang ingin membuat sendiri.

  16. avi says:

    Mas cantrik untuk pembuatan isolat bnyk sekali persiapan baik dr bahan media kultur,pemilihan organisme yg akan dibiakkan dlm isolat,peralatan,proses pemurnian dll.

  17. kang selo says:

    slmat siang mas Avi, sy di Pamulang Tangerang Selatan…..sy ingin sekali menjadi petani tp masih ragu2 apa sy bisa, selalu sy ikuti perkembangan informasi ttng inovasi dan teknologi pertanian yg ramah lingkungan, mas avi petani muda yg berhasil dan share2 dr pak effendi manan, mas nurman, semakin membangkitkan semangat sy untuk bertani…sy ingin sekali menimba ilmu dr mas avi, mas nurman dan pak effendi dan rekan2 yg lain…matur sembah nuwun.

    • avi says:

      slmt siang jg kang selo,bagi sy berbagi ilmu itu tk pernah rugi kang,jgn ragu melangkah nanti tertinggal kereta kang.

  18. cantrik says:

    Jadi enaknya dibagi bagi aja yang tinggal pakai mas, soale bagi petani seperti saya berat di otak mas..hehe.

  19. indra wijaya says:

    bgmana cara mendapatkan isolatnya? mungkin Mas Efendy bisa share disini? Tks.

  20. rasyidin says:

    Asslm. Mas Nurman, Mas Navi, Mas Effendy serta rekan2 semuanya. Sy dr Bima – NTB, membaca informasi teknologi dan inovasi yg ramah lingkungan disampaikan oleh Mas Navi jd pingin mencoba resep untuk membuat agrobio diatas, mungkin mas Navi dan Mas Effendy bisa membantu utk mendapatkan Isolatnya. Oh ya mas Navi mau nanya, utk isolatnya bisa tahan brp lama kalo disimpan ? dan ada permintaan kpd mas Nurman, Mas Navi, dan Mas Effendy, dll mungkin bisa di share terkait informasi penanganan masalah penyakit yg menyerang tanaman padi dg cara organik yg ramah lingkungan dgn tahapan2 dan tata cara pencegahan maupun pemberantasan penyakit pd tanaman khususnya padi, krn jujur saja sy petani pemula dan mengingat sy pd Musim Tanam 1 kemarin, tanaman padi sy di serang oleh hama penggerek batang (beluk). Pd saat itu saya bingung dgn banyaknya insektisida yg dijual ditoko atau pengecer obat2an shg sy bingung hrs memilih mana yg tepat n akhirnya minta penjelasan yg punya toko, tp yah gitu namanya org jualanlah mas ! obatnya laku itu yg utama tanpa memberikan penjelasan yg tepat terkait obat yg dijual. Tp setelah membaca berbagai informasi yg ada di blog ini sy banyak mendapatkan ilmu terkait informasi teknologi yg ramah lingkungan (organik) dan mudah utk dipahami oleh org seperti sy (petani pemula). Terima kasih utk semuanya, semoga ilmu yg share mendapat pahala dr Allah SWT, Amin. Wassalam

    • avi says:

      mas rasyidin isolat agrobio bs tahan 3 tahun dlm suhu 0 derajad celcius sampai minus 5 derajad celcius,jika dlm suhu kamar bs tahan 4 bulan tanpa makanan.
      Dlm menyiasati hama penggerek batang khususnya MT1 bs dg pengamatan bahas alam mas,sebenarnya alam jg ngasih warning kepada kita tentang ancaman penggerek batang cuma kadang kita lalai atau tidak tanggap warning tsb.Sy terangkan sedikit disini saat hujan pertama stlh kemarau pasti airnya sangat menyuburkan utk semua penghuni alam dan saat itu jg telur2 penggerek jg menetas.Nah untuk mensiasati lava penggerek yg baru menetas agar tk menemukan markas hidupnya kita hrs menunda persemaian 2 minggu stlh hujan pertama dan tanam benih paling akhir 1,5 bln stlh hujan pertama alhasil serangan penggerek jg sangat minim.Sayang umumnya petani skr tk memperhatikan hal tsb dan langsung membuat persemaian jika sdh ada hujan pertama.

