ACARA KOPI DARAT

AGENDA ACARA KOPI DARAT OKSI-P 
Penulis : Nurman Ihsan, SP ( THL TBPP DEPTAN di BANTEN )

Pada pertemuan kopi darat di Boyolali kemarin, kalau sesuai jadual, seharusnya ada 3 materi yang akan disajikan. Tetapi karena suatu hal dan keadaan di lapangan, maka materi yang disampakan cuma 2 materi saja.

Materi 1 : penjelasan keistimewaan decomposter bacteria MA-11 pembicara Bapak Dr. Nugroho

Materi 2 : Teknis budidaya hasil tinggi, pembicara Mas Avi. Tetapi karena masalah waktu dan materi inipun sudah ada diberbagai tulisan, maka materi ini pun ditiadakan.

Sebagai gantinya, saya akan mem-posting tulisan budidaya padi hibrida ala mas avi.  Pada MT-1 di tahun 2013 dapat hasil 15 ton/ha Hipa-8, sedangkan untuk varietas Maro dapat 17 ton/ha.

Materi 3 : Memahami proses pemuliaan tanaman padi, pembicara  Mas Avi

Ke lokasi Kandang Pintar

Selesai acara, para peserta kopi darat diundang Pak Djarot untuk melihat lokasi Kandang Pintar. Di sana, kami diberi penjelasan tentang seputar “kehebatan” MA-11. Pada tulisan selanjutnya, akan saya buat tulisan tersendiri. Insya Allah.

Di kandang pintar, kami bisa melihat tanaman alfaafa. Cuma di lokasi tsb, tanaman alfaafa nya masih kecil.

Di sana pula, kami mendapatkan benih alfaafa. Benih alfaafa yang murni.Benih yang bisa dikembangkan dan dibudidayakan secara berkelanjutan. Bukan benih yang beredar sekarang ini di pasaran : benih yang mandul !!!

Setelah itu, kami kembali lagi ke lokasi penginapan. Dan di sinilah acara puncak. Acara puncak yang penuh sensasi,,,,,

Apa itu ? acara puncak itu adalah ini : tukar benih.

Pak Sutar bawa benih padi  merah putih, fatmawati, jati, sri putih dan padi hitam lokal,

Mas Yuri bawa benih padi : IPB 3, inpari 11, sri putih, beberapa padi lokal asal kalimantan ( buntut kerawang 7 bulan, simpang 6 bulan, kerput 5 bulan, dll )

Mas Suli bawah benih padi : padi cantrik, padi aek sibondong hitam dan putih dan logawa.

Mas Avi bawa benih padi : ketan condong campur, padi hitam dalam, dll

Mas Parwito bawa benih padi : padi merah 75 hst, padi hitam 85 hst, padi cianjur, padi jasmin, dll

Dan saya cuma bawa benih padi : padi parikesit

Mungkin di komentar nanti, yang bawa benih padi bisa menjelaskan kembali benih padi yang dibawa,  sekaligus menjelaskan karakteristik padi tsb.

About NURMANIHSAN

Bila cinta kepada seseorang saja, di hati penuh kerinduan. Apalagi bila kita dapatkan cinta ALLOH SWT. Ini prestasi seorang hamba. Prestasi hidup. Dan prestasi terbesar. Oleh sebab itu, rebutlah cinta itu,,,
This entry was posted in SEPUTAR PETANI, SHARE ILMU. Bookmark the permalink.

27 Responses to ACARA KOPI DARAT

  1. cantrik says:

    maaf rekan rekan kopdar kemarin saya gak bawa benih apa apa.
    Barangkali ada baiknya jika telah sempat bertatap muka dan bersilaturahim via kopdar, kita saling meninggalkan no tlp, email, fb atau apalah agar silaturahimnya bisa lebih erat lg.

