PUTRA INDONESIA DAN MIKROBA

Kalau kita mau perhatikan dan cermati, sebetulnya potensi atau kemampuan anak negeri ini luar biasa. Mereka cerdas, sekaligus kreatif. Cuma sayang, perhatian dan bantuan dari pemerintah kita terhadap mereka-mereka yang punya potensi luar biasa ini, boleh dibilang kurang maksimal.

Coba kita perhatikan, berapa banyak anak bangsa negeri ini yang “enggan pulang kampung” setelah mendapatkan gelar dan keahlian di negeri lain.  Alasannya klasik, karena belum ada iklim yang kondusif untuk mengembangkan ilmunya. Dan ada juga masalah finansial tentunya.

Tapi, di tengah “keengganan anak bangsa yang pulang” tsb, Alhamdulillah, telah lahir dan telah hadir beberapa gelintir insan yang mau berbakti buat kemajuan negeri ini.

Mereka membawa perubahan yang luar biasa. Dan yang membuat saya kagum adalah, karena penemuan mereka berkaitan dengan bidang yang saya sukai : bidang pertanian.

Tepatnya bidang bioteknologi. Dan ini berkaitan dengan makhluk halus. Makhluk kecil yang tidak kelihatan. Makhluk itu bernama mikroba.

Siapa saja mereka ?

Dalam kesempatan ini, saya akan memberikan contoh 2 tokoh. Tokoh yang bisa dijadikan tolak ukur perubahan dalam  bidang pertanian.

Mereka ini adalah :

Pertama, Dr. Ir. H. Nugroho Widiasmadi

Alhamdulillah, saya dan teman-teman yang hadir di kopi darat bisa langsung bertemu dengan Bapak Dr. Nugroho. Sebuah pertemuan yang indah, apaladi di tengah suasana tempat wisata air tlatar.

Dalam kesempatan tsb, Bapak Dr. Nugroho memberikan pemahaman tentang konsep : “biarkanlah tanah yang memberi makanan buat tanaman kita,,, “

Untuk mengetahui dan mengenal siapa tokoh ini lebih lanjut, silahkan baca disini

Kedua, Ir. Ali Zum Mashar, MA.M.Si

Saya jelas belum mengenalnya. Saya mengenal beliau sekitar 1 -2  tahun yang lalu, di sebuah Majalah Islam. Dan juga dari internet.

Dia dikenal dengan penemu “mikroba google”. Mikroba dengan kemampuan yang luar biasa.

Ir. Ali Zum Mashar, MA.M.Si menenmukan “mikroba google” di lahan gambut kalimantan.

Untuk mengetahui dan mengenal siapa tokoh ini lebih lanjut, silahkan baca disini dan juga “mikroba google”

Semoga saja, tokoh-tokoh yang saya sebutkan di atas bisa memberikan pencerahan bagi kita. Bisa jadi, dengan mengenal mereka dengan segala penemuannya,  bisa memberikan inspirasi bagi kita. Amin.

About NURMANIHSAN

Bila cinta kepada seseorang saja, di hati penuh kerinduan. Apalagi bila kita dapatkan cinta ALLOH SWT. Ini prestasi seorang hamba. Prestasi hidup. Dan prestasi terbesar. Oleh sebab itu, rebutlah cinta itu,,,
This entry was posted in MENGENAL MIKROBA, SHARE ILMU. Bookmark the permalink.

24 Responses to PUTRA INDONESIA DAN MIKROBA

  1. Ugi says:

    Sangat mengesan kan bakteri nya pak nugroho itu.
    Kira2 bisa nggak ya MA-11 itu dibuat dg cara sederhana seperti PGPR?

  2. avi says:

    Semoga nanti bnyk ahli pertanian yg pulang termasuk dua saudara sy yg msh betah dihujani emas bertahun dinegeri orang

  3. lelono says:

    Insya Alloh kalau untuk mas Ali Zum kami mengenal beliau karena kami satu tim dengannya yang kebetulan sekali juga aktif di MAPORINA pusat

    Beliau juga mengembangkan pupuk NPK orgnik + granule loh….
    Kami siap bantu untuk mendapatkan produk-2 temuan mas Ali Zum

  4. suli says:

    Ya ….sekedar info
    Pak Ali Zum Mashar dengan salah satunya produknya P2000Znya menjadikan kedelai kedelai saya tumbuh ‘lebih’, garis lurus dengan harganya memang, dan masih menurut salah satu distributornya, sama pemerintahan Saudi Arabia diajak bekerjasama menggarap padang pasirnya.

  5. Avan says:

    dimana saya bisa mendapatkan bakteri MA-11? katanya dijual 50rb/liter
    apa ada kontak atau email pak Nugroho?
    trims

  6. cahyo says:

    Andai sejak dulu dah ngenal mikroba. Untungnya sempat ‘kesasar’ ke website ini. Kesasar belum tentu merugikan ternyata.

