PADI GH 02

MENGENAL PADI GH 02
Penulis : Nurman Ihsan, SP ( THL TBPP DEPTAN di BANTEN )

Belum genap sekitar setahun yang lalu, saya pernah pernah berbicara via telepon dan juga via sms dengan mas avi. Salah satu bahan pembicaraan waktu itu adalah seputar “jenis padi” yang akan dijadikan “ikon” bersama dengan teman-teman di Oksigen Pertanian.

” mas avi, biasanya kan setiap negara/daerah punya ikon tentang jenis padinya. Thailand punya padi jasmine, jepang punya padi tertentu,,,”
” iya , mas nurman?”
” demikian juga, daerah tertentu juga punya ciri khas tentang padi tertentu, misalkan padi cianjur, padi rojolele, dll,,”

Waktu itu usul dari mas avi adalah, “bagaimana kalau padi GH02 mas?”

Kemudian mas avi menyebutkan ciri-cirinya padi GH 02 hasil silangan pribadinya,,,

Karena waktu itu, saya belum “mengenal lebih jauh” tentang padi ini, makanya saya belum mengambil keputusan antara mengiyakan atau menolaknya.

Dan waktu pun berputar,,,,

Sampai akhirnya Padi GH02 menjadi “primadona” dalam hal tonase !!!

Para Penanam Padi GH 02

Selain mas avi sendiri, yang pernah menanam dan sudah panen di areal persawahan adalah Mas Yuri dan Mas Efendy. Dalam skala padi di pot, setahu saya yang sudah menanam dan panen adalah mas alif. Saya juga telah tanam di dalam pot. Kalau pak ali, apakah sudah menanam dan sudah panen, saya belum tahu.

Saat ini -informasi yang saya dapat- cukup banyak petani yang sudah padi GH02 ini, hanya saja, mereka belum panen.

Hasil Panen Padi GH 02

Untuk saat ini, dari yang sudah menanam dan panen padi GH 02, hasil yang didapat boleh dibilang luar biasa. Dari informasi Mas Yuri didapatkan hasil sekitar 11 ton/ha. Ini berdasarkan hasil ubinan yang dikonversi ke dalam ton dalam satuan hektar.

Demikian juga dengan Mas Efendy. Dia menanam padi GH 02 seluas 5.000 m2. Di areal yang lain seluar 5.000 m2 ditanam padi cibogo sebagai pembanding.

Setelah panen, dan ditimbang dalam bentuk Gabah Kering Panen (GKP) didapatkan hasil sbb :
– Padi GH 02 dengan luas 5.000 m2 didapatkan hasil 5,9 ton/ha atau 11,8 ton/ha
– Padi Cibogo dengan luas 5.000 m2 didapatkan hasil 2,9 ton/ha atau 5,8 ton/ha

Padahal, hasil yang didapatkan sebesar 11,8 ton/ha tsb di Musim Tanam Pertama (MT-1). Dimana di MT-1 tersebut, yang kita ketahui bersama, cuaca cukup ekstrim, hujan di atas normal,,,,,

Saya pun yang pernah menanam padi GH 02 di dalam pot sangat puas dengan tingkat kebernasan dan hasil yang didapat.
Kalau mas alif, saya belum tahu bagaimana hasilnya.

Ciri-ciri Padi GH 02

Berikut ini adalah ciri-ciri padi GH 02 yang saya dapatkan dari Mas Efendy.

ciri-ciri padi GH 02

ciri-ciri padi GH 02

sayang, gambar tsb kecil sehingga kurang bisa terbaca,,,

Berikut ini adalah gambar-gambar padi Gh 02 yang saya dapatkan dari Mas Efendy

GH 02 umur 90 hst

GH 02 umur 90 hst

GH 02 90 hst

GH 02 90 hst

Padi GH 02 menjelang panen

gh02 jelang panen

Bagi teman-teman yang punya cerita dan pengalaman dengan padi GH 02, silahkan berbagi pengalaman di sini. tks

About NURMANIHSAN

Bila cinta kepada seseorang saja, di hati penuh kerinduan. Apalagi bila kita dapatkan cinta ALLOH SWT. Ini prestasi seorang hamba. Prestasi hidup. Dan prestasi terbesar. Oleh sebab itu, rebutlah cinta itu,,,
This entry was posted in BENIH PADI, BENIH UNGGUL PADI. Bookmark the permalink.

139 Responses to PADI GH 02

  1. indra wujaya says:

    wuih…. patut dicoba nih untuk musim tanam berikutnya. Saat ini saya sedang tanam Jembar umur 14 hst benihnya beli dari mas Efendi.