  2. Tono says:

    Wah.. Bpk2 petani peneliti.. Semangatnya luar biasya!!
    Saya ma petani desa yg hanya bisa berpikir bagaimana caranya agar dapat panen melimpah dengan biaya yang minim, disesuaikan dengan kondisi sekitar. Untuk mas Avi, cara budidayanya diposting detail disini, mulai benih, model tanam, pengolahan lahan, dan nutrisi makro mikronya, biar kami dpt belajar dri pengalaman pak Avi. Please… barangkali p.NURMAN bisa bantu.

  3. cantrik says:

    udah dibahas tiga tread lho mas cara budidaya ala mas Avi. coba diubek ubek perpustakaan oksigen pertanian, dan selamat mencoba budidaya padi ala mas Avi. saya juga mengambil beberapa caranya sskemampuan saya.

  4. Walaupun cuma sebentar acaranya cukup berkesan,,tentu saja kesan pertama saya saat ketemu sama kawan kawan yang sebelumnya hanya lihat dan dengar di internet ada kaget ada takjub ada juga sampai terheran heran..hehe .. 1000x.. =D
    Inti dari pertemuan adalah silaturahmi kalau yang lainnya hanyalah bumbu saja biar ngga kebetahan tinggal di bungalow…🙂 btw waktu kemarin prtama ketemu sama kawan kawan ada satu kawan yang betul betul bikin kaget,,,Mas Agus tq udah memandu saya hingga sampai dengan cepat , walaupun masih muda tapi punya semangat bertani yang luar biasa,ada juga mas Suli dengan gaya khasnya cowboy…!! hahahaha,Mas Avi walaupun penampilannya tidak meyakinkan akan tetapi mempunyai segudang ilmu prtanian yang wajib kita pelajari,,Serta yang yang lainnya semuanya sangat menyenangkan saat semua bisa berkumpul ,,Nah yang paling parah ya saya,,,kerjaannya cuma ketawa sambil ngacoin topik..hahahahahaha,,maklum hoby bercanda ,Tapi saya sangat bahagia karena bertambah lagi saudara saudara yang tadinya mungkin cuma hanya dalam alam maya saja,,semoga ini bisa berkelanjutan,,bagi siapa saja yang ingin silaturahmi ke tempat saya pintu gubug saya selalu terbuka …Tapi jangan kaget kalau ketemu saya …hahahahahaha…. =D

  5. Tono says:

    Thank pak cantrik. Entar tak ubek2.
    Baca Cerita p.yuri jdi pengen nich.. Mo ikut Sayang t4ku agak jauh. Melakukan perubahan model tanam tu tak semudah yg dibayangkan. Banyak ujian berupa cercaan dan lain sebagainya. Melakukan perlakuan pestisida organik pd tanaman aja dpt cibiran luar biasa. Apa lgi kalo benar2 praktekin sistim tanam SRI. Au. Ah gelap. Kan ku coba merubah sedikit demi sedikit. Sekarang masih fokus pestisida made in sendiri dgn ilmu ngawur ha.ha.ha ingat pertama kali aku nyemprot air bawang. Cibirannya segunung. E.. Dimusim mt2 ini malah booming. Yg pakai ramuan bawang, mr werengnya ndak mau mampir.
    Bener kata p.Avi. Perubahan membawa kita siap menghadapi cercaan.
    Salam Tani

  6. Tono says:

    Ngomong2 sudah ada yg coba campur benih belum? Walau menyalahi aturan, dicoba aja. Hasilnya bagus lho. Hasil penelitian Pemulia Padi antara satu dgn yg lain memiliki kekurangan & kelebihan. Nah dari itu kita gabungkan keduanya dgn kriteria2 tertentu. Tpi jgn ketahuan Pph, kalo ketahuan, nyanyi aja lagunya 4 mata “wow o..
    Kamu ketahuan.. benih kok campuran.. ilmu apaan..
    Jangan diulang..”

  7. cantrik says:

    Mas Yuri, mas agus sepertinya paling muda ya.. kopdar kemarin sempat deg degan karena pak Nurman dipastikan terhambat di perjalanan. Sebenatnya sih lebih deg degan lagi ketika mas Yuri membelah kemacetan jalan dengan gayanya.. tembus 120km/jam ! Makasih mas tumpangannya.

