TANAMAN JAGUNG

PENYERBUKAN TANAMAN JAGUNG
Penulis : Nurman Ihsan, SP ( THL TBPP DEPTAN di BANTEN )

Coba perhatikan gambar dibawah ini :

bunga jantan tanaman jagung

Dan juga gambar ini :

bunga betina pada tanaman jagung

Selama ini, bila kita pernah melihat bunga-bunga pada tanaman jagung, perasaan kita biasa-biasa saja. Sebab kita belum mengetahui hebatnya proses penyerbukan tanaman ini.

Sekilas Tanaman Jagung

Jagung merupakan salah satu tanaman berumah satu. Itu artinya, tanaman jagung mempunyai bunga berbeda (terpisah), tapi masih dalam satu tanaman.

BIla kita perhatikan, bunga betina terletak di soleng yang berisi rambut-rambut jagung. Sedangkan bunga jantan terletak pada bagian atas.

Proses terjadinya penyerbukan

Bagaimana proses penyerbukan tanaman jagung? intinya proses penyerbukan adalah bertemunya putih (di buah jagung) dan serbuk sari (di atas tanaman).

Bagaimana bertemunya? ketika serbuk sari di bunga atas pecah maka keluarlah -jatuh ke bawah- jutaan serbuk sari dan menempel di rambut-rambut jagung. ( kalau kita perhatikan secara teliti ada semacam lem yang ada di rambut-rambut jagung tsb).

Ketika satu benang terserbuki maka akan menghasilkan 1 bulir jagung. Maka bila ada buah jagung yang terserbuki maka rambut-rambut jagung telah terserbuki semua.

Bila kita tanam 1 tanaman jagung apa yang terjadi?

karena tanaman jagung adalah tanaman berumah satu, dan proses penyerbukan bunga tak serempak, ada jeda beberapa puluh jam maka dapat dipastikan buah jagung tsb tidak akan terisi semua.

Karakteristik Tanaman Berumah Satu

Dari penjelsan di atas, kita sudah paham bahwa bunga jantan ada di atas tanaman. Dan bunga betina berada di buah jagung.

Nah, bagaimana bila kita tanam 1 tanaman jagung, kemudian kita buang atasnya. Apa yang terjadi?

Maka buah jagung tsb tidak akan ada bijinya,,,,

Nah, bagaimana bila kita tanam 1 tanaman jagung, kemudian kita tutup buah jagung tsb. Apa yang terjadi?

Maka buah jagung tsb tidak akan ada bijinya,,,,

Di tanam di musim kering

Bila melihat karakteristik tanaman jagung tsb, maka sebaiknya tanaman jagung di tanam di musim kemarau dimana proses penyerbukan akan maksimal.

About NURMANIHSAN

Bila cinta kepada seseorang saja, di hati penuh kerinduan. Apalagi bila kita dapatkan cinta ALLOH SWT. Ini prestasi seorang hamba. Prestasi hidup. Dan prestasi terbesar. Oleh sebab itu, rebutlah cinta itu,,,
This entry was posted in JAGUNG. Bookmark the permalink.

2 Responses to TANAMAN JAGUNG

  1. Alif klaten says:

    tuk musim tanam jagung kmarin ,didaerah saya hasilnya lumayan bagus 1,83t/1700m , bahkan ada jg yg dapat 2,04t/1700m pipilan kering , tapi tanaman padi tuk dapat 8t/ha aja susahnya bukan main

  2. Gagal paham di kata-kata: “Ketika satu benang terserbuki maka akan menghasilkan 1 bulir jagung. Maka bila ada buah jagung yang terserbuki maka rambut-rambut jagung telah terserbuki semua.”

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s