  2. cantrik says:

    Insya Alloh disini jadi tren varietas spesialis mt1 dan surplus air kedepannya. Saya dan beberapa rekan juga tanam GH 02…
    Karena di petak sekelilingnya varietas umur genjah dan sedang, vegetatif gh terasa begitu lambat. Setelah 40 hst baru kelihatan potensi anakannya.

  3. djoko suparman says:

    kabar yang begitu menggembirakan bagi para petani untuk mendapatkan hasil panen yang memuaskan .harus coba ditanam sepertinya

  4. Rijal says:

    Kalau melihat malai di gambarnya terlihat sangat menggiurkan, berapa bulir per malai ya? bisa terisi berapa persen? bagaimana jika di tanam di MT 3 dengan air yg cukup dan matahari yg melimpah? tolong diberi deskripsi yg lebih detail dan dimana kami bisa mendapatkan/membeli benihnya? terima kasih.

    • saya coba bantu jawab mas rizal.. bulir 300-400,selama ini bisa terisi 95 % dengan pola pemupukan biasa,bisa max kalau bisa mengaplikasikan pola pemupukannya mas Avi,,berat 1000 bulir = 30 g,anakan termasuk banyak 25-45 max 60,rentan tungro,agak tahan wbc,agak tahan blast,cocok di tanam di sawah yg selalu tergenang/irigasi,umur 115-120 hst,batang keras,tahan rebah,tinggi 115 cm, daun bendera tegak,tidak di sarankan di tanam di daerah yg endemik tungro, cocok di tnm di ketinggian 0-600 dpl,bentuk gabah medium,bagi yg ingin tanam untuk wilayah jatim bisa hubungi pak Efendy manan,jateng = yuri,jabar = Ali hatim/cantrik, bagi yg berminat mengembangkan lewat poktan/gapoktan bisa kontak saya di fb.(yuri wong ndeso ) ,untuk info lebih update bisa di lihat di grup PETANI MANDIRI (fb)

  5. prix_bwso says:

    di mt1 GH02 bisa berkembang baik dan tahan di wilayah endemik blast dan hdb, dg batang yg besar jg tahan rebah. klau di mt2&mt3 saya yakin produksinya bsa lebih baik,..semoga sja.

  6. Efendy manan says:

    Wah…saya ketinggalan kereta nih….memang betul GH 02 sangat adaptif semua lahan..terutama lahan semi rawa…sangat tahan rebah dan tahan tikus di masa generatif…bentuk bulir pun mirip inpari 6 jete…

  7. djoko suparman says:

    pak efendy bagaimana bila ditanam di mt 2 yang biasanya sangat rawan dngan tungro ? adakah yg sudah menanam di mt 2 ?

  8. Efendy manan says:

    GH02 agk rentan tungro..tp bisa diantisipasi dengan penyeprotan rutin agens hayati atau pesnab…padi VUB yg ada sekarang pun juga sudah tidak tahan di tungro..kecuali yg benar2x dirakit memiliki ketahanan thd tungro….
    tinggal pengawalan dr kita aja mas…karena kita sudah tahu kelemahan…

  9. Arya says:

    Mantabzzz,,,gmna utk saya kang Yuri,,,siap uji lokasi di sumsel??

  10. Rijal says:

    Kalo di daerah surakarta bisa didapat dimana ya?

  11. bahar says:

    Ass mas effendy,kalo bisa ndak saya pesan bibit padi gh02nya sebanyak 25 kg?tapi saya butuhnya masih awal bulan april,apa ada stok untuk bulan tsb?berapa harga plus ongkos kirimnya ke bojonegoro?saya juga minta deskripsi padi tersebut dan di email saja ke alamat : bsuryawijaya@yahoo.com

  12. Efendy manan says:

    Baik pak bahar…saya kirim via email….

  13. imran says:

    klu daerah sulsel dapat dimana ya?

  14. widodo cah NGAWI says:

    kira2 di tempat saya ngawi bsa saya dptkn dmn ya ms nurman?

