INFO KOPI DARAT

Waktu pun berlalu, dan sudah menjadi tabiatnya, waktu tak akan pernah berhenti, apalagi menoleh ke belakang.

Tak terasa dalam hitungan hari, acara kopi darat akan tiba. Tak sampai sepekan lagi,,,

Dalam hitungan beberapa hari kemarin, saya jadi deg-deg-an karena ada komentar dari Pak Barus,

” oh ya Mas Nurman, tolong pastikan Pak Nugroho ada di acara pertemuan, karena katanya pada tanggal duapuluhan itu beliau akan ke Jepang

Dan betul, Pak Dr. Nugroho akan ke Jepang dari tagl 25 Juni – 3 Juli 2013.

Setelah beberapa kali menghubungi beliau, akhirnya ada info yang agak melegakan. Beliau berangkat 25 Juni sore ke Jakarta, setelah itu tgl 26 Juni akan terbang ke Jepang.

Ternyata, Pak Dr. Nugoroho ke Jepang, berdasarkan info dari teman, ada kaitannya dengan decomposter bacteria MA-11 Alfaafa. Dia diundang untuk menjelaskan “kehebatan bakteria ini”.

Bayangkan, negara sekelas Jepang saja begitu kepincut dengan manfaat bakteria dari tanaman super alfaafa.

Maka tidak ada alasan bagi kita untuk lebih dulu mengenal manfaat bacteria alfaafa ini, apalagi kita mendapatkan ilmu tsb secara gratis. Wah luar biasa,,,

Akhirnya Alhamdulillah, beliau bisa memberikan materi tentang point ini di tanggal 25 Juni, cuma beliau minta pagi sekitar pukul 7.00 – 09.00.

Tapi beliau akan lebih senang, andaikan saja para peserta sudah hadir sejak malam tanggal 24 Juni. Dan di waktu tsb, akan dipaparkan hal yang berkaitan dengan decomposter bacteria MA-11.

Dengan waktu yang banyak tersebut, para peserta bisa mendapatkan info yang lebih banyak. Dan juga bisa bertukar pikiran dengannya.

Agenda Kopi Darat

Berikut  ini, kami sampaikan agenda acara kopdar.

07.00 – 09.00 Materi 1 : penjelasan decomposter bacteria MA-11 pembicara Bapak Dr. Nugroho

10.00 – 12.00 Materi 2 : Teknis budidaya hasil tinggi, pembicara Bapak Mas Avi

13.00 – 15.00 Materi 3 : Memahami proses pemulian  tanaman padi, pembicara Bapak ,,,,,,,

Sebetulnya, saya pribadi ingin Pak Saenin menjadi pembicaranya, sudah mencari info dari teman-teman tertentu no hp Pak Saenin ( THL TBPP Purbalingga) sejak 1,5 bulan yang lalu. cuma sampai saat ini belum ketemu.

Bahkan saya sudah mengsms mas pary, tapi belum juga dapat.

Kalau materi ke-3 ini belum bisa, akan diganti dengan materi lainnya.

Agenda ke depan

Ada lagu mau dibawa kemana hubungan kita, demikian pula dengan kita-kita yang tergabung dalam komunitas Oksigen Pertanian (oksiP): mau dibawa kemana hubungan kita?

Setelah materi ke-3, saya ingin dari peserta yang hadir membicarakan program kita ke depan. Tepatnya, kita mau apa dalam 3-5 tahun ke depan.

Bagaimana teman-teman,,,

Nb;  Alamat kopi darat yang mudah ditanyakan adalah

PEMANCINGAN TAMAN AIR TLATAR BOYOLALI

About NURMANIHSAN

Bila cinta kepada seseorang saja, di hati penuh kerinduan. Apalagi bila kita dapatkan cinta ALLOH SWT. Ini prestasi seorang hamba. Prestasi hidup. Dan prestasi terbesar. Oleh sebab itu, rebutlah cinta itu,,,
This entry was posted in SEPUTAR PETANI. Bookmark the permalink.