      • rasyidin says:

        Terima kasih mas Navi atas infonya, memang bener adanya masalah waktu tanam yg tepat bg sebagian petani mungkin banyak yg tdk tau. Tp dengan adanya info dr mas Navi mungkin bisa menambah ilmu untuk bisa menghidari dampak dr serangan hama penggerek yg bener2 bikin pusing bg petani. Matur nuwun mas navi.

      • rasyidin says:

        Oh iya mas Navi, bisa nggak sy pesan untuk isolatnya…hehehhe penasaran mau nyobain resep isolat agrobio.tk

      • avi says:

        insyaa allah bisa mas rasyidin tp utk luar jawa isolat dlm bentuk padat maklum g boleh kirim dlm bentuk cairan jd agak ribet

  21. ardhy says:

    mas avi,,aku tertarik dengan agrobio ini,,adakah stock isolatNya?klo ada please aku di kirimin juga(adakah no yg bisa aku hububgi)

  22. SUTOPO says:

    MAS AVI boleh bg isolatnya

  23. tiko says:

    Kulonuwun, saya tiko, petani katrok saking sragen pak, mohon penjelasan tentang pembuatan agrobio. apakah biangnya bisa diganti dengan produk pasaran seperti petrobio atau bactoplus? matur nuwun

    • avi says:

      utk pembuatan agrobio biang tk bs diganti dg petrobio ataupun bactoplus mas tiko,tp petrobio/bactoplus bs jd alternatif pengganti agrobio cuma dosis petrobio kalau sesuai petunjuk di label 30kg/ha

  24. edi susilo says:

    mas avi, kalo gitu isolat padatnya bisa dikirim ke kalbar ya…….mohon penjelasannya ya…
    soalnya saya juga pengen belajar bikin sendiri agrobionya, yg tidak ada cuma isolat itu…? atau biang agrobio bisa dibikin sendiri ya…?
    makasih sebelumnya.

  25. avi says:

    utk isolat bentuk padat bisa ke kalbar mas edy

  26. Fiar akbar says:

    Nuwun sewu mas avi klu isolat bs dganti dg petrobio cara buatnya apa dicmpur dg bhn2 tsb diatas atau disbar sndiri ukuranya brp. Untk agrobio 1 tanki brp ml matur nuwun mas

  27. avi says:

    agrobio bs diganti dg petrobio mas dosis 30 kg/ha diaplikasikan 2x,utk agrobio dosis 15L/ha diaplikasikan 3x atau 200ml/tangki 14L

  28. nopan says:

    Salam kenal mas avi, mohon perkenan CP nya saya simpan, supaya silaturahminya berlanjut lewat sms atau tlp, membaca bnyknya kandungan mkroba saya jd tertarik nih dgn formula agrobio nya mas avi.. Tapi yg ada di benak saya, apa perlu di tambah EM4 atau sejenisnya krn sepertinya mkroba yg sudah ada di agrobio sudah lengkap. Terimakasih.

  29. nopan says:

    O iya mas avi, saya mau tanya nih biar nambah ilmunya.. Saya masih bingung nih dengan proses fermentasi untuk memperbanyak mikroorganisme yg menguntungkan, saya pernah baca kalo proses fermentasi bertujuan menghilangkan mikroba merugikan dengan meminimalisir oksigen sampai batas 0 % dan mikroba menguntungkan dpt berkembang tanpa oksigen selama ada makanan (air beras, gula/molase dll) tersedia. Dan apabila makanan nya habis maka terjadi kondisi stagnan.
    Sedangkan yg saya baca prinsip aerator atau aerasi bertujuan menambah oksigen ke dlm air… Jd bingung nih… Mohon pencerahannya mas avi.. Terimakasih.

