MANFAAT BUAH MAJA

Kisaha Petani dan Buah Maja

Ada kisah menarik mengenai buah maja ini (berenuk). Sudah banyak petani yang saya temui punya kisah dengan buah ini. Ada sekitar 50 petani lebih yang telah saya tanya langsung dengan pertanyaan ini: ” apakah bapak pernah mencicipi buah maja ini?”
” wah bisa mabuk kalo makan buah itu” ada petani yang menjawab.
” ada yang pernah coba nga?” kata saya lagi
Semua yang pernah saya tanya berkata ini: belum !!!

Saya ganti pertanyaannya, “ada yang tahu rasa buah maja ini?”
Ada juga sih yang menjawab: “pahit ya pak nurman”
“Ada lagi yang tahu?” pancing saya
Ternyata, mereka pada diam saja,,,,

Rasa Buah Maja

Tanaman Buah Maja

Tanaman Buah Maja

Beberapa kali saya buka buah maja dengan saya banting. Say buka. Saya cicipi buahnya sedikit saja.
” rasanya manis. sangat manis” terang saya. “ada yang mau coba sedikit saja” tantang saya kepada seorang petani.
Setelah saya agak paksa, ada petani yang mau juga mencobanya.
” iya manis” katanya
” betul, buah maja sangat menis, seperti pemanis buatan. cuma buah maja ini pemanis alami” terang saya.
” saking manisnya, kalau kita makan agak banyak dikit jadi terasa agak pahit. Sama seperti pemanis buatan, bila kita minum, tak lama kemudian di tenggorokan agak terasa pahit”

Manfaat Tanaman Maja

Tanaman maja nama ilmiahnya bernama Aegle Marmelos. Tanaman ini dapat dimanfaatkan mulai dari daun, batang/kulit batang, akar dan buahnya. Hampir seluruh bagian tanaman bisa bersifat antibiotik.

Manfaat tanaman maja antara lain :
1. Buah maja : pestisida alami, bahan pembuat MOL/pengganti gula, bersifat anti bakteri, penurun panas, dll. Kandungan di dalamnya adalah alkaloid, flavonoid dan tanin.
2. Daun muda maja dapat digunakan untuk sakit kepala
3. Rebusan kulit batang buah maja dapat digunakan untuk mengobati luka atau borok, kudis, eksim.
4. Ranting buah maja dapat digunakan sebagai membunuh ikan

Buah Maja dan MOL

Sekarang ini yang akan kita bahas adalah buah maja yang bisa kita gunakan untuk membuat pupuk organik cair. Itulah sebabnya, buah maja bisa digunakan untuk penggganti gula dalam pembuatan MOL. Karena ya itu tadi: banyak pemanis alami di dalam buahnya !!!

MOL Buah Maja
Untuk membuat MOL buah maja kita cukup menyediakan air cucian beras dan isi buah maja. Inilah uniknya buah maja, disatu sisi jadi bahan pembuat MOL, sisi yang lain jadi sumber energi/gula. Untuk lebih jelasnya baca Ayo Buat MOL

Bahan : 5 liter air cucian beras dan 1 buah maja
Cara pembuatan MOL bisa dilihat disini

MOL Keong Mas
Bahan : 5 liter air cucian beras, keong mas 2 kg dan 2-3 buah maja

MOL Bayam
Bahan : 5 liter air cucian beras, bayam liar secukupnya dan 1-2 buah maja

MOL KOHEBU
KOHEBU adalah singkatan dari kotoran hewan dan daun bambu
Bahan : 20 liter air cucian beras ( bisa pake 1/2 kg tepung beras yang dicampur ke 20 liter air), 5 kg kotoran kambing, 1 kg daun bambu yang agak lapuk/bercampur dengan tanah bambu, 1 kg keong mas, 4-5 butir buah maja plus 1 kg gula merah.

MOL DLL

Ayo Tanam Pohon Maja

Melihat fungsinya yang sangat berguna bagi pertanian khusus dalam pembuatan pupuk organik cair/MOL, pesnab, dll. Maka sudah saatnya pohon maja ini ada di lingkungan kita. Sebab dari buah ini, biaya pembuatan pupuk organik menjadi kian murah.

About NURMANIHSAN

Bila cinta kepada seseorang saja, di hati penuh kerinduan. Apalagi bila kita dapatkan cinta ALLOH SWT. Ini prestasi seorang hamba. Prestasi hidup. Dan prestasi terbesar. Oleh sebab itu, rebutlah cinta itu,,,
This entry was posted in MOL, PUPUK ORGANIK. Bookmark the permalink.

27 Responses to MANFAAT BUAH MAJA

  1. Adimaz says:

    assalammualaikum mas nurman, kalo di tempat saya mah pohon maja tidak ad mas apa lagi buahny…apa bisa diganti dengan yg lain misal buah nenas,buah pepaya,dll.

    • NURMANIHSAN says:

      Wslsm mas adimaz
      kalo tidak ada tanaman maja, mas bisa tanam pohon tsb. setahu saya pohon ini bisa tumbuh subur didaerah di Indonesia, apalagi di daerah jawa.

      Kalau diganti bisa saja dengan buah lain, cuma hasilnya akan beda. sebab tingkat “kemanisan” buah maja luar biasa. belum lagi kandungan pesnab yg ada di dalamnya.
      Buah maja adalah buah yg ekonomis/murah/gratis shng bila diganti dng buah lain akan mahal. tks

  2. Yuzt el tarso says:

    Assalamualaikum.
    Kala cara perbanyak pohonnya gimana ,pak?