21 Responses to INFO KOPI DARAT

  1. pak cuk says:

    seandainya saya dapat ikut acara copy darat …. sungguh suatu kebahagiaan yg sangat luar biasa. tapi pekerjaan kantor yg tidak dapat ditinggalkan memupus harapan saya.

    pak nurman dan sababat petani semua …
    mau dibawa kemana hubungan kita…. menurut saya, biarlah seperti yg sekarang ini. tenang seperti air mengalir. walau cuma melalui dunia maya, kita saling menyapa, saling berbagi pengalaman, berbagi trik2 budidaya, berdiskusi dan tempat bertanya bagi yg belum tahu dan ingin maju. apa yg pak nurman dan bapak2 semua lakukan seperti “OPERASI SUNYI”. walaupun kelihatan diam dan tanpa hingar bingar acara seremonial, tapi di dalamnya terkandung beratus bahkan beribu ribu ilmu, trik, pengalaman dan harapan untuk keberhasilan usaha kita bersama dalam mewujudkan pertanian yg ramah lingkungan dan menghasilkan bahan pangan yg aman bagi anak cucu kita, keluarga kita dan saudara2 kita semua.

    para orang tua sering bilang “gusti alloh ora sare” atau Tuhan tidak tidur. apapun yg kita kerjakan, kalau dikerjakan dg ikhlas akan mendapat imbalan dari Tuhan YME.
    hubungan silaturahmi biarlah seperti air yg mengalir. mengikuti kehendak alam dan yg mengatur-Nya, begitu tenang dan membuat damai di hati. prinsip saya “persahabatan yg sejati adalah (seperti yg dikutip oleh sujiwo tedjo) : walaupun kita tidak saling berjumpa, tidak saling bertatap muka tapi saling mendoakan dan saling berbagi. inilah inti persahabatan”. terima kasih.

  2. Parwito says:

    Selamat malam Mas Nurman, untuk pembicara ketiga saya ada nama Bp. Totok Agung (Kepala Laboratorium Fakultas Pertanian Univ. Soedirman Purwokerto) sebagai pemulia tanaman dan penemu padi gogo aromatik. Mas Nurman bisa mencoba untuk kontak beliau di nomor: 081327263466. Saya pernah kontak sekali dengan beliau untuk tukar benih padi meskipun sekarang belum nyambung lagi. Semoga beliau berkenan bergabung pada acara tersebut.

    Terima kasih

  3. Surya Yana says:

    maaf Mas saya pengen gabung d acara Kopi Darat. dimana dan kapan waktunya?

  4. Yuri says:

    Tak terasa sebentar lagi udah berangkat ke boyolali,,Bagi para petani di jateng khususnya yang searah dengan saya bisa berangkat bersama saya ,mobil ada tinggal beli bensin ,kalau bisa sekalian touring ke tempat Mas Avi, jalur yang saya renganakan ,,cilacap -kebumen-purworejo-jogja-boyolali ,masih ada lowongan untuk 3 orang bagi yang searah dengan saya, sekedar mengingatkan : Lokasi : Boyolali, Jateng ( Rumah Pak Dr. Nugroho )
    Hari : Selasa
    Tanggal : 25 Juni 2013

    Boyolali dengan alamat : ECOFARM – Kandang Pintar
    Jl. Tentara Pelajar KM 3 tLP. 0276 325672 Desa karang Bulu Boyolali.

  5. musaffak says:

    assalamu alaikum..
    “para penempuh jalan sunyi” dan “operator jalan sunyi” hanya doa smoga sukses, bermanfaat dan ada berkah dalam agenda copy darat yg bisa aku haturkan. ingin skali bersua.. rupanya ALLOH belum menakdirkan saya bertemu smuanya.
    laporan lengkap mas nurman saya harap bisa di update di blog ini.
    wassalam

  6. Parwito says:

    Mas Nurman..kalau bisa kita diberi ancar-ancar lokasinya, misal yang dari Solo naik bis sampai terminal Boyolali menuju lokasi naik apa lagi, kira-kira berapa jaraknya dari terminal. Biar kita mudah mencarinya.

