PADI DENGAN 6 RASA

PADI DI POT DENGAN 6 RASA

Dari judul di atas, bisa jadi para pembaca akan bertanya-tanya: “masa sih ada padi dengan 6 rasa?”

Hee, itukan cuma judul tulisan. Judul yang bisa jadi, membuat rasa penasaran.

Padi di Pot

Pada tulisan-tulisan terdahulu, saya sudah banyak menulis tentang padi di dalam pot. Menanam padi dalam pot memang butuh tantangan tersendiri. Butuh perhatian ekstra.

Ada beberapa petani yang sukses tanam padi di sawah, tapi “menyerah” sewaktu mencoba tanam padi di pot. Apalagi bila di tanam di MT-2 dan MT-3. Tanaman padinya banyak yang “merana dan menderita” karena kurang perhatian.

Intinya: tanama padi di dalam pot, gampang-gampang susah. Gampang kalau kita rawat dengan “cinta”. Dan susah, bila asal-asalan saja.

Padi di Pot dengan 6 rasa

padi di pot

padi di pot

Judul yang saya maksud di sini adalah ketika kita menanam padi di pot/bak/dll dengan 6 jenis padi/varietas berbeda,,,

Menanam 1 pot dengan 1 bibit saja butuh perhatian, apalagi bila ada 6 rumpun padi dalam 1 pot. Jelas butuh perhatian ekstra, apalagi bila di tanam di MT-2 dan MT-3.

Tanaman padi model seperti ini, bila umurnya sudah di atas 30 hst. Apalagi bila sudah berumur 45 hst, dimana perakaran padi sudah tersebar merata, boleh dibilang sekan-akan akar-akar tsb “berantem” tuk mendapatkan air dan hara.

Jadi tanaman padi dengan umur demikian, bisa dibilang “rakus” akan air. Di samping juga “rakus” akan unsur hara.

Bila dalam 1-2 hari, kurang perhatian -lupa disiram- akan mudah layu.

Jumlah anakkan

Dari gambar di atas, saya pernah hitung, anakkan yang baru keluar ada 162 anakkan. Seiring waktu, akan muncul anakan-anakan baru. Entah ada berapa. Semoga bisa 200 anakan. Dari jumlah itu, bila 70 % anakannya produktif saja, saya sudah bersyukur.

Varietas apa saja?

Dari ke-6 rumpun padi tsb, ada varietas GH02nya Mas Avi, Padi kolombo mas alif, padi merah, padi 2kepala, padi cianjur dari mas wito dan 1 lagi saya agak lupa. Bila dah keluar malai baru akan ketahuan.

Bila panen tiba

Akan menjadi kesengan tersendiri, bila ke-6 tanaman tumbuh dengan subur dan sehat. Apalagi bila ke-6nya sudah mengeluarkan malainya. Ada rasa bahagia yang bisa jadi tak bisa dibeli dengan sejumlah uang,,,

About NURMANIHSAN

Bila cinta kepada seseorang saja, di hati penuh kerinduan. Apalagi bila kita dapatkan cinta ALLOH SWT. Ini prestasi seorang hamba. Prestasi hidup. Dan prestasi terbesar. Oleh sebab itu, rebutlah cinta itu,,,
This entry was posted in ABOUT TANAMAN PADI, BUDIDAYA PADI, PADI DI POT/POLYBAG. Bookmark the permalink.

7 Responses to PADI DENGAN 6 RASA

  1. cahyo says:

    Teman saya ada yg bilang bila beras 64 dicampur ciherang rasanya makin enak. Ada yg pernah nyoba?

  2. Alif klaten says:

    pertumbuhan kolombonya gimana mas???
    soalnya saya sendiri blum pernah tanam dipot

  3. Yuzt el tarso says:

    Padi Colombo varietas baru y,mas. Kl bole tau keunggulanya apa?

  4. huda ndaan says:

    numpang nyimak.
    monggo di lanjut

  5. Alif klaten says:

    colombo tu ketan putih , karakteristiknya :daun bendera tegak lebar,anakan banyak, kerebahan sedang, 150-300 /malai ,nasinya sngat pulen ,disukai konsumen,rendemen 60-68 ,

  6. denhattan says:

    pak nurman,mohon jelaskan MT1 sampe MT3 itu bulan apa saja ?? maklum, masih sangat awam tentang tani, baru sewa lahan…

  7. efendy manan says:

    Ijin sharing mas Nurman,pembagian MT (Musim Tanam) awalnya didasari oleh pembagian musim hujan dan kemarau yang dialami oleh tiap daerah dan bulan utk mengawali masa tanam.jadi tiap daerah pasti ada perbedaan jatuhnya musim hujan dan kemarau dengan daerah lain karena perbedaan letak geografis.Namun secara garis besar MT 1 / Musim hujan diawali bulan November-Februari,MT2/Musim kemarau 1 bulan Maret – Juni dan MT3 / Musim kemarau 2 bulan juli- Oktober.Namun saat ini patokan tersebut sudah mulai ada pergeseran akibat perubahan iklim/pemanasan global .Akibatnya terjadi musim hujan berkepanjangan dan musim kemarau berkepanjangan.Jadi alangkah baiknya sebagai petani kita mampu memprediksi pola tanam,pemilihan varietas yg tepat utk menghindari gagalnya panen.Bapak bisa update prakiraan cuaca secara online yg dikeluarkan oleh BMKG.Mungkin ada rekan lain yg bisa menambahkan…

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s