PUPUK MA-11

Dalam acara kopi darat, materi pertama yang diberikan adalah mengenai penjelasan Decomposter Bacteria MA-11. Bisa dibilang dalam materi tsb, Bapak Dr. Nugroho menjelaskan keistimewaan MA-11, revolusi pertanian dan pengaruhnya terhadap  dunia pertanian.

” tanaman alfaafa memiliki akar tunggang, tapi sekaligus memiliki akar serabut. Kedalaman akar tunggang bisa mencapai 8 – 10 meter,,, ” kata Bapak Dr. Nugroho.

“di samping itu, tanaman ini memiliki keistimewaan yang berada di akarnya, sehingga kandungan proteinnya sangat tinggi. Hal tsb, karena adanya bakteri yang berada di akarnya. Bakteri inilah yang mengikat nitrogen dari udara, sehingga mempunyai kandungan protein sangat tinggi,,,” lanjutnya

” kemudian saya melakukan penelitian terhadap bakteri ini, sehingga menghasilkan penemuan yang bernama MA-11. Dengan hadirnya MA-11 ini ini adalah sebuah revolusi pertanian dan telah banyak membantu  petani dalam memecahkan berbagai persoalan pertanian,,, ”

Beda MA-11 dengan Pupuk Organik Lain

Apa beda pupuk MA-11 ini dengan produk yang sejenis?

Menurut saya dari penjelasan Bapak Dr. Nugroho, yang nampak mencolok dari perbedaan tsb adalah masalah waktu. Ya, masalah waktu.

“kelemahan pertanian organik adalah masalah waktu. Maka, dengan produk ini, Saya ingin memutus waktu yang lama menjadi cepat” terang Pak Nugroho.

Dengan bantuan mikroba yang ada di dalam MA-11, memang proses “perombakan” menjadi lebih cepat,,,

Kalau pakai MA-11, jerami sudah bisa diaplikasikan ke tanah setelah difermentasi sekitar beberapa hari saja. Kalau pakai MOL/POC lainnya, biasanya, jerami baru mulai diaplikasikan setelah 14 – 21 hari. Bahkan untuk membuat pupuk bokashi hanya diperlukan waktu 2-3 hari

Untuk membuat silase (makanan ternak dari jerami), dengan menggunakan MA-11 ( bekatul + gula), hanya diperlukan waktu sekitar 5 hari. Silase sudah jadi. Apalagi biasanya, kebanyakan para pembuat silase, dalam proses pembuatannya, di dalam silase tsb, ada penambahan pupuk urea. Itu pun memakan waktu 2 -4 pekan.

Diskusi dengan Pak Nugroho

Selesai Bapak Dr. Nugroho memberikan penjelsan, ada banyak pertanyaan yang dilontarkan teman-teman kepadanya, seperti Pak Cantrik, Mas Yuri, Pak Sutar, Pak Dedi, dll.

Saya sendiri bertanya seperti ini,

” mohon maaf sebelumnya Pak Nugroho, biasanya kalau kita membeli produk tertentu, biasanya kita akan “dikunci”, dengan kata lain, kita harus terus membeli. bagaimana dengan MA-11 ini ?”

Ini jawaban Bapak Dr. Nugroho :

” memang, produk MA-11 ini bisa diperbanyak, dari 1 liter menjadi 5 liter. caranya dengan menambahkan 3 liter air masak, 1/2 liter susu segar , 1/2 kg bekatul dan 4 sendok gula pasir. Masalah teknisnya, nanti akan dijelaskan Mas Djarot selaku staff saya,,,,”

memang, produk tsb bisa disetting demikian, tanpa mengurangi kemampuan mikroba di dalam MA-11 tsb. Dengan demikian, dapat mengurangi biaya para petani” lanjut Pak Nugroho.

Ini artinya, bila kita membeli 1 liter MA-11, kita bisa menduplikasi menjadi 5 liter. Setahu saya, jarang sekali, ada produsen yang memberikan info cara menduplikasi produknya menjadi lebih banyak.

Tapi, ada penjelasan dari Bapak Nugroho, bila diduplikasi di atas 5 liter maka kemampuan mikroba MA-11 kurang efektif.

Pribadi Bapak Dr. Nugroho

Saya pribadi salut sekali dengan sosok Bapak Dr. Nugroho ini, walaupun hanya beberapa jam berinteraksi, namun saya begitu terkesan.

Pertama, tempatnya bisa kita pakai buat pertemuan kopi darat. Bahkan tempat tsb boleh/bisa dijadikan “markas” para penggiat organik. Ini bisa dimanfaatkan oleh teman-teman Oksi-P yang berada di dekat lokasi tsb. Seperti Klaten, Solo, Purwodadi, dll.

