PASAR KEDELAI DUNIA

Harga Kedelai Naik

Harga kedelai dunia sekarang lagi jonjang ganjing. Harga kedelai di pasaran dunia sedang tinggi. Dan ini berdampak bagi negara kita. Sebab negara kita adalah importir besar kedelai? benarkan kita importir terbesar kedelai? ternyata tidak.

Kalau dalam jumlah impor kedelai, negara kita masih kalah dengan negara-negara lain. Ada negara lain yang luar biasa dalam mengimpor kedelai dunia tsb.

Supply ( pasokan ) kedelai dunia

Pertanyaan sederhananya: sebetulnya, berapa sih supply kedelai dunia saat ini???

Ternyata, supply kedelai dunia ada sekitar 104,5 juta ton. Dari jumlah yang banyak itu, ada satu negara lain yang sepertinya “kesetanan” dalam membeli kedelai dunia tsb. Negara tsb adalah Negara Cina.

Dalam hal kedelai, negara kita tercinta dan negara Cina, sama dalam hal ini: importir kedelai.

Bila negara kita mengimpor sekitar 70 % dari kebutuhan kedelai nasionalnya. Maka Negara Cina malah lebih besar lagi. Negara Cina mengimpor sekitar 80 % dari kebuthan kedelai nasionalnya.

Masalahnya, jadi repot karena berkaitan dengan masalah jumlah penduduk. Jumlah penduduk kita saja ada sekitar 250 juta. Jumlah penduduk Negara Cina lebih banyak lagi, ada sekitar 1,4 milyar. Itu artinya jumlah  penduduk Cina 5,5 kali lebih banyak dari penduduk kita.

Pertanyaannya, berapa kebutuhan untuk kedelainya????

Untuk tahun ini saja, Cina akan mengimpor kedelai sekitar 69 juta ton. Itu artinya Cina akan banyak menyedot kebutuhankedelai dunia, kebutuhannya sekitar 66 % dari supply pasar. Coba bandingkan dengan negara kita yang “sekedar” menyedot kedelai dunia sekitar 2,1 juta ton atau 2 % dari supply pasar. Bagaimana nga jomplang tuh, 69 juta ton berbanding 2,1 juta ton.

Jadi, pantas saja, harga kedelai jadi mahal !!!

Apalagi produksi kedelai dunia tidak stabil. Produksi negara kita apalagi. Padahal kurang apa negara kita? lahan subur, kedelai banyak pilihan. Bahkan sekarang ini, ada kedelai Gema yang umurnya sekitar 65-70 hss. Ada juga kedelai super genjah, gamasugen-1 dan gamasugen 2 yang dikeluarkan BATAN baru-baru ini.

Untuk apa negara Cina membutuhkan kedelai sebanyak itu? selidik punya selidik, ternyata, kedelai yang diimpor sebanyak itu oleh cina buat makanan manusia dan ternak. Jadi wajar saja, kalau manusianya banyak, ternaknya pasti lebih banyak lagi.

Menurut saya, harga pangan dunia ke depannya akan semakin mahal. Dengan demikian, ini adalah peluang bagi kita sebagai petani. Oleh sebab itu, bila kita punya lahan sawah maka jadilah kita petani sawah sekaligus petani horti/pangan lainnya. Caranya jadikan pematang sawah kita luas.

Referenasi tulisan : http://www.geraidinar.com/index.php/using-joomla/extensions/components/content-component/article-categories/84-gd-articles/umum/1300-provees-professional-volunteers

About NURMANIHSAN

Bila cinta kepada seseorang saja, di hati penuh kerinduan. Apalagi bila kita dapatkan cinta ALLOH SWT. Ini prestasi seorang hamba. Prestasi hidup. Dan prestasi terbesar. Oleh sebab itu, rebutlah cinta itu,,,
This entry was posted in KEDELAI, SHARE ILMU. Bookmark the permalink.

16 Responses to PASAR KEDELAI DUNIA

  1. fandi santoso says:

    Mantap Mas Nurman, semoga para petani semakin sejahtera dengan mahalnya harga pangan di masa mendatang, tentunya usaha pertanian harus di tunjang dengan pupuk organik yang bisa kita bikin sendiri agar biaya produksi bisa di tekan seefisien mungkin…

  2. Adimaz says:

    ass..mas nurman slam kenal..boleh gabung kan mas dengan pakar2 pertanian yg ada di blog ini? buat nimba ilmu pertanian saya mas..

  3. efendy manan says:

    Sebenarnya sekarang sudah ada varietas kedelai super genjah dr BATAN terbaru yaitu Gamasugen 1 66-68 hss dengan rata2 hasil 2,51 ton/ha dan Gamasugen 2 66-69 hss dengan rata2 hasil 2,52 ton/ha diharapkan bisa dapat mengantisipasi perubahan dan ketidakpastian iklim dengan umur super genjahnya…dan hasil yang tidak kalah dengan kedelai berumur panjang.

  4. indra wijaya says:

    pertanyaannya brp harga jual kedelai di tingkat petani? saya mau aja tanam kedelai yg pasti hrs menguntungkan petani (pendapatan > biaya). Bukan begitu mas Nurman, mas Efendy?