  15. Bahar says:

    Ass mas effendy.benar kata mas nurman,mhn dibeberkan cara padi gh02 bisa menghasilkan 11,8 ton tsb?klo berkenan jg dikirim ke email saya yg ada diatas.Oh ya,maaf saya ndak jadi pesan 25 kg utk padi gh02nya,saya mau nyoba 5 kg dulu.trims

  16. Eka Santosa says:

    Rasa nasinya beras GH O2 apa pera atau tidak mas efendy

  17. Alif klaten says:

    saya coba bntu jawab ya, mnurut info yg saya dapat rasa nasinya pera, imbang sama inpari 13

  18. SUYANTO says:

    ASS.Untuk pak efendy…..untuk pesanan pak bahar yang gak jadi beli padi gh 02 ……..bisa di lempar ke saya.
    saya mau pesan 10 kg ke prambon NGANJUK.untuk musim tanam ini.ato saya dtng ke pasuruan langsung…
    sms 081270052878

  19. SRIYATUN says:

    mas alif. ada sisa gak benih es/ss gh 02.sy di Karanganyar…..kalo ada mau coba tanam 2 kg aj.THANKS..

    • Mohon maaf kepada mba Sriyatun, apabila ingin mencoba menanam silahkan hubungi Pak Effendy. atau pak Ali hatim Atau pak supriyanto , Mohon maaf juga buat Mas Alif ada aturan tertentu yang harus anda ikuti seandainya ingin mengembangkan/membuat penangkaran gh 02.Dan saya mohon maaf kepada semua member oksi-p yang lain .Silahkan kontak saya di Yuri wong ndeso (fb) atau 081326504054/085601088813

  20. Mbah Kariyo Dimejo says:

    haduh.. saya pikir ini tempat kita bisa bertukar apapun tentang pertanian, bisa mengembangkan apapun yang bermanfaat khususnya bagi para petani.
    tapi sekarang saya koq merasa mulai ada virus yang “SANGAT BERBAHAYA” bernama individualisme dalam bentuk monopoli dan kapitalisme.
    mohon klarifikasinya…

    • Mohon maaf sebelumnya untuk mbah kariyo,,, apa yang anda sebutkan tidaklah salah oksi memang tempat untuk bertukar ilmu sharing dll,tidak ada monopoli benih di sini karena semua orang punya kesempatan untuk mengembangkan padi gh 02 di daerahnya masing masing tapi tentu mengikuti rules yang kita atur.dan sekedar untuk di ketahui padi gh 02 untuk bisa menjadi seperti skrng perlu kerja keras dan perjuangan dan juga waktu yang tidak sedikit ..alangkah bijaknya jika kita bisa menghargai pemulianya.. salah satunya adalah dengan cara mengeblok penjualan benihnya.. tidak ada maksud monopoli hanya untuk lebih mudah kita mengontrol penyebaran gh 02.dan meminimalisir penyalah gunaan oleh orang orang yg hanya mementingkan keuntungan sendiri… kami memang mengontrol penyebaran padi gh 02 tapi tidak memonopoli.. anda juga bisa mengembangkan di daerah anda… silahkan kontak saya di fb nanti saya akan jelaskan lebih detail soal ini… seandainya ada seorang Pemulia kerja keras selama 3-4 thn dan menghasilkan benih unggul 1 kg . bagaimana cara anda menghargainya…? coba kita fikir lebih obyektif .. silahkan kontak saya di fb apabila masih kurang jelas.terima kasih

  21. widodo Cah Ngawi says:

    dirembuk seng apik ben becik
    leres mas yuri njenengan jelaske sedoyo kersane konco2 oksip lego kados panyuwune mbah kariyo dimejo lak njeh ngoten to mbah?

    • cantrik says:

      silahkan ikutvkopdar oksi p supaya tahu kalau ada acara tukar koleksi benih… Insya Alloh, kami yang dutunjuk untuk uji lokasi gh dan nfd, dan penghuni blog Oksigen Pertanian bukan orang yang “Kurang Mangan dan Kurang Iman.”
      Tidak Ada Monopoli dll.

  22. cantrik says:

    izinkan saya yang njawab… Bismillah… semoga bisa dimengerti.
    1. Dulu waktu peetama dikenalkan varietas ini adakah yang mau menguji tanam?
    2. Pembagian wilayah bukan untuk monopoli, tapi semata mata untuk ujivlokasi di lahan yang memiliki karakter yang berbeda..
    Disini pun saya membentukvsemacam paguyuban tani yang salah satu agwndanya uji varietas gh 02. Apakah mereja membeli benihnya? TIDAK.
    3. Menyilang padi sangat lah rumit, jadi mari kita hormati.
    4. jika bapak merakit satu galur padi, apakah akan bapak bebaskan penyebarannya sebelum dulakukan uji lokasi?
    5. Sebagaivpetani, marilah kita kedepankan husnudhon.
    Maaf jika ada kata kata yang kurang berkenan.