Kedua, perhatian dan kepedulian terhadap lingkungan luar biasa. Sudah banyak kegiatan yang dilakukan agar lingkungan dan lahan pertanian tidak tercemar.

Ketiga, kita diajak ke kandang pintar dan melihat proses pembuatan kompos, silase, dll.

Keempat, kita diberikan benih alfaafa, agar dikembangkan di daerah masing-masing. Diharapkan bila sudah mengeluarkan biji-bijinya, agar diberikan kepada yang lain. Sebab tanaman ini adalah tanaman super, bila berkembang di tengah-tengah masyarakat maka nilai kemanfaatannya luar biasa.

Kelima, dll.

Sekali lagi, saya mengucapkan terima kasih kepada Bapak Dr. Nugroho. Semoga Allah SWT membalas segala kebaikkan beliau. Amin

About NURMANIHSAN

Bila cinta kepada seseorang saja, di hati penuh kerinduan. Apalagi bila kita dapatkan cinta ALLOH SWT. Ini prestasi seorang hamba. Prestasi hidup. Dan prestasi terbesar. Oleh sebab itu, rebutlah cinta itu,,,
This entry was posted in MENGENAL MIKROBA, SEPUTAR PETANI. Bookmark the permalink.

36 Responses to PUPUK MA-11

  1. Alhamdulillah….akhirnya ada harapan bagi saya yang memulai menanam padi secara organik. Ini yang saya tunggu2 dari kemaren🙂 Ada beberapa poin yang menurut saya penting:
    1. Keaslian produk, saya yakin bahwa produk ini bagus apalagi petani sangat dimudahkan untuk memperbanyaknya sendiri yang dalam taraf efektif sehingga lebih ekonomis. Kedepan yang ditakutkan adalah adanya pihak yang ikut mengambil keuntungan yang kurang fair, jadi mohon diberikan tempat atau lokasi dimana produk yang akan digunakan petani ini adlah “murni” atau akurat.
    2. teknis budidaya, mohon diberikan ulasan tentang tatacara budidaya pada tanaman pangan. juga teknis perbanyakannya.
    3. Demplot, kalau membutuhkan area demplot, saya SIAP. Lahan saya sudah 5 musim tanam tdk kemasukan kimia sintetis, 4 musim padi atau 1 musim kacang hijaunya sangat kurang memuaskan, cap nandur dolanan pun saya sandang sehingga keinginan mengorganikkan yang lain pupus……..:)

  2. cantrik says:

    Alhamdulillah..akhirnya muncul jga judul ini. terimakasih pak Ihsan. Duh saya malah pengin ke sana lagi.
    Sudah adakah benih alafafa yang ditanam warga Oksi-P? 😉

  3. bahar says:

    Ass pak nurman,mhn dijelaskan secara rinci bagaimana memperbanyak pupuk ma-11?krn saya sudah punya pupuk tsb sebanyak 4 liter.apakah ada batasan untuk memprbanyak pupuk tsb?maksud saya,apakah pupuk yang sudah diperbanyak dapat diperbanyak lagi?klo bisa,sampai berapa kali maksimalnya untuk tidak mengurangi kemampuan bakteri dalam pupuk tsb?trims

    • NURMANIHSAN says:

      Wslm Pak Bahar
      Secara umum bisa saja diperbanyak terus, cuma kemampuan MA-11 akan jauh berkurang. Dari 1 ltr menjadi 5 liter “daya tempur” mikroba di dalamnya masih sebanding, tp bila di atas itu sdh jauh berkurang.
      Tuk mas agus, tks atas masukkannya.

      Cara perbanyak sbb
      Pertama, 1/2 kg bekatul kita kasih air sampai benar2 rata (seperti adonan) kemudian kita panaskan sampai steril. Kemudian didinginkan.
      Kedua, masukkan adonan tsb ke dalam 3 liter air masak ke dalam wadah/tempat
      Ketiga, tambahkan susu segar 1/2 liter, 4 sendok gula pasir plus 1 liter MA-11
      Keempat, tutup rapat selama beberapa hari (3-5 hari) maka MA-11 dah siap menjadi 5 liter

