PAKAR MANAJEMEN PERTANIAN

SIAPKAH PAKAR MANAJEMEN PERTANIAN PERTAMA DI DUNIA
Penulis : Nurman Ihsan, SP ( THL TBPP DEPTAN di BANTEN )

Siapakah pakar ilmu manajemen pertanian?

Ketika ada pertanyaan, ” siapakah pakar sekaligus ahli menajemen pertanian di dunia?”

Mungkin ada yang akan menjawab : IBNUL AWWAM AL- ASYBILI, dia merupakan salah satu ilmuan dari Andalusia – Spanyol, yang hidup di abad pertengahan.

Mungkin ada yang menjawab : Dr. Norman Uphoff, salah satu pakar pertanian SRI.

Atau mungkin, ada juga jawaban-jawaban dari yang lain,,,

Jawaban saya

Saya sendiri punya jawaban lain. Jawaban saya ini, mungkin belum terpikirkan di benak para pembaca.

” siapa, Mas Nurman?”

Jawaban saya : Nabi Yusuf AS

“kok gitu, Mas Nurman?. Apa alasan anda?”

Jawaban saya sederhana saja kok,,,

Ketika Musim Tanam ke-2 ( MT2) tahun 2013 ini, banyak hama dan penyakit menyerang tanaman. Jelas, hal ini membuat para petani sudah kalang kabut. Mereka begitu takutnya, akan kehilangan hasil panennya.

Nah, bagaimana kalau seandainya pada tahun 2013 ini, sawah-sawah di Indonesia pada MT-3 nanti, tidak bisa ditanami karena paceklik ? apa yang akan terjadi,,,,

Atau  yang lebih ekstrim, bagaimana kalau seandainya pada tahun 2013 ini, sawah-sawah di Indonesia tidak bisa ditanamani karena paceklik? apa yang akan terjadi,,,,

Dan yang lebih ekstrim lagi, bagaimana kalau seandainya pada tahun 2013 ini terjadi paceklik total, sawah-sawah dan kebun-kebun di Indonesia tidak bisa ditanami? apa yang akan terjadi,,,,

Saya tidak tahu, bagaimana dampaknya bagi kehidupan masyarakat di Indonesia. Dan membayangkan saja, sungguh luar biasa dampak negatifnya bagi kehidupan !!!

Paceklik selama 7 tahun

Tapi, sadarkah kita, ternyata di dunia ini pernah terjadi paceklik sampai 7 tahun lamanya !!!

Ya, itu terjadi ketika Nabi Yusuf AS hidup. Ketika itu, Nabi Yusuf AS tinggal dan hidup di  Mesir, pernah mengalami kejadian yang mengerikan ini: paceklik 7 tahun lamanya. Bayangkan: paceklik selama 21 musim tanam.

Selama ini, yang kita tahu dan kita pahami dari Nabi Yusuf adalah Nabi yang tampan, Nabi yang pernah diceburkan ke dalam sumur. Nabi yang pernah dirayu oleh wanita cantik, dll.

Sebagian dari kita, baca surat Yusuf buat wanita hamil, supaya kelak bila sudah  lahir, bila anak kita laki-laki akan secakap Nabi Yusuf. Bila yang lahir wanita, supaya anaknya cantik.

Padahal, di dalam surat Yusuf ada juga kaitannya dengan Manajemen Pertanian. Andai saja, para pakar Al-Quran menceritakan dengan bahasa yang mudah dipahami kepada kita-kita. Niscaya, ampaknya akan luar biasa bagi bidang/dunia pertanian.

Hal tsb telah diceritakan dalam Al-Quran dalam surat Yusuf ayat 43-49,

12:43. Raja berkata (kepada orang-orang terkemuka dari kaumnya): “Sesungguhnya aku bermimpi melihat tujuh ekor sapi betina yang gemuk-gemuk dimakan oleh tujuh ekor sapi betina yang kurus-kurus dan tujuh bulir (gandum) yang hijau dan tujuh bulir lainnya yang kering.” Hai orang-orang yang terkemuka: Terangkanlah kepadaku tentang takbir mimpiku itu jika kamu dapat menakbirkan mimpi.”
 
12:44. Mereka menjawab: “(Itu) adalah mimpi-mimpi yang kosong dan kami sekali-kali tidak tahu menakbirkan mimpi itu.”
 
12:45. Dan berkatalah orang yang selamat di antara mereka berdua dan teringat (kepada Yusuf) sesudah beberapa waktu lamanya: “Aku akan memberitakan kepadamu tentang (orang yang pandai) menakbirkan mimpi itu, maka utuslah aku (kepadanya).”
 
12:46. (Setelah pelayan itu berjumpa dengan Yusuf dia berseru): “Yusuf, hai orang yang amat dipercaya, terangkanlah kepada kami tentang tujuh ekor sapi betina yang gemuk-gemuk yang dimakan oleh tujuh ekor sapi betina yang kurus-kurus dan tujuh bulir (gandum) yang hijau dan (tujuh) lainnya yang kering agar aku kembali kepada orang-orang itu, agar mereka mengetahuinya.”
 
12:47. Yusuf berkata: “Supaya kamu bertanam tujuh tahun (lamanya) sebagaimana biasa; maka apa yang kamu tuai hendaklah kamu biarkan dibulirnya kecuali sedikit untuk kamu makan.
 