  23. noreen says:

    untuk apa terus bertengkar sebelum kasih bertambah pudar

  24. widodo Cah Ngawi says:

    trimksh mas cntrik ats pnjelsanya,sya sgt mghrmti siapa saja SANG PEMULIA PADI tnpany ptani tdk akan maju sprti skrg,bth pmkiran yg luas,telaten,sabr,ikhlas dan pntg menyerah,smga org2 spti itu dan para petaninya slalu dberi kshtan.

  25. widodo Cah Ngawi says:

    insya alloh mas2 smua bila pesanan saya tiba dri pasuruan musim ini MT II saya mau uji tanam di Ngawi untuk sawah 7000m2 bila sampean lewat ngawi mampirlah ke gubuk saya.

    • kalau anda punya fb sebaiknya masuk di grup petani mandiri nanti dari situ saya masukkan ke grup ghnfd komunity,, di situ kita melakukan bimbingan kepada petani yg menanam padi gh dan nfd,, dan juga bisa konsultasi dengan pemulianya langsung tentang padi gh dan nfd dan juga tentang pertanian secara lebih fokus..

  26. widodo Cah Ngawi says:

    insya alloh mas2 smua bila pesanan saya tiba dri pasuruan musim ini MT II saya mau uji tanam d sawah saya untuk sawah 7000m2 bila sampean lewat ngawi mampirlah ke gubuk saya

  27. wisnu kuple kusworo says:

    kang yuri… aku lebokno group nfd komunity to neng fb yoh….yoh…yoh….

  28. Efendy manan says:

    Mungkin saya ingin menambahkan sedikit mengenai mengapa ada pembagian wewenang dalam pengembangan GH02..seperti diketahui jenis padi ini masih galur yg dikembangkan secara pribadi dan swadaya oleh mas Avi dengan kerja keras beliau dengan tujuan agar ada peningkatan pendapatan petani melalui perakitan jenis padi unggul yg tahan hama,cuaca dan dengan hasil tinggi setara dengan hibrida yg harganya selangit.Kita harus apresiasi itu.Dan untuk uji multilokasi maka ditunjuklah 3 orang yg mau diajak menanam berikut menganalisa karakter,kelemahan dan kelebihan GH02…diberbagai MT,type tanah dan elevasi nya.Alhamdulillah sampai saat ini hasil yg diperoleh memuaskan…ini juga bertujuan untuk pengawalan terhadap petani yg nantinya ikut menanam..sehingga jelas dari mana benih GH02 diperoleh,kelas benih,berikut juklak hingga panen…bukan bertujuan untuk monopoli….semoga dengan hadirnya GH02 semakin meningkatkan kesejahteraan petani….

  29. muchadis says:

    amin2 mas efendi,juga makasih pegiriman benih Gh02 nya.hari ini telah saya seleksi dg air garam,dan saya rendam dg POC primanu.mau saya tanam bersebelahan dg padi pertiwi.

  30. Alif klaten says:

    mkasih mas yuri, tapi alkhamdudillah bulan november 2013 yg dpt kiriman bnih gh 02 stara klas BS dari mas avi , dan skrang dah sy tnam sluas 3200m2 alkhamdulillah dah pengisian bulir

      • h.iwansutiawan says:

        Itu bukan bentuk monopoli ya mas fendy,,tetapi menjaga agar aman gh02,jgn sampai ada yg ngaku2 padahal bohong..wajarlah harusnya d patenkan menjadi hak paten pemulia semisal masAVI..pokoknya jaya lah petani indonesia.jayalah oksi-p dan petani mandiri
        Terimakasih

  31. mrasyidin says:

    Saya setuju sama mas iwansutiawan, untuk mas efendy dkk, bagi saya itu bukan sebuah monopoli tetapi lebih kepada penghargaan atas jerih payah Mas AVI yg dgn kegigihan dan keteguhannya menghasilkan sebuah Benih padi GHO2 yg punya daya tarik dan tentunya punya kelebihan tersendiri agar tdk dicaplok org yg tdk bertanggungjawab. Penunjukan itu tentunya sebagai hal yg wajar bila atas dasar usul dan pilihan dr Mas AVI sbg pemilik resmi Benih padi GHO2 dan jg utk menjaga agar penyebaran benih GHO2 tdk bebas begitu saja. Salut untuk Mas AVI dkk, tetap semangat utk mencari benih padi jenis baru lg agar petani2 di indonesia dr sabang sampe merauke tetap jaya dan mendapatkan kesejahteraan. Salam buat rekan2 Oksi-p dan petani indonesia.Tk

  32. fahmi says:

    Smg “percikan2 kecil” ini mjadi pupuk yg bs menguatkan psahabatan diantara tmn2 oksi

  33. Secangkir Kopi says:

    Woles rek.. Semua untuk kepentingan kita bersama.. ngopi disik😀

  34. Adimaz says:

    buat semua temen2 yg ad di oksi p in..sy berharap jdikanlah ini suatu pelajaran yg akan membimbing kita kepada kejayaan dan kemakmuran kita para petani padi.

