USAHA TANI PADI (3)

DARI MANA MEMULAI USAHA TANI PADI SAWAH
Penulis : Nurman Ihsan, SP ( THL TBPP DEPTAN di BANTEN )

Pada tulisan sebelumnya, Usaha Tani Padi, saya mengharapkan teman-teman yang lain bisa memberikan masukkan/komen/pengalaman/dll. Dengan di share tsb diharapkan agar para pembaca lain mendapatkan pencerahan.

Dengan demikian, bila para pembaca yang ingin mengetahui usaha tani padi, bisa mengetahui secara mudah dan ringkas dari mana harus memulainya, tanpa harus membuka semua artikel yang ada di blog ini,,,

Keempat, memasang target panen dan memakai strategi budidaya tanama padi

Untuk membahas cara ke-4 ini   saya sudah menjelaskan secara panjang lebar di tulisan Jurus Panen Padi Hasil Tinggi dan Jurus Panen Padi Hasil Tinggi (2).

Intinya, para petani diharapkan membuat terget di tiap musim tanam. Sebab hasil panen di tiap musim akan berbeda.

Di musim Tanam ke-2 kemarin saja, banyak petani yang hasil panen padinya turun. Dan di MT-3 ini (bagi daerah yang menerapkan pola tanam: padi padi padi) maka biasanya hasil terbaik ada di musim tanam ke-3 ini.

Di MT-3 inilah, target meraih panen dengan tonase tertinggi bisa diraih. Maka tetapkanlah target tsb.

Kemudian, terapkan stretegi budidayanya. Bisa juga para petani memakai cara yang lain seperti melakukan mix pada benih padi.

Kelima, Mempersiapkan pupuk organik terutama pupuk organik cair.

Dengan memiliki pupuk organik cair maka kita bisa membuat apa saja yang berhubungan dengan dunia pertanian. Para petani bisa melakukan pengomposan jerami, membuat pupuk bokashi, membuat pupuk urine, dll.

Untuk mengetahui sebagian cara membuat pupuk organik cair dapat dilihat disini membuat pupuk organik cair.

MOL

Pupuk organik cair tsb, sebut saja satu diantaranya adalah MOL. Untuk membuat MOL bisa kita pelajari panduannya. Ada juga MOL yang bisa kita lihat cara membuatnya di blog ini, seperti MOL keong mas, MOL buah-buahan, MOL bonggol pisang, MOL bayam, dll.

Bakteri Cair

Pupuk organik cair, ada juga yang disebut “bakteri Cair”. Isitilah ini pertama kali dikenalkan di Blog ini oleh Mas Parwito. Untuk membuat bakteri cair ini sangat mudah. Selain mudah dan murah, proses pembuatannya juga cepat. Dibutuhkan waktu antara 3-5 hari, pupuk organik cair tsb dah jadi.

Cara lain dalam membuat Pupuk Organik Cair dapat juga dilihat di sini.

Atau para petani bisa juga membeli pupuk organik/hayati yang hasilnya sudah terbukti seperti pupuk organik cair PRIMANU, pupuk MA-11, dll.

Untuk mendapatkan pupuk PRIMANU bisa menghubungi mas Efendy, pupuk MA-11 bisa menghubungi mas Djarot atau bapak Dr. Nugroho.

Keenam, jadikan lahan sawah kita sehat

Bagaimana caranya?

Memasukan sebanyak mungkin bahan organik. Bila ada jerami sisa panen musim lalu, masukkan lagi ke lahan sawah. Lebih bagus lagi, bila jerami tsb dikomposkan terlebih dahulu.

Bila ada kotoran ternak, silahkan masukkan ke lahan sawah kita. Bila ada rerumputan sisa makanan ternak, masukkan saja ke sawah. Bila ada sisa buah-buahan yang tak terpakai/busuk, masukkan saja ke lahan sawah, dll.

Kemudian, tak beberapa lama, lahan sawah disingkal supaya lapisan tanah atas dan bawah bisa bercampur. Dalam fase ini bisa ditambahkan/disemprotkan/dikocorkan pupuk organik cair yang sudah kita persiapkan.

Setelah beberapa waktu, lahan sawah bisa dibajak sampai halus.

Para petani bisa juga menggunakan cara yang digunakan mas avi agar lahan sawah menjadi sehat :

Gunakan Pupuk organik 2 ton/ha
5 liter PGPR. Cara buat PGPR bisa lihat disini
5 liter EM4
5 liter Agrobio

Bila pH tanah mendekati netral, tidak ditambakan kapur dolomit. Tapi bila pH kurang/rendah ditambah 250-500 kg (tergantung kadar pH tanah).

Pupuk organik sebanyak 2 ton/ha yang dimasukkan ke sawahnya adalah pupuk organik yang telah melalui proses permentasi. Pupuk organik yang telah jadi kompos. Pupuk kompos tsb berisi jerami padi, kotoran sapi/kambing, dll. Artinya jerami padi hasil sisa penen dibalikan lagi ke sawah.