    Terima kasih.

    • pak barus says:

      ancer-ancer yang paling gampang, dari terminal bus boyolali, disitu ada perempatan (lampu merah), kalau datangnya dari semarang, langsung belok kiri, sampai ketemu lampu merah lagi, belok kiri lagi, silahkan tanyakan saja orang disekitar situ: PANCINGAN LIMA
      kalau dari arah solo, nanti waktu masuk boyolali, itu tidak bisa terus menuju terminal (karena akan melewati jalan searah dalam kota), tapi harus memutar dulu lewat pinggiran kota (belok kearah kiri), ikuti terus jalannya, nanti akan sampai juga di perempatan / lampu merah terminal (tandanya: kalau yang kekiri menunjukkan arah ke semarang, ke kanan: masuk kota), lalu ambil jalan yang lurus (terus saja), terus sampai ketemu lampu merah lagi, belok kiri, silahkan tanyakan disitu
      atau kalau masih ada masalah, silahkan tanya Mas Djarot (yang bertugas di farm tsb) dengan nomor HP: 085740561609
      kalau yang dari arah barat, sebenarnya lebih dekat via Jatinom, jadi ketika sampai di Klaten, silahkan cari arah ke Jatinom, itu nanti akan tembus langsung dekat stadion boyolali, langsung ikuti saja jalannya, nanti akan sampai ke perempatan terminal (sama dengan yang dari solo)
      (maaf, kata Mas Djarot jangan tanya info ke arah Simo, bisa membingungkan nantinya)

  7. suli says:

    Mas Yuri ….aku elu….kakang mantli aku elu….sepenggal kisah sukasrana sewaktu meminta kepada kakaknya bambang sumantri yang berencana ke negeri Maespati (lakon Sumantri Ngenger) >>>dalang Banyumasan (alm) Ki Sugino Siswocarito….maaf sekedar selingan biar enak.
    Mas Yuri….ya aku ikut, aku tunggu di depan pasar gombong ya. terima kasih

  8. Agus siswoyo says:

    Dr arah kota boyolali ke arah simo, sekitar 3 km

  9. efendy manan says:

    Siip mas2 semua..saya doakan semoga sukses ya…jangan lupa oleh2 infonya di share diblog ini..insyaAllah nanti bermanfaat bagi rekan2 petani di seantero Indonesia…

  10. Abu says:

    Menyesal sekali tidak bisa hadir. Kendaraan udah tune up, ransel udah siap, but….ibu saya sakit.
    Harap rekan-rekan yg hadir kemarin berkenan sharing dg lengkap selengkap-lengkapnya ya.
    pleassssse! Matur nuwun.

  11. cantrik says:

    wah sayang sekali pak Abu.. Saya malah pingin ke sana lagi. pingin kopdar lagi untuk mempererat silaturahim dengan petani petani yang lain, khususnya penghuni oksigen pertanian.

  12. sutopo says:

    maaf saya gak bisa datang kemarin gak dikasih cuti sama atasan saya,padahal jauh 2 hari dah saya ajukan tapi tak di acc,

  13. suli says:

    Pak Sutopo dan rekan…..
    Memang kurang gayeng…ibarat nonton wayang penontonnya sedikit padahal dalang Manteb Sudarsono…tapi memang keadaan dan situasilah ….namun dari sedikit itu tercipta 15 varietas baru/anekaragaman jenis lokal dan umum, yang merupakan kekayaan benih kita sendiri, apapun namanya yang nantinya di harapkan akan mengisi tandon tandon pangan masing masing, seperti mata akan tersenyum….melihat padi kesayangan ‘merah putih’ kelak akan kutunjukkan pada mendiang ayahku di pekuburan padi itu, yang di harapkan ayahku akan terbatuk…bahwa anaknya sekarang menyukai dunia pertanian.

  14. avi says:

    24 jam g tidur langsung meriang habis pulang dr bajulsupe

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s