  35. Mbah Kariyo Dimejo says:

    Terima kasih atas klarifikasinya.
    saya mempertanyakan hal tersebut karena saya ingat sekali kasus petani tanaman jagung di daerah kediri yang dituntut oleh perusahaan benih besar disebabkan bisa membuat benih jagung hibrida sendiri.
    kita juga tahu bagaimana padi hibrida dengan potensi hasilnya yg tinggi telah dicoba untuk dijejalkan kepada para petani agar selalu bergantung membeli benih.
    kami juga sadar bagaimana skandal watergate di amerika menjadi contoh yang apik tentang berbahayanya sesuatu yang menyangkut kepentingan bersama.
    Alangkah baiknya kita mempunyai kewaspadaan terhadap itu semua.

  36. muchadis says:

    siiip ——lah

  37. hendy ngk says:

    petani harus tolong menolong, mandiri dan tetap semangat. salam

  38. Bojes says:

    Yang penting hasil tinggi

  39. efendy manan says:

    Betul bapak2x…semua…yg penting adalah pemerataan dalam distribusi GH02..jangan sampai menumpuk ada di jawa timur,jawa tengah atau di jabar saja…dengan adanya pembagian tugas insyaAllah tiap petani penanam GH02 mendapat pengawalan dan pendampingan hingga panen….

  40. Alif klaten says:

    alkhamdulillah padi gh 02 ku dah panen

  41. Alif klaten says:

    alkhamdulillah gh 02 terbukti masih bisa berproduksi bagus walaupun digempur wereng &cuaca exstrim ,luas lahan 1200 alkhamdulillah masih dpt 18,25 karung atau stara minimal 1 t gkp ,sdang yg 1petak lagi blum panen ,msih umur 95hst

  42. amak says:

    nyimak

  43. zamzam says:

    ikut nyimak

  44. mey says:

    dimana bisa mendapatkan bibit GH02 di daerah lampung.

  45. Alif klaten says:

    bnih padi gh 02 klas FS ready stock 1 ton, bgi yg mmbutuhkan bsa mnghubungi sy di087734924919

  46. rini says:

    saya mohon disharing seperti kata mas nurman tentang budidayanya secara menyeluruh dong pak, serta poc dan pesnab apa saja untuk penyemprotannya. terima kasih.

  47. Widodo Cah Ngawi says:

    baru kli ini nanam padi punya batang kokoh,akar yg bnyk,daun tegak anakan bnyk….gmn ntr malainy….GH 02 mantab

    • sutisna says:

      Umur berapa pak tanamannya?
      saya juga akan tanam gho2 dari pak efendy, belum semai
      mungkin beberapa hari kemudian.

    • supri ono says:

      mas widodo, apakah boleh saya melihat padi sampeyan. Tolong konfirm nanti saya telpon. Terima kasih

  48. efendy manan says:

    InsyaAllah bgs mas….kalau membaca penuturan mas widodo berarti GH02 sangat adaptif disana….bisa ditularkan ke rekan petani disana mas……agar petani lbh meningkat hasil panen dan kesejahteraannya….

  49. Widodo Cah Ngawi says:

    umr 36hst mas sutisna.GH bisa berdbtasi dgn baik,saygny lahan saya endemik sundep krn kiri kanan dikepung kebun tebu mas,Silhkn mampir mas supri klo boleh tau sampean tinggal dmn?hp 085746400401

  50. Widodo Cah Ngawi says:

    siap mas efendy…

  51. alip susanto says:

    Alkhamdulillah gh dah panen 2000m dpt 1753kg gkp. Ciherang ttangga dpt 1300kg gkp dg luasan yg sama.trimakasih pada mas avi dan semua rekan rekan oksper

  52. Nurullah Amali (Probolinggo Jatim) says:

    Alhamdulillah, Terima kasih kepada Master2 GH02. Walaupun saya belum tanam GH02 (Benih sudah ada, dapat dari kang Efendy Manan), saya ikut senang membaca berita dari teman-teman yang sudah behasil menanam GH02.
    Tetap semangat, semoga dengan GH02 Petani Indonesia bisa lebih sejahtera, Aamiin.