Aplikasi lapangan : pupuk kompos tsb disebar ke permukaan sawah. Kemudian 5 liter PGPR + 5 liter EM4 + 5 liter Agrobio ditambahkan 200 liter air. Selanjutnya disemprotkan ke permukaan sawah.

Setelah itu, baru tanah disingkal. Setelah selesai, dibiarkan selama 7 hari. Setelah 7 hari, baru sawah dibajak. Dan dibiarkan selama 7 hari pula. Sawah pun siap ditanami,,,

Bersambung,,,

About NURMANIHSAN

Bila cinta kepada seseorang saja, di hati penuh kerinduan. Apalagi bila kita dapatkan cinta ALLOH SWT. Ini prestasi seorang hamba. Prestasi hidup. Dan prestasi terbesar. Oleh sebab itu, rebutlah cinta itu,,,
This entry was posted in ABOUT TANAMAN PADI, BUDIDAYA PADI. Bookmark the permalink.

11 Responses to USAHA TANI PADI (3)

  1. avi says:

    Utk hasil penyehatan lahan dan teknis budidaya padi gaya anak muda+penerapan jurus panen hasil tinggi kita tunggu koment nya bpk komandan H iwan sutiawan,bpk guru arif rahman hakim dan bpk H ade hamka yg sedang menerapkan teknisnya di MT ini

  2. suli says:

    Sip mas Avi…..
    Beliau beliau memang eksis di padi, saking eksisnya rela meninggalkan kerja di BUMN seperti pak Haji Ade….dampingi terus mas…

  3. cahyo says:

    Topografi sawah daerah saya menggunakan air sumber sbg irigasi, diatasnya belum ada pencemaran dari kebun/sawah lain. Kemarin mengajukan proposal ttg daerah organik, dan sepertinya ada sinyal positif. Tahun depan kalau lancar akan didirikan laboratorium organik tingkat propinsi. Kemarin telah dilakukan pertemuan lintas dinas (termasuk polsek dan koramil). Karena keterbatasan pengetahuan dan pengalaman organik, saya mohon saudara2 di oksi P ini untuk membantu mewujudkannya.

  4. suli says:

    Siap mas.
    Modal sampeyan awal sapi sapi di kandang, sebenarnya sampeyan lebih jago hanya seperti padi yang berisi penuh makin bernas makin merunduk,buktinya sapi sampeyan banyak, sedikit muncul di oksigen, di kopkar juga kalem kalem aja, tidak seperti dari brang kulon banyak cengangas cengenges…..seperti saya kutul alias kopong, punya domba texel wonosobo ae sombong, kalau di pewayangan pantasnya durmogati, bagusnya durmogati itu jujur, panen riil ya ngomong, panen mt2 kelelep ya ngomong, opo anane..

  5. abimanyu says:

    Mas Nurman pupuk petro ganik dg pupuk kandang komposisi haranya sama apa nggak?. Buat teman-teman oksigen pertanian yg pernah pake petro ganik gimana perkemangan tanamanya?.

  6. NURMANIHSAN says:

    Terima kasih mas abimanyu
    pupuk petroganik dibuat oleh pabrik dng komposisi tertentu, jadi sudah ada komposisi haranya. sedangkan pupuk kandang ditiap2 tempat pasti berbeda.
    Tetapi mengenai kandungan haranya ( makro dan mikro) yg terdapat didalam petroganik dan pupuk kandang, menurut saya: mendekati kesamaan cuma bedanya cuma masalah jumlahnya saja, tks

  7. cantrik says:

    Berarti pemakaian petroganik tetap dianjurkan ya pak… jadi teringat waktu di Boyolali..

  8. Hartono says:

    Menurut saya,padi adalah tanaman yg membutuhkan air lebih banyak dari pada tan.yg lainnya tetapi bukan berarti padi itu harus digenagi air terus menerus,hal ini membuat tanaman jd kurang bagus.Perlu diperhatikan juga bahwa akar juga memerlukan oksigen (O2) utk bernafas.Saya tanam padi sistem legowo dg jumlah pupuk organik lebih banyak,pd saat pemupukan tanaman padi sy rendam selama 1 minggu kemudian 1 minggu sy keringkan.Utk tahap2 berikutnya pengeringan lahan hrs melihat kondisi tanaman.Panen gabah yg sy dapatkan 13 Ton/ha biasanya cuma 6-7 Ton/ha.Tks

  9. Salam kenal mudahan-muhan blog ini tetap hidup karena saya baru mau bertani musim tanam ini.

  10. efendy manan says:

    Amin….salam kenal juga pak…

  11. dany201 says:

    Salam succes buat smua petani di indonesia, nyimak dlu smbil belajar pak..

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s