PETANI ORGANIK (3)

PADI MERAH PUTIH
Penulis : Nurman Ihsan, SP ( THL TBPP DEPTAN di BANTEN )

Pada tulisan padi hitam lokal, saya melihat potensinya luar biasa: malai yang panjang sampai 44 cm. Bila hal tsb dipadukan dengan ilmu pemuliaan akan dihasilkan potensi padi hitam yang luar biasa.

Apalagi, padi hitam tsb kalau kita patahkan akan terlihat warna yang dominan hitam.

Biasanya, padi hitam yang  beredar di pasaran, kalau kita patahkan akan terlihat di bagian tengahnya warna putih.

Sewaktu di rumah Pak Yuri, ada padi hitam sembada, kemudian saya patahkan, yang hitam hanya bagian luarnya saja, Di bagian tengahnya putih.

Saya juga dapat padi hitam dari Pak Pulung, bagian tengahnya juga putih.

Disamping padi hitam lokal, ada lagi varietas padi yang menurut saya luar biasa yaitu padi merah putih.

Padi Merah Putih

Kalau melihat padi merah putih lewat internet, sudah lama saya ketahui. Tapi melihat langsung gabahnya baru sempat terjadi di saung Pak Sutar.

Saya sempat membuka kulit gabah padi merah putih, kemudian saya lihat bagian dalamnya. Wah betul-betul pas. Bagian merah dan putihnya rata.

Seperti biasa, padi tsb saya foto. Ada 2 padi merah putih yang sudah terlepas dari kulitnya. Dan lagi-lagi, 2 padi merah tsb berada di tangan Pak Cantrik.

Saya pernah merendam padi merah putih, setelah setengan hari, dari kulitnya yang basah sudah terlihat secara samar bagian merah dan putihnya.

Asal Usul Padi Merah Putih

Untuk melihat asal usul padi merah putih, silahkan para pembaca bisa  lihat disini. 

Tanam Padi Merah Putih

Dari kunjungan ke saung Pak Sutar, saya mendapatkan sedikit benih padi  merah putih. Dan sudah saya tanam padi tsb. Cuma saya tanam cukup 2 bibit di pot. Umurnya baru sekitar 15 hst.

Ketika saya ke rumah Mas Pur,  saya dapati juga ada beberapa malai merah putih.

” ini padi yang dicari-cari anggota DPR” kata Mas Pur.

Mungkin saja, karena padi ini bisa diasumsikan melambangkan bendera negara kita.

About NURMANIHSAN

Bila cinta kepada seseorang saja, di hati penuh kerinduan. Apalagi bila kita dapatkan cinta ALLOH SWT. Ini prestasi seorang hamba. Prestasi hidup. Dan prestasi terbesar. Oleh sebab itu, rebutlah cinta itu,,,
This entry was posted in BENIH UNGGUL PADI. Bookmark the permalink.

One Response to PETANI ORGANIK (3)

  1. cantrik says:

    Sayang gabah merah putih kurang gemuk. Saya tanam juga di pot . Padi hitamnya disilang dengan padinya mas avi aja pak..

Leave a Reply