  8. Agus siswoyo says:

    Mas yuri…kaget kenapa ?
    Mngkin mas yuri bisa update di sini ttg padi yg umurnya 7 bulan ato brp bulan itu,
    Bisa dr pengalaman sndri ato dr data teman yg memberi itu jika mas yuri blom prnh tanam. Pemupukannya gimana trus umur vegetatif n generatipnya jg brp dll.
    Ato mngkin bs ditulis thread tersendiri lwt mas nurman.
    Saya kmren jd yg ‘terbodoh’ dlm kopdar. Gk pnya ilmu/pengalaman/benih apa-apa. Beruntung sekali saya kmren bs bersilturahmi dg sesepuh/master/guru dlm hal budidaya padi n peternakan

  9. sutopo says:

    sayang seribu kali sayang saya tak bisa hadir,sudah ngajuin cuti gak di kasih,,,hanya bisa nyimak aja?

  10. Tono says:

    P.Sutopo.. No hpnya berapa?

  11. bahar says:

    P tono,bagi dong resep air bawangnya untuk mengusir hama agar dishare di blog ini?makasih

  12. suli says:

    Mas Yuri
    Salut saya dengan nyetirnya, karena perasaan ciamis-kawunganten dulu santai, lha ini gombong-jogja bak michael schumacher…
    Ya acaranya mantap,langka kok hal hal seperti ini ketemuan …suatu keberkahan bagi kita semua nantinya, ilmu yang di dapat, benih yang di bawa pulang.
    Mas agus…..
    penampilan kocak,mantaplah mirip rosi rambutnya.
    Mas Cahyo….
    Ternyata juragan sapi….harus banyak berguru pada beliau…sapinya banyak, kalau saya sapinya belum punya, hanya gambar sapi sapi pejantan ungaran dan singosari hehehe
    Pak ali….penerus bangsa semangatnya benar benar.

  13. Parwito says:

    Terima kasih juga buat teman-teman semua, semoga pertemuan kemarin semakin memperkuat apa yang sudah kita lakukan. Sharing sebagai media yang sangat bermanfaat dan semoga pertemuan kemarin juga akan memperluas jaringan antar teman-teman baik dengan urusan padi maupun lainnya. Semoga benih-benih yang kita terima kemarin akan memperkaya khasanah tentang varietas padi, meskipun ada yang genjah dan ada yang dalam (panjang masa panennya). Entah kapan lagi kalau ada acara kopi darat lagi, saya usul dilakukan hari Sabtu biar waktunya lebih banyak untuk diskusi.

    Untuk jenis padi yang saya bawa kemarin sudah dibudidayakan secara alami dan dengan metoda satu lobang satu tanaman, umur tanam 10 hari (umur muda) sebagai usia emas. Semua jenis padi ketika panen dapat dijadikan bibit sehingga tidak peru lagi beli gabah baru. Padi hitam panen dengan umur 85 hast, padi merah 75 hst, cianjur 120 hst, jasmin 90 hst, srijaya 100 hst.

    Mas Yuri terima kasih tumpangannya dan semoga saya bisa main ke Kawunganten waktu pulang lebaran di Cilacap. Oh ya..saya kemarin bawa padi Mentik Wangi kurang lebih 10 kg, kalau teman-teman ada yg berminat bisa hubungi saya.

    Terima kasih

    • Agus Jafar Sidik says:

      Ass. Wr. Wb.
      Salam kenal pak Parwito, sy Agus JS tertarik dengan padi hitam dan padi merah yg bisa panen 75/80 hst. Jika berkenan ada no HP mohon di share atau bisa hub no sy 0812 18 687 987. Terima kasih sblmnya.