      Kpd rekan2 mungkin ada pendapat lain, silahkan. tks

  4. Agus siswoyo says:

    Pak bahar…
    Yg dr 1 liter jd 5 liter itu dah cukup, selebihnya jgn, alasannya tentu kita smua bisa merabanya. Jd dlm 4 liter produk asli dr ecofarm tsb dah jd 20 liter aja.
    Mau lebih ??? Beli lg 1 liter asli trus diperbanyak jd 5 liter. Gitu aja matematika dasarnya.
    Mau lebih ??? Budidayakan aja benih alfafanya, buat sendiri MA-11 nya. Caranya hbungi pak nugroho ato pak djarot dg no.telpon terlampir diatas.
    Suwun

  5. Agus siswoyo says:

    Mas nurman, mohon di-share ttg ukuran/takaran masing” bahan pembuat poc untuk tanaman dg bahan dasar;
    – jerami
    – kohe + daun alfafa
    – urine
    Serta pembuatan pakan ternak lengkap dg takaran masing” bahan.
    Sekedar menulis ulang biar lbh paham

  6. bahar says:

    Trims pak nurman dan mas agus atas masukannya.oh ya,apa susu segar bisa diganti dengan bahan yang lain,krn saya kesulitan cari susdu segar.mohon masukannya lagi.trims

  7. Eddy says:

    Kalau diperbanyak, kepadatan mikrobanya jadi berkurang ya? Selain rhizobium nama-nama mikroba yang menguntungkan apa aja? Kok yang dijelaskan cuma jenis mikrobanya saja. Jadi buat penasaran.

  8. arifin says:

    cara pesan ma 11 gimana?

  9. Kemaren saya sudah terima MA-11 nya dari P Djarot, Tinggal mau aplikasi di tanaman kacang tanah, kedelai dan jagung. Mungkin ada rekan yang punya saran untuk budidaya tanaman tsb dg MA-11? monggo saya dikasih pencerahan. maturnuwun.

  10. Ichwan Kusuma says:

    Pak, saya petani dari Pasuruan JATIM, apakah bisa pesan MA-11 ?? Hubungi siapa ??

  11. maskatrok says:

    Saya dari boyolali, tempat lumayan dekat dengan Pak Nugroho
    tapi koq saya masih sanksi dengan produk ini..
    mohon bimbingan teman2/ bapak2 disini
    pembuatan bokasi yang cepat..
    apakah benar2 sudah matang? baik dari segi tekstur, bau maupun warnanya??

  12. Herry says:

    Buat Mas Katrok, kalo masih sangsi kan bisa langsung bertanya ke empunya ECOFARM, lokasinya kan lebih dekat, perhatikan detailnya dan posting ke kita2 hasilnya, biar tahu lebih banyak info ttg MA-11 ini. buat yang lain, monggo di share pengalamannya dengan MA-11, apakah memang sehebat deskripsinya atau ada hal lainnya? saya sendiri baru mau mempraktekkan di MT-1 nanti, tentu saja saya campur2 dengan produk sejenis lain seperti EM4, MOL batang pisang agar tanah lebih sehat dan sehat.masalah hasil qt lihat saja nanti.

  13. Ahmad Triyudo says:

    Bagaimana cara mendapatkan MA11. Saya tinggal di Sukabumi.

  14. Budi Aqis's says:

    Kalo daerah bondowoso jatim kira2 MA11 pesen ke siapa ya mz…..?trims

  15. allen says:

    MA II apakah bs diaplikasikan ke tanaman perkebunan spt jati ,sengon dan lainya pak nurman?mhn penjelasanya mksh

  16. sutisna says:

    apakah susu segar bisa digantikan dgn bahan yg lain seperti yakult?

  17. efendy manan says:

    kalau yakult sudah ada bakteri lactobacillus L Casei nya pak….jd tidak bisa dijadikan media biak…selain itu juga mahal pak….lbh baik dicari susu segar.

  18. Legiman says:

    Mau nanya pak alamat lengkap ECO FARM itu dimanam pak? Saya dari sukoharjo pengen datang langsung ke lokasi

  19. zamzam says:

    untuk daerah jombang, MA 11, bs didapat dmn mas

  20. minta info tempat tinggal dan kopdar bapak nugroho

  21. Amiruddin says:

    Saya beli on line ke OKU Timur 98.000 seliter. Tlg ecofarm memproduksi masal jika memang ingin berpihak ke petani. ltu pun barangnya sulit didapat.

  22. Amiruddin says:

    orang tertarik gara gara kehebatan artikelnya ditambah minimnya produksi. Pihak ketiga datang memanfaatkan celah pasar. Petani yg jauh dari produsen nanggung mahalnya beli

  23. tjatja suhendar says:

    Dimana tempat yang benar untuk mendapatkan PUPUK MA – 11 agar tidak salah beli maupun harganya.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s