TANAH SAWAH

ph TANAH BUAT TANAMAN
Penulis : Nurman Ihsan, SP ( THL TBPP DEPTAN )

Berapa pH Tubuh Kita

Saya punya saudara, secara umum tubuhnya selalu fit. Ketika saya tanya akan hal tsb. Jawabannya kira-kira seperti ini jawabannya:
” Mas, tubuh kita dirancang dengan sempurna oleh Allah SWT. Tubuh kita punya pH ideal supaya tubuh tetap sehat”
“Berapa pH ideal tsb, bang?”
“Berkisar antara 7 sampai 7.4 lah. Dalam ilmu pertanian disebut apa itu?
“Bersifat agak basa, bang”
“Salah satu kiat sehatnya adalah mengkonsumsi makanan yang bersifat basa. Kalau dalam ilmu kesehatan disebut makanan beralkali”

Dia melanjutkan lagi:
“dan mengapa Nabi kita Muhammad SAW selalu sehat. Ini ada rahasia sehatnya?”
“Sebab kebanyakan yang beliau makan adalah makanan yang bersifat basa/alkali ”
“Berapa perbandingan makanan beralkali yang perlu kita makan tsb, bang?”
“Secara umum, yang saya tahu antara 70-80 persen”
“Apa saja makanan beralkali tsb, bang?”
“Banyaklah, coba cari diinternet.
“Ok bang. Jadi, menurut saya, kita harus sebanyak mungkin mengkonsumsi makanan beralkali”

Apa itu pH Pada Tubuh Kita

Kata pH itu singkatan dari Potential Hydrogen. Itu artinya pH adalah konsentrasi ion hidrogen dalam suatu zat yang menentukan tingkat keasaman atau basa dalam tubuh kita. Standar pH tsb dimulai dari 0 sampai 14.

Sedangkan pH ideal atau normal pada tubuh manusia ada dalam kisaran 7-7,4. Tubuh manusia memang sedikit basa. Dengan pH ideal tubuh tsb -Insya Allah- akan lebih kuat menahan berbagai penyakit. Tes uji pH bisa dilakukan dengan urine atau air liur kita.

Makanan beralkali
Makanan beralkali atau makanan basa adalah makanan yang kandungan pHnya agak tinggi. Pada umumnya, buah-buahan mempunyai PH tinggi. Sebut saja buah kurma, buah tin, buah zaitun, semangka, brokoli, dll

Untuk mengetahui makanan dengan berbagai pH silahkan lihat disini

INDEK MAKANAN/MINUMAN ASAM-BASA

INDEK MAKANAN/MINUMAN ASAM-BASA

Dari data di atas, ternyata minuman bersoda seperti cocacola, fanta, sprite, big cola memiliki nilai 3. Itu artinya sangat asam. Sangat berbahaya di perut dan tubuh kita. Apalagi bila dikonsumsi secara rutin. Dan anehnya, sebagian besar penduduk kita begitu menyukainya,,,

Sebaliknya, bila kita banyak mengkonsumsi makanan beralkali, maka Insya Allah tubuh kita akan sehat.

Sawah Beralkali

Berbicara tentang makanan beralkali, tiba-tiba saya jadi teringat akan sawah. Timbul pertanyaan: berapa pH sawah secara umum di indonesia? Menurut saya, sebagian besar kisaran pHnya berada dalam pH 4,5 – 5,5. Dan ini jelas bersifat asam. Dengan pH seperti ini maka bolehlah disebut sawah sakit/rusak. Bahasa halusnya dibilang: sawah tidak sehat.

Lalu timbul pertanyaan, ” mengapa sawah di Indonesia secara umum sakit?”

Jawabannya sama seperti tubuh kita. Makanan sawah kita kebanyakan adalah pupuk kimia. Pupuk kimia inilah yang membuat pH tanah menjadi asam.

Belum lagi, pestisida yang membuat mikro organisme, predator, dll mati. Jadi kloplah, tanah jadi asam. Dan hampir saja, di sawah tertentu seolah-olah tak ada kehidupan. Dengan kondisi ini, wajar saja hama dan penyakit merajalela dari musim ke musim.

Jadi, merupakan suatu keharusan bagi kita sebagai petani untuk membuat lahan di sawahnya sehat. Sebab, inilah awal kita dalam berusaha tani.

About NURMANIHSAN

Bila cinta kepada seseorang saja, di hati penuh kerinduan. Apalagi bila kita dapatkan cinta ALLOH SWT. Ini prestasi seorang hamba. Prestasi hidup. Dan prestasi terbesar. Oleh sebab itu, rebutlah cinta itu,,,
This entry was posted in BUDIDAYA TANAMAN. Bookmark the permalink.

5 Responses to TANAH SAWAH

  1. jamil says:

    baru ngeh aku ttg makanan asam dn basa. tx

  2. jamil says:

    baru ngeh aku ttg makanan asam dn basa. tx infonya sngt membantu
    Reply

  3. sony says:

    sawah beralkali
    wah baru dengar kata demikian

  4. udin says:

    karena mau puasa makan kurma bagus sepertinya

  5. SulistioKalimantan says:

    Salam kenal dari seorang Insan yg ingin sekali menjadi petani sukses (cita2)…. Sulistio nama saya… saya dari kalimantan tengah, “borneo” orang bilang begitu…yg dulunya banyak monyet sekarang entah kemana…??? Makan Apa …??? Orang bilang sih makan buah kelapa sawit (terpaksa kali…batoknya tebal uy)… lah kog bisa… ??? ya iya lah… wong tempat tinggal sekaligus tempat makan mereka disulap menjadi lahan kelapa sawit… kacian ya para monyet dkk… pengen nangis nih…

    Mas Nurman Ihsan boleh dibilang saya penggemar sampean Pemikiran kreatifitas tentang pertanian mencerahkan banyak petani… saluuut buat Insan yg peduli dengan Insan lainnya… sukses dunia akhirat untuk Mas Nurman…

    Berhubungan dg postingan Mas Nurman Ihsan mengenai Keasaman dan Kebasaan tanah sawah saya mau tanya nih mas kalo berkenan menjawab dan memberikan penerangan… begini mas pertanyaannya:
    – Bagaimana cara mengukur tingkat keasaman tanah??? Alat yg akurat apa ya???
    – Bagaimana cara menetralkan tanah menjadi pH yg ideal dengan kadar keasaman tertentu menggunakan kapur pertanian, misal tingkat keasaman 4, atau 5. berapa ukuran jumlah kg kapur untuk menetralkan masing pH???
    trims sesudah dan sebelum…

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s