    • NURMANIHSAN says:

      Wslm mas tarso
      ketika kita buat MOL dng buah maja, maka akan banyak biji-biji buah maja di dalamnya. kita sebar saja biji-biji tsb di tanah/pot maka akan tumbuh dng sendirinya mas.
      Bahkan sehabis kita buat MOL saja yg sudah berbulan-bulan, ketika tinggal sisa/ampas yang berisi biji buah maja, maka biji2 tsb dapat tumbuh dng baik.
      setelah biji2 tumbuh mjadi bibit2 dng ukuran tertentu maka kita bisa pindahkan ke lokasi pertanaman. tks

  3. Tic-tic says:

    Assalamu’alaikum Pak Ihsan, apakah buah maja bisa digunakan sebagai pengganti gula untuk penderita diabetes?

  4. fahmi says:

    Mol kohebu prl dcoba nih

  5. dedi says:

    sya udah tnm 2 pohon,tnm dari dahan.tanamnya kaya tanam singkong

  6. suli says:

    Entahlah tanaman maja di pekarangan rumah sejak kapan ada, yang jelas banyak gunanya….tempurungnya adalah tempat menakar beras zaman dahulu oleh leluhur saya bertulis tahun 1925, pas tahun lahir bapak alm….di bawah tanah mojokerto sekarang adalah areal kerajaan majapahit purba….konon nama majapahit dari buah maja ini…..isinya jika sangat tua akan menjadi tidak betah tikus di sawah…..perbanyakan sekarang jarang ada, bisa 5-10 tahun lagi punah berganti pagar tembok tinggi,atau di tebang karena dianggap tanaman liar. semua orang tidak peduli dengan tanaman yang dianggap kuno, pinang contoh lain,tiap tahun menjadi korban menjelang tanggal 17 agustus, padahal siapa yang mau menanam lagi, bijinya membuat awet gigi gigi orang orang yang masih memakai tradisi mengunyah sirih, masih di biji membuat ayam kampung bebas cacing, begitu juga kambing dan domba, pelepahnya jika jatuh adalah kesenangan tersendiri buat anak anak desa,gratis sebagai mainan, masih pelepah jika kemarau dan pas ada orang membakar batubata bisa menitipkan panggang mentok bumbu rica rica terbungkus pelepah pinang diatas bara sekam padi…..

    Maka biarkanlah tanaman liar tumbuh dengan sendirinya tanpa kita merusaknya,jika mungkin dan mau tanamlah pohon pohon kembali,biarpun pohon itu kuno.

  7. Susy says:

    Aku pengen nanem pohon maja sih

  8. icha imcil says:

    Info yang sangat bermanfaat dan menarik untuk dibaca
    Izin Share

    http://gatyaonline.com/manfaat-buah-maja.html

  9. adi says:

    Kampung saya namanya karang mojo…
    Di sana ada batu karang dan pohon buah maja…

    Sebagian penduduk sudah memanfaatkan pohon tersebut untuk antibiotik…yaitu untuk mengobati penyakit kudis ternak kambing…

  10. haroen says:

    Ada berapakah jenis buah Maja,…..karena saya melihat pohon buah maja didaerah Malang koq agak berbeda dengan yang ada didaerah Takalar Sulawesi Selatan,….bentuk / tajuk pohonnya juga berbeda,…..karakter buahnya juga sama bulat namun berbeda percepatan pengerasannya.

  11. efendy manan says:

    Mungkin lain daerah agak sedikit berbeda…coba mas lihat isi buahnya jika sama bisa dipastikan itu maja dan bisa dipakai sebagai bahan pupuk cair atau pesnab

  12. Saiful says:

    Ketemu pak efendi di sini… Hehee

  13. shelvi says:

    yang punya pohon maja dan sudah berbuah bisa minta infonya ..

    • Дидк Кдмрциб says:

      Ditempatku tumbuh liar di pagar pembatas perumahan,tingginya ada yg sampai 5 mtr??buat apa biji buah maja??
      Apa mau nanam buah maja ya??

  14. efendy manan says:

    ditempat saya banyak ditemui daerah pekububuran…pasuruan timur

  15. dahlan says:

    saya coba mencari di google ada beberapa web dan blog yg mengatakan buah Maja (aegle marmelos) dan Berenuk (Crescentia cujete) adalah buah yg mirip tapi berbeda,,,jadi bingung??

  16. efendy manan says:

    tidak usah bingung….cari saja yg spt di foto…biasanya di kebun atau makam….utk fermentasi hati2x jgn bnyak terhirup krn uapnya bisa membuat pusing

  17. dahlan says:

    ok,trims pak ,klo untk pestisida buah ini efektif untuk hama apa ya?

  18. efendy manan says:

    ada sebuah penelitian yg mengungkap kalau maja mampu berfungsi sebagai repellent atau penolak penggerek batang pada tanaman padi…..

  19. Ardi Agatta says:

    apa buahnya bisa dimanfaatkan untuk sirup juga?

  20. efendymanan says:

    Rasanya memang manis sedikit pahit….di TV mmg Ada yang bisa di pakai sirup…tapi bagi saya aroma hydrogen sianida nya cukup membuat pusing

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s