  7. Herry Kartika says:

    Assalamu’alaikum Wr. Wb. Pak Nurman Ihsan, kami Herry dan Lestari dari wilayah Sragen, putra kami sejak lahir (sekarang umur 1 tahun) alergi terhadap protein susu sapi maupun hewani, hal tersebut sudah kami konsultasikan dengan dokter spesialis anak, jadi untuk PMT (Pemberian makanan tambahan) hanya diberikan dari jenis serealia (kedelai, kacang hijau) dan susu non-alergenic yang luar biasa mahal untuk kami. Membaca artikel anda tentang Alfaafa, saya pikir itu adalah solusi tepat untuk memenuhi kebutuhan gizinya untuk menggantikan produk hewani. saya ingin mendapatkan informasi tentang beberapa hal :
    1. Apakah ada produk turunan dari Alfaafa misalnya sari atau makanan/minuman olahan Alfaafa di ECOFARM atau tempat lainnya dan berapa harganya (apakah juga 250rb / 500 ml seperti yang bapak ceritakan) ?
    2. Apakah Alfaalfa termasuk tanaman alergenic (bisa menyebabkan alergi)?
    3. Apakah Alfaalfa bisa ditanam di dataran rendah, jenis tanah grumosol (hitam) dengan suhu rata-rata 28-32 derajat celcius (daerah kami)?
    4. Apakah MA-11 bisa dimanfaatkan untuk membuat makanan dari tumbuhan untuk meningkatkan kadar gizinya untuk manusia dan bagaimana cara/contohnya?
    Demikian uneg-uneg yang kami sampaikan, mohon maaf jika merepotkan, atas infonya kami ucapkan banyak terima kasih. Wassalamu’alaikum Wr. Wb.

    • NURMANIHSAN says:

      Wslm Pak Herry,
      1. coba bapak hub Pak Djarot di 0857 40561609. Setahu saya, baru ada teh alfaafa.Saya tak pernah dan tak tahu tentang 250 rb/500 ml.
      2. setahu saya tanaman alfaafa tidak demikian
      3. Insya Allah bisa, untuk mendapatkan benihnya silahkan hub Mas Djarot
      4. MA-11 berfungsi sbg membuat ransum makanan ternak/ikan, pupuk daun, dekomposer, bioetanol, dll
      Saran saya: coba gunakan produk gasol sebagai PMT. Bisa gasol beras merah, gasol kedelai, gasol kacang hijau, dll. Produk gasol semuanya organik.
      Anak saya pernah merasakan manfaat produk gasol. Wah luar biasa. Tks

      • pak barus says:

        ada sedikit hal yang membuat saya agak bingung namun sayang kemarin lupa menanyakan sama pak Nugroho, waktu pelatihan di semarang, bunda Ratu yang dari ICMI sempat mencampurkan MA-11 kedalam air mineral yang dibawanya lalu diminum
        saya tidak tahu apakah hal itu memang bermanfaat atau bagaimana…, memang waktu itu pak Nurgroho tidak melarangnya, mungkin mas Nurman bisa menanyakannya nanti sama pak Nugroho kalau dah pulang dari jepang, siapa tahu bisa memenuhi harapan pak Herry

      • NURMANIHSAN says:

        Pak Barus, Pak djarot jg sempat meminum MA-11 2 x. Kata dia, badannya segar, “seolah-olah” pada hari itu dia merasa kenyang seharian gitu.
        Itu dilakukan karena ada yang ikut pelatihan melakukan hal tsb.
        Menurut saya: MA-11 itu boleh di bilang seperti “yakult” lah, hee.
        Cuma mungkin diminumnya 1-2 x/sebulan,,,
        mungkin ada pendapat lain, tks

  8. Fiar akbar says:

    Bagamana cara mendaptkan MA 11 dan Bio P 2000 Z

  9. Fiar akbar says:

    Bagaimana mendapatkan M 11 dan Bio P 2000 Z

  10. bahar says:

    Mas nurman,apa bisa pada saat membuat poc dari urine manusia dicampur dengan bawang putih dan kunyit untuk mengusir hama?saat ini saya sedang mencoba membuat poc dari urine manusia 5 liter,air cucian beras 5 liter,tetes tebu 2 gelas aqua.lalu saya fermentasi dengan MA 11 dr nugroho.doakan mudah-mudahan pupuknya jadi.

    • NURMANIHSAN says:

      Trim Pak Bahar
      Saran saya: bahan-bahan di atas selain bawang putih dan kunyit ( urine manusia, air cucian, tetes tebu dan MA-11) difermentasi. Nah setelah jadi POC, sewaktu akan aplikasi, baru beberapa jam sebelum penyemprotan fermentasi bawang putih dn kunyit.
      Sewaktu akan penyemportan baru dicampur POC dng ke-2 bahan tsb. tks

  11. anto says:

    maaf, pak Nurman atau pak Suli kl untuk biop2000z-nya di mana bisa dapatnya?
    trims

  12. Agus siswoyo says:

    Bio P 2000 Z tanya mbah gugel aja ato tanya mas suli via phone.
    Trims.

  13. suli says:

    Pak Anto dan mas agus….
    Saya tidak simpan ho hpnya tapi masih punya emailnya ….albert.lutano@gmail.com
    Saya puas memang sewaktu di kedelai, malah nanti aku coba bandingkan dengan produk dari pak efendy pada kedelai dengan varietas yang sama.

  14. Generasi terbaru pupuk organik hayati, perpaduan mikroba Bhinneka Tunggal Ika dengan unsur hara hasil teknologi Nano. Telah dibuktikan di berbagai kondisi lahan dan lintas komoditi. Sangat handal digunakan pada lahan kritis, gambut dan berpasir. Meningkatkan produksi tanaman budidaya hingga 300%. Harga Perdus 70rb/liter.
    Kunjungi http://pupukorganik.co atau hubungi 085210788008

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s