  53. Hendri Susilo says:

    sip

  54. muchadis says:

    memang GH02 bagus.batang kokoh,malai panjang.cuma umurnya agak panjang.karena GH saya baru 70hst,belum tau hasilnya.sekarang baru keluar malai

  55. efendy manan says:

    Memang betul sekali pak..bapak jaga di walang sangit aja,karena padi tetangga pasti lbh dulu tua dan panen…dan air jangan sampai kekeringan.

  56. Widodo Cah Ngawi says:

    hehehe…lama memang nunggu panen,aplgi bntr lgi puasa nie.pdi ttga dh menguning GH02 bru kluar mlai sbr doble jdnya….siap2 tali penahan p muchadis…awas btg pggir pmtg g kuat nhan mlai simontok tu hehehe..

  57. alip susanto says:

    Waspada burung juga.

  58. Widodo Cah Ngawi says:

    betul mas alip dan mas efendy walg sangit bisa nimbrung di GH02 hrus sering2 kesawah aplgi bla tetengga dh pnen smua..alhmdllh mas alip untk burung daerah saya sangt jrg ,antisipasi pasang orang2an sawah…

  59. efendy manan says:

    Kondisinya sekarang bgm mas widodo?

  60. Widodo Cah Ngawi says:

    alhmdlilah GH02 udh merunduk mas,alhmdlilh msh bsa brthn dri gmpuran WBC,msh berdri tegak walau padi tetangga rata tnh oleh guyuran hujan dan angin ….

  61. toto says:

    benih gh02 dari p. efendy dah mulai merunduk

  62. sarmidi says:

    salam…saya baru tanam gho2,,,baru umur 16 hari, di lahan seluas1 hektar lebih,, minta doanya smoga berhasil maxsimal… lokasi d desa margomulyo pegandon kendal.

  63. efendy manan says:

    Buat mas Toto…bgm kondisinya skr? dan utk pak sarmidi…..semoga padi GH02 nya bgs pak…mohon nanti bisa saling kontak…..tks

  64. sarmidi says:

    kbr baik pak efendi…. bibit padi gh02 dr kota kendal tampa kendala tumbuh subur di kota asalnya,,,, trimakasih MAS AVI…. dr ketekunan anda tercipta padi GH02… SELMT MEMJALANKAN IBADAH PUASA..

  65. Widodo Cah Ngawi says:

    bsmlh…alhmdllh ats izin alloh SWT gh02 akhrnya bsa dipanen pada umur 98hst ddpt 6890kg/6,8ton dilhn seluas ± 6500an m2 .trmksh untuk mas AVI,mas NURMAN,mas EFENDY dan rekan2 Oksi-P smga lbh bnyk lgi terbosan baru tentg pertanian ….

    • NURMANIHSAN says:

      @ Mas Widodo
      Kalau saya konversi dari luas 6.500 M2 dapat 6,8 ton maka didapatkan hasil 10.6 ton/ha. Hasil yang sangat bagus. Hasil yang sangat memuaskan. Sebab, di MT-2 biasanya, hasil yang didapatkan para petani tidak sebanyak di MT-1 dan MT-3. Dan Mendapatkan hasil 10,6 ton/ha diMT-2 jelas hasil yang memuaskan. Tks

      AKan menjadi amal yang lestari dan lebih baik lagi, bila mas dodo memberikan cara budidaya kepada pembaca lain bagaimana bisa di MT2 mendapatkan hasil yang maksimal tsb. Tks

  66. efendy manan says:

    Alhmd mas….jika mas bisa mendapatkan hasil memuaskan dengan GH02…semoga GH02 bisa dijadikan salah satu tumpuan benih unggul disana…..

  67. Widodo Cah Ngawi says:

    mksh mas…sya sndri bengong mas pas dpt kbr klo hslny sgt antra pcya dan tidk.tpi stlh saya htung lgi bener 6,8 ton pdhl sktr 800m2 dh hncur oleh WBC itulh kuasaNYA g boleh bnyk2 kli mas hehehe…MT1 nanti 15 petani mau tanam gh02 smga stlh itu lbh bnyk lgi yg mau mencicipi hsl dri gh02 ,untuk mas avi saya acungi jempol 10 deh….2jempol saya 8 pinjam tetangga.bwt ms efendy matur thnk yu…untuk POC PRIMANUnya walau musim ini saya cancel dlu orderny,untuk mas nurman smga slalu dbri kbaikan dan kshtan sperti blog ini yg slalu memberi kbaikan,ilmu bgi saya petani ndeso…

  68. efendy manan says:

    Maaf mas Nurman….mungkin ada sedikit interupsi…he3x….luasan sawah dari mas widodo 6500 M2….dengan hasil 6,89 ton….atau setara 10,6 ton/ha…Alhmdulillah juga Primanu juga mampu meningkatkan hasil panen disana…Order musim depan juga ndak masalah mas….yg penting njenengan sehat dulu.trims

    • NURMANIHSAN says:

      @Mas Efendy
      Betul mas, saya salah hitung, saya lihat sekilas angka 6890kg/6,8ton. SY pikir luas 6890m2 dpt 6,8 ton. Ehh itu adalah hasil yang dibulatkan.
      Luas 6.500 m2 dapat 6890 kg.
      = (10000 m2/6.500m2) x 6890 kg sehingga hasil 10,6 ton/ha.
      tks

  69. amar faruq says:

    alhamdulillah padi gh02 sudah panen dan hasilnya cukup memuaskan..hanya saja umur padi agak panjang kira-kira terpaut 2 minggu dari ciherang

  70. Ridwan says:

    Padi GH sy udh 17 hst….. ternyata d’gempur WBC
    Mohon bantuan penanganan nya

  71. Widodo Cah Ngawi says:

    selamat atas panenya mas amar..umur pnjg tdk mslh pling tdk dpt pljrn untuk slalu bersbr hehe..tetgga dh nanak nasi kita msh makan tiwul…tpi hslnya bsa bwt beli beras sisanya bwt naek haji ntr.untuk mas amar..ini hnya pnglmn kmrin MT 2 ,wereng mampir di gho2 yg sya tnm…krna sya pkai jrk tnm lebar ada yg 30×30 tiap 5 bris diselingi brisn kosong jdi agk mudh pngwasanya.
    1 . ushkan rumput di pmtang bersih
    2.pkai pesnab dari tembakau,deringau,mimba,daun sirsak,bwag pth,dan minyak cengkeh.1kg/bhn dblender dan direndam dgn air panar 5ltr slma 24jm stlh itu dsaring dn dtmbh lgi air dngin 5 + 50 gr dtrgen serta 10ml mnyk cengkeh dosis 500ml/1tgki 14ltr ushkn dsmprt atas dan pngkl padi wktu aplikasi pagi dan ushkn embun g ada .nmun bila mas amar mau pkai peskim bnyk kok namun jgn slh pilih.wereng biasanya bertelur 1 mtr dri pmtng mas..dan musuh alaminya bnyk di pnggir pmtg.semut,tomcat,laba2,jangkrik,katak,walau jmlhny dikt tpi perany bny mas.

  72. Widodo Cah Ngawi says:

    mf mksd saya untuk mas ridwan…itu pnglmn saya di MT 2 kmrin mas itu juga saran saya dptkn dri simbah kakung saya yg msh slalu saya terapkan.

  73. Widodo Cah Ngawi says:

    mf mksd saya untuk mas ridwan…itu pnglmn saya di MT 2 kmrin mas itu juga saran saya dptkn dri simbah kakung saya yg msh slalu saya terapkan.mgkin para master oksi-P pnya jurus pamungkas wereng bsa membantu mas ridwan.txs

  74. Ridwan says:

    Oke masss….. thanks atas masukan nyaa..
    Untuk peskim biasa pakai apa yaaa

  75. efendy manan says:

    Saran saya dicoba dulu dengan pesnab mas….jika memang msh membandel bisa menggunakan peskim utk mengendalikan wereng yg belum berganti kulit….sperti buprofezin…mengingat usia padi mas ridwan msh usia 17 hst.dengan buprofezin diharapkan wereng tidak bisa berganti kulit dan mati.

  76. Ridwan says:

    Oke mas efendi….
    Makasih atas masukan nyaa….

  77. Munir says:

    Assalamungalaikum, ikutan nimbrung ya..
    Mas Efendi bagemana ketahanan GH-02 sama tungro, soalnya ditempatku lagi muncul tungro dan cara mengatasinya bagaimana. trimakasih…

  78. alif susanto says:

    mantaf .cuma kurang komplit .yg komen semuanya yg berhasil .sy tunggu komennya yg kurang berhasil dan apa masalahnya .trims.