  30. avi says:

    tidak semua bakteri menguntungkan bs berkembang secara anaerob mas,bnyk jg bakteri menguntungkan yg hidup aerob anaerob spt pseudomonas,nitrobacter,coryne dll,mikroba2 td lebih cepat berkembang dlm keadaan aerob,fungsi aerator sendiri adl sbg pengaduk,pemasok oksigen steril stelah melalui filter cairan PK dan meminimalisir serta membuang gas gas berbahaya sbg hasil metabolit samping mikroba spt amoniak dan metan

    • Munasir filo says:

      Permisi mas avi ada beberapa pertanyaan yg ingin sy ajukan mudah2n mas avi berkenan..
      1.jika kebutuhan kita pada lahan terbuka apakah bkteri anaerob bisa hidup,?ataukah bs dengan cara merombak mnjadi anaerob fakultatif?klo bs bagaimana caranya?
      2.bahan diatas adalh untuk proses agrobio F1 bolehkah sy mengetahui bahan-bahan yg digunakan untuk mmbuat agrobio F0?
      3.bagaimana cara membuat tricho cair yg bisa dismpan lama?
      Maaf klo sy banyak tanya ya mas..hehe

    • Adi says:

      Mas avi no nya kok ngak aktif ya mau konsul masalah pertanian,in no saya 081357536020 bila ada rekan2 yg punya no mas avi tolong di sms kan ke hp saya td?trimakasih

  31. ardha bayu h says:

    ikut gabung geh saudara2 skalian para pakar pertanian..kirax boleh kami ikut nyimak diblog ini utk blajar jg menimba ilmu dari para senior,perkenalkn saya bayu ptani pemula dari banyuwangi…mudah2 an diperkenankn..!

  32. suli says:

    Salam kenal…mas bayu
    Pastinya bisa, di sini tidak ada pakar, semua petani dari petani holtikultur, petani padi sampai bandar hasil pertanian, peternakan, perkebunan.bebas…di sini bersifat tukar pikiran dan pengalaman, setiap gerak langkah di pertanian akan menemukan hal hal baru.di jatim banyak sekali temannya mas.

  33. ardha bayu h says:

    terima kasih pak suli ,ya mudah2an dgn adanya kpedulian kita dgn pertanian ramah lingkungan serta mandiri sdikit banyak bs memberikn sumbangsih thdp negeri tercinta ini dr racun racun berbahaya ,jg tdk ktinggaln bs mendokrak hasil yg lbih u/ ksejahteraan khususx kita2 para petani ..PETANI SEJAHTERA BERLIMPAH PAHALA..

  34. ardha bayu h says:

    O GEH pak suli u/ jatim daerah banyuwangi apa ada temen2 yg sudah ikutan lbih dulu?

  35. sabri al syukri says:

    assalamualaikum,, isolatnya mohon bisa ndak di kirm ke sumatera utara pak ?

  36. Pak Meliala says:

    salam mas Avi, ini saya Pak Meliala dari Brastagi Sumatera Utara, tempat yang dulunya sangat subur sekarang semua tanaman sangat manja. kalo hanya pupuk subsidi itu tanaman bakal merengek. maunya pupuk paten dengan harga paten dan dosis yang paten juga, saya telah mulai bertani kurang lebih 4 tahun, awalnya belajar dari petani lokal dengan dosis seperti diatas, dan akhirnya buntung, telak ketika tidak kena harga, pertumbuhan tanaman saya (tomat) bagus tapi tidak sebanding dengan apa yang diberikan dengan dosis pupuk kimia paten berlebih dan pestisida yang menutupi hampir semua pori tanaman (sesuai dengan ajaran) akhirnya hanya berbekal sebuah hp jadul saya googling di internet, dan menemukan tani organik murah dan puas, saya berhenti bertani karena kurang modal. dan setahun belakangan setelah ada sedikit dana, saya beralih ke semi organik.. karena memang tanahnya kurang mampu untuk full organik, dan setelah gunung sinabung meletus saya bertekat untuk full organik termasuk pestisida, saya sangat senang sekali menemukan alamat ini. dan bila boleh tolong dong pak Avi isolatnya di beberkan disini kalo susah,, ya saya minta biangnya .. untuk dikembangkan. terimakasih banyak