  5. Adimaz says:

    mas kalau di daerah saya pas musim tanam kedelai ( bulan januari-pebruari) harga bibitny mahal sekitar 15rb/kg,dan setelah panen kedelainy dihargai agen 6rb/kg itu harus yg benar2 bagus,klo kedelainy ndak bagus susah di jualny mar..kebanyakan petani kami banyak yg rugi.

  6. suli says:

    Dimaz….salam kenal
    Kemarin MT3 palawija,juli-agustus daerah saya dapat bantuan subsidi sebesar 6000/kg var.grogogan….entah berapa ton setidaknya untuk 4 kecamatan.subsidi sebetulnya terus ada ‘hanya’ pemerintah kambuhan, kalau lagi ingat. tidak seperti petani amerika sana subsidi sangat besar supaya bisa di ‘buang’ke negara berkembang. indonesia kedelai mahal ramai, dulu kedelai lokal mahal, kedelai impor murah…petani kedelai kita ramai juga, kedelai impor murah karena transgenik, sekarang boro boro mikir transgenik. awal puasa ramai oleh daging sapi karena termahal di dunia.
    Saya sebagai petani gurem, terserah pemerintah mau diapakan petani kita.mau membela serius, apa ‘hanya’ masa bodoh petani.padahal orang tua mereka (baik masih hidup atau sudah almarhum) bisa saja petani tulen.

  7. Adimaz says:

    salam kenal jga mas suli..memang pd sekitar tahun 2010 yg lalu di tempat kami jg dpat bibit kedelai supsidi tpi permasalahany bibit2 tersebut setelah di tanam susah tumbuhny mas,bahkan sama sekali tidak tumbuh jdi mas kalaupun sekarang petani kami dapat bantuan bibit subsidi mungkin kmi berpikir ulang mau di tanam atau di jdikan rempeyek kacang kedelai mas he..he..he.

  8. suli says:

    Dimas itulah salah satu negara yang bernama Ngastina, subsidi tidak di jalankan dengan baik, kedelai daya simpannya terbatas, harus melalui benih antar lapang, kadar kekeringan,penjemuran, peran mekanik di penggilingan (rpm) semua pengaruh ke daya tumbuh, biji besar lebih rawan rusak (grobogan,anjasmoro) dari biji biji kecil (misal gepak kuning).pemerintah lebih ke asal asalan yang penting kebutuhan subsidi pas. di padi, benih subsidi lebih parah dengan mengambil padi petani, di kasih lebel, beres. maka adakalanya daya tumbuh rendah, keseragaman kacau. kalau ada subsidi ambil aja,rezeki itung itung menyenangkan pemerintah.grobogan kemarin subsidi 6000/kg, saya simpan jual sekarang he.

  9. Adimaz says:

    bener ap yg dkatan mas suli,tpi mas sekarang di tpt kmi gk ad lgi subsidi bbt kedelainy mas, apa lgi bbt padi sma sekali belum pernah. Oya mas saya jg minta saran ke mas suli,mas nurman,atau mas2 yg lain soalny saya mau tanam padi ni mas, saya mo nanyak benih yg bagus untuk di tanam di MT2 yg mana ya mas? pake serang atau mikongga soalny yg ada di kios pertanian ditempat saya cuma dua variates tsb..gmana menurut mas?

    • suli says:

      haha sama sama nga bagus….boleh tau daerah mana ya Pak Dimas , mas avi bisa membimbing untuk padi terbaru/padi hasil pemuliaan beliau, pak ef lebih ke padi padi BATAN. silakan menghubunginya….saya lebih suka padi padi baru di release

  10. Adimaz says:

    trims mas suli atas masukanny, mas suli,saya tinggal di tempat terpencil mas.. di pinggiran kota medan..tepatny di Desa melati 2,kec.perbaungan,kab.serdang bedagai,Medan-sumut ..mungkin mas suli belum mengenal tempat saya ya mas? oya mas, beberapa hari yg lalu saya sempat berkenalan dengan mas efendy manan..ya sempet jg sih ngobrol via hp gtu..saran beliau bagusny saya tanam padi mekongga..kalo di tempat saya mas padi ciherang dan mekongga sangat dominan, memang rata- rata hasil 7,5 ton/h..ya kalah jauh dengan hasil yg didapat pakar2 pertanian yg ada di oksigen pertanian ini..btol gk mas?

    • suli says:

      Pak Adimas…
      hasil 7.5 t sudah bagus untuk mekongga dan ciherang.untuk ciherang di jawa sudah rawan kresek, di luar jawa selama hasil bagus dan tahan penyakit berarti di wilayah bapak masih aman.

  11. Eko Saputro says:

    Mas Suli
    Kalau pengairan buat kedelai sama jagung lebih banyak butuh air yang mana..?
    di Tempat Saya (Brebes Selatan) Pas MT-3 lebih banyak yang tanam Jagung ketimbang Kedelai.

  12. suli says:

    Salam kenal Pak Eko….
    Sepertinya banyak jagung….tapi jagung juga lebih banyak hasilnya dari kedelai.memang brebes selatan aku liat sepanjang rel ka cirebon-pwt tanaman jagungnya bongsor bongsor…itu di biarkan tua atau panen muda/jagung bakar?

  13. Eko Saputro says:

    Kalau bekas lahan bawang biasanya di tanami Jagung Manis, Tapi kalau bekas padi biasanya di tanami jagung biasa (panen Tua)

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s