LOGIKA PANEN PADI

CARA MUDAH MENGHITUNG PANEN PADI
Penulis : Nurman Ihsan, SP ( THL TBPP DEPTAN di BANTEN )

Panen Padi Malai Panjang

Belum lama ini, saya dihubungi seorang petani yang juga seorang pengusaha, dia tanam padi B3. Pada hari tsb, dia akan panen padi B3. Karena tidak memungkinkan untuk melakukan ubinan, akhirnya saya mengambil sampel 12 tanaman di 2 titik. Jadi, 1 titik ada 6 tanaman.

Sampel yang berjumlah 12 tanaman tsb, saya ambil malainya dengan stangnya sekalian. Stang-stang malai tsb ada yang pendek, ada yang sedang. Malai-malai tsb saya putuskan dengan tangan saja. Akhirnya didapat angka-angka sbb :

Titik 1: 6 tanaman  berat malai beserta stangnya didapat angka 405 gram
Titik 2: 6 tanaman  berat malai beserta stangnya didapat angka 425 gram
 

Sehingga didapat, total 12 tanaman beratnya 830 gram. Dari angka-angak tsb bisa dilihat bahwa 1 tanaman menghasilkan 69 gram/tanaman.

Ingat !!!,  angka tsb adalah jumlah bulir padi yang masih berada dalam malai beserta stangnya. Malai-malai tsb belum dirontokkan bulir-bulir padinya.

Saya belum hitung berapa berat bulir per tanaman. Kalau kasarnya menjadi 50 gram GKP/tanaman saja. Maka bila jumlah tanaman 100.000 per hektar akan  didapat angka 5 ton GKP/ha.

Kalau jumlah tanaman 150.000 per hektar akan didapat angka 7,5 ton GKP/ha.

Dan kalau pun jumlah tanaman 200.000 per hektar maka baru didapat angka 10 ton GKP/ha.

Dan andai saja kalau ada jumlah tanaman 300.000 per hektar maka baru didapat 15 ton GKP/ha.

Apa artinya ini?

Bagi petani yang pernah tanam padi B3, dia akan tahu kalau jumlah bulir per malai tanaman ini bisa mencapai rata-rata 250 – 350. Padi B3 dengan malai yang panjang dan jumlah bulir yang banyak, bisa kita hitung secara logika berapa berata yang dihasilkan per hektar.

Jadi panen padi, secara mudah dapat dihitung berapa jumlah hasil panennya per hektar.

Bila Panen 25 ton/ha

Bagaimana bila ada seseorang yang bisa menghasilkan panen padi 25 ton/ha, bagaimana mas nurman?

Jawaban saya: bila hal tsb benar, saya mengucapkan Alhamdulillah saja. Akan tetapi, sekali lagi, hasil panen padi bisa dihitung dengan logika sederhana kok.

Bila kita berada di lokasi tsb, kita ambil saja beberapa tanaman sebagai sampel. Kemudian kita ambil malai-malainya, setelah itu kita timbang. Kemudian kita rata-ratakan.

Kita juga lihat jarak tanamnya. Dari jarak tanam, akan kita ketahui berapa jumlah tanaman per hektar. Kemudian kita kalikan dengan berat rata-rata per tanaman.

Bila didapat angka 25 ton GKP/ha maka jumlah berat per tanaman sbb :

= 100.000 tanaman didapat angka 250 gram GKP/tanaman

= 150.000 tanaman didapat angka 167 gram GKP/tanaman

= 200.000 tanaman didapat angka 125 gram GKP/tanaman

Dengan demikian, berat malai per tanaman harus lebih besar lagi dari berat GKP. Bila berat malai kita misalkan 1/7 dari berat GKP maka total berat malai per tanamah harus sbb :

= 100.000 tanaman didapat angka 250 gram GKP/tanaman plus 35 gram = 283 gram

= 150.000 tanaman didapat angka 167 gram GKP/tanaman plus 23 gram = 190 gram

= 200.000 tanaman didapat angka 125 gram GKP/tanaman plus 17 gram = 142 gram

Jadi ketika kita timbang malai-malai tsb per tanaman menghasilkan dibawah angka 100 gram maka bisa dipastikan jumlah panennya jauh dari apa yang dia katakan.

Dengan demikian, kita bisa menghitung apakah seseorang yang mengatakan panen padi dengan hasil tinggi tsb bisa sesuai dengan hitungan kita. Mudah bukan?

About NURMANIHSAN

Bila cinta kepada seseorang saja, di hati penuh kerinduan. Apalagi bila kita dapatkan cinta ALLOH SWT. Ini prestasi seorang hamba. Prestasi hidup. Dan prestasi terbesar. Oleh sebab itu, rebutlah cinta itu,,,
This entry was posted in ABOUT TANAMAN PADI, UBINAN/PANEN. Bookmark the permalink.

3 Responses to LOGIKA PANEN PADI

  1. fahmi says:

    oce atas infonya.tx

  2. suli says:

    Ditunggu komennya yang panen B3 biar jelas yang riil, tidak banyak teori.

  3. Megantara says:

    Jangan percaya dg tonase yang muluk2. Angka 7 ton GKP/Ha berdasarkan pengalaman saya dg berbagai jenis varitas benih padi itu sudah merupakan angka yang bagus. Bisa saja tonase kita naikkan dg penambahan pupuk, namun harap diingat kemampuan batang padi menyangga daun dan malai terhadap terpaan angin bercampur hujan terutama di MT-1 ada batasnya. Saya kira kemampuan 7 ton GKP/Ha itu sudah angka yang maksimal. Jika ada yang bilang padi mereka dapat mengasilkan padi dengan prestasi 12, 15, atau bahkan 20 ton GKP/Ha real sampai di pelataran jemuran rumah dg selamat, itu perlu dipertanyakan kebenarannya. Kecuali pematangnya ikut dibawa pulang dan ditimbang.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s