    dan salam kenal

    Pak Meliala

  37. apit234 says:

    salam sejahtera

  38. jenni says:

    saya ingin bertanya, kandungan pupuk Agrobio tersebut apa ya selain mikroba nya? apa mengandung enzim kitinase?
    mohon penjelasannya. terimakasih.

  39. sutisna says:

    saya lebih suka yg sudah jadi,karena untuk pebuatan agrobio ada bahan yg sulit didapat
    apakah dedak/kulit biji kopi bisa diganti dgn bahan yg lain?

  40. Munasir filo says:

    Oh iya mas avi klo boleh usul bgaimn jika dijadikan komunitas di FB agar lebih mudah untuk berdiskusi dg kita-kita yg minim pengetahuan dalam mikrobiologi..

  41. Johan says:

    Pak Avi,aerator yg di foto ada dua,satu botol berisi air dan satunya lagi warna coklat,ada fotonya yg lebih jelas?(tampak atas) dan fungsinya apa ya?
    Terima kasih sebelumnya

    • galilazo says:

      yang warna coklat pekat itu cairan PK pak atau Kalium Permanganat bisa di cari di apotek,,,bisa juga di ganti dengan metile blue ( bisa cari di toko ikan hias dan perlengkapan tambak ) fungsinya sebagai desinfektan biar udara yang masuk ke fermentor steril …

  42. Pingback: Cara Membuat Zpt Organik - Serba Serbi Berita

  43. yusup says:

    Mas kalau mau order agrobio bgm carane?

  44. galilazo says:

    mas Avi numpang tanya cendawan trichoderma pseudokoningii dan trichoderma harzianum apa bisa di amplikasikan bersama dengan mikoriza ??
    karena yang saya tau Tricoderma bukan nya menghambat pertumbuhan cendawan lain ???

  45. Redit says:

    Selamat Pagi Mas Nurman/Mas Avi. Saya tertarik ingin membuat sendiri Agrobio, membaca artikel diatas untuk bahan yang lain bisa saya dapatkan. Cuma untuk isolat atau biang agrobionya tidak ada. Dimana saya bisa mendapatkan biang agrobionya apakah itu khusus atau kita bisa menggunanakan agrobio yang sudah jadi ? Dan mohon dijelaskan juga untuk pembuatan aeratornya karena terus terang saya masih bingung dengan skema aeratornya.
    Terima Kasih untuk responnya

  46. sugiarto says:

    mas avi pak nurman..dan kawan2 semuanya…gak ada toh mas grup di fb tentang website ini..agar bisa lebih gampang teman” semua berdiskusi dan share ilmunya mas..maklum mas masih pemula banget…

  47. mubarak says:

    Aerator itu alat untuk memompa udara/oksigen. Seperti di akuarium. Contoh gambar di atas adalah fermentor.

  48. MB says:

    Sy jd ragu, aerator itu alat utk memompa oksigen/udara, contohnya pada akuarium. Gambar di atas adalah fermentor, bukan aerator. Trims gimana carax saudara BS mengidentifikasi bakteri yg terkandung dlm cairan itu?, terus ini carax aerob ato anaerobik?

  49. MB says:

    Sy jd ragu, aerator itu alat utk memompa oksigen/udara, contohnya pada akuarium. Gambar di atas adalah fermentor, bukan aerator. Trims gimana carax saudara BS mengidentifikasi bakteri yg terkandung dlm cairan itu?, terus ini carax aerob ato anaerob?

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s