12:48. Kemudian sesudah itu akan datang tujuh tahun yang amat sulit, yang menghabiskan apa yang kamu simpan untuk menghadapinya (tahun sulit), kecuali sedikit dari (bibit gandum) yang kamu simpan.
 
12:49. Kemudian setelah itu akan datang tahun yang padanya manusia diberi hujan (dengan cukup) dan di masa itu mereka memeras anggur.”
 

Dari ayat-ayat di atas, kita dapat memahami bagaimana Nabi Yusuf dan rakyat saat itu paham dan sadar, akan datang 7 tahun lamanya masa paceklik.

Bayangkan akan datang paceklik selama 7 tahun !!!

Bayangkan akan datang paceklik selama 21 musim tanam !!!

Dengan ilmu menajemen pertaniannya, Nabi Yusuf beserta rakyatnya saat itupun dapat mengatasi masa paceklik yang amat panjang. Itu artinya, Nabi Yusuf AS sudah siap dengan ilmu  menajemen pertaniannya.

Seandainya saja, bila ada kabar kepada pemerintah dan rakyatnya (kita) akan datang paceklik tahun 2014 nanti? apakah pemerintah dan kita siap dengan ilmu manajemen pertanian tsb? saya rasa pemerintah dan kita belum sanggup kok.

Apakah dunia juga siap

Bila pertanyaan ini kita ajukan kepada dunia,” apakah dunia juga siap dan sanggup mengatasi bila tahun 2014 nanti akan ada paceklik yang hebat?”

Saya rasa, pemimpin-peminpin dunia juga  belum siap !!!

Karena walaupun belum ada paceklik yang sangat hebat saja, sampai saat ini belum juga tercukupi kebutuhan pangan dunia?

Padahal sekarang ini, katanya banyak para pakar manajemen pertanian? di mana ilmu-ilmu mereka ???

Yang ada justru sebaliknya, di zaman yang boleh dikatakan serba canggih sekaligus iklim dunia tidak dalam masa paceklik, tetapi kelaparan ada di  mana-mana?

Jawabannya memang ada pada sistem Islam. Sebab Islam diturunkan oleh Sang Maha Pencipta buat mengatur hidup manusia. Silahkan buka/baca kembali Kebun Ideal Buat Manusia.

 
 

About NURMANIHSAN

Bila cinta kepada seseorang saja, di hati penuh kerinduan. Apalagi bila kita dapatkan cinta ALLOH SWT. Ini prestasi seorang hamba. Prestasi hidup. Dan prestasi terbesar. Oleh sebab itu, rebutlah cinta itu,,,
This entry was posted in AGAMA, CINTA. Bookmark the permalink.

4 Responses to PAKAR MANAJEMEN PERTANIAN

  1. musaffak says:

    BETUL PAK NURMAN, SAMPAI ANAK PERTAMA SAYA NAMANYA ADA “YUSUF”NYA MENGAMBIL BERKAH DARI NABI ALLOH YUSUY AS SUPAYA ANAK SAYA PINTER DI PERTANIAN. ARTINYA… MEMPERSIAPKAN GENERASI TANI TANGGUH INDONESIA YANG SUBUR MAKMUR TAPI MASIH IMPOR BAHAN PANGAN. KAN PERLU DI SIAPKAN JAUH JAUH HARI HEE…

  2. ardha bayu h says:

    saya mengutip sdikit(,,dan apa yg kamu tuai maka biarkan di bulirx)..ini ternyata ..teknik yg di berikan ooleh ALLOH lwat NABI YUSUF spy gandum/padi tahan di simpan bahkan sammpai 7 thn ..

  3. ardha bayu h says:

    KLO mbah2 kta dulu untk menyimpan padi yg hbs di panen mk bulir2 trsbt akan dibiarkn ttp di tangkaix atau di panen sama tangkaix trs di gantung di lumbung sbg bhn persedian menghadapi musim kemarau/paceklik …hbat yg nenek moyang kita bs mengadopsi ilmux nb yusuf

  4. 085241654654 says:

    Salam Perjuangan Untuk Para Pejuang-Pejuang Kebenaran Universal.
    Kami sangat sependapat tentang apa yang dikemukakan oleh bung Nurman Ihsan, sebab segala sesuatunya harus di ikur dengan landasan dalil kitab suci sebagai sumber kebenaran mutlat, kitab suci juga didalamnya berisikan kejadian dimasa lampau, kondisi hari ini, dan bernubuah tentang kejadian di masa datang. apa yang tertulis dalam kitab suci adalah benar. secara teory/tersurat kitab itu sendiri dan tersirat jagat alam ini.
    Jika kita ingin mengambil sebuah pelajaran dari alam semua kejadian alam sangat singkron dengan kondisi sosial yang di bangun di bangsa tersebut, bencana alam yang diceritakan diatas oleh pak Nurman sangat singkron dengan benncana Sosial yang menimpa bangsa ini tujuh tahun mendatang. penyakit sopak yang di dera oleh bangsa ini adalah buah dari hilangnya nilai-nilai Ketuhanan yang didalamnya memuat nilai-nilai moralitas pada setiap kesadaran pemimpin negara yang membawa bangsa ini.
    Berteori, mengkritisi sesuatu tanpa ada aksi yang nyata berarti tidang ada bedanya dengan mereka yang selalu menganggap dirinya lebih. Kami dengan kerendahan hati sekiranya Bung Nurman berkenan untuk melakukan pembicaraan lebih lanjut kepada kami, kami juga tidak menutup diri akan hal positif.
    Mohon untuk di Replay.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s