  14. Yuzt el tarso says:

    Assalamualaikum. Saya anak muda yg pengen jadi petani. Ilmu pertanian saya nol dan sangat terbantu sekali dg adanya blog ini. Saya ucapkan trimakasih skali pd mas2 smua. Yg saya ingin tnyakan, apakah smua org bisa ikutan kopdar ato hanya anggota. Saya ingin memperdalam ilmu pertanian saya dan menularkanya kpd lingkungan sekitar. Krn d daerah saya ketergantungan petani pda obat2an kimia sangat tinggi. Bahkan ada yg menggunakan baygon dan apotas untuk memberantas hama.

  15. avi says:

    enjoy aja mas tono cercaan cukup didengerin telinga kanan keluar telinga kiri tp kadang ati mangkel jg😀 tp begitu melihat kenyataan cara/resep yg dipakai efektif ramai ramai di ikuti,ini suatu kebahagian perjuangan tersendiri

  16. Agus siswoyo says:

    Follow through dr usul mas cantrik pertanian, mohon mas nurman bs ngumpulin data nmr hp/email/fb dr temen” semua, trus dibuat thread khusus ato di judul ini jg bisa, biar smakin erat silaturahminya, kata mas cantrik.
    Monggo mas nurman di-share…

  17. Tono says:

    Waduh q ketinggalan kereta. Maklum hpku ngadat kehujanan waktu disawah, jdi lum sempat on. Skrang dah jadi.
    Makasih atas supportnya, p.AVI.
    Tuk p.Bahar, maaf ya bukannya saya menggurui.. Pengalaman pribadi bawang setengah kg saya blender dgn air 3 ltr, gula 6 gram, telur jawa 1butir(sbg perekat+nutrisi) Saya masukkan botol dan saya diamkan minimal 1 hari 1 malam. Waktu aplikasi saya campur dgn buah maja(cara pembuatan sama). Kalo buah maja tdk ada, bisa diganti tembakau murahan+daun mimba (cara pembuatan sama). Cuman kalo daun mimba dan tembakau paling bagus digiling pak. Kebetulan saya punya gilingan sendiri. Gilingannya seperti gilingan kopi cuman saya tambah pisau pada mata penghancurnya. Mudah2an kita semua bisa saling tukar pengalaman. Bagi bpk2 yg punya pengalaman bagus, mohon di share juga disini. Trimaka kasih atas ruang blognya p.NURMAN.

  18. cahyo says:

    Pak Suli, itu temen saya yg makili saya datang ke kopi darat. Saking nyidamnya saya dapat ilmu dari bapak2 di website ini sampai2 saya maksa temen saya yg juragan sapi itu makili saya. Tapi syukur Alhamdulillah, memang acara itu banyak bermanfaat. Baik bagi saya maupun buat temen saya yg memang peternak sapi itu.
    Matur nuwun buat panitia dan semuanya yg sudah berbagi ilmu.
    Kalau ke Malang bisa mampir ke rumah, dekat waduk karangkates dan gunung kawi.

  19. bahar says:

    Trims pak tono atas resepnya.memang blog ini gudangnya ilmu pertanian organik.

  20. Tono says:

    Sama2 p.Bahar. emang blog ini memberi wawasan bdng pertanian dan kesempatan bagi kita semua tuk saling tukar pengalaman. P.Bahar juga suka buat mol ya?

  21. bahar says:

    Pak tono,saya baru sekali nyoba bikin poc dari urine manusia.inipun gara-gara kesasar di blog ini.hehehe.tapi kesasar yng bermanfaat.dan poc saya baru jadi kemarin,mau saya aplikasikan pada tanaman padi masa tanam sekarang.

  22. Fiar akbar says:

    Nuwun sewu ingin kenal dg semua yg ada di oksigen pertanian dr petani lereng gng raung banyuwangi. Beberapa hr ini sy baca artikel di blog ini n manfaat bngt. Saat ini lg bikin MOL n POC dr blog ini matur nuwun snget ilmunipun.

  23. Tono says:

    Sip p.Bahar…

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s