PETANI ORGANIK (2)

PADI HITAM LOKAL (2)
Penulis : Nurman Ihsan, SP ( THL TBPP DEPTAN di BANTEN )

Malai-malai padi

Di saung Pak Sutar, ada berbagai jenis benih, antara lain : padi sri putih, padi hitam lokal, padi cisantana, padi merah putih, dll.

Beberapa jam kemudian, setelah kami sedang berdiskusi dengn Pak Sutar, Pak Yuri dan keluarga datang ke saung tsb.

Nah, kal ini saya akan fokus kepada padi hitam lokal.

Malai Padi Hitam

Selama bergelut  di dunia perpadian, saya mendapatkan dan melihat langsung malai padi ( non hibrida ) yang terpanjang sekitar 36,2 cm.

Ketika itu, saya dan pak cantrik melihat-lihat malai padi hitam Pak Sutar. Malai-malai tsb terhampar di lantai. Akhirnya, saya bersama Pak Cantrik membalik-balik malai-malai padi hitam tsb.

Saya agak terkejut. Ada malai yang panjang. Saya penasaran mau diukur, saya tidakmau hanya mengira-ngira panjang malai tsb. Biasanya saya bawa meteran, tapi ada di tas yang ada rumah Pak Cantrik.

Akhirnya saya dan pak cantrik mencari meteran, dan menemukan penggaris dengan panjang 50 cm. Kemudian, kami ukur panjang malai tsb :  39,4 cm.

Saya pribadi sangat senang sekaligus terkejut, ada malai yang panjangnya melebihi apa yang pernah saya lihat. Memang, jumlah bulirnya tidak terlalu banyak, sebab bulir gabahnya agak bulat dan besar. Soal bulir, bagi saya tak terlalu soal.

Selanjutnya, kami mencari-cari malai-malai yang lain. Siapa tahu ada yang lebih panjang. Dan akhirnya, malai yang kami cari tsb ketemu juga.

Langsung saya ukur. Wah luar biasa. Panjangnya di atas 40 cm, tepatnya mencapai 44 cm. Akhirnya, saya foto malai super panjang tsb dengan cover boy nya Pak Cantrik.

pak cantrik padi hitam

Pak Cantrik dan padi hitam lokal

Sampai saat itu dan hari ini, malai dengan panjang 44 cm  inilah, malai yang paling panjang, yang pernah  saya lihat. Dan juga saya pegang langsung.

Alhamdulillah, saya, mas suli, pak cantrik dan pak yuri dapat 1 malai padi hitam lokal. Dari Pak Sutar.

Pahala bagi Pemulia Tanaman

Wah, seandainya bulir-bilir malai ini nantinya dikawin silangkan dengan malai-malai lain, malai-malai yang jumlah bulirnya banyak seperti padi parikesit, padi bunda, dll. Insya Allah, kedepannya, akan dihasilkan padi hitam lokal yang malainya super panjang. Malai super panjang yang berisi jumlah bulir yang banyak pula.

Salah saatu agenda

Insya Allah, dalam acara kopi darat nanti, salah satu agenda yang akan ditampilkan adalah bagaimana cara melakukan pemulian tanaman padi. Oleh sebab itu, bila ada seorang pemulia tanaman yang berkenan untuk hadir, wah ini merupakan suatu berkah tersendiri bagi kami.

Semoga Allah SWT menghadirkan “seseorang pemulia” diacara kopi darat tsb. Sebab, salah satu poin penting bagi seorang petani yang ingin maju adalah bisa melakukan tehnik dasar pemuliaan. Dan, ini merupakan amal kebaikkan yang luar biasa, bila banyak insan lain yang bisa belajar darinya.

Dengan pengetahuan tsb ( dan dipraktekkan ) akan membuat seorang petani merdeka dan berpikir cerdas. Semoga Allah memudahkan setiap langkah kita. Langkah untuk  membuat  pertanian di Bumi Tercinta semakin sehat dan maju. Amin Ya Rabbal Alamin.

About NURMANIHSAN

Bila cinta kepada seseorang saja, di hati penuh kerinduan. Apalagi bila kita dapatkan cinta ALLOH SWT. Ini prestasi seorang hamba. Prestasi hidup. Dan prestasi terbesar. Oleh sebab itu, rebutlah cinta itu,,,
This entry was posted in ABOUT TANAMAN PADI, BENIH PADI. Bookmark the permalink.

19 Responses to PETANI ORGANIK (2)

  1. cantrik says:

    Royalti coverboynya jgn lupa pak..hehehe..

  2. cantrik says:

    Insya Allah, kopdar nanti pak Sutar bisa ikut. Beliau ingin bersilaturahim dengan petani lain yang lebih muda dan lebih ilmiah.

  3. avi says:

    insyaa allah nanti bnyk ahli ahli organik yg hadir mas hehehe

  4. efendy manan says:

    Oalah yang jadi coverboy itu pak ali tho….baru tahu saya sekarang fotonya biasanya sih cuma lewat sms ato telpon aja…ganteng juga cocok buat coverboy pak,mirip advent bangun….

  5. Parwito says:

    Permisi saya ikut nimbrung, saya sangat tertarik untuk ikut kopi darat dan saya akan bawa benih padi hitam meskipun sedikit, barangkali ada teman-teman yg berminat. Saya nanti juga akan bawa beras organik jenis Cianjur untuk dimasak bila diperkenankan oleh panitia. Mudah-mudahan harinya sabtu-minggu sehingga cutinya tidak lama. Parwito-suwun

  6. Maulana says:

    Kapan n dimana ya kopi daratnya?

  7. musaffak says:

    Assalamu Alaikum.. pak Nurman mohon dikupas deskripsi padi hitam lokal milik pak sutar. apa di dataran rendah/pasuruan cocok. trims wassalam

    • NURMANIHSAN says:

      Wslm Pak musaffak,
      karena sy hanya lihat malainya saja, jd deskripsinya belum jelas.
      Mungkin, nnt Pak Cantrik bisa tanya langsung ke Pak Sutar.
      Setahu saya, bentuk gabah bulat, (menurut saya) berat 1000 butir sekitar 28 gram. karena bulat besar. tks

      • cantrik says:

        Nanti saya telisik ke pak Sutar langsung. Kemarin waktu di saung terlalu fokus kejar ramuan.

  8. avi says:

    Mas musafak,jika bulat tanpa ekor itu jowo melik,bulat berekor itu cempo ireng mungkin sama dg padinya pak sutar cm beda nama didaerah lain.Dua duanya tinggi bs mencapai 2 meter lebih,peka terhadap WBC,tungro,dan hawar daun bakteri.Agak tahan blast,kerebahan peka bila ada angin besar atau hujan lebat,kerontokan sangat tahan.Tekstur nasi sangat pulen dan aromatik,

  9. cantrik says:

    panjang malai masih kalah dari padi nya mas avi dan pak Ito.. Kalau tidak salah, hasil persilangan pak Ito panjangnya mencapai 52 cm. Sayang g ada keterangan padi hitam atau bukan.

  10. Romy Abrory says:

    Kapan ada Kopi darat lagi ?
    mau, mauuu ikuttt,. Ane punya padi hitam juga Var dari NTT, Cempo Ireng dan Padi hitam Blitar.

Leave a Reply