  79. kalau mau pesan benihnya ke siapa saya fitoni pasuruan

  80. Ridwan says:

    Padi GH02 kok daun nya wangi pandann…
    Banyak yang bilanggg…. sy tanem padi Pandan Wangii…
    Skr umur nya baru 47 hari….
    Cukup memuaskannn……

  81. Ridwan says:

    Kaya nya benih GH kaya IR 42…..
    Benerr ga yaaaa

  82. SulistioKalimantan says:

    Habis sholat jum’at, nunggu waktu kantor pos mulai beroperasi… mau ngambil paket bibit gh02 dari Pak Efendy Manan… coba dg 6 kg bibit dulu, mudah2n hasilnya bisa bagus.
    Buat Pak Efendy sharing donk budidaya gh02 ala Pak Efendy… penasaran…

  83. SulistioKalimantan says:

    terima kasih Pak Efendy…

  84. efendy manan says:

    Iya pak Sulistio sama2x….semoga cocok dan bermanfaat disana

  85. wahyu says:

    semoga padi gh02 cocok di daerah jombang pada mt1

    • chasbi says:

      mas wahyu jombang sebelah mana?saya udh tanam mt2 yg lalu.hasil masih lebih baik dibanding ciherang.saya di kertosono

      • rudi says:

        Sy rudi di patianrowo nganjuk sy butuh benih padi GH2 siapa saudara2 yg punya tolong infonya 085230235983

  86. naji says:

    saya maih ada benih gh 02 kira2 2 kwintal…dulu dapat dari mas efendi manan

  87. mazazzam tani madiun says:

    udah dapat gh 02 10 kg, smg bisa sukses mt 1

  88. widodo cah ngawi says:

    amin….smga sukses mas .kalo blh tau mazazzam madiun sblh mana?

  89. alif says:

    nyimak .

  90. Subadi says:

    Setelah membaca tulisan tentang GH02 ini beserta komentarnya (Mei s/d Desember), saya tertarik untuk menanamnya. Ada beberapa hal yang ingin saya ketahui yaitu dari periode tsb:
    – Apakah sudah ada yang panen. Hasil panen berapa ton per Ha (acuan 11.8 ton/Ha).
    – Dimanakah saya bisa memperoleh bibit GH02 (sekitar 100 Kg untuk 20.000 m2).
    Lokasi saya di Banyuwangi.

  91. efendy manan says:

    Bapak subadi dimana?? Boleh saya tahu no HP nya?ini no hp saya 081-336828357…insyaAllah bisa saya bantu….tks

  92. Subadi says:

    Bapak Efendy Manan, saya di Bekasi. No HP sudah saya kirim.

  93. Masdar says:

    Buat pak sarmidi di kendal gimana hasil gh02 kmaren?klo di lihat dari gambar umur 80hst malaiya sangat potensial sekali

  94. suli says:

    GH 02 adalah hasil buah anak bangsa……
    seorang pemulia padi khususnya bukan hasil dari simsalabim….beberapa instansi pemerintah di danai cukup besar sebutlah sukamandi dan patir batan….di lab inilah padi padi di sulap yang bisa rata rata lebih dari 7 tahun….baru jadi/release teknik silang lebih rumit dari ternak.karena tidak bisa massal,seperti sperma sapi.
    mas avi selamat berjuang, kang yuri mangga mangga di bantu perjuangannya, kang ali yang masih muda mangga mangga ikut. saya mah ikut mendo’akan sukses gh02 nya.

    saya mohon pamit bisa jarang sekali muncul ….mengikuti kata hati

  95. budi says:

    untuk di banjarnegara bisadapet bibit padi ini melalui siapa mas?

  96. efendy manan says:

    Untuk GH02 bisa menghubungi saya …kita pelajari dulu kecocokannya pada kondisi di tanah bapak…tks

  97. Subadi says:

    Semoga GH02 ini bisa terus berkembang.
    Dari panen GH02 di lahan yang sedang direklamasi ini ternyata hasilnya sangat baik. Di Banyuwangi, pada MT1 kemarin yang panen bulan Mei-2015, dengan data hasil petakan/ubinan terbaik 4,9 Kg/4 m2 (rata-rata 4,2 Kg/4 m2). Walau demikian, dengan mempertimbangkan pasokan air di MT2 yang tidak menentu, maka penanaman GH02 di MT2 ini tidak kami lakukan (di lahan yang sama).
    Mohon do’a dari Mas Avi (Pemulia), Mas Efendy Manan (pendukung budidaya), semoga kami bisa menanam lagi GH02 di MT1 nanti, karena airnya sudah bisa berkecukupan.

  98. efendy manan says:

    Maturnuwun pak….atas apresiasi thd GH 02 di banyuwangi..mmg sangat menjanjikan jika ditanam dg budidaya yg baik.semoga di tahun mendatang Gh02 dpt ditanam lg dg hasil yg lbh baik….

  99. efendy manan says:

    Silahkan pak….di 081-336828357

  100. dany201 says:

    Nyimak potensi dan juga hasil nya,

